Saturday, November 28, 2015

Launching Ovale Bedak Dingin di Women's Talk Liputan6 : Saat Tradisi Dan Teknologi Berpadu.

Women's Talk Liputan6.com sekaligus Launching Ovale Bedak Dingin


Selalu ada yang menyenangkan dan bermanfaat di setiap event Women's Talk Liputan6.com, karena setiap event mengangkat hal-hal yang berhubungan dekat dengan peermpuan.

Pun di event kali ini yang sekaligus Launching bedak dingin Ovale yang digelar di Beranda Kitchen, Jakarta, saya kebetulan hadir di acara istimewa itu, bergabung dengan banyak beauty blogger yang kinyis-kinyis dan muda belia, menyenangkan sekali.

Ruangan restoran yang biasanya berkesan klasik itu hari ini berubah jadi cantik dengan banyak sentuhan pernik mutiara di sana-sini, karena memang tagline acara siang itu #SecantikMutiara, penyelenggara ingin mengangkat karakter mutiara yang cantik namun kuat di produk bedak dingin Ovale yang akan diluncurkan, selain itu Secantik Mutiara dipilih karena salah satu komposisi bedak dingin Ovale ini adalah mutiara.

Acara dipandu MC Sharin yang cantik dan bikin cair suasana, dua narasumber yang juga cantik sudah hadir diatas panggung yang lagi-lagi cantik *namanya juga event cantik*

Narasumber pertama Shasa Chi, perwakilan dari beauty blogger yang hadir, gadis manis dengan penampilan ala-ala Korea ini bercerita tentang blognya juga kebiasaanya memakai bedak dingin, dia juga happy banget pas tahu kalau Ovale kini ada mengeluarkan produk baru yaitu bedak dingin Ovale yan katanya lebih praktis dan higienis.

Hal senada juga disampaikan oleh tamu kita kedua di event ini, Naysila Mirdad, artis  beberapa judul sinetron, yang ternyata kalau di lihat dari dekat cantiik banget, dan juga ramah. Naysila yang juga anak artis Lidya kandau ini ternyata dia dan Mamanya juga punya kebiasaan memakai perawatan yang alami termasuk memakai bedak dingin yang khusus dipesan dari daerah, tapi sekarang kayaknya enggak perlu lagi deh.. karena sudah ada bedak dingin keluaran Ovale.

Saat ditanya apa arti kecantikan, keduanya sepakat kalau cantik artinya nyaman dengan diri sendiri, dan selalu berpikir positif, dan untuk kecantikan luar, wajah yang terawat dan bersih akan mampu membuat kecantikan seorang perempuan bersinar secantik mutiara, dan dengan perwatan alami salah satunya pemakaian Ovale bedak dingin ini bisa membuat wajah cantik berseri.

Tak hanya talkshow saja ternyata acara hari itu, ada satu workshop seru yang sekaligus bikin geregetan para blogger yang hadir, workshop bikin bandana dari kain lace dan mutiara, kebayang donk.. para beauty blogger yang biasanya pegang alat make up dan laptop sekarang harus berjibaku dengan jarum dan benang, dan hasilnya ada beberapa yang ternyata cukup terampil tapi enggak sedikit juga yang nyerah menghadapi tajamnya si jarum, hehe..

Para beauty blogger asyik membuat bandana dari lace dan mutiara

Yang akhirnya berhasil membuat bandana


Ini dia bandanya yang paling cantik
Ini nih yang sukses ngerjain para blogger dengan jarum dan benang (Astari dan Novi)
Dan akhirnya acara ditutup dengan pemberian doorprize dua buah kamera untuk dua tamu yang beruntung, dan sudah bisa ditebak ya!! untuk kesekian kalinya saya enggak dapat, tapi saya ikutan hepi pasalnya salah satu pemenangnya Mbak Liswanti itu lumayan akrab *ngaku-ngaku*

Yang beruntung mendapatkan doorprize



Tentang Ovale Bedak Dingin

Di event Women's talk Liputan6.com kali ini sekaligus peluncuran produk baru dari Ovale yaitu Ovale bedak dingin, saya jadi ingin sedikit membahas deh.. tentang si bedak dingin ini,

Ovale Bedak Dingin, perpaduan antara tradisi dan modernitas


Bicara bedak dingin, ini adalah tradisi kecantikan wanita Indonesia yang sudah ratusan tahun ada, konon katanya saat masih di jaman kerajaan para Putri ini memiliki dayang atau among ( perempuan-perempuan penjaga Putri) yang mempunyai keahlian khusus dalam hal meracik bedak dingin yang dipakai sang Putri, dan biasanya di setiap wilayah atau kerajaan berbeda racikannya,

Bahan utama bedak dingin adalah beras putih, dan karena makanan utama orang Indonesia sejak dulu adalah nasi, jadi tak heran kalau bedak dingin ini cukup populer, juga ditambahkan beberapa bahan alami penunjangnya yang membuat kulit lebih halus dan segar, cara membuatnya juga masih sederhana dan kurang higienis, beras direndam sampai lunak sebelum akhirnya ditumbuk bersama bahan lain, bedak dingin biasanya berbentuk bulatan atau semacam pasta.

Pemakaian bedak dingin juga mudah, tinggal ditambahkan sedikit air putih atau air rendaman mawar dan dilumatkan, selanjutnya diaplikasikan kewajah sampai kering dan lalu dibilas sampai bersih, efek dingin didapat selama pemakaian dan setelah dibilas.

Di beberapa daerah bedak dingin tak hanya di pakai untuk kecantikan semata tapi lebih kepada sebagai pelindung wajah dari teriknya sinar matahari, karena daerah-daerah seperti wilayah pulau Kalimantan memang cuacanya lumayan terik, saya yang beberapa kali datang kesana juga acap melihat para perempuannya memakai bedak dingin untuk melindungi wajahnya saat bekerja diladang atau dilaut, karena memang cuaca terik itu terkadang sangat menyengat, dan efeknya serin mebuat kulit wajah yang notabene sangat sensitif jadi terkelupas dan merah-merah, bedak dingin di sini tak hanya untuk kecantikan lho.. malah terkadang untuk meredam panas tubuh pada anak-anak saat demam, karena memang sifat utama bahannya yang mendinginkan.

Hania saat di kalimantan dan memakai bedak dingin (pupur)


Mungkin karena ingin kembali mengangkat tradisi kecantikan ini, Ovale memproduksi Ovale bedak dingin, Ovale yang kita tahu produk-produknya yang modern dan praktis, hal ini juga diterapkan pada Bedak dingin Ovale, proses produksi yang higienis dan berteknologi yang modern menjadikan Ovale bedak dingin ini aman dan tak tercemar, apalai kemasannya yang berupa aluminium foil berflip-cap membuatnya bisa ditutup rapat kembali setelah digunakan, jadi tidak terkontaminasi, bahan-bahan yang digunakan juga alami, dengan perpaduan beras berkualitas dan bubuk mutiara serta bahan alami lainnya menjadikan Ovale bedak dingin seperti penyempurna perawatan alami yang sudah lama ada di Indonesia, itu yang disampaikan Ibu Meliana (Group Brand Manager Ovale) saat peluncurannya.

Ada dua varian Ovale bedak dingin yaitu dengan ekstrak mutiara untuk mencerahkan dengan kemasan dominan warna pink dan dengan ekstrak mutiara dan teh hijau khusus untuk kulit berjerawat dengan kemasan dominan warna hijau.

Sebenarnya para blogger yang hadir di acara itu sehari sebelumnya sudah dikirimi produk yang akan dilaunching untuk kami coba dirumah, saya yang juga kebetulan biasa pakai bedak dingin ngerasa engak ada salahnya mencoba, toh.. ini diklaim dari bahan alami yang biasanya enggak akan membawa efek buruk ke kulit.

Dari pengalaman saya memakai bedak dingin Ovale ini lumayan bagus sih hasilnya, kulit terasa adem dan lebih cerah juga saat memakai kosmetik lebih gampang nempel, karena kulit saya cenderung normal dan ndablek jadi enggak ada efek buruk yang saya dapat, mungkin untuk yang berkulit sensitif ada baiknya mencoba sedikit dulu dan melihat bagaimana hasilnya.

  Cara melarutkan Ovale bedak dingin ini juga praktis koq,

  •  Siapkan semua bahan seperti mangkuk kecil, air dan kuas, selain tentu saja bedak dingin Ovale
  •  Lalu campurkan 8-10 butir bedak dingin dengan sedikit air,
  •  Tunggu sesaat, sekitar 10 menit, lalu lumatkan menjadi semacam bubur dan ramuan itu siap dipakai.


siapkan bahan-bahan

larutkan Ovale bedak dingin dengan sedikit air

Tunggu sesaat, lalu lumat



  • Setelah larutan Ovale bedak dingin siap, selanjutnya aplikasikan ke wajah, caranya seperti kita memakai masker, sebaiknya larutan jangan terlalu encer, agar lebih mudah diaplikasikan, pakai kuas untuk meratakan keseluruh wajah dan leher,
  •  Tunggu sampai mengering dan agak kaku, lalu bersihkan dengan menggunakan handuk yang sudah di rendam denan air hangat, fungsi handuk selain mengangkat masker juga sekaligus mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih halus,
  • Terakhir basuh kembali wajah menggunakan air dengan suhu ruang agar pori-porinya kembali tertutup, dan rasakan kulit wajah yang lebih halus dan cerah.

Aplikasikan Ovale bedak dingin dengan kuas kewajah

Tunggu sampai kering

Bersihkan dengan handuk hangat lalu basuh dengan air dingin

Cantik deh..

Secara keseluruhan kalau menurut saya produk ini rekomen banget, apalagi saya memang orangnya yang agak malas melakukan perawatan karena sering ngeri lihat efek buruk dari produk kecantikan yang berbahan kimia keras dan berbahaya, tapi kayaknya untuk Ovale bedak dingin ini pengecualian deh.. dan satu lagi aroma dari Ovale bedak dingin ini menyenangkan lho, harumnya lembut, selain alami dan cocok dikulit saya, juga agar tradisi berbedak dingin asal Indonesia tetap hidup.

Dan akhirnya pengalaman ikut hadir di acara yang banyak perempuan cantik didalamnya, saya juga cantik .. *apaan sih* dan memakai bedak dingin yang sudah modern bakal jadi cerita menarik ke anak-anak, memang menjadi Mama itu seru.






Thursday, November 26, 2015

Food Enak Aplikasi Keren Buat Cari Tempat Makan Enak


Presscon Launching Food Enak


Saat mencari referensi tempat makan, mana yang lebih membuat kita percaya?

Informasi dari tempat makan tersebut atau rekomendasi teman ? kalau saya pribadi lebih percaya sistem getok tular atau referensi dari teman, karena biaasanya yang seperti ini lebih obyektif, lain denan iklan yang dikeluarkan dari tempat makan tersebut.

Ternyata yang punya pemikiran kayak saya banyak lho di Indonesia ini, lebih percaya  “apa kata teman”
Nah.. berangkat dari situ membuat seorang Denny Winoto menciptakan startup pencarian tempat makan yang bisa diakses  oleh user sekaligus bisa ikut berkontribusi langsung.

Pas acara launching Denny sang CEO Food Enak yang masih muda belia ini bercerita keinginannya membuat startup Food Enak  ini berdasar pengalamannya saat belajar di Amrik, Denny benar-benar kelimpungan nyari tempat makan yang enak,  dia hanya mengandalkan website restoran yang ternyata berkali-kali hasilnya mengecewakan,  istilahnya lain di maya lain di nyata, ya ealah.. namanya juga website bikinan restoran itu sendiri.

Dari situ dia berpikir asik kali yah kalau kita punya aplikasi yang menunjukkan tempat-tempat makan tapi sumbernya dari para teman atau orang-orang yang sudah pernah makan atau mendatangi tempat makan itu, dan akhirnya lahirnya Food Enak ini, keren !

Denny Winoto, CEO Food Enak

 Acara launching yang juga dihadiri dua artis yang juga memiliki usaha kuliner ini, Jane Shalimar dan Ratna Listy berlangsung santai dan dihadiri media serta blogger, Denny juga menyatakan kalau Food Enak memiliki beberapa kelebihan dibanding foodapp lain, selain aplikasi ini murni buatan anak negeri sendiri juga Food Enak fokus pada user, dan mengerti kebutuhannya, karena tiap user atau pengguna memiliki karakter, kebiasaan dan preference yang berbeda.


Trus apa donk benefitsnya buat para user ini? banyak.. dengan gabung disini user bisa mengumpulkan poin dengan check-in, review, like, add new restaurant juga dengan berteman sesama user, dan poin-poin itu bisa ditukar macam-macam hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Aplikasi yang terhubung dengan beragam media sosial ini memungkinkan pengguna bisa berbagi reviewnya di media sosial  miliknya seperti Facebook, Twitter, Google+ atau Instaram, jadi makin eksis donk.. bahkan mereka juga bisa berbagi score game mereka yang juga tersedia di Food Enak di medsos.

Tak hanya itu, di Food Enak juga ada tinkatan buat para user, dari baby food untuk yang paling rendah dan Super hero untuk yang paling tinggi, atau yang paling aktif.

Kedepannya Food Enak bakalan sering-serring nih ngadain community gathering untuk para user setia untuk menambah keakraban, so tungu apa lagi langsung aja gabung di Food Enak, aplikasi ini bisa diunduh di Android, IOS dan website www.foodenak.com dan dapatkan semua keuntungannya.

tampilan Food Enak


Akun yang personalize di Food Enak

Sistem ranking di Food Enak

Dijamin lapar mendadak saat buka aplikasi Food Enak







Saturday, November 21, 2015

Tour Blogger Ke Kantor Bea Cukai



Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 18 November 2015 saya mendapat undangan istimewa dari Ditjen Bea Cukai untuk ikut tour bersama beberapa blogger dan mahasiswa dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Nasional (HAN),  karena kesempatan langka jadi enggak boleh terlewatkan donk, apalagi kabarnya kita bakal diajak ngubek-ngubek "jerohannya" atau kinerja Bea dan Cukai.

Tujuan 1 Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta

Kantor Pos Pasar Baru


Saya berangkat dari Bekasi pagi-pagi sekali, karena kita bakal dijemput di stasiun Juanda jam 8 pagi untuk selanjutnya naik bis Ditje bea cukai menuju Kantor Pos pusat di bilangan Pasar baru, Jakarta, lho koq ke Kantor Pos katanya tour Bea Cukai?

Saya yang memang buta sama sekali masalah bea cukai agak bingung juga awalnya, yang saya tahu bea cukai urusannya dengan rokok dan barang di pelabuhan, ternyata tidak, bea cukai juga ada di kantor pos lho.. dan mengurusi kepabeanan barang yang masuk dari luar negeri baik yang lewat laut maupun udara, dan itu artinya akan berhubungan dengan Kantor Pos.

Acara pertama kami diberikan pembekalan tentang peranan Ditjen Bea Cukai atas kiriman dari luar negeri, ada beberapa narasumber yang memberikan keterangan disini yaitu

narasumber


  • Bapak Muhammad Akhadi Jatmiko ( Kabid Analisis dan Tindak Lanjut Kepatuhan Internal Puski Kepabenan dan Cukai ) , 
  • Ibu Nurtanti Widyasari ( Kepala KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru),
  •  Bapak Himawan Setio ( Kasubsi kepatuhan Internal dan penyuluhan KPPBC Tipe Pratama kantor Pos Pasar baru)
Para narasumber secara garis besar menjelaskan bagaimana alur impor atau rute yang ditempuh suatu barang dari luar negeri hingga diterima di Indonesia, ini juga berlaku atas barang-barang yang kita beli secara online lewat pasar maya yang dikirim dari luar negeri, kita harus lebih teliti barang yang akan kita beli itu termasuk barang yang dibatasi atau benar-benar tidak boleh masuk sama sekali, seperti obat- obat suplemen dan kosmetik yang tidak berizin POM, maka barang itu tidak akan pernah kita terima kecuali pengirim menurus izin POm atau barang tersebut akan dikembalikan ke pengirim, sayang kan sudah beli mahal-mahal barang tidak bisa kita terima, itulah kenapa kita harus cerdas menjadi konsumen.

Tak hanya mendengarkan penjelasan dari para narasumber, kami juga diajak berkeliling Kantor Pos yng mengurusi kiriman barang dari luar negeri, dalam sehari tak kurang 2 truk besar datang membawa barang-barang dari luar negeri baik yang lewat laut maupun udara, satu persatu baran itu diperiksa, dan dibongkar untuk selajutnya di bungkus kembali dengan rapi oleh petugas Kantor Pos.

Untuk tahap-tahap pemeriksaan itu enggak mudah lho.. pertama dicek menggunakan x-ray scanning, bia ditemukan hal-hal yang mencurigakan maka akan menjadi perhatian khusus, selanjutnya barang-barang itu akan dibariskan dan akan dilakukan pemeriksaan oleh anjing pelacak, untuk bagian ini saya agak ngeri karena anjing-anjing yang terlihat galak itu *meski katanya jinak* bisa dengan agresif membongkar paket yang dicurigai berisi narkoba, keren!

Setelah discanning dan diperiksa mengunakan anjing pelacak paket-paket dari LN itu masih harus dibongkar satu-satu untuk memastikan isi didalamnya, di tahap ini ternyata banyak yang enggak lolos, ada kosmetik atau suplemen tak berizin yang harus ditahan sampai proses selanjutnya terlewati

Panjangnya sistem pemeriksaan barang dari LN yang masuk ke Indonesia membuat saya berpikir dua kali untuk membeli barang-barang enggak jelas yang dijual online dan dikirim dari LN, jadi lebih cinta buatan Indonesia, aman dan murah.

Ada juga barang yang dibatasi seperti gadget yang maksimal hanya dua biji, jadi kebayang donk kalau teman atau saudara kita di LN mengirimkan gadget 5 buah, maka hanya 2 buah yang akan kita terima, atau ada juga barang yang kita sebagai penerima harus membayar beberapa biaya agar barang itu bisa kita terima. untuk mengethui lebih lanjut bisa cek http://beacukai.go.id/
Setelah mendatangi beberapa bagian dari Kantor Pos itu kami melanjutkan tour hari itu ketujuan berikutnya.




Foto 1-4 ini adalah sistem pemeriksaan atas barang paket.


Tujuan 2 Kantor Pusat Ditjen Bea Cukai Rawamangun, Jakarta.

Kembali masuk bis kami diantar ke Kantor Pusat Bea dan Cukai  di wilayah Rawamanun, Jakarta timur, disini kami diajak berkenalan dengan Bravo Bea Cukai, itu adalah layanan call center yang menghubungkan masyarakat dengan pihak bea cukai, banyak info yang kita dapatkan di situ seperti sudah sampai mana barang kiriman kita dari LN
.

Bravo Bea Cukai


Masyarakat bisa menhubungi Bravo Bea Cukai di nomor telepon 150025 tanpa kode area di seluruh wilayah Indonesia, nanti bakalan ada team yang siap sedia menjawab semua pertanyaan.

Tak hanya itu kami juga diajak keliling kantor yang ternyata ada museumnya lho.. berbagai barang yang berhubungan dengan Bea dan Cukai dari masa ke masa dipamerkan disini, mulai dari seragam, replika kapal patroli juga bintang lambang pangkat pejabat bea cukai.

Dari museum itu saya baru tahu kalau di masa Hindia Belanda, bea cukai disebut ordonansi, atau pajak terhadap barang-barang yang dibatasi seperti gula, rempah-rempah, tekstil dll, namun sekarang barang yang terkena cukai atau biaya pembatasan hanya 3 yaitu Ethyl Alcohol, minuman beralkohol dan hasil tembakau( rokok, cerutu)




Foto 1-4 Museum Bea dan Cukai beserta sebagian isinya


Masih ingat tentang anjing pelacak yang memeriksa paket yang saya ceritakan diatas, kami juga diajak menyambangi tempat mereka dilatih lho..

Anjing-anjing pelacak itu atau biasa disebut K9 (taring) itu di tempatkan dan dilatih di salah satu bangunan yang masih satu komplek dengan Kantor Pusat Bea dan Cukai, beberapa anjing sedang berlatih saat kami memasuki area itu, sang pawang terus memberikan aba-aba Find it.. Good job.. Good boy dengan suara yang cukup keras, anjing-anjing ini memang dilatih untuk mengendus keberadaan narkoba dalam paket-paket yang masuk dari luar negeri.

Tempat dimana si K9 dilatih


Acara tour blogger dan mahasiswa di kantor Pos Pusat dan Kantor Pusat Bea Cukai itu berakhir sekitar jam 4 sore, banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan, bersyukur bisa menjadi salah satu yang berkesempatan tahu bagaimana kinerja salah satu aset negara yaitu Ditjen Bea dan Cukai yang dibawah Kementrian Keuangan.

Pulang kerumah dengan membawa oleh-oleh satu lagi hal hebat yang dialami Mamanya yang akan langsung saya ceritakan ke anak-anak dirumah, memang jadi mama itu seru.

Bus yang membawa kami Tour.

Blogger memang doyan foto bareng-bareng, harap maklum.







Friday, November 13, 2015

Uber Taxi Rendah Biaya




Uber taxi ini ternyata bukan nama salah satu armada taxi, lho koq?

Iya.. jawaban itu saya dapatkan saat saya diundang untuk mengenal lebih dekat apa itu Uber, acara kenal- kenalan yang bertempat di Kinara resto itu menjelaskan kalau ternyata Uber adalah teknologi berbasis aplikasi yang menghubungkan antara pengemudi dan penumpang taxi.

Jadi siapapun bisa menjadi pengemudi Uber asalkan memiliki mobil dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh tim Uber, Uber juga bekerja sama dengan rental car yang berlisensi. Dan pengguna Uber ini bisa memilih jenis mobil dan drivernya sendiri.

Aplikasi Uber ini bisa kita unduh di smartphone, dengan syarat memiliki kartu kredit, enggak harus milik sendiri sih.. bisa milik teman juga, nanti kita tinggal bayar cash sama teman kita, karena sistem pembayaran di sini menggunakan charge kartu kredit tersebut, jadi kalau menurut saya pribadi praktis sekali, apalagi ternyata tarif Uber Taxi 20% lebih murah dibanding dengan taxi reguler, lumayan kan?

Koq bisa lebih murah ?

Ini karena memang cost yang dikenakan senilai Rp 3000/ start dan Rp 2000/ Km akan full diterima oleh pengemudi, tanpa dipotong pihak Uber.

Asal Uber sendiri dari San Fransisco, USA, sang pencetus kepikiran mendirikannya karena pengalaman pribadinya yang "terdampar" di kota Paris, Perancis dan kesulitan mendapatkan  transportasi menuju tempat yang dia inginkan, saat saya tanya kenapa kepikiran untuk menerapkan aplikasi Uber di jakarta, seperti diketahui sangat mudah untuk mendapatkan alat transportasi di sini ada angkot, metromini, bis atau yang lain, tapi ternyata faktor keamanan dan kenyamananlah yang membuat Uber bisa menempati hati masyarakat Jakarta.

Apalagi beberapa pengemudi taxi Uber ini adalah perempuan, jadi tambah nyaman deh.. salah satunya yang sempat datang ke acara kemarin, adalah mbak Lidya yang asalnya berprofesi sebagai wartawan dan Mbak Sinta yang dulunya seorang konsultan keuangan. Melihat pekerjaan semula dua pengemudi Uber ini yang kalau menurut saya penghasilannya lumayan ini membuat saya kepikiran kalau kalau penghasilan jadi pengemudi taxi Uber ini lumayan donk... J

Ternyata benar dugaan saya, menurut pengakuan Mbak Lidya yang sudah 6 bulan menjadi pengemudi Uber hasil yang didapat lebih dari 4 juta setiap minggunya, dan itulah yang membuat Mbak Lidya menjadikan pekerjaan ini sebagai main jobnya, apalagi dia memiliki mimpi untuk memberangkatkan Ibunya berziarah ke Yerussalem dan itu butuh biaya yang tidak sedikit kan, itulah kenapa dia merasa dengan menjadi pengemudi taxi Uber ini cita-cita itu bakal tercapai.

Pun demikin dengan Mbak Santi yang sudah setahun lebih menjadi pengemudi Uber taxi, profesi awalnya sebagai konsultan keuangan menjadikannya sering itung-itungan, dia berpikir enak kali yah kalau punya mobil tapi cicilannya bukan kita yang bayar, jadi itu motivasi awal dia gabung di Uber ini.

Mendengarkan cerita-cerita seru kedua pengemudi perempuan saya ini membuat saya agak ngiler juga pengen ikutan gabung di Uber, dan ternyata syaratnya gampang asal kita punya mobil dengan kriteria mereka atau kita bisa gabung dengan memkai mobil rental yang terakhir ini penghasilan kita bakal lebih sedikit karena harus berbagi dengan pihak rental, tapi yang jadi masalah saya enggak bisa nyetir :P

Acara bincang santai dengan pihak Uber yang berlangsung 2 jam an ini membuat saya berpikir, betapa kreatifitas membuat berbagai macam peluang terbuka, termasuk dikembangkannya aplikasi Uber ini yang membuat banyak pihak diuntungkan, memnag Allah memberikan kita akal dan pikiran agar kita terus mengembangkan apa yang kita punya, dan membuat kehidupan lebih baik lagi,* lho koq lama-lama saya jadi kayak Ustadzah nih ngomongnya*

Monday, November 9, 2015

Seminar Parenting IIP Bekasi Bersama Kiki Barkiah


Menjadi orang tua tangguh itu ternyata ada ilmunya, dan ilmu itu saya dapat saat mengikuti Seminar parenting IIP bersama Kiki Barkiah.,

Acara yang diadakan di gedung balai Patriot Bekasi tanggal 8 November kemarin menyisakan banyak kesan di hati saya, apalagi pembicaranya penulis buku-buku parenting yang salah satu diantaranya " 5 Guru Kecilku".

Seminar ini hasil gawean IIP Bekasi,, apa sih IIP itu, ini sedikit yang saya ambil dari website resminya
  
INSTITUT IBU PROFESIONAL yaitu tempat belajarnya para ibu yang ingin menjadi profesional di bidang pendidikan anak dan keluarga.

Siapa yang bisa menjadi anggota komunitas ini? siapa saja baik itu Ibu ataupun calon Ibu, kegiatannya berupa kajian rutin, kuliah umum Ibu profesional dan family gathering, penggagas komunitas ini adalah Ibu Septi Peni Wulandari.

Misi dari IIP ini sendiri memberdayakan para Ibu dan menjadikannya sebagai  Agent of Change (agen pembawa perubahan) yang senantiasa akan berbagi dan menularkan virus perubahan kepada masyarakat, keren kan..dan diharapkan dengan keadaan itu maka kemampuan dan rasa percaya diri para Ibu ini meningkat.

Saya yang baru pertama kali mengikuti seminar parenting yang diadakan oleh IIP ini lumayan merasa takjub, para peserta seminar ternyata tak hanya datang dari wilayah Bekasi saja tapi juga wilayah-wilayah yang menurut saya lumyan jauh, seperti Bogor, beberapa peserta datang sendiri atau ditemani pasangan dan anakanak mereka, enggak ribet sih meskipun harus bawa krucil, karena disediakan Kid's corner juga, meliputi area kreatifitas dan mendongeng, okoknya seru deh.. apalagi dibeberapa sudut ruangan juga disediakan stand bazaar berbagai produk yang keperluan Ibu dan anaknya.


Ada bazaarnya lho..

Yang bawa anak, tenang.. ada Kid's Corner

 Tak hanya itu, rupanya panitia sudah mempersiapkan sebaik-baiknya acara ini, jadi selain bazaar-bazaar tadi dan Kid's corner juga disediakan area panahan mini, buat peserta yang ingin merasakan sensasi memanah, yang digunakan panah beneran lho, karena memang keterampilan yang satu ini dianjurkan sekali dalam Islam, keren!


Area panahan.
Acara seminar parenting IIP ini dimulai pukul 08.00 teng diawali dengan pembukaan, tepatnya pembagian hadiah, banyak sekali hadiah yang dibagikan disini, ada payung, gamis, atau voucher, peserta diajak bermain interaktif, dan ini terbukti membuat suasana hangat dan bikin semangat.

Dan akhirnya smpai di acara inti, kuliah, presentasi oleh Teh Kiki Barkiah penulis buku 5 Guru Kecilku ini pembawaanya asyik dan kalem, tapi pas berbicara diatas panggung ternyata seru banget, kali ini Teh Kiki akan membahas mengenai:


Menjadi Orang Tua Tangguh, menghadapi 2500 hari pertama pengasuhan anak.

Teh Kiki Barkiah, penulis buku-buku parenting

Di awal Teh Kiki meminta salah satu peserta membacakan Al-qur'an surat Al-Mukminun ayat 12-16 yaitu tentang proses terciptanya manusia dari Nutfah--alaqoh--mudgo.

Secara garis besar surat tersebut membagi 3 proses penciptaan manusia, yaitu :
  • Tahap Pre-embrionik
  • Tahap Embrionik
  • Tahap fetus 
ketiga tahap itu terjadi dalam proses kehamilan, selanjutnya dilanjutkan dengan proses kelahiran,  dan di fase ini orang tua sudah dituntut untuk menjadi orang tua tangguh dengan segala macam kendala yang bakal dihadapi mulai dari perubahan bentuk tubuh, emosi yang kadang tidak stabil  dan hal-hal lain yang ditemui selama mengandung, apalagi saat memasuki proses kelahiran yang membutuhkan nyawa sebagai taruhannya, kepayahan yang amat sangat, dengan satu tujuan anak yang di dalam kandungan bisa dilahirkan dengan selamat.

Tahap-tahap perkembangan seorang anak


  1. Kehamilan
  2. Kelahiran
  3. 0-6 bulan
  4. 6-12 bulan
  5. 1-2 tahun
  6. 2-3 tahun
  7. 3-4 tahun
  8. 4-6 tahun
  9. 6-8 tahun.
Di tiap tahap perkembangan si anak kita para orang tua dituntut untuk mengenali karakter tiap tahap perkembangannya dan ilmu tangguh apa yang bisa diterapkan kepada anak agar anak bisa tumbuh optimal dan sehat secara fisik dan psikis.

Kalau masalah kehamilan dan kelahiran sudah saya jelaskan diatas, selanjutnya fase saat anak memasuki awal hidupnya didunia

0 - 6 bulan
Difase ini anak mulai mengenal atau tertarik pada wajah terutama orang yang sering berada didekatnya, melakukan gerakan-gerakan refleks dan mulai mengenali suara-suara disekitarnya.
Difase ini ASI sangat disarankan, karena memang itulah yang terbaik, orang tua sudah mulai bisa menstimulasi bayi dengan sering mengajaknya berinteraksi dan memperdengarkan hal-hal yang baik seperti memperdengarkan bacaan Al-qur'an.

6-12 bulan
Fase ini anak sudah mulai merespon suara orang tua, kemampuan mengenali dan tahu keberadaan suatu benda sudah mulai muncul,
Di usia ini anak mulai menarik perhatian dengan bahasa tubuhnya, dia memancing orang disekitarnya untuk memberikan perhatian dan kasih sayang kepadanya, 
Untuk orang tua manajemen waktu sangat diperlukan bila memiliki anak diusia ini, karena anak butuh perhatian penuh, kalau bisa siapkan ruangan khusus yang aman agar anak bisa mengekplorasi sekitar, dan jangan berikan anak gadget ini karena gerakan gambar yang cepat mampu merusak otak anak.

1-2 tahun
Di fase ini anak sangat menikmati apapun yang diulang-ulang baik itu lagu ataupun cerita, sudah mulai memhami instruksi sederhana, mulai mengetahui perbedaan warna dan bentuk, sudah tahu siapa namanya.
Usia menjelang 2 tahun anak akan semakin sering mengatakan tidak, dan suka meniru, diusia ini juga anak sudah bis diajak bermain "pura-pura".
Orang tua harus memberikan ruang gerak yang seluas-luasnya pada anak diusia ini karena jiwa eksplorasinya semakin berkembang dan ini akan baik untuk perkembangannya nanti, dan sebisa mungkin jaga kegiatan rutin anak, seperti makan dan minum di jam berapa, karena perubahan-perubahan terkadang membuat anak frustasi.

2-3 tahun 
Di fase ini anak sudah mulai mengenali dirinya sendiri dengan lebih baik, emosinya semakin terbuka, dia tahu bagaimana mengekspresikan kasih sayang, anak juga lebih senang bertualang dan mencoba hal-hal baru serta mulai senang berinteraksi dengan teman-temannya.
Orang tua difase ini harus lebih sabar dan membantu anak dengan mengenali dirinya sendiri, memperbanyak kosa kata anak dengan sering membacakan cerita atau mengajaknya berbicara, karena diusia ini nak lebih sering frustasi dengan kemapuannya menyampaikan sesuatu yang masih terbatas.

3-4 tahun
Di fase ini anak mulai mengenali konsep waktu, dan mulai sering berfantasi sehingga membuat anak sangat mungkin berbohong, karena mereka masih rancu membedakan antara fantasi dan kenyataan.
Usia ini anak masih melihat sesuatu hanya dari satu sudut pandang, jadi jangan gusar bila mereka meminta sesuatu yang tidak masuk akal karena hal ini.
Orang tua sudah bisa menerapkan aturan diusia ini meski tidak sepenuhnya akan dijalankan sianak, tapi paling tidak anak akan tahu kalau hidup ini memiliki aturan.

4- 6 tahun 
Ini adalah masa kritis seorang anak, pertanyaan-pertanyaan yang kadang kita sendiri tak bisa menjawabnya akan muncul diusia ini, eksplorasinya semakin baik.
Emosi anak diusia ini biasanya kadang ekstrem dan meledak-ledak, dan menjadi tugas orang tua untuk bisa mengelola emosi sianak, selain itu hargai keinginan anak, bukan berarti selalu menurutinya tapi memperhatikan apa yanag menjadi keinginanya, di fase ini saat yang tepat memasukkan nilai-nilai baik pada anak karena kematangan berpikir anak sudah semakin membaik.

6- 8 tahun
Di fase ini anak sudah semakin matang dalam berpikir, itulah mengapa orang tua sudah mulai bisa memberikan tanggungjawab dan tugas sederhana, dan sudah mulai bisa membedakan antara fantasi dan kenyataan, diusia ini anak sudah semakin senang bergaul dengan tamannya dan berusaha meniru mereka.
Usia ini anak semakin stabil emosinya meski terkadang bis saja meninggi dan menurun secara ekstrem, tugas orang tua untuk selalu mengarahkan anak akan hal-hal positif.

yang terpenting orang tua diharapakan untuk menyesuaikan pola asuh anak dengan usianya, sehingga akan lebih memudahkan memasukkan nilai-nilai baik pada anak.

Kunci dari semua teknik pengasuhan ini adalah sabar dan ikhlas, karena anak adalah amanat Allah yang harus selalu dijaga dan merupakan generasi penerus yang akan bermanfaat untuk negara dan agama.

Penjelasan dari Teh Kiki ini sangat gamblang dan detil sekali, jadi meski 2 jam beliau berbicara rasanya sebentar saja, saya yang kebetulan duduk tak jauh dari tempat beliau memberikan kuliah merasa takjub dengan kata-kata yang meluncur, begitu ringan tapi penuh makna,.

Dan acara seminar parenting IIP bersama Teh Kiki Barkiah ini pun diakhiri dengan book signing oleh beliau, buku 5 Guru Kecilku, dan terakhir kami para peserta seminar diminta untuk berfoto bersama untuk menambah keakraban, acara hari ini sangat berkesan sekali, satu ilmu tentang ketangguhan orang tua dalam mengasuh anak sesuai usia kembali saya dapatkan.

Terima Kasih IIP.


suasana book signing

salah satu buku Teh Kiki "5 Guru Kecilku"

Sesi foto bersama