Friday, September 25, 2015

Kartu Nama Pertama

Awalnya sempet galau, memang apa perlunya sih punya kartu nama, siapa juga yang mau saya kasih kartu nama, atau mau diisi apa kartu nama itu nantinya, mau ngaku-ngaku jadi blogger koq ya malu, lha wong tulisannya masih seuprit.

Tapi karena ngotot saya tetep ingin dipanggil blogger dan demi bahan tulisan diblog ini, saya rajin datang ke berbagai event baik yang berbayar maupun tidak, dan ditiap event panitia selalu meminta saya menyerahkan kartu nama yang bakal diundi buat doorprize, selain itu tiap berkenalan dengan orang baru saya sering ribet nyatetin nomor telepon saya, jadi enggak ada salahnya kalau saya punya kartu nama donk buat alasan-alasan itu *lha siapa juga yang ngelarang*

Bak gayung bersambut saat ngebet punya kartu nama, Teh Ani Berta ngenalin praktisprint.com
salah stu situs jasa pembuatan kartu nama online, senang donk saya, jadi enggak perlu repot-repot ke percetakan buat mesen satu box kartu nama pertama saya.


Ini nih Praktisprint yang saya ceritain



Dan ternyata memebuat kartu nama disini gampang banget, kita tinggal buka situs ini terus cari KARTU NAMA  di pencarian, nah disitu ada ratusan desain yang keren dan kekinian untuk kartu nama, kita bisa edit sesuai kebutuhan, kalau masih enggak sreg dengan pilihan yang seabreg itu bisa koq pakai desain kita sendiri, custom deh pokoknya.

Edit sesuka hati disini




Ada beberapa pilihan jenis kertas yang bisa digunakan untuk kartu nama yaitu art carton itu sejenis kertas yang glossy atau mengkilap, ada juga BW 250gr, ini jenis yang menurut saya paling ideal karena terkesan modern dan dinamis, selain itu ada juga jenis linen, ini jenis kertas dengan tekstur tertentu, apapun pilihan kita sesuaikan dengan selera dan untuk apa kartu nama itu.

Setelah klop dengan pilihan kartu nama yang akan digunakan dan mengedit-editnya, ini menyenangkan lho.. kita bisa langsung melakukan pembayaran via transfer Bank, dan jangan kaget kalau dalam 2 sampai 3 hari kartu nama itu sudah diantar Pak kurir expedisi kerumah.

Saya yang kini punya kartu nama pertama ini, lumayan puas dengan pesanan perdana ini, kayaknya bakal ada pesanan selanjutnya nih..

O iya selain kartu nama di Praktisprint ini juga menyediakan banner, kop surat, brosur, tas promosi dan sejenisnya, tinggal klik, edit, pesan, gampang banget yah.. apalagi harganya juga cukup terjangkau kalau buat saya yang doyan ngirit, jadi rekomen banget deh.










Monday, September 21, 2015

Belajar Menghargai Wanita Dari Film 3Dara


"Muliakanlah wanita karena dari dirinya pribadi hebat akan lahir"

Pas banget kayaknya tagline kalimat diatas dengan jalan cerita yang kemarin saya sempat nonton launchingnya, film 3 Dara, di Djakarta Theater tanggal 21 September 2015

Film 3 Dara produksi MNC Picture dengan genre komedi yang ringan, dari awal film sampai akhir bawaanya ketawaa mulu nonton film ini.


Film 3 Dara bercerita tentang tiga pria pasien dari psikolog cantik ( Rianty Cartwright), tiga pria  yang dibintangi Tora Sudiro (afandi) yang seorang ayah dan suami enggak ideal sama sekali, baginya wanita itu hanya pelengkap dan perlu ditindas, juga ada  Adipati Dolken ( Jay) seorang kreatif designer yang selalu mengeksploitasi sensualitas wanita, baginya wnita tak lebih dari sekedar objek, selain itu juga adaTanta Ginting (Richard) anak orang kaya dengan banyak pacar serepan.

Cerita berawal dari kejadian konyol pertemuan mereka dengan seorang wanita pelayan bar bernama Mel (Ayushita) yang bersuara lucu, kelakuan ketiga pria amburadul ini membuat Mel tidak nyaman dan mengeluarkan semacam kutukan yang membuat ketiga pria ini menderita dan berubah, bagaimana kutukan itu dan apa usaha mereka menemukan Mel agar mencabut kutukannya membuat film ini jadi menarik dan sekali lagi lucu.

Film keren yang juga sepabrik dengan film Dibalik 98 dan 7/24 ini juga tampil beberapa nama pemeran yang tidak asing lagi seperti Rianty Cartwright ( dr.Windi), Hengki Sulaiman dan juga ada aktor pembantu lain yang cukup terkenal namun hanya muncul sekilas saja.

Beberapa karakter di film ini banyak kita temui di kehidupan nyata seperti Ani, istri Afandi yang merupakan sosok istri baik yang bangun sebelum ayam berkokok dan menyelesaikan semua tugas rumah tanpa mengeluh, atau Grace, kekasih Jay yang selalu memaksa jay untuk berkomitmen dengannya, meski jay selalu menghindar, juga beberapa karakter yang numpang lewat seperti suami yang cemburuan, istri yang keganjenan atau seorang guru spiritual yang bijaksana.

Meski film ini berjenis komedi yang ringan tapi banyak pesan moral di dalamnya, betapa seorang laki-laki seharusnya bersikap terhadap wanita juga bagaimana kuatnya arti persahabatan dan segala sesuatu dihadapi bersama.

Film ini akan resmi diputar di bioskop Indonesia mulai tanggal 23 September 2015 nanti, saya sih yang sudah menikmatinya  rekomen banget untuk film ini, dijamin mulut rileks deh.. karena tertawa dari awal sampai akhir film, dan juga beberapa kejutan yang ditampilkan difilm ini membuatnya jauh dari kata membosankan.


meja registrasi launching 3Dara


beberapa blogger yang diundang di acara Launching 3dara

persiapan press conference

karena hadirnya pas launching dapat oleh-oleh


Saturday, September 19, 2015

Pesta Buah Sunpride di Fruit Summit 2015



Saat mendengar kata Fruit Summit apa yang ada dalam pikiran kita ? pasti bayangan banyak buah atau musim buah, dan inilah yang sedang terjadi di La Prisma, La Piaza Kelapa gading ruangan berbentuk prisma itu hari Sabtu tanggal 19 September 2015 kemarin disulap oleh team Sunpride jadi istana buah, pokoknya ada buah dimana-mana.

Acara Fruit Summit 2015 ini sebenarnya acara agenda rutin dua tahunan, yang diadakan oleh PT.Sewu Segar Nusantara pemilik merek Sunpride, acara gathering khusus untuk media dan blogger ini untuk mengapresiasi para blogger dan media yang telah memperkenalkan produk-produk Sunpride sebagai bagian dari gaya hidup sehat di masyarakat.

Saya yang Alhamdulillah dapat undangan karena mengikuti lomba foto yang diadakan Sunpride di medsosnya lumayan kaget sih pas masuk ruangan acara.. waduh banyak buah , kayaknya selama saya ikut acara acara Fruit Summit ini yang paling berbuah, ya ealah namanya juga acara pesta buah.






Berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi, saya diantar suami naik motor (dan ini masih saya sesali sampai sekarang) karena pas pulang bawaan buahnya banyak banget dan lumayan kerepotan kalau bawa motor, harusnya pake mobil atau sekalian pick up hehe..

Sebelum acara dimulai peserta bisa mengikuti berbagai macam game yang disediakan seperti memasukkan buah-buahan dalam kotak atau memasukkan pisang yang diikat dengan tali kedalam botol, dan ga salah kalau namanya Pisang Pusing, saya aja sampai keliyengan ikut game yang satu ini, disetiap game peserta akan mendapatkan hadiah berupa uang mainan yang nantinya bisa ditukar dengan buah-buahan Sunpride


game seru di Fruit Summit, foto pinjem www.evrinasp.com


Acara dibuka oleh MC yang berkostum kuning mirip pisang Sunpride *bajunya maksud saya, karena suasanannya santai dengan beberapa sofa santai berbentuk mirip kacang diletakkan lesehan begitu saja didepan panggung utama, dan terbukti duduk disofa itu bikin saya dan anak-anak merasa nyaman, malah Hania sempet ketiduran disofa itu.

Sofa nyaman yang bikin Hania ketiduran

Ternyata event Fruit Summit ini sudah yang kedua kalinya digelar, yang pertama di tahun 2013, dan pelaksanaannya di tahun ini dengan mengusung tema 100% Buah Nusantara, dan hal ini ditandai secara simbolik dengan Ibu Lutfiani Azmawie selaku Marketing & Communication Manager memotong tumpeng dan diberikan kepada Bapak Martin M. Widjaya selaku Managing Director Sunpride.

acara pemotongan tumpeng

 Setelah pemotongan tumpeng acara dilanjutkan dengan talkshow, pembicara pertama Bapak Martin mewakili Sunpride, beliau menceritakan bagaimana sistem distribusi dan quality control yang diterapkan Sunpride sehingga bisa merajai pasar buah lokal bahkan mengekspor ke berbagai negara, wuiss salut, itu artinya Sunpride sudah membawa nama Indonesia di kancah Internasional.

Pembicara kedua adalah  Mas Jansen Ongko, seorang National Fitness & Health Educator. Mas Jansen yang bertubuh atletis ini menyampaikan tentang manfaat buah-buahan beserta fakta dan mitosnya. Sebagai health educator, Mas Jansen menyampaikan kalau ingin diet tidak harus enggak makan nasi, justru nasi tidak terlalu berbahaya, yang berbahaya adalah lauknya. Kalau sudah ketemu lauk yang enak, biasanya suka nambah kah, nah itu yang membuat obesitas. Mas Jansen menyarankan kalau mau diet memang sebaiknya memperbanyak makan buah-buahan atau mengganti cemilan dengan buah-buahan.




 Ternyata tidak hanya berbicara kedua narasumber kita ini juga sempat dikerjai lho.. dengan ikut lomba makan pisang, dan ternyata Mas jansenlah yang menang.*sudahketebak.

Setelah talkshow berakhir ternyata masih ada acara seru lain, yaitu lomba membuat rujak, dan pastinya saya ikut donk.. meski enggak yakin banget bakal menang, tapi seru aja.


Lomba ngerujak yang bikin heboh.
Meski satu juri bilang kalau rujak saya the best, tapi juri yang lain enggak setuju dan menempatkan saya diurutan kedua, huwaa.. padahal kata anak saya rujak saya yang paling enak, yaa, namanya bikinan Emaknya :) , tapi ternyata semua peserta mendapat hadiah, jadi enggak sedih-sedih banget sih..

Setelah acara rujakan ini selesai, panitia mempersilahkan kami makan siang, dan mengajak pihak media naik kelantai dua ruangan untuk melakukan press conference, tapi sebenarnya kami agak kurang bernafsu menyantap makanan yang disediakan karena sepanjang acara tadi cemilan buah-buahan terus mengalir, dan terbukti itu bikin agak males makan.

Sekitar jam 1 siang acara kembali digelar kali ini acara pengumuman-pengumuman, nah ini yang paling ditunggu, termasuk saya.

Pengumuman pertama pemenag Livetweet selama acara, selanjutnya pemenang best costume.

Pengumuman selanjutnya dari lomba foto yang digelar selama 1 minggu full dan menceritakan keseharian dengan mengkonsumsi buah-buahan lokal Sunpride, dan Alhamdulillah lagi saya mendapat juara 2 dengan membawa pulang hadiah uang tunai Rp.750 rb plus parcel buah, plus persediaan buah selama 3 bulan, lumayaan, pemenang pertama di menangkan oleh Faldy Efadua yang berhasil menggondol Smartphone Samsung ditambah plus-plus tadi.

pemenang lomba foto

 Dan terakhir yaitu pengumuman lomba blog, dan ternyata Mbak Evrina Budiatuti sang pemilik evrina.com dapat juara pertama , dan hadiahnya selain Iphone juga buah seberat berat badan, disinilah serunya acara ini pemenang naik keatas timbangan dan ditimbang setara dengan buah yang akan diperolehnya.


sesi penimbangan buah hadiah
 Juara dua diaraih Mbak Arin Murtiyarini, yang juga mendapatkan buah separuh berat badannya, karena Mbak Arin badannya ramping jadi pas ditimbang gampang bergerak naik keatas, beda dengan sang juaara 3 Mas Agung Han yang mendapatkan buah seperempat berat bdan, itu kayaknya timbangannya dieem enggak gerak-gerak, jadi buahnya ditambh terus, intinya kalau mu ikut lomba blog di Fruit Summit ini gemukin badan dulu..hehe

Mbak Arin pas ditimbang versus buah Sunpride

 Dengan ditimbangnya buah untuk para pemenang itu artinya acara ini berakhir,tapi enggak langsung pulang begitu saja, ambil goodie bag dan beli buah-buahan Sunpride dengan harga super murah dan pakai uang khusus pula dari hasil main game tadi, jadilah setiap peserta bawa buah-buahan supermarket ini seabreg-abreg, benar kata salah satu teman kalau mau ikut acara Fruit Summit jangan lupa sediakan karung buat ngangkut buah-buahan yang disediakan

bawa oleh-oleh sebanyak ini.




team sukses acara Fruit Summit 2015















Thursday, September 17, 2015

Segarnya Asinan Betawi



Siapa yang tak mengenal Asinan Betawi,saladnya Indonesia  asal Jakarta ini selalu menjadi sasaran para penikmat kuliner khas daerah,terutama para wanita,karena memang makanan satu ini sangat cocok di sajikan sebagai kudapan baik itu di siang maupun sore hari.

Satu porsi asinan yang terdiri beberapa sayuran yang memang dibiarkan mentah seperti kol , toge, selada , mentimun dan di tambah sawi asin di siram dengan kuah kacang yang segar dan nikmat dan diakhiri dengan kerupuk mi pastilah sangat menggoda.

Zat gizi yang terkandung didalam satu porsi asinan lumayan banyak lho, karena sayuran-sayuran tersebut tidak melewati proses pemasakan otomatis vitamin-vitamin dan mineral yang ada tidak rusak ataupun hilang, selain itu bumbu kacang yang disiram diatas sayuran Asinan banyak mengadung protein dan asam omega , seperti banyak orang tahu bahwa kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi tubuh kita,

Selain itu kerupuk mi yang di gunakan sebagai pelengkap bisa menjadi sumber karbohidrat untuk hidangan asinan  ini.

Hal yang perlu di perhatikan dalam mengonsumsi asinan ini sebenarnya sederhana,perhatikan kesegaran dan kebersihan bahan sayuran yang akan dipergunakan juga kuantitas hidangan ini karena sebagian orang ada yang tidak tahan bila mengonsumsi makanan dalam keadaan mentah karena bisa menimbulkan rasa tidak enak di perut,mungkin sebaiknya asinan ini di nikmati beberapa saat setelah menyantap hidangan utama agar perut tidak kaget.`


Monday, September 7, 2015

Nongkrong Asyik di Waroeng Mee

Hari Sabtu tanggal 5 September kemarin saya mendapat undangan dari salah satu grup blogger untuk acara ngumpul-ngumpul sesama blogger, dan biasanya untuk acara santai kayak gini ada banyak keseruan jadi sayang donk kalau dilewatin, apalagi ngumpul buat blogger artinya foto-foto dan makan-makan, nah ini yang juga enggak boleh sampai enggak datang, apalagi saya termasuk orang yang hobi hunting kuliner enak di jakarta .

Warung Mee di jalan Blora, Jakarta pusat.

Ngumpul kali ini diadakan di Waroeng Mee, salah satu resto tempat nongkrong yang kalau kata saya sih asik banget, lokasinya di bilangan jl.Blora no 36 Jakarta pusat, lokasinya dekeet banget dengan stasiun kereta api Sudirman, karena saya pakai busway jadi turunnya di halte busway Tosari, letak jalan Blora disamping flyover enggak jauh sih jalan kaki dari halte Tosari hanya sekitar 100 meter, letaknya di sebelah kiri jalan, kalau dari arah halte Tosari.


Waroeng Mee yang punya slogan Semacam Tempat Nongkrong ini memang lumayan eye cathing sih penampilannya meski enggak warna-warni desain fasadnya, hanya dominasi warna abu-abu da hitam, tapi buat saya cukup klasik dan nyaman, dan pastinya gampang dicari lokasinya buat yang hobi nyari kuliner enak di Jakarta

Pas masuk ke dalam resto ini, eh nyebutnya apa ya, resto atau kedai .. ada sesuatu yang bikin saya terkaget-kaget, pasalnya para pelayan disana kompakan menyambut kami dengan salam khas mereka, pakai acara teriak dan sahut-sahutan lagi, kaget sih.. tapi seru, salamnya kayak gini :


Haiiiii mas broooo....!!! ( untuk tamu cowok)
Haiiii Mbak siiiiis ....!!!!( Untuk tamu cewe)
Selain salam yang meriah ini masih ada lagi satu hal unik disini, nama-nama menunya lucu bo..dijamin ketawa-ketiwi sendiri deh bacanya.

Nama menu unik disini


Waroeng Mee ini sebenarnya milik salah satu owner franchise kebab yang sudah sangat kesohor itu, Kebab Baba Rafi, siapa sih yang enggak kenal sama kebab yang satu ini, anak saya aja hafal banget.

pasangan pemilik Waroeng Mee


Baru beberapa bulan di buka tenant ini mendapat tanggapan positif dari penggemar makanan ringan-ringan yang mengenyangkan, ada beberapa menu yang kalau menurut saya lumayan enak, kalau untuk kebabnya sih enggak usah diomong lagi, tapi ternyata banyak juga menu-menu ringan lain yang menghiasi daftar menu di kedai ini, ga heran kalau dalam waktu dekat ini Waroeng Mee bakalan membuka cabang di daerah BSD, dengan lokasi yang sangat strategis.

Menu-menunya sederhana sebenarnya  dan sering sekali kita temui di tukang-tukang jajanan pinggir jalan. seperti cireng dan cimol, tapi di sini, makanan- makanan itu naik derajat, disajikan lebih menarik dan ditambahkan beberapa item berupa topping atau isian yang enggak umum..

Naik derajat maksudnya meski makanan disini sudah sangat umum tapi saat pelayan menyajikan pesanan kita, tak ayal kita akan lumayan surprise, contohnya kue cubit, kalau biasanya kue cubit disajikan cuman pakai alas kertas, disini alamaak...penampilannya berubah udah kayak habis dimakeover dari salon ini kue cubit, dengan toping coklat premium bikin kue cubit ini istimewa, rasanya pun lebih lembut dan pinggirannya crunchy kalau masalah harga relatif, masih sesuai dengan makanan yang disajikan dan lokasi.

kue cubit yang naik kelas

Selain itu ada juga menu yang memang sudah sangat umum yaitu mi instan rebus, sangat familiar banget khaan.. tapi disini mi instan disulap jadi lebih menarik dengan tambahan smoke beef dan pangsit hitam, iya pangsit hitam, penampilannya sih agak serem tapi ternyata rasanya juara, must try..

mi instan dengan pangsit hitam



Seperti kata saya tadi blogger kalau lagi ngumpul itu selain poto-poto dan livetweet tentunya, juga makan-makan, nah.. di Waroeng Mee ini pas banget, menunya yang enteng tapi  ngenyangin cocok buat teman nongkrong sambil ngobrol atau diskusi ringan, cocok buat pencari kuliner enak di jakarta


Beberapa menu di Waroeng Mee


Karena lokasinya deket banget dengan stasiun kereta enggak heran kalau di sini termasuk kawasan sibuk tapi enggak terlalu macet koq, atau mungkin karena saya pas kesananya bukan jam sibuk kali yah.. hanya Tuhan dan jalanan yang tahu :0

Kembali ke acara yah.. selain jadi ajang ngumpul dan silaturrahim antar blogger, acara ini juga diisi dengan suntian motivasi yaang diberikan sang pemilik Waroeng Mee ini, yaitu Bapak Hendi Setyono, bagaimana dia bisa membesarkan satu brand yaitu Baba Rafi hingga terkenal seperti saat ini, dan ternyata pasangan suami istri ini memulainya sudah cukup lama sekitar tahun 2003, saat itu masih belum ada penjual kebab yang memiliki label, hanya beberapa penjual kebab tradisional dan tanpa konsep, dari situ mereka mengembangkan Kebab Baba Rafi ini pertama kali di kota Surabaya, di bilangan Nginden, Surabaya timur, masih menurut beliau suatu pekerjaan akan enjoy kita lakukan kalau kita menikmatinya, dan ada target kedepannya, jadi silahkan bermimpi tapi berusahalah mewujudkan mimpi itu.

Acara yang berlangsung sekitar 3 jam ini serasa cepet banget, mungkin karena suasana yang cair dan tuan rumahnya yang menyenangkan membuat kami betah berlama-lama disini, sampai nunggu diusir hehe..e

Secara keseluruhan nongkrong kali ini menyenangkan sekali, menu makanan di Waroeng Mee yang lezat dan tempatnya yang cozy membuat acara ini keren abiss, rekomen deh buat yang nyari kuliner enak di Jakarta.




















Saturday, September 5, 2015

Masalah itu Bernama Poligami

Masalah itu bernama poligami, ramai sekali orang membicarakan tentang poligami gegara status seorang cewe yang cukup menyulut hati ibu-ibu yang membacanya, saya yang ikutan baca sebenarnya ikut gemes juga, nih anak koq bisa seenaknya aja tulis status yang bikin kuping eh mata merah yang ngebacanya.


Tapi sebenarnya saya baru sadar, hey.. disekitar saya juga banyak lho laki-laki yang berpoligami, bahkan teman-temanku disekitar rumah juga istri yang kesekian dari satu suami, so enggak ada salahnya nih kalau saya bikin survey kecil-kecilan dan nulis diblogku ini buat berbagi, paling enggak nikmati sesaat atmosfer poligami saat membaca tulisan ini.

Jujur saya enggak pernah menganggap kalau poligami ini masalah serius, karena orang-orang yang terlibat yang juga tetanggaku ini hampir enggak pernah berkonflik, enggak ada itu acara labrak melabrak, meski satu istri dengan istri yang lain tinggal lumayan berdekatan, inilah yang membuat saya tak pernah menyadari kalau mereka berada dalam posisi yang komplek yaitu istri yang dipoligami, dan anak-anak mereka dari Ibu yang berbeda-beda malah rukun-rukun aja tuh, dan akrab banget stu sama lain.

Sasaran surveyku yaitu si Mbak Mawar, bukan nama asli sih..hehe koq jadi mirip acara investigasi di tivi yah, saya pilih karena dia termasuk istri yang dipoligami, dan uniknya istri mudanya usianya lebih tua dari dia dan seorang janda, dan juga dia yang paling dekat rumahnya sama saya, dan juga cees sih, jadi klop kan.

Sengaja saya datang kerumahnya sore hari, bukannya apa sih jam segitu kan kerjaan emak-emak udah kelar semua, rumahnya rapi meskipun tidak besar, hampir semua fasilitas ada meski sederhana, lengkap lah istilahnya, dan itu kita anggap kalau kebutuhan lahir si Mbak ini terpenuhi, pas ketemu saya juga lihat wajahnya cerah dan itu artinya kebutuhan batinnya terpenuhi donk, sory kalau yang ini murni asumsiku sendiri hehe..

Saya ingin tahu pandangan dia tentang poligami, apalagi dia yang terlibat langsung, ternyata jawabannya cukup membuat saya tercengang-cengang.

“Poligami itu seperti ibadah sunnah yang lain buat saya, seperti sholat malam dan puasa sunnah, berat memang tapi besar pahalanya, kalau ada yang bilang poligami menyusahkan, pun demikian dengan sholat malam yang membuat jam tidur kita enggak karuan, puasa juga membuat kita jadi kekurangan nutrisi kan? Itu kalau menurut orang yang memang enggak niat melakukannya’ ini penjelasan si Mbak yang saya pengen korek.

“ tapi Mbak, poligami itu kan kesannya seperti mendholimi kaum wanita yah Mbak?” bantahku

“ Lebih mendholimi mana wanita yang tak dipoligami tapi dia harus kerja pontang-panting dan suminya melimpahkan tanggungjawabnya sebagai pencari nafkah kepada istri yang katanya tercinta, dan satu-satunya?” lha si Mbak ini malah balik bertanya, yang terus terang aku enggak bisa jawab.

“ Media koq mama hasnah yang membuat kita membenci apa yang diperbolehkan Allah, media juga yang membuat kita menyukai yang Allah laknat, apalagi istilah ‘nikah lagi’ sepertinya lebih menakutkan buat istri-istri dibanding ‘zinah lagi’, seorang ustadz yang menikah lagi dihujat habis-habisan tapi giliran artis berpacaran sampai hamil dibilang memperjuangkan cinta sejati, lha wong media yang mengajarkan seperti itu koq dan kita kita dibesarkan dengan cara seperti itu, jadi ya wajarlah”  jelasnya .

“tapi poligami membuat istri kesannya enggak bisa merawat dan menjaga suami dengan baik Mbak?” saya berusaha menyudutkannya.

“ Oalah Mama hasnah koq kayaknya kita repot banget yah kalau harus menjaga agar suami kita tidak memikirkan perempuan lain, dia bukan milik kita, kita perempuan inilah milik dan perhiasan buat dia, sudah seharusnya dia menjaga dan merawat kita, karena kita ini hadiah buat mereka, itulah makanya saya enggak pernah kemana-mana sendiri, meski mobil pinjaman, suami saya selalu setia mengantar kemana saya pergi, bukan tidak mandiri tapi saya merasa berharga lho diperlakukan seperti ini “ akunya sambil tersenyum.

“Tapi banyak lho Mbak poligami yang membuat keluarga berantakan” masih saya kejar juga sih..

“ Itu bukan yang diajarkan islam mama hasnah, dan hanya mengandalkan nafsu, juga biasanya dilakukan oleh suami yang memang tidak seharusnya berpoligami, suami yang siap berpoligami harusnya bisa berlaku adil dengan istri-istrinya ” terangnya.

Saya juga pernah mendengar kalau suaminya pernah berjalan kaki lebih dari 5 KM malam-malam karena datang kerumahnya karena memang hari itu waktunya si suami berada dirumahnya.

Dari percakapan kami saya sadar kalau poligami memang ada dan Allah memperbolehkan, tapi selama dilakukan dikoridor dan orang yang tepat.

Pas mau pamit pulang dia menambahkan “ suami yang baik itu bukan yang berpoligami atau hanya beristri satu tok lho Mama hasnah, tapi suami yang bisa membuat istrinya nyaman dan merasa berharga, Abinya Hasnah kayak gitu khan InsyaAllah ?” tanyanya menggoda.

Hehe.. iyalah suamiku gitu lho.. tapi enggak usah berpoligami juga kali Mbak lha wong sholat malam dan puasa sunnahku masih acakadut gitu, bisa kurus badan hamba.

Masalah poligami ini memang pilihan dan butuh hati yang sangat atau terlalu ikhlas untuk bisa menerimannya



Friday, September 4, 2015

Hati-hati Penculikan Anak

Hati-hati penculikan anak, pernah baca berita tentang anak hilang ? pasti sering deh.. serem ya? saya aja pas diundang acara ini sama TIGAGENERASI salah satu layanan edukasi psikologi dan kesehatan yang fokus masalah tumbuh kembang anak dan keluarga sempet mikir kalau diacara nanti pasti ditampilkan foto-foto anak yang diculik dan dianiaya penculiknya.



Acara yang bertajuk  IS STRANGER DANGER ? ini berkat kerjasama Ufm 947 dengn Moms Communitynya dan Blibli.com situs jualan online yang lagi ngehitz itu lho, diadakan di Conclave jl. wijaya sekitaran Jakarta, tempatnya sih enak dan asik banget enggak terlalu ngantor tapi fasilitasnya ok, gaya ruangan yang cozy dan sedikit "kasar" kayaknya pas banget buat ngomongin tentang culik-menculik anak .

Acara dimulai sekitar jam 10an, dan dipandu oleh Tedi MC yang ngocol dan asik banget, ada yang menarik diacara ini, dikursi undangan ternyata banyak banget selebritis boo.. ternyata mereka juga care ya masalah tumbuh kembang anak.

Acaranya Banyak selebritisnya lho..


Pembicara kita kali ini Mbak Anna Surti Ariani, psikolog kita yang cantik ini ternyata lebih cantik aslinya daripada fotonya yang biasa dipajang di medsosnya, saya sendiri rajin bnget ngikutin kultwitnya dia di @Annasurtinina yang keren- keren abis.
 Sebelum masuk acara inti kita diajak ngegame dulu nih sama Mbak Anna, permainannya gini undangan dibagi beberapa kelompok trus dibagikan kertas merah dan kuning, Mbak Nina akan menyebutkan satu kalimat dan kita disuruh menentukan itu fakta atau mitos, nah disini banyak yang kecele lho.. seperti :

  • Penculik itu orang yang kita tidak kenal, ternyata itu mitos, banyak penculikan terjadi dan pelakunya malah orang terdekat si anak.
  • semakin har anak hilang semakin banyak, ini juga mitos, karena pengaruh teknologi informasi semakin mempercepat tersebarnya informasi tentang hilangnya si anak
  • ketika menemukan anak hilang, kita maunya langsung mengantar kekeluarganya, yang ini mitos juga, karena sebagian anak yang lari dari keluarganya bisa jadi korban KDRT, jadi lebih bijak kalau kita mengantarkan anak ke kantor polisi.
 Nah.. setelah game yang seru ini selesai, kita masuk ke penjelasan Mbak Nina mengenai bagaimana menghindarkan anak kita dari penculikan.

Tips dan trik menghindarkan anak dari penculikan
  1. Ajarkan anak menolak pemberian dari orang tak dikenal baik berupa makanan, mainan ataupun binatang piaraan, bila perlu lakukan roleplay, dengan berpura-pura jadi orang tak dikenal dan rayu anak kita, ajari anak dengan mengatakan " tidak, terima kasih" untuk menolak pemberian, orang tak dikenal.
  2. Ajarkan anak untuk berbicara dengan orang-orang yang memang bisa dipercaya seperti Satpam, Ibu-ibu dengan anak atau petugas lain yang berseragam bila dia terpisah dari kita.
  3. Ajarkan anak untu menolak bila dipegang atau di peluk oleh orang yang tidak dikenal.
  4. Selalu awasi anak kita, jangan biarkan terlalu lama jauh dari pandangan kita.
  5. Jangn sibuk dengan gadget saat bersama anak, karena konsentrasi kita akan buyar dan tak menyadari saat anak terlepas dari kita.
  6. Hindari memakaikan perhiasan mencolok dan melengkapi anak dengan gadget mahal




Pernah liat anak-anak yang memakai pakaian dengan namanya ditulis besar didada atau punggung? ternyata Mbak Nina sangat tidak menyarankan itu lho.. kenapa? karena hal ini bisa memicu terjadinya penculikan, bayangkan saat mereka terpisah dari kita dan ada orang yang berniat menculiknya dengan mudah mereka akan memanggil anak kita lewat nama dibajunya itu, dan faktanya anak akan lebih nyaman bersama orang yang memanggil namanya,

Sebaliknya baju yang samaan dengan anak ternyata disarankan oleh Mbak Nina karena saat kita terpisah dengan anak kita baju yang kembaran itu akan memudahkan orang mengenali anak kita, selain itu meletakkan kartu nama kita dibaju anak juga diarankan Mbak Nina.


Setelah penjelasan dari Mbak Nina selanjutnya ada pengundian doorprize yang hadiahnya salah satunya yaitu bip-bip watch, penasaran apaan itu? sama..saya juga, ternyata bip-bip watch ini salah satu gadget yang bisa melacak keberadaan anak kita dan terintegrasi dengan smartphone yang kita miliki jadi istilahnya bip-bip watch ini GPSnya anak lah, Bip-bip watch ini juga salah satu sponsor acara ini lho pas banget nih buat menghindari penculikan anak.





Dan seperti biasa nama saya enggak muncul saat pengumuman pemenang doorprize itu tapi enggak papalah pas pulang kita juga dibagiin goodiebag yang keren juga koq, jadi enggak terlalu kecewa lah..

Hari ini saya dapat ilmu baru dan lebih hati-hati menjaga amanah Allah yang paling berharga yaitu anak-anak kita.