Tuesday, June 28, 2016

Memilih Suplemen yang Tepat di Bulan Puasa.

Vermint

Salah satu kewajiban kaum muslimin adalah berpuasa selama sebulan penuh di bulan suci Romadhon, dan itu artinya pola makan kita akan berubah selama sebulan itu.

Sebenarnya tidak ada yang berubah dengan asupan gizi yang kita butuhkan di hari-hari biasa atau hari-hari saat kita harus berpuasa, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang sama, tapi karena jam makan yang berubah membuat kita jadi agak malas mengkonsumsi beragam makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh, padahal itu bisa fatal akibatnya lho..

Sebagai Ibu rumah tangga yang menentukan kualitas asupan gizi seluruh anggota keluarga, saya sih sadar betul bagaimana menjaga kondisi nutrisi anak-anak dan suami, gini-gini saya juga berusaha jadi role model yang baik buat mereka..

Naah... di bulan baik ini saya ingin sedikit berbagi tips, bagaimana menjalankan puasa dengan nyaman, tapi ini ala-ala saya yaahh.. kalau ada kurang lebihnya yah mohon dimaafkan, karena pemikiran orang kan enggak ada yang sama.. kalau sama kloningan donk namanya, serem ah..

Ini tips-tips saya agar selalu fit dan segar selama berpuasa :

  • Perhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka, agak ribet mungkin ya kalau harus memperhatikan nutrisi makanan di tengah malam buta pas sahur, tapi kenyataannya, makanan sahur itu yang menentukan kondisi kita seharian. Saya sih enggak yang terlalu rumit mengaplikasikannya, tapi hanya mengganti beberapa jenis makann agar nilai gizinya lebih tinggi dan mampu sedikit lebih lama bertahan di tubuh.. ini yang penting, seperti mengganti beras putih dengan campuran beras merah dan putih, dan mengganti kopi atau teh dengan hanya air putih atau air rebusan sereh dan jeruk nipis.
Perhatikan asupan makanan

  • .Manfaatkan waktu pagi, setelah makan sahur dan sholat subuh biasanya apa yang kita lakukan? tidur lagi ? jangan donk.... karena diwaktu itu asam lambung sedang aktif dan kalau kita tidur akan naik keatas, ini yang menyebabkan kita begah dan mulut terasa kering sehrian, seperti itu kira-kira penjelasannya, jadi pilihan untuk tidak langsung tidur itu tepat sekali.
Hindari kembali tidur setelah makan sahur.

  • .Di siang hari hindari terlalu lama dibawah matahari langsung, karena panas matahari langsung menyebabkan kita dehidrasi dan kekurangan cairan karena menguap.. jadi usahakan mencari tempat-tempat teduh untuk beraktifitas atau pakai topi dan alat pelindung kepala lainnya untuk sedikit meredam panas matahari.
Gunakan pelindung saat beraktifitas dibawah terik matahari
  • .Konsumsi suplemen sesuai kebutuhan, tak bisa dipungkiri, makan sahur dengan menu sehat komplit kadang sering terlewat yah.. saat kita puasa, tapi dengan mengkonsumsi suplemen yang tepat akan bisa menutupi kekurangan asupan gizi kita selama berpuasa dan membuat kita tetap fit.
Pilih suplemen yang tepat.


Bicara mengenai suplemen ini memang gampang-gampang susah, banyak sekali di pasaran tawaran bergam suplemen yang dikhususkan untuk menjaga kondisi tubuh kita selama berpuasa.

Kenapa harus Vermint?

Saat bingung pilah-pilih suplemen yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh saat puasa, seorang teman datang dan mengenalkan Vermint, awalnya aneh aja.. karena yang saya tahu kalau Vermint ini untuk anak yang sedang terkena demam typhus.

Tapi ternyata saya salah, dan setelah saya baca brosur dalam kemasannya ternyata Vermint ini memang semacam suplemen yang terbuat dari protein hewani yaitu cacing tanah atau istilah asingnya Lumbricus Rubellus yang memiliki banyak sekali khasiat.

Tapi tetap donk.. kalau urusan suplemen saya enggak mau yang asal tenggak aja, apalagi yang berhubungan dengan anak-anak, dan untuk lebih meyakinkan lagi saya cari informasi lebih tentang si Vermint ini.

Dari banyak sumber saya tahu kalau kandungan aktif dari Vermint memilki beberapa khasiat, diantaranya :
  • bekerja secara bio medicine, sehingga tidak menimbulkan efek samping.
  • Aman untuk segala usia.
  • Aman untuk dikonsumsi untuk jangka lama.
  • Bisa dikombinasikan dengan obat dokter.
  • mengatasi beragam keluhan keseimbangan dan metabolisme tubuh seperti migrain, kolesterol tinggi, asma, mempercepat penyembuhan luka, gangguan pencernaan, rheumatik, asam urat dan banyak penyakit lainnya.
Bahkan menurut Prof H.M Hembing Wijaya Kusuma, seorang ahli pengobatan herbal mengatakan kalau Lumbricus Rubellus ini memiliki 20 jenis asam amino dan protein, 76% lebih tinggi dibanding ikan ataupun daging, keren juga si cacing..juga mengandung asam Archidonat, Enzim Lumbrokinase Peroksidase, katalase, selulose dan signase, nama zat-zat yang lumayan bikin siwer ini ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit mulai dari asma, batuk dimalam hari, tekanan darah rendah, menurunkan demam dan sakit kepala serta sederet penyakit lainnya.

Jadi dengan pertimbangan itu saya mulai berani mengkonsumsi Vermint ini dan bertepatan dengan masa puasa ini, saya konsumsi awalnya 1 butir saat sahur dan 1 butir setelah makan malam, sepulang tarawih.

Tak dinyana, setelah sepuluh hari lebih saya konsumsi saya mulai merasakan manfaatnya, entah sugesti atau apalah, yang pasti tapi kenyataanya kondisi badan saya terasa lebih fit dan segar, mungkin karena aliran darah yang lancar, padahal kegiatan sebagai Ibu Rumah tangga dan Blogger tetap jalan terus selama puasa.

 Vermint untuk mengurangi Asma

Meskipun sudah jarang kambuh, tapi penyakit asma pada anak pertama saya hasnah terkadang juga sering ngintip-ngintip apalagi saat kondisi tubuh kurang fit.

Dan sejak awal puasa lalu saya coba kasih Vermint 2X sehari, disaat sahur dan malam hari, dan Alhamdulillah, sejak awal puasa sampai sat ini, saat tulisan ini selesai, asmanya tidak pernah muncul, dan yang lebih menyenangkan ternyata beberapa jerawat di wajah abegeh saya sedikit-sedikit mulai berkurang, kembali lagi mungkin karena kondisi hormonnya stabil karena Vermint ini atau hal lain.. saya tidak bisa pastikan, tapi yang pasti sejak mengkonsumsi Vermint kondisi tubuhnya lebih terlihat bugar.

Merekomendasikan sih enggak, saya tulis manfaat ini kan hanya berbagi pengalaman semata, tapi kalau memang dirasa cocok yah monggo..karena biasanya cocok disaya belum tentu cocok disitu.

Itulah kenapa beberapa hari lalu saat bertemu seorang teman, dia bilang kalau saya terlihat fresh dan fit padahal sedang puasa, saya jawab mungkin asupan makanan dan suplemen yang saya konsumsi tepat, karena tubuh manusia ini ibarat mesin kalau setelannya pas maka pengoperasiannya pun oke.

Jadi pilah-pilih suplemen sepertinya bukan masalah lagi buat saya khususnya di bulan puasa ini .





       

Thursday, June 23, 2016

Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya, Banyak Kisah di Satu Buku.


Buku baruuu.....!!!

Anak- anak selalu senang kalau saya pulang dari mana-mana dan baw oleh-oleh buku baru.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya diundang salah seorang tean saya Mbak +Astri Damayanti yang seorang penulis buku anak untuk ikut hadir di acara launching buku barunya yang berjudul Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW Dan Kisah Ajaib Lainnya.

Buku cerita setebal 271 halaman ini ( 5 halaman pembuka dan 265 halaman utama) ini berisi kumpulan cerita-cerita Islami, ada 87 cerita pendek yang terangkum dalam satu buku ini.

Acara launching buku ini yang diadakan di Gramedia Matraman, Jakarta juga dihadiri oleh sang penulisnya, Mbak Astri menyatakan kalau dia behagia bisa berbagi kisah dengan para pembaca lewat buku baru yang ditulisnya itu, acara yang juga diisi dongeng dengan mengambil salah satu kisah di buku itu berlangsung meriah dan informatif.

Suasana Launching
Bersama penulis

Meskipun judulnya mengandung unsur  Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW tapi isi buku ini hanya sekitar 15 kisah yang mengangkat tema Nabi Muhammad SAW sisanya adalah kisah-kisah para sahabat dan Nabi-nabi umat Islam.

Kisah-kisah atau cerita yang diangkat sebagian besar dalah kisah atau cerita yang sudah cukup familiar di telinga anak-anak, tak heran karena sang penulis juga memilki Majelis Ta'lim dirumahnya dan beberapa kisah itu ditulis kembali berdasar penuturan para Ustadz atau Ustadzah yang kerap menyampaikan tausiyah disitu.

Namun ada beberapa kisah yang sepertinya sangat jarang terdengar, seperti di bagian Nabi Danial dan Singa (halaman 16) seperti diketahui kalau jumlah nabi dan rosul yang di imani umat Islam ada 25 dan nama Nabi Danial tidak termasuk didalamnya, tapi  sebenarnya Nabi Danial memang ada dan cerita ini diangkat berdasarkan hadist yang diriwayatkan para sahabat.

Buku yang dicetak diatas kertas dengan kualitas premium ini juga dilengkapi dengan gambar yang menarik disetiap halamannya, karena memang pasar buku ini adalah anak-anak usia 4-12 tahun, jadi permainan warna dan gambar terlihat sekali dibuku ini.

Satu kisah atau cerita rata-rata terdiri dari 2 sampai 3 halaman, dengan jumlah rata-rata 50 kata perhalaman membuat buku ini nyaman dimata anak-anak maupun orang tua yang hendak membacakan buku ini untuk anaknya.

Sumber-sumber cerita dalam buku ini juga jelas dan ditulis dihampir setiap akhir cerita, baik yang bersumber dari Al-qur'an dengan menyebutkan nama surat dan ayatnya juga yang bersumber dari hadist dengan menyebutkan perawinya.

Sumber yang ditulis dengan jelas.

Menurut penulisnya yang sudah menerbitkan lebih dari 100 buku dari berbagai genre menyebutkan kalau buku ini diharapkan bisa menjadi salah satu fasilitas pembentuk karakter anak, karena memang dari buku ini banyak sekali pesan moral yang bisa didapat.

Mbak Astri juga mengatakan buku ini juga bisa menjadi bahan mendongeng ke anak kita, salah satu aktifitas yang bermanfaat tapi mulai jarang dilakukan, dan diharap dengan buku ini orang tua akan kembali melakukan kebiasaan itu dengan mengambil beragam cerita di buku ini sebagai bahan dongengannya, satu hari satu cerita dan akan ada 87 hari yang bisa dimanfaatkan melalui 87 kisah dibuku ini.

Buku ini juga banyak berisi tentang kisah-kisah ajaib yang bagi anak jaman sekarang bisa dianggap tidak masuk akal, tapi dari kisah itu imajinasi dan kreatifitas anak kembali di asah, seperti pada salah satu cerita " Arak Menjadi Madu" yang bercerita tentang seorang pemuda mabuk yang begitu takutnya dengan Sayyidina Umar hingga mengatakan kalau botol berisi arak yang disembunyikannya adalah madu, dan ternyata hal iitu benar-benar terjadi, botol berisi arak itu berubah isinya menjadi madu, cerita seperti itu mungkin akan dinggap aneh oleh mereka, tapi dari cerita itu kita bisa menyampaikan pesan kalau sebenarnya keajaiban itu memang ada, dan masih banyak kisah keajaiban lain yang tersebar di banyak halaman buku ini.

Membaca buku ini sepertinya tidak akan membosankan karena selain kisah-kisahnya cukup menarik, juga ilustrasi didalamnya sangat beragam dan penuh warna pastinya, bentuk ilustrasi yang tidak sama antara satu kisah dan kisah lainnya  ini akan cocok buat anak-anak yang memiliki sifat mudah bosan .

Karakter ilustrasi yang beragam di satu buku


Pesan yang tersampaikan.

Buku ini di tulis sebagai rangkuman beragam kisah yang disampaikan di sebuah majelis ta'lim lewat tausiyah-tausiyahnya, dan setiap tujuan setiap Ustadz/Ustadzah menyampaikan tausiyah adalah agar menjadikan yang menyimaknya menjadi lebih baik akhlaqnya, dan buku ini pun bertujuan sama, agar anak yang membaca buku ini juga yang dibacakan memiliki akhlaq yang lebih baik lagi.

Beberapa kisah juga mengangkat tentang perjuangan, keberanian, pantang menyerah, keteguhan iman dan kasih sayang yang dikemas secara sederhana tapi mengena menurut saya, setiap cerita dibuat singkat mungkin dengan tujuan agar anak lebih bisa mencerna dengan baik kata- perkata di setiap cerita.

Kelemahan buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya.

Setiap produk memiliki titik lemah, tapi mungkin buat sebagian orang malah itulah kekuatannya, dan untuk buku ini kalau menurut saya, karena setiap kisah dibuat singkat, terkadang ada beberapa kisah yang seperti tak terselesaikan, seperti disalah satu cerita " Kejujuran Gadis Penjual Susu"  (halaman 116) yang terdiri hanya dari 3 lembar halaman, menceritakan tentang kejujuran seorang gadis yang menolak perintah Ibunya untuk mencampurkan susu dengan air, tapi dia menolaknya dan kejadian tersebut ternyata didengar oleh Khalifah Umar, dan cerita berakhir sampai disitu.

Terdengar seperti menggantung, dan anak-anak biasanya penasaran dengan akhirnya, apakah Khalifah Umar akan marah atau malah memberikan dia hadiah, tapi dari sisi lain saya menganggap kalau berakhirnya cerita hanya sampai disitu dan terkesan anti klimaks dimaksudkan agar pembaca bebas berimajinasi menentukan akhir ceritanya.

Selain itu ada beberap nama tokoh yang mungkin but anak-anak kurang familiar seperti Sholahudin Al Ayyubi, Malik Bin Dinar yang tidak dijelaskan siapa mereka, mungkin lebih baik kalau di beberapa cerita yang mengangkt kisah tokoh-tokoh tersebut diberikan catatatn kaki siapa mereka, agar anak-anak lebih paham.

Tapi secara keseluruhan buku ini oke, karena Ali anak saya juga sepertinya menikmati saat membacanya, meski terkadang saya tetap harus menjelaskan beberapa hal yang dirasa kurang dia mengerti dari buku ini, dan buat para pendongeng, sama seperti saya yang hampir setiap hari mendongeng untuk Hania buku ini cukup recomended, karena ada banyak kisah dalam satu buku.

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya ini bisa diperoleh di jaringan toko buku Gramedia dan juga secara online di Mataharimall.com seharga Rp 115.000.

Dan sepertinya itu sedikit cerita saya tentang buku tulisan teman saya yang bermanfaat buat anak-anak saya dan semoga akan bermafaat juga buat anak-anak Bunda.

Judul Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya
Penulis             :  Astri Damayanti
Kategori Buku  :   Buku Cerita Islami
Penerbit            : BIP Gramedia
Tahun Terbit      :   2016
Tebal Buku        :  271 halaman
Jenis Kertas       :  Book paper
Cover                :  Soft Cover
Dimensi              : 17 X 22 cm





https://goo.gl/wghScS
Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa di beli di MatahariMall.com

Monday, June 20, 2016

Andalan Bunda Cerdas Menjadikan Bunda Semakin Cerdas




Andalan Bunda Cerdas

Seorang perempuan dituntut untuk bisa menjadi Ibu dan istri  yang menyenangkan dan mampu membawa kebahagiaan buat keluarganya, kedengarannya berat yah.. apalagi seorang perempuan juga tetap sosok yang menginginkan afeksi  diri.

Enggak mau donk kalau jadi seorang perempuan yang terampil mengerjakan pekerjaan rumah dan memasak tapi penampilannya kucel dan tidak menarik, jadi keseimbangan antara mencintai keluarga dan diri sendiri itu perlu kan..

Tapi sepertinya perempuan jaman sekarang lebih dipermudah dengan makin derasnya arus informasi yang masuk, dan tentunya bermanfaat, tak terhitung lagi berapa banyak situs di internet yang hampir setiap hari menampilkan trik dan tips beragam keterampilan rumah tangga, juga artikel yang berkaitan dengan itu, makanya sekarang perempuan di harap tidak gagap teknologi agar informasi yang bermanfaat itu bisa diterima dengan baik.

Dan mengingat semakin banyaknya perempuan terutama para bunda ini yang effortnya tinggi dalam mengangkat kualitas hidup keluarganya dari situlah ide Andalan Bunda Cerdas ini lahir.

Apa sih Andalan Bunda Cerdas itu ?

Andalan Bunda Cerdas atau lazim disingkat ABC adalah program kerjasama antara Alfamart dan P&G salah satu perusahaan ternama yang dimaksudkan untuk membantu para Bunda dalam mengurus rumah tangga, sehingga menjadi Bunda, Istri dan Ibu Rumah tangga yang sempurna.

ABC ini semacam program online yang dapat diakses di situs alfamartku.com , apa saja yang bisa diperoleh dari situs itu, banyak sekali diantaranya :


  • Informasi , banyak tips dan artikel penting bisa Bunda peroleh disitu yang berkaitan dengan kecntikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia sikecil, karena memang untuk menjadi seorang Bunda sempurna artinya belajar tentang segala hal.
  • Produk-produk Berkualitas, di laman ini Bunda bisa mencari informasi banyak produk berkualitas dari P & G.e
  • Promo-promo Menarik dan Hadiah, naah.. ini yang saya dan para Bunda pasti paling seneng, karena di sini juga banyak sekali promo menarik yng ditawarkan untuk pembelian beberapa item di Alfamart dengan harga khusus.
Tampilan Andalan Bunda Cerdas

Daftarkan diri Bunda disini untuk dapat promo menarik.

Dapet Pampers harga segitu, mayan kan...


Untuk mendapatkan semua benefit itu para Bunda tidak hanya bisa mengakses lewat media internet tapi juga bisa melalui hotline yang di sediakan yaitu di nomer telepon

Konsultsi Andalan Bunda Cerdas 
1500959 
(021) 1500959 dari ponsel  
tekan angka 4



Sebenarnya program ABC ini tidak hanya secara online saja, beberapa waktu yang lalu digelar acara offline untuk lebih mengenalkan ke masyarakat luas apa itu ABC, bertempat di Aula Kelurahan Jakasampurna, Bekasi.

Event offline Andalan Bunda Cerdas


Andalan Bunda Cerdas bersama Tabloid Nyata sebagai media partner acara ini memang sengaja mengundang para Bunda didaerah situ agar bisa menambah wawasan selain juga menjadi ajang siaturrahmi dengan bunda yang lain.

Ada banyak keseruan yang digelar dan tak lupa narasumber yang sangat kompeten yaitu dr.Nanny Djaya .MS.Sp .GK dan juga Brand Ambassador salah satu produk P&G Artika Sari Dewi yang cantik dan humble.

 Di event yang berlngsung meriah itu tak hanya menampilkan talkshow tapi juga bazaar murah produk Alfamart, booth photo untuk Photo Competition dan juga ada Kreasi Hijab Competition, pokoknya siang itu meski sedang berpuasa para bunda ini tetap terlihat segar dan ceria.


Bergaya dulu di Photo Booth

Disediakan ruang mewarnai juga lho..


Ini yang Bundanya pada demen.. bazaar murah
Yang baju hitam itu bukan bodyguard, dia yang jagain anak-anak main disini
Mau beli Tabloid Nyata dan Tabloid Koki dengan harga khusus juga ada..

Talkshow bertema Kiat Cantik dan Sehat selama Berpuasa ini memang relevan sekali dengan kondisi saat ini, dr Nanny mengatakan kalau masalah kesehatan paling umum yang dialamai saat berpuasa adalah masalah pencernan ( magh), tekanan darah dan gula yang tidak stabil, kulit kering serta rambut rontok.

Sebenarnya beragam masalah itu bisa diatasi dengan memperhatikan kecukupan nutrisi saat sahur dan berbuka, jadi tidak asal kenyang, tapi kualitas gizi juga harus benar-benar diperhatikan, seperti lebih memilih karbohidrat komplek (berasmerah, beras coklat) daripada karbohidrat yang sederhana ( beras putih, roti) dan juga mengkonsumsi beragam protein hewani dan nabati, tak lupa asupan sayur dan buah harus tetap stabil.

Selain itu kebutuhan air juga harus diperhatikan, kebutuhan air adalah 30 cc/kg berat tubuh, jadi untuk seseorang dengan berat badan 60 Kg maka harus mengkonsumsi air sebanyak 30 X 60 = 1800 cc air perhari, itu bisa disiasati dengan minum di waktu berbuka, malam dan saat sahur.

Artika Sari Dewi seorang Ibu dan juga istri dari artis penyanyi Baim ini juga membagikan tipsnya selama berpuasa agar tetap tampil cantik diantaranya dengan pemakaian pelembab setelah mandi agar kulit tidak kering, juga pemakaian kondisioner setiap kali selesai keramas, beberapa produk P&G jadi andalannya seperti Olay dan Pantene, merek yang sangat familiar sepertinya yah..

Tak hanya untuk tubuh Artika Sari Dewi juga membagikan rahasianya agar selalu tampil percaya diri dengan menggunakan produk Downy Parfume Collection, juga produk dari P&G untuk pakainnya agar selalu wangi dan segar, enggak lucu kan sudah cantik, dandanan keren tapi baju bau matahari..ogaah..

Beberapa produk berkualitas dari P&G

Acara yang berlangsung hingga menjelang sore ini memang penuh dengan keriaan, banyak sekali manfaat yang didapat dari para narasumber buat para Bunda yang datang, selain itu acara ini benar-benar bertabur hadiah mulai dari merchandise keren, voucher Alfamart sampai beragam alat elektronik, dan yang lebih menyenangkan akan ada goodie bag menarik untuk setiap Bunda yang datang.

Untuk informasi acara yang sama akan diadakan juga di kota Depok, lebih jelasnya dibawah ini yaah..

Event Andalan Bunda Cerdas
Waktu  : Sabtu 25 Juni 2016 pukul 13.00-16.00
Tempat : Badan Pengelola Gedung Da'wah MUI jl.Nusantara Raya no 5-7 Depok 
Narasumber : dr.Nanny Djaya dan Artika Sari Dewi.

Sama seperti event sebelumnya di bekasi bakal ada banyak kemeriahan dan hadiah nantinya, jadi tunggu apalagi silahkan daftar yaah...

Dan akhirnya menjadi Mama sekligus Blogger yang bisa ikut hadir di event yang keren  ini ternyata seru juga, semoga tulisan ini bermanfaat.




Sunday, June 19, 2016

Setelah Empat Tahun Setia dengan Lactacyd Baby



Mengingat kata Lactacyd Baby seperti membalikkan ingatan saya 4 tahun silam,
diawal-awal saya memiliki si bungsu Hania.

Entah kenapa sejak lahir kulit Hania ini tergolong sensitif, tak jarang muncul bintik-bintik kecil merah disekitaran kakinya atau daerah tubuh yang lain, dan dari bintik merah itu kadang sedikit berisi air, kalau sudah bintik merah itu muncul biasanya dia akan rewel dan seperti berusaha menggosok-gosokkan bagian tubuh yang dirasa gatal.

Awalnya saya anggap wajar kalau bayi kadang kulitnya kemerahan, karena terus terng kedua kakaknya tidak pernah mengalami hal yang seperti ini,  apalagi beberapa orang yang saya anggap lebih tahu dari saya mengatakan kalau bayi yang kulitnya kemerahan itu tandanya ngeluarin sarap, jadi enggak akan panas dalam dan itu artinya sehat, apa hubungannya coba.. dan lucunya lagi saya percaya itu, padahal dilain sisi saya juga sangat tahu kalau kesehatan kulit sangat perlu dijaga karena merupakan benteng pertama pertahanan tubuh bayi.

Tapi lama-kelamaan saya merasa agak terganggu juga dengan kondisi kemerahan di kulit Hania ini, akhirnya sebelum memutuskan konsultasi kedokter kulit, saya terlebih dulu mengambil gambar bagian tubuh Hania yang gatal dan saya tanyakan secara pribadi pada salah satu teman saya di Facebook yang kebetulan seorang Dokter di daerah NTT.

Dokter teman saya ini mengatakan Hania bisa saja mengalami Dermatitis Atopi, salah satu gejala kelainan kulit karena terpapar zat tertentu, bisa dari pembersih tubuhnya yang memiliki pH terlalu tinggi, bahan pembersih pakaiannya yang terlalu keras, atau gigitan tungau.

Satu persatu saya amati apa yang sudah disampaikan teman saya ini, kalau untuk pembersih pakaian sepertinya tidak, mungkin karena saya menggunakan sabun cuci khusus bayi yang diklaim aman, apalagi saya juga membilasnya berulang-ulang saat mencucinya dan tanpa menambahkan pelembut atau pewangi yang berbahan keras, jadi kemungkinan ini saya tepis, aman..

Selanjutnya gigitan tungau, saya kembali mengamati tempat tidur Hania, memang kasur yang dipakai ini dulu bekas punya kakaknya tapi kondisinya masih bagus, meski begitu saya tidak tahu kan kalau si tungau bandel itu bisa saja berkembang biak disitu karena kasur itu sudah lama saya simpan diatas loteng, jadi saya memutuskan untuk mengganti kasurnya dengan yang baru dan melapisinya dengan bahan khusus anti tungau, masalah selesai.

Dan yang terakhir saya kembali jadi detektif demi Hania, yang ketiga ini saya mengecek kembali beberapa produk yang langsung bersentuhan dengan Hania, mulai dari sabun, minyak telon, lotion dan bedak. Ternyata dari produk-produk itu saya tidak mendapatkan keterangan berapa nilai pH untuk produk tersebut, saya teringat pesan teman dokter saya kalau pH yang tepat untuk bayi adalah yang rendah, yaitu dibawah 5 karena untuk menghindari iritasi.

Dari situ saya mulai mencari informasi jenis sabun pembersih kulit bayi yang memilki pH rendah, dengan harapan dapat mengatasi persoalan kulit Hania ini, selain saya tetap melanjutkan niat awal saya untuk membawa Hania berkonsultasi ke dokter kulit, naah.. dari hasil konsultasi dengan dokter kulit ini saya mendapat masukan untuk pemilihan bahan pembersih yang bagus dan aman buat Hania.

Sebenarnya apa yang disampaikan oleh teman dokter saya  di media sosial dan dokter kulit yang saya temui tidak banyak berbeda, mereka mengatakan kalau kulit Hania mungkin tidak tahan dengan sabun atau produk yang berpH tinggi, dokter yang saya temui menyebutkan beberapa merek sabun yang mungkin bisa dijadikan alternatif untuk dipakai Hani, salah satunya Lactacyd Baby yang dikatakan hanya berpH 3-4 dan memiliki bahan alami yang lembut yaitu dari ekstraksi susu.

Dari situ saya mulai mencari produk Lactacyd Baby ini dipasaran, dan ternyata harganya lumayan mahal juga dibanding sabun cair yang biasa Hania pakai, tapi untuk anak sehat bukan masalah buat saya, soalnya konsul ke dokter mahal juga ciin....

Hania diusia kurang dari satu tahun, pertama kali pakai Lactacyd Baby

Hania sekarang sudah empat tahun dan masih setia pakai Lactacyd Baby


Saya awalnya agak kaget dengan cara pakainya yang harus dicairkan di bak mandi si bayi, jadi setiap kali mandi kita menyiapkan air kira-kira 15-20 liter didalam bak bayi, seperti biasa, selanjutnya larutkan Lactacyd Baby ini 2-3 sendok teh kedalm air tadi lalu mandikan bayi disitu, berbeda dengan cara saya sebelumnya biasanya saya akan memasukkan dulu Hania dalm bak berisi air bersih untuk selanjutnya saya oleskan sabun cair dan bilas.

Meski agak kagok saya ikuti juga cara ini, dan juga menyiapkan satu mangkok kecil berisi Lactacyd Baby tanpa air yang selanjutnya di totol-totolkan menggunakan washlap ke daerah kulit yang teriritasi.

Pemakaian pertama saya belum melihat hasil apapun, selain kulit Hania yang jadi lebih lembut saat selesai mandi dan itu membuat saya tidak lagi memakaikan lotiion, lagi-lagi dengan pertimbangan pH dalam lotion itu nantinya terlalu tinggi buat Hania, tapi meski begitu saya rasakan kulit Hania sudah cukup kenyal dan lembut tanpa lotion itu setiap kali mandi dengan Lactacyd Baby.

Karena segala sesuatu tidak ada yang instan, pun demikian dengan perjalanan si dermatitis atopi dikulit Hania, akhirnya setelah beberapa kali mandi dan selalu konsisten dengan menggunakan Lactacyd Baby ini saya merasa kalau kulit Hania bertambah lembut, dan masalah kemerahan mulai agak mengering, meski belum hilang benar.

Setelah hampir satu minggu baru saya lihat kalau kemerahan di kaki dan bagian tubuh Hania yang lain benar-benar hilang, dan bonusnya itu tadi.. kulitnya lebih lembut, wanginya juga lembut banget, jadi saya tak perlu lagi membubuhkan beragai macam produk pada kulit Hania supaya segar.

Karena takjub dengan hasilnya saya jadi penasaran dan mulai mencari informasi lebih tentang Lactacyd Baby ini, saya buka medsosnya dan ketemu akun mereka, ternyata saya bukan satu-satunya Orang tua yang galau akan kondisi kulit anaknya, saya baca banyak Ibu yang juga mengalami hal sama seperti saya dan akhirnya terselesaikan dengan mengganti sabunnya dengan Lactacyd baby.

Dari situ saya jadi setia menyambangi akun Lactacyd baby baik di Facebook atau Twitter karena selain mendapat informasi ternyata banyak juga kontes yang diadakan untuk menambah keakraban antar anggota, selain itu juga ada beberapa event seru yang bisa dihadiri para Moms, istilahnya sang admin kalau memanggil para orang tua yang tergabung di fanpage itu,  rata-rata eventnya sangat bermanfaat dan penuh informasi.

Seperti beberapa waktu yang lalu saya sempat ikut datang di salah satu event yang mereka adakan di Jakarta, dengan tema Healthy Skin Happy Baby, sudah dapat diduga banyak keseruan dan hadiah disana.

Cerita saya tentang event yang barusan saya sebut bisa baca disini

Saya di salah satu acara bersama Lactacyd Baby

Dan setelah empat tahun masih setia memakai Lactacyd Baby buat Hania yang bahkan sekarang mulai minta mandi sendiri, jadi setip kali mandi saya siapkan air diember, kalau dulu di bak sekarang di ember, lalu saya tambahkan Lactacyd Baby dan dia akan asik mengguyur badannya dengan air itu.

Bertambah usia saya jadi kepikiran apakah Lactacyd Baby tidak mengeluarkan varian baru khusus anak-anak yang sudah melewati masa balitanya, seperti sabun cair Lactacyd Kid misalnya, hal ini pernah saya tanyakan kepada Mbak Anisa dari pihak Lactacyd saat hadir disalah satu event, beliau mengatakan untuk sementara di Indonesia masih dengan Lactacyd Baby seperti yang sekarang ini, tapi tidak menutup kemungkinan akan ada.

Naah.. sambil menunggu hadirnya varian Lactacyd Baby buat Hania yang sudah enggak begitu baby ini saat ini saya masih ajeg memakai Lactacyd Baby dengan cara yang sudah saya tulis diatas, sambil berharap produk yang saya ingin yaitu Lactacys Kid dalam bentuk sabun cair akan keluar, semoga saja..

Dan akhirnya menjadi seorang Mama yang selalu belajar bagaimana yang terbaik buat anaknya sambil berbgi lewat tulisn dengan para Mama lainnya itu memang seru dan menyenangkan, dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Informasi lebih banyak mengenai Lactacyd Baby bisa coba cari di sini deh..

Facebook.   : Lactacyd Baby
Twitter.       : @Lactacydbaby