Monday, July 30, 2018

Berkenalan dengan Montessori Haus Asia, Yuk !


Saat saya menyebutkan kata Montessori, apa yang ada dalam pikiran kita ? beberapa orang akan menjawab sebuah metode yang diterapkan untuk sekolah-sekolah mahal.

Padahal, kenyataannya Montessori yang diciptakan oleh Dr.Maria Montessori seorang pendidik dari Italia diabad ke19 ini bisa dibilang sebuah metode yang sederhana dan membuat anak berkembang secara alami,  metode ini  menekankan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari pembimbingnya, awalnya metode ini diterapkan pada anak yang memiliki kebutuhan khusus, tapi diketahui juga sangat baik untuk anak yang tidak memiliki gangguan perkembangan apapun.

Montessori memberikan ruang gerak lebih kepada anak,  memberikan kebebasan pada anak untuk menggunakan segala hal disekitarnya sebagai media pembelajarnya, metode ini menekankan pada hal-hal yang nyata dan kongkrit ketimbang terus-terusan memberikan teori kepada peserta didiknya, dalam Montessori setiap anak adalah pemimpin, jadi mereka memiliki kesempatan untuk mengambil keputusan akan dirinya.

Tujuan dari Montessori agar anak-anak berkembang secara alami dan kita sebagai Orangtua atau Gurunya akan memberikan mereka kepercayaan pada anak-anak ini saat mereka merasakan pengalaman akan segala sesuatu.

Montessori mengajak anak merasakan pengalaman secara langsung


Metode ini juga membiasakan anak memahami sesuatu berdasar konsepnya, dan mengajak anak untuk merasakan pengalaman secara langsung, ada 3 hal penting nih yang ditekankan dalam metode ini :
  • Setiap sesuatu disekitarnya memiliki NAMA
  • Setiap sesuatu disekitarnya memiliki KEGUNAAN
  • Setiap sesuatu disekitarnya memilki TEMPAT
Penjelasan tentang Montessori ini saya dapat saat beberapa waktu lalu saat diundang oleh Montessari Haus Asia yang berpusat di Singapura , sang pendirinya Mr.Allan Ang yang kebetulan juga hadir memberikan penjelasan dengan sangat gamblang kenapa metode Montessori ini menjadi pilihan banyak orangtua masa kini karena Metode Montessori yang merupakan metode belajar yang bergantung pada masing-masing anak atau secara indivudual, dan ini sangat penting karena memang pada dasarnya setiap anak itu unik.

Montessori Haus Asia ini berkembang cukup pesat dengan tenaga ahli professional dibidangnya dan tersebar di beberapa negara di wilayah Asia Pasifik.

Mr.Allan Ang Pendiri Montessori Haus Asia


Montessori Haus Asia adalah sebuah kemitraan bisnis  kelas pelatihan yang menerapkan montessori dalam pembelajarannya, mereka mengenalkan montesoori sebagai sesuatu yang menyenangkan, tepat dan sesuai untuk gaya hidup dan pendidikan masa kini.

Jargon yang diangkat Montessori Made Simpel sepertinya cocok sekali disematkan pada metode ini, karena memang dengan Montessori anak akan lebih mudah memahami tentang segala hal dengan lebih sederhana.

Montessori bersama anak dirumah akan menciptakan anak  kritis berfikir, berkolaborasi dalam tim, dan bertindak lebih tegas Setiap anak memiliki kebebasan dalam memilih aktifitas, yang tentu saja telah diatur sedemikian rupa oleh para pendidiknya untuk menumbuhkan kemandirian, kebebasan dan keteraturan. 

Contoh konkritnya  saat kita ingin mengajarkan anak kita berhitung , biasanya kita akan menggunakan deretan angka dan kerumitan plus kebosanan pun dimulai, ini yang sering saya sendiri alami bersama Hania, tapi dengan metode Montessori acara berhitung ini menjadi lebih menyenangkan dengan memakai media kongkrit jadi anak-anak lebih fun melakukannya.

Matematika dalam metode Montessori
Di indonesia sendiri Montessori Haus Asia Indonesia  berpusat di Multivision Tower lantai 25 dengan Miss Rosalynn sebagai Pendirinya, berdiri sejak tahun 2017, beliau yakin dalam waktu 4 bulan ini sudah akan terbentuk 3 pusat pelatihan dan memiliki banyak kemitraan diseluruh Indonesia, yang nantinya akan mampu menyebarkan metodologi ini, karena memang bisa dibilang  Montessori for everyone.

Montessori Haus Asia  ini memiliki serangkaian paket yang ditawarkan kepada Guru, Orangtua, perusahaan dan sekolah yang tertarik untuk menerapkan metode ini disekolah-sekolah mereka, mereka menawarkan kemitraan dengan memberikan pelatihan dan bersertifikat.

Ada beberapa kelas pelatihan yang ditawarkan oleh Montessari haus Asia di Indonesia, yaitu :
  1. Kidsplay, Little Seed ( 1- 3 tahun) dan Rainbow ( 3- 5 tahun ) yang jam belajarnya 1,5 jam perpertemuan .
  2. Montessori Express, ini merupakan kelas pelatihan Montessori 25 jam pertemuan untuk orangtua dan Guru atau orang yang tertarik dengan metode Montessori.
  3. Professional Diploma in early Years Montessori & Enterpreneurship, kelas pelatihan yang lebih mendetil tentang metode ini dengan 208 jam pertemuan.

Setiap kelas pelatihan ituu nantinya akan mendalami 5 elemen penting dari metode Montessori  yaitu :
  • Philosophi
  • Practical Life
  • Sensorial
  • Language
  • Math
  • Cultural



Miss Rosalynn


Mr.Allan menjelaskan, goal dari  Montessori Jakarta pada anak usia dini dan sekolah dasar sebenarnya sangat logis, metode ini memberikan anak kebebasan untuk mengeksplor dirinya sendiri, alam sekitar dan juga lingkungannya, dan ini diharapkan anak akan menjadi lebih mandiri, bertanggungjawab dan tahan banting dalam segala situasi, serta mampu menjadi pengambil keputusan.

Metode Montessori juga dipercaya menciptakan anak lebih percaya diri dan mampu memeahkan masalah dengan baik.

Kenapa Montessori Haus Asia bisa menjadi mitra bisnis yang sangat baik dalam pengembangan metode montessori ini, ada beberapa alasan sebenarnya, yaitu :

  • Semangat dan komitmennya mengubah kehidupan melalui pendidikan yang berkualitas.
  • Kerja tim yang sangat solid
  • Kerja keras untuk dasar kesuksesan
  • Inovasi yang terus dilakukan untuk pengembangan.
  • Menghargai sekali akan kepuasan mitra bisnisnya. 


Untuk informasi lebih banyak tentang Montessori Haus Asia di Indonesia bisa mengunjungi 
IG : @montessorihausasia
Alamat : Greenhouse @Penthouse Multivision tower lantai 25
jl.Kuningn mulia lot 9B Jakarta Selatan
Telp : 081398674378

Montessori untuk Hania

menurut sejarahnya metode ini memang diperuntukkan untuk anak dengan kebutuhan khusus, salah satunya seperti anak saya Hania yang mengalami ADHD (Hiperaktif) dan Speech Delay , karena memang metode ini memberikan anak kebebasan bergerak dan bereksplor, ini akan sesuai untuk Hania yang memang tidak mau diam.

Jadi ceritanya pas pulang dari acara ini, kami semua dioleh-olehi Montessori trial Kit untuk dicobakan pada anak-anak dirumah, ada 2 item yang kami terima kartu hitung dan bahan percobaan siklus hidup kacang hijau.

Montessori Trial Kit


Untuk kartu hitung bisa digunakan untuk permainan angka, ada lembar kartu dan jepitan, kartu-kartu itu bergambar obyek diatasnya dengan jumlah tertentu, lalu dibawahnya ada deretan angka, jadi kita bisa meminta anak menghitung objek itu lal menjepit angka yang sesuai dibawahnya dengan jepitan yang disediakan.

Sedang untuk bahan percobaan siklus hidup kacang hijau, kami diberikan kacang hijau, kapas dan juga lembar kerja serta kartu-kartu yang menjelaskan siklus hidup kacang hijau itu, anak-anak diharapkan aktif mengamati perkembangan biji kacang hijau yang ditanamnya dan merangkumnya pada lembar kerja yang disediakan.


Montessori dirumah bersama Hania


Untuk permainan angka, Hania agak sedikit kesulitan karena memang dia belum terlalu memahami angka, tapi aksi mejepit kartu itu lumayan menarik perhatiannya lho...dan untuk percobaan menanam kacang hijau ini yang jadi favoritnya, setiap hari dia mengawasi dan rajin menggambar perubahan pada biji kacang hijau yang ditanamnya.

Menggunakan sesuatu yang kongkrit dan bisa disentuh anak-anak rupanya cukup menstimulus sensori anak-anak, terutama anak seperti hania yang memang mengalami gangguan pada sensorisnya.

Sayang sekali untuk saat ini, Montessori Haus Asia belum membuka pusat pelatihan didaerah Bekasi, padahal saya minat sekali untuk ikut pelatihannya dan menerapkan Montessori di rumah untuk Hania.


O iya.. saat acara pengenalan metode Montessori ini, kami juga kedatangan tamu *sponsor tepatnya* hehehe..yuk saya jembrengin siapa saja yang sudah mendukung acara yang sangat bermanfaat ini..

Interlac




sudah pada tahu kan manfaat dari suplemen untuk pencernaan ini? kalau saya memang sudah lumayan akrab, karena sampai saat ini ini adalah andalan saya untuk menjaga pencernaan anak-anak dirumah.

Interlac ini sebenarnya bukanlah obat, tapi probiotik baik ( Lactobacillus reuteri Protectis) yang dikenal sebagai bakteri baik yang akan menjaga pencernaan kita tetap sehat, Interlac ini sih baiknya dikonsumsi setiap hari karena kan pencernaan kita juga bekerjanya setiap hari, tidak akan menimbulkan ketergantungan koq...

Kalau Hania sampai saat ini masih konsumsi yang drop, setiap hari  saya beri 4 tetes di sendok dipagi hari sebelum sarapan, dan Alhamdulillah tidak pernah mengalami masalah pencernaan. Interlac ini juga baik untuk bayi sebagai pencegah kolik atau kram perut.

Cerita lengkap mengenai Interlac bisa koq dilihat-lihat ditulisan saya disini

D'Granola dan Ayam Gepuk


Ayam Gepuk yang endess



Naah... setelah mendapatkan penjelasan yang  lumayan panang ini tentang metode Montessori, sekarang waktunya kami para undangan ini menikmati makan siang, menikmati sajian makan siang yang kali ini dipersembahkan oleh Ayam Gepuk pls cemilan biji-bijian dari d'granola dan minuman yang segar dari Toru Oatmilk.

Untuk Ayam gepuknya saya enggak perlu menjelaskan lagi deh sepertinya, yang pasti rasanya itu enak dan sambalnya mantap, apalagi kita menikmatinya pas jam makan siang yang sedikit tertunda, jadi semakin nikmat saja.. memang yah makan disaat perut lapar itu nikmatnya berlipat-lipat.

Dan untuk D'Granola ini kayak semacam cemilan campuran dari biji-bijian yang unik, kalau buat saya ini rasanya pas, cocok buat nyemil pas dalam perjalanan.

D'Granola


As we know.. biji-bijian memang lumayan mengandung serat yang bagus buat pencernaan yah, jadi cemilan yang isinya biji-bijian ini lebih sehat, adi tidak perlu merasa bersalah yah..

Cara dapetin D'Granola ini juga mudah koq, saya sempat intip akun IG nya @healthy.food.partner dan tahu kalau harganya hanya berkisar Rp 45.000 sampai Rp 70.000 untuk setiap kantongnya, ada 3 varian rasa Original, coklat dan Banana.

Toru Oatmilk


Toru Oatmilk


Kalau ini minuman yang pas banget dinikmati saat senggang, minuman yang terbuat dari olahan biji oat yang sarat gizi, dalam biji oat ini terkandung 50 jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh, diantaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, itamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, Magnesium, folat, Mangan, kaliu dan zat besi.

Rasanya ringan dan tidak terlalu manis, karena memang katanya tidak mengandung gula tambahan, jadi rasa manis itu memang benar-benar berasal dari bahan dasarnya, jadi pas nih buat yang lagi diet.

Ada 5 varian rasa yang isa dipilih : Original, Honey and Chia, Matcha Moringa, Arabic Blend, dan Blacck Chorcoal.

Kalau buat saya rasa yang paling unik yah Black Chorcoal, selain itu kandungan arang aktifnya bagus buat detoks lho... tertarik? yuk lihat akun IG mereka di @toru.id

Selain itu kami juga disuguhi beberapa cemmilan lain, ada Makkeik ini enak banget, jadi makaroni scchootel yang bentuknya mirip cake, rasa kejunya terasa sampai gigitan terakhir, kalau cemilan ini kayaknya bakal pas banget buat bekal sekolah Hania deh..

Dan yang terakhir saya juga nyobain Kue Pepe BabahGemoek, ini rasanya tuh manis tapi enggak eneg, teksturnya lembut dan lumayan ngenyangin juga sih..

Makkeik


pokoknya hari itu saya benar-benar mendapatkan banyak ilmu bermanfaat plus banyyak oleh-oleh, ada satu yang menarik, saya juga beruntung lho bisa bawa pulang jilbab segiempat cantik dari @beniqhijab.id yang bahannya halus dan enggak bikin pekak telinga pas dipakai.

Jilbab Beniq


So..akhirnya thanks to Mom Blogger Community dan Montessori Haus Asia juga semua pihak yang sudah menguundang kami di acara yang keren ini.









Friday, July 20, 2018

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Membawa Bekal Sendiri



Aktivitas yang padat memang kerap kali membuat kita kesulitan untuk dapat membawa bekal makanan sendiri ke kantor atau sekolah. Tapi hal ini dapat kamu siasati dengan menyiapkan bekal makanan jauh-jauh hari dan membuat menu masakan yang simpel. Menu masakan yang simpel ini seperti membuat tumisan sayur dengan daging, sehingga kamu hanya perlu menambahkan nasi. Kalau bosan aku bisa juga kok cari inspirasi bekal yang simple di YouTube.

Nah, agar bekal makanan kamu bawa tidak tumpah dan terlihat lebih trendy kamu juga bisa menggunakan wadah bekal kekinian yaitu Tupperware.


Harga Tupperware juga sangat bervariasi tergantung model yang ada. Kamu bisa pilih sesuai dengan style kamu. Bagi cowok, Tupperware juga punya koleksi tempat bekal yang tidak kalah keren loh. Dan kalau kamu bawa ke kantor dijamin kamu tidak mungkin malu deh.

Kalau kamu masih tidak berminat untuk membawa bekal sendiri, coba simak manfaat membawa bekal ini.

Menghemat Banyak Uang
Berapa banyak uang yang kamu habiskan hanya untuk makan dengan lauk yang biasa aja? Minimal kamu akan menghabiskan tiga puluh ribu untuk sekali makan. Itu pun belum termasuk minum dan menunya pun, ya, seperti itu aja kan? Ini hanya untuk sekali makan, belum lagi makanan lainnya.

Kalau kamu bawa bekal makanan sendiri dari rumah, kamu bisa sesuaikan budget. Tidak hanya itu menu dan porsinya juga sesuai selera kamu.

Kalau kamu belum bisa membawa bekal setiap hari setidaknya dua atau tiga hari kamu sempatkan untuk membawa bekal sendiri dan hitung mana yang lebih hemat. Bawa bekal sendiri atau makan di luar?

Kalau bisa hemat begini kan kamu bisa menabung untuk beli tempat bekal Tupperware. Apalagi nih harga Tupperware saat ini sudah terjangkau dan gampang menemukan penjualnya. Tidak langka seperti dulu.

Belajar Hidup Lebih Sehat
Kita semua tahu kan kalau jajanan di luar memang banyak yang kurang sehat. Belum lagi penggunaan minyak berulang kali oleh beberapa pedagang juga kerap kali memicu banyak masalah kesehatan.

Dengan membawa makanan sendiri dari rumah, aku bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan. Kamu pun bisa hidup lebih sehat kalau begini.

Apalagi kalau kamu sedang berusaha untuk berdiet pasti akan lebih memilih membawa bekal sendiri. Jadi kamu bisa menghitung berapa banyak kalori yang kamu makan dan kamu bisa menentukan menu sesuka kamu.

Menghemat Waktu Makan Siang
Saat waktu makan siang pasti banyam resto atau tempat makan yang ramai diserbu orang yang hendak makan siang. Pernah mengalami kelaparan dan makanan tidak kunjung datang? Pasti ngeselin kan kalau begini terus.

Kalau kamu bawa bekal sendiri, tinggal buka tempat makan kamu dan makan di tempat yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu lagi antri makanan di jam makan siang atau malah terjebak macet di jalan saat hendak ke resto pilihan.

Tips Menyiapkan Bekal dari Rumah
Kalau kamu sudah tahu manfaat membawa bekal dari rumah dan ingin mencobanya, kamu bisa memulainya dengan berbelanja bahan mentah disaat weekend. Untuk permulaan kamu gak perlu buat menu masakan yang sulit. Contoh nih ya, bikin sapi lada hitam. Kamu hanya butuh beli daging sapi, bawang bombay, saus lada hitam instan dan jika suka bisa tambahkan bawang bombay. Saat weekend cuci bersih semua sayuran atau daging, potong-potong sesuai dengan menu yang akan kamu masak. Nah saat pagi hari, bangun pagi dan sempatkan memasak bahan makanan yang sudah kamu siapkan. Dijamin deh kalau kamu mempersiapkan dengan baik, cuka butuh lima belas menit untuk membuat tumisan sayur beserta dagingnya.

Nah supaya kamu bisa menyimpan bahan mentah dengan awet cari wadah penyimpanan yang food grade dan bisa disimpan di freezer. Seperti wadah penyimpanan dari Tupperware ini. Memang sih harga Tupperware ini memang sedikit mahal dari yang lain tapi kualitasnya bagus dan cocok untuk menyimpan daging atau sayur pada freezer.

Nah kalau sudah tahu tip-nya. Silahkan dipraktikkan ya!

Monday, July 9, 2018

Apakah Ibu Rumah Tangga Butuh Gawai Canggih ?



 " wuiiis.. handphonenya anggih fotonya bagus tuh pasti"

Sering kan mendengar puian semaam itu? kalau saya sering, baik dalam komunitas sesama Blogger atau saat ngumpul-ngumpul dengan Ibu-ibu yang lain, pas arisan misalnya.

Tapi sebenarnya, apa yah fungsi terfatal dari gadget atau gawai yang kita miliki ini, kalauu saya bboleh membuat list, ini sesuai dengan kebutuhan saya lho.. sebagai Ibu Rumah Tangga yang juga kebetulan senang menulis dan berbagi didunia maya lewat blog, fungsi gawwai yang kita miliki adalah :
  • Sebagai alat komunikasi, ini yang paling penting, saya bbisa terhubung dengan Orangtua, kerabat dan teman-teman saya baik lewat panggilan suara atau videocall
  • Sebagai referensi mencari info , baik itu resep masakan, tentang pola pengasuhan atau apa saja, dan ituulah kenapa handphone atau gawai yang memiliki kemampuan berinternet cepat sangat dibutuhkan, namanya juga Mom jaman now hehe
  • Sebagai alat bantu kehidupan, wah ini lumayan tinggi fungsinya, beberapa plikaasi yang tertanam di handphone saya memang saya fungsikan untuk membantu saya menyelesaikan pekerjaan saya sehari-hari, seperti aplikasi transportasi online misalnya.
  • Sebagai kamera yang selalu setia menemani saya, sebagai seorang Ibu mengabadikan momen saat anak-anak tumbuh dan berkembang itu adalah hal wajib yang luar biasa sekali, dan ini membuat saya selalu takjub dengan handphone yang memiliki kamera bagus dan ruang penyimpanan yang besar.
Fungsi-fungsi itu memang sangat penting ada dalam gadget yang saya pegang, selain itu sayya juga menginginkan model yang stylish dan  kapasitas memori yang lumayan besar agar saya ebas menyimpan semua file foto dan video yang saya rekam.

Dan beberapa teman beberapa waktu yang lalu merekomendasikan satu merek gadget yang sudah lumyan familiar ditelinga saya, yaitu Asus Zenfone 5 , dari tampilannya sih memang lumayan oke dan terihat stylish, cocok lah buat dibawa ngumpul-ngumpul.

Beberapa keunggulan dari gadget ini, diantaranya, o iya informasi ini saya dapat dari situs resmi mereka lho..
  • Desain : ZenFone 5 didesain dengan memukau hanya dengan menggunakan material terbaik dan juga potongan desain yang paling elegan. Sudut dengan kelengkungan 2.5D digabungkan dengan bodi yang mulus, memberikan tampilan yang elegan dan cantik bagi ZenFone 5. ZenFone 5 memiliki layar All Screen yang membantu Anda untuk melihat lebih banyak tetapi tetap nyaman untuk dipegang. Layar yang memukau dan mendukung gambar setara cinema dengan warna DCI-P3,membuat foto, video, film dan game terlihat lebih bagus, ringtonenya juga dapat diatur sesuai kebutuhan
  •  Kamera : ZenFone 5 dilengkapi dengan sistem dual kamera dengan fitur AI yang pintar yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dan juga menyesuaikan kebutuhan Anda, jadi Anda bisa fokus pada objek, bukan pada kamera dan selalu mendapatkan hasil yang terbaik setiap saat. ZenFone 5 mengubah fotografi mobile.
  • Daya tahan baterei : Di dalam ZenFone 5 terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon 636 yang kuat dengan kapabilitas AI yang menggabungkan antara performa yang lancar dan responsif dengan daya tahan baterai yang kuat. ZenFone 5 didesain untuk menjalankan aplikasi yang berat dengan sangat lancar. ZenFone 5 juga memiliki konektivitas terbaik dimanapun Anda berada, ini penting, baterei yang tahan lama seperti ini membuat kita enggak harus bolak-balik ngecas, teknologi ini yang membuat kita cukup mengisi baterei selama 5 menit dan bisa digunakan untuk menelepon selama  jam.
So.. kira-kira seperti itulah keunggulan produk dari Asus ini, saya juga masih mencari tahu hal lain yang berkaitan dengan produk ini, karena kalau mau beli sesuatu terutama gadget kita memang harus bijak yah...

Thursday, July 5, 2018

4 Tips Cerdas Beli Merchandise Asian Games yang Dijamin Asli



Untuk beli merchandise Asian Games tentunya perlu berkunjung ke tempat yang tepat sehingga tidak menyesal ataupun kecewa. Mendekati moment atau ajang Asian Games ini maka akan dijumpai banyak penjual yang menjajakan merchandise khas ajang tersebut. Apalagi tahun ini ajang olahraga bergengsi di Asia satu ini diadakan di Indonesia. Maka masyarakat Indonesia bisa semakin mudah menemukan penjual merchandise original tanpa perlu pergi keluar negeri. 

Merchandise asli ini diproduksi oleh pabrik yang sudah menjalinkerjasamadenganInasgoc (yaknipelaksana Asian Games). Produknya tentu saja dijamin berkualitas sehingga pembelinya bisa memperoleh kepuasan, yakni puas mendapatkan merchandise yang dibuat secara maksimal. Hanya saja sebagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya keberadaan merchandise KW tidakbisadielakan. Meskipun memiliki mutu lebih rendahnamundenganbandrol yang murahbanyak masyarakat menjadikannya sebagai pilihan, terutama yang merasa merchandise asli terlalu mahal.

Tips Mendapatkan Merchandise Asli Asian Games 2018


Merchandise asli memang terasa lebih menarik untuk dimiliki namun selain kualitasnya sudah terjamin rupanya tidak dijual bebas di pasaran. Bagi masyarakat yang menghendaki merchandise asli ini maka bisa mengikuti tips berikut: 

 1.    Belanja di situs resmi,
Merchandise asli memang tidak dijual di sembarang toko online maupun offline jadi untuk memastikan sudah mendapatkannya. Anda dianjurkan untuk mengunjungi situs resmi penjualan merchandise tersebut. Memilih untuk membeli merchandise ini secara online bisa menjadi solusi bagi yang rumahnya jauh dari toko offline yang bekerjasamadengan Inasgoc.

2.    Kunjungi tempat belanja yang sudah bekerjasama,
Jika belanja online di situs resmi ini terasa kurang aman atau takut nyasar di situs belanja online yang tidak terpercaya. Maka untuk Anda yang rumahnya berdekatan dengan beberapa toko offline yang sudahbekerjasamadenganInasgocbisabelanjasecara langsung. Deretan toko dan tempat belanja ini cukup banyak seperti Central Park, FX Sudirman, Gandaria City, Senayan City, Pacific Place, dan juga Bintaro Exchange. Rencananya jumlah tempat belanja merchandiseresmi ini akan ditambah lagi.

3.    Pertimbangkan memakai jasa titip,
Opsional menarik untuk bisa beli merchandise Asian Gamesyang asli secara praktis adalah memanfaatkan jasa titip. Saat ini sudah banyak toko online di media sosial populer menawarkan jasa titip belanja di beberapa tempat bergengsi. Menjelang Asian Games dijamin semakin banyak toko di internet yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya menawarkan jasa titip ini. Memang ada tambahan biaya titip namun dijamin Anda memperoleh merchandise asli, jadi sekrang coba deh cek teman-teman online kita yang biasa mondar-mandir keluar negeri, kali aja bisa nitip.

4.    Mengikuti kuis maupun undian,

Sedangkan untuk Anda yang kesulitan untuk membeli merchandise asli, bisa karena terlalu jauh atau mungkin tidak memiliki dana. Maka bisa mencoba peruntungan mengikuti kuis dan undian, tapi yah namanya undian tidak isa terlalu diharapkan yah.. semua tergantung keberuntungan kita.


Merchandise asli tentunya memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mudah rusak, sehingga pantas rasanya untuk berusaha mendapatkannya. Namun, jika kondisi budget tidak memungkinkan maka tidak mengapa membeli merchandise KW dan usahakan memperoleh mutu yang bagus. Merchandise asli sebenarnya tidak terlalu mahal bergantung padajenisnyakarenaInnasgocsendirimenyampaikanjika harga merchandise ini paling murah di bawah Rp 50ribu. Jadi bagi yang berencana beli merchandise Asian Gamesbisa menyiapkan budget dari sekarang.