Thursday, August 10, 2023

Butuh Lebih dari Sekedar Cinta Untuk Hutan Indah Kita




Saat mendengar kata hutan apa sih yang terbersit dalam pikiran kita? pohon-pohon , pembabatan, angker, seram pokoknya semua hal yang dalam pikiran kita berwarna hitam sepertinya layak ditujukan buat kata hutan ini.

Bagaimana kata seram tidak tersemat dalam benak kita bila membicarakan tentang hutan, hampir semua media yang kita akses sering sekali menggambarkan betapa hutan adalah tempat seram yang harus dijauhi dan hanya jadi sarang penunggu dan binatang buas, kalau mau selamat baiknya jangan dekat-dekat dengan hutan,

Padahal dibalik fakta seramnya hutan ternyata ada sesuatu yang menakjubkan yang tersimpan didalam hutan lho.. khususnya hutan di Indonesia, jadi kali ini saya ingin sekali mengungkap betapa indah dan luar biasanya hutan yang ada di negeri kita tercinta ini yah, plus bagaimana menjaga hutan kita ini agar tetap indah dan bisa dinikmati hingga anak cucu kita nanti 

Sebelumnya yuk kita bahas tentang salah satu jenis hutan yang ada dimuka bumi ini, yaitu hutan hujan tropis yaitu satu bioma terbesar di bumi yang dapat ditemukan didataran tinggi tropis basah dan dataran rendah disekitar khatulistiwa .

Hutan hujan tropis ini tersohor dengan keindahannnya, komposisi pohon-pohon berdaun lebar dan lebar mendominasi hutan ini, ditambah curah hujan yang tinggi mencapai 200-225 cm pertahunnya.

Dan ternyata yang membanggakan negara kita ini merupakan pemilik hutan hujan tropis ke3 terbesar di dunia, bangga donk.. 

Saya lansir dari salah satu artikel di Detik.com ada beberapa negara yang tercatat memiliki hutan hujan terbesar dan terindah, yaitu :

1. Brazil
Berdasarkan jenis negara, Brazil menjadi negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia. Hutan hujan tropis yang terletak di Brazil adalah hutan hujan Amazon. Area Amazon mencakup lebih dari 2,3 juta mil² atau 6 juta km². Wilayah ini merupakan rumah bagi 10 persen spesies terkenal di dunia.

2. Republik Demokratik Kongo
Negara dengan hutan hujan tropis terluas kedua adalah Republik Demokratik Kongo. Negara ini terletak di Afrika anggota tengah. Cekungan Kongo merupakan rumah bagi hutan hujan tropis terbesar kedua di dunia. Sungai ini mengaliri area seluas 1,4 juta mil² atau 3,7 juta km². Sebagian besar cekungan ditutupi oleh hutan hujan tropis dan rawa-rawa.

3. Indonesia
Indonesia adalah negara dengan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia dan tentunya di seluruh wilayah Asia. Hutan hujan Indonesia tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, tepatnya di pulau-pulau besar Indonesia.

4. Peru
Hutan hujan tropis terluas di dunia selanjutnya adalah Manu Peru. Peru merupakan negara yang terletak di bagian barat Amerika Selatan. Kawasan hutan hujan Peru ini menyimpan biota yang beragam, mulai dari spesies burung, hingga mamalia.

5. Kolombia
Negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia selanjutnya adalah Kolombia. Taman SerranĂ­a de Chiribiquete menjadi pusat keanekaragaman hayati. Ribuan spesies seperti tapir, trenggiling raksasa, jaguar, hingga burung Chiribiquete zamrud mendiami wilayah jantung Amazon Kolombia ini.



Memiliki hutan yang luas artinya kita juga mendapatkan mafaat yang besar pula dari situ, karena dengan adanya hutan ini, mampu menyerap karbondioksida yang merupakan gas buangan dari manusia, kendaraan bermotor ataupun limbah pabrik, selain itu hutan juga sebagai penyedia air bersih yang baik bagi kehidupan kita

Tidak hanya harus berbangga sebenarnya, tapi sudah sepantasnya kita juga memiliki kewajiban untuk ikut menjaganya, agar nantinya kecantikan hutan ini bisa terus dinikmati anak cucu kita nantinya.

Lalu bagaimana caranya  agar kita yang merupakan individu kecil ini bisa ikutan menjaga hutan dan melesatrikannya, banyak sekali caranya kita bisa mulai dari hal-hal sederhana, seperti :

  • Jangan pernah tinggalkan sampah apapun dihutan selain jejak langkah kita
  • Bersama komunitas melakukan reboisasi, 1 pohon saja yang kita tanam akan sangat bermanfaat nantinya
  • Kurangi penggunaan kertas berlebih, karena bahan kertas diambil dari pohon-pohon dihutan
  • Jangan meninggalkan api yang menyala saat berkemah yang bisa memicu kebakaran hutan
  • Dukung upaya pemerintah dalam menjaga hutan, sekecil apapun kontribusi kita akan sangat berguna buat hutan kita
  • Langkah kecil kita dalam mewujudkan hutan yang lestari bisa membangun semangat #BersamaBergerakBerdaya #UntukBumiku
Itu mungkin langkah-langkah sederhana dalam menjaga hutan kita yang bisa kita lakukan sendiri maupun bersama komunitas atau kelompok kita, semoga selanjutnya kita terus bisa menikmati manfaat dan keindahan hutan kita.

Yuk bisa koq kita #BersamaBergerakBerdayamenjagahutan