Thursday, December 13, 2018

Tips Liburan Bersama si Kecil



" Aduuh.. pas keluar kota kemarin anakku tiba-tiba asmanya kambuh.. panik banget"

" Ya ampun beneran deh..enggak bisa menikmatti jalan-jalan paas ke Jogja waktu itu, gara-gara si dedek lupa bawa empeng kesayangannya"

Pernah kan dengar keluhan-keluhan seperti itu? bagaimana rasanya, antara gemes dan kasihan yah..

Memang bepergian dengan si kecil untuk liburan atau cuma sekedar jalan-jalan keluar rumah selalu butuh persiapan yang bisa dibilang lumayan agak ribet, beda dengan kita, asal ada handphone, dompet plus lipstick di tas maka siap buat kemana saja.

Anak-anak memang butuh perhatian khusus saat akan diajak bepergian, dan kita sebagai Orangtua harus memeperhatikan hal-hal itu, jangan sampai rencana liburan jadi tidak menyenangkan gara-gara keperluan dan kondisi anak tidak bersahabat.

Saat liburan bersama anak-anak ke Kalimantan, saat itu Hania masih berusia 4 tahun


Lalu apa saja yah yang perlu dipersiapkan saat ingin menikmati perjalanan bersama si kecil? nah di bawah ini nantinya saya ingin berbagi perisiapan yang saya lakukan saat hendak liburan bersama Hania.

1. Persiapkan kondisi anak

Ini yang paling penting, sebaiknya saat hendak melakukan perjalanan entah itu jarak jauh ata dekat dengan moda transportasi apapun, sebaiknya selalu cek kondisi anak terutama kesehatannya, pastikan kalau anak sedang tidak mengalami sakit atau tidak enak badan, kalau perlu temui dokter langganan dan konsultasikan apakah kondisi anak memungkinkan untuk diajak bepergian, terutama untuk anak yang masih dibawah usia 5 tahun.




2. Persiapkan perbekalan kebutuhan anak dengan detil

Jangan sampai ada yang ketinggalan, kelihatannya merepotkan, tapi demi liburan yang menyenangkan tanpa gangguan, sebaiknya jangan ambil resiko dengan meninggalkan barang-barang kebutuhan si kecil, seperti :
  • Stroller atau gendongan untk anak yang masih perlu digendong
  • Obat-obatan  atau suplemen yang rutin dikonsumsi anak.
  • Siapkan obat khusus untuk anak yang sering bermasalah dengan kesehatannya seperti obat asma atau obat lainnya.
  • Siapkan P3K lengkap di tas yang selalu bersama kita.
  • Bawa barang kesayangan si kecil yang tidak bisa dipisahkan, seperti Hania yang selalu membawa boneka beruang kecilnya.
  • Baju ganti lebih banyak, juga baju untuk kegiatan khusus, contohnya baju renang.
  • bawa persediaan makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi anak, siap-siap kalau di tempat tujuan makanan itu tidak tersedia.
3. Persiapkan perjalanan liburan dengan sebaik-baiknya

Ini sebenarnya memang harus dilakukan kalau kita melakukan perjalanan dengan atau tanpa anak-anak, agar perjalanan kita lebih terencana, terlebih kalau kita membawa anak-anak dalam perjalanan ini.

Ada beberapa orang yang senang sesuatu secara mendadak, seperti

 "ya sudah kita berangkat saja dulu.. nanti setelah sampai tujuan kita baru pikirkan mau kemana kita"

Percaya deh... kalau sendirian mungkin hal ini menyenangkan, tapi kalau traveling dengan anak-anak dan memakai model seperti ini, saya yakin bakal tidak efektif.

Jadi sebelum memutuskan liburan sebaiknya perhatikan :
  • Waktu liburan, sesuaikan dengan semua libur setiap anggota keluarga, kalau saya biasanya akan mencari dulu kapan waktu yang tepat untuk bisa melakukan perjalanan dengan melihat kalender liburan yang banyak ditemui di internet, seperti untuk tahun ini, saya sudah mencari kapan hari libur tahun 2019 yang tepat buat kami semua buat bepergian.
  • Tujuan liburan, pilih dulu negara atau kota yang akan menjadi tujuan kita, pastikan juga tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi.
  • Moda transportasi yang akan digunakan, pilih akan lewat darat, laut atau udara, perhatikan juga jarak tempuh, harga tiket dan waktu tempuh. Jangan memaksakan memakai moda transportasi yang murah tapi lama dan akan membuat anak-anak tidak nyaman.
  • Tentukan mengambil paket wisata dari biro perjalanan atau mandiri, ini juga harus dipikirkan apalagi kalau tempat yang kita kunjungi memang baru pertama kali kita datangi.
Kalau semuanya sudah oke.. maka kita bisa menikmati perjalanan dengan tenang, liburan adalah salah satu cara mengenalkan anak akan kekayaan alam dan juga budaya, dengan persiapan yang matang saya yakin perjalanan bersama anak akan memberikan dampak yang baik buat si kecil.