Thursday, January 29, 2015

ABC Dapur Peduli Komunitas Berbagi

Kegiatan Safari Ramadhan
Salah satu kegiatan ABC Dapur Peduli

ABC Dapur Peduli adalah salah satu bentuk sumbangsih dari satu perusahaan ternama PT.Heinz , pemegang merek dagang ABC di Indonesia.
Saya sendiri tergabung di komunitas ABC Dapur Peduli ini sejak thun 2010,pertama kali komunitas ini melakukan bakti sosial berupa pemotongan 100 hewan kurban di salah satu wilayah yang hampir tak tersentuh oleh lembaga atau yayasan manapun yaitu di Bantar Gebang,Bekasi,dan lokasinya benar-benar diantara tingginya timbunan sampah dan pemukiman pemulung, itu benar-benar sangat luar biasa, apalagi waktu itu saya juga mengajak anak-anak saat jadi volunteer itu, bisa di bayangkan donk... aromanya.
Di tempat itu ABC Dapur Peduli tak hanya melakukan pemotongan hewan kurban namun juga memasak dan membagikan langsung ke masyarakat sekitar, juga ada panggung untuk menghibur mereka sambil menunggu kami para anggota komunitas mempersiapkan hidangan siap santap yang akan dibawa pulang ,memang komunitas ini selalu eksis di setiap hari raya Idul Adha dan bulan suci Romadhon ,khusus untuk di bulan suci Romadhon biasanya diadakan buka bersama di panti-panti asuhan dan musholla atau masjid dengan sasaran kaum duafa dan masyarakat kurang mampu.
Sampai saat ini menginjak 5 tahun keberadaannya Komunitas ini masih tetap konsisten dengan semangat berbaginya ,bekerjasama dengan beberapa lembaga amal membuat jangkauan bantuan semakin meluas, tak hanya diwilayah Jabodetabek tapi sudah seluruh wilayah Nusantara.
Saya sebagai salah satu anggota yang aktif bergabung di hampir setiap kegiatannya tentu saja ikut bangga dan merasa memiliki komunitas ABC Dapur Peduli ini , tak hanya saya juga ribuan anggota lain yang tergabung di Facebook maupun Twitter ABC Dapur Peduli berharap agar komunitas yang sangat bermanfaat ini tetap selalu berjaya dan bisa menyebarkan semangat berbagi untuk kami semua.
Pembagian kurban ke Panti asuhan
Berbagi hewan kurban dan produk ABC di salah satu panti asuhan di daerah Teber, Jakarta.

Saturday, January 17, 2015

Es Krim Khas Turki Zahra Tak Sekedar Es Krim



Apa jadinya bila satu scoope es krim di padukan dengan aksi akrobat yang memukau, di sini anda akan bisa menikmatinya, di salah satu gerai Mall Sumarrecon Bekasi Timur, Es krim Zahra menawarkan es krim khas Turki yang benar-benar luar biasa, tak hanya rasa es krimnya yang original dari negara tersebut tapi juga cara pembuatan dan penyajiannya yang di buat semirip mungkin dengan yang ada di sana.

Saat memesan satu scoop es krim senilai  Rp 25 ribu, anda akan langsung di suguhi atraksi yang cukup menghibur, dengan dentingan lonceng-lonceng yang di pasang di depan gerai, beberapa kali anda akan tertipu dengan gerakan sang karyawan gerai es krim ini yang gerakannya seakan-akan memberikan satu scoop es krim yang anda pesan, tapi dengan secepat kilat di ambil lagi dengan gerakan yang ciamik, sendok panjang yang juga berfungsi sebagai spatula pengaduk di mainkan dengan baik layaknya seorang yang sedang memainkan pedang, benar-benar menghibur

Gerai es krim Zahra, atraksi yang menghibur
.

Saya yang kebetulan waktu itu mengunjungi gerai es krim khas Turki Zahra ini bersama rombongan keluarga besar saya, tak henti-hentinya takjub dengan gerakan si karyawan gerai yang dengan cepat memutar balikkan spatula dan scoop es krim, pastilah butuh keterampilan yang baik untuk bisa melakukan semua gerakan itu.

Mengenai rasa, untuk ukuran lidah saya, cukup memuaskan, tekstur es krim yang lembut dan lebih lengket di mulut di bandingkan dengan es krim kebanyakan saat pertamakali menikmatinya, rasa coklatnya pekat sekali, juga untuk rasa lainnya. Ada beberapa rasa yang di tawarkan, durian, pistachio, choco chip, strawberry, jeruk, vanilla dan masih banyak yang lainnya, untuk variasi rasa buahnya benar-benar juara, terasa sekali buahnya, tapi untuk penyajian es krim dengan atraksi itu khusus untuk rasa coklat, vanilla dan strawberry.



So... jangan lupa saat ke Mall Sumarecon Bekasi, ga ada salahnya mencoba es krim ini, mata dan lidah anda akan terpuaskan, gerai es krim Zahra sangat mudah di temukan, tinggal tanya aja ke Satpam di man letaknya, pasti nyampek deh... jadi tak perlu jauh-jauh ke Turki khan untuk menikmati satu scoop es krim khas Turki yang nikmat dan segar, di Bekasi juga ada.
















Thursday, January 1, 2015

Tips dan Trik Berkhitan di Musim Liburan

Apa yang paling di kuatirkan seorang Ibu pada anak laki-lakinya ? saat mau berkhitan *ga semua Ibu sih, mungkin cuma saya  hehe...
Nah ceritanya karena si Ali anak kedua saya ini sudah mulai masuk usia yang pas buat berkhitan, 9 tahun, buat sebagian orang sih mungkin sudah ketuaan yah, sebab beberapa tetangga di sini mengkhitankan anaknya saat mereka masih balita, tapi mungkin saya yang asal Surabaya dan kebanyakan anak laki-laki di sana baru di khitan di usia yang lumayan gede.
Pas banget momennya, liburan akhir tahun kali ini lumayan lama, sekitar 17 hari, jadi ini waktu yang tepat buat melakukan kewajiban itu.

Sebelum pelaksanaan khitan pada Ali di lakukan ada beberapa hal yang kayaknya bisa saya share disini.

Persiapan khitan :


  1. Pastikan anak sudah siap untuk di khitan. 

Syukur-syukur kalau anak minta sendiri untuk di khitan, biasanya anak laki-laki memiliki fase di mana dia ingin di khitan, biasanya anak sudah malu kalau ketahuan belum berkhitan, karena salah satu faktor cepatnya proses penyembuhan luka khitan katanya juga di pengaruhi oleh kondisi psikologis si anak.

     2. Pilih tempat khitan yang sudah di percaya

Memilih tempat khitan bisa di Klinik khusus khitan maupun Rumah Sakit, ada beberapa klinik dengan berbagai macam paket yang di tawarkan, bisa hunting via internet atau tanya-tanya ke tetangga atau kerabat di mana klinik yang di rasa pas, tekhnik di setiap klinik juga berbeda, seperti 
  • Tekhnik khitan dengan laser
  • Tekhnik khitan manual
  • Tekhnik khitan dengan klem, atau alat penahan yang di pasang sesaat setelah di khitan
Kalau untuk Ali kemarin saya pilih tekhnik manual , kliniknya pun yang memang sudah lumayan tersohor di lingkungan kami, dan memang kebanyakan anak laki-laki tetangga saya di khitan disini, nama kliniknya Klinik Khitan Paramedika, di bilangan Kalimalang, Bekasi, tekhnik yang di gunakan disini adalah khitan manual, jadi langsung bius, jahit, potong...  aduuh ngilu ngomonginnya

Sebaiknya mendaftar sehari sebelumnya agar kita dapat nomor antrian ,dan jangan lupa bayar DP juga, biaya untuk berkhitan di klinik Paramedika tempat ali sunat ada dua macam yaitu Rp 400 rb ( reguler) dan Rp 950 rb (VIP) dua-duanya sebenarnya penanganannya sama bedanya di antrian dan obatnya, tapi kalau ingin obat yang bagus tapi terjangkau bisa memilih paket reguler dengan menambah Rp 100 rb untuk biaya obat extra.

Ini lho..klinik tempat Ali di khitan.


           3. Siapkan mental dan fisik anak saat berangkat berkhitan

Bagi sebagian anak berkhitan bisa menjadi begitu menakutkan, tugas kita orang tua untuk menenangkannya, dan jangan lupa kompensasinya setelah itunya di potong hehe.. kalau Ali minta PS 3, banyak juga anak di klinik yang permintaanya sama dengan Ali.

Khitan biasanya di laksanakan di pagi hari karena memang kondisi anak sedang bagus, usahakan anak buang air kecil dan besar di pagi hari, selanjutnya mandikan anak dan basuh bagian alat vital anak dengan air hangat, selain itu jangan lupa sarapan secukupnya agar anak tidak masuk angin, lalu pakaikan celanan yang berkaret tanpa resleiting agar memudahkan pemakaian celana setelah proses khitan.

Tak perlu membawa peralatan khusus karena biasanya klinik menyiapkan celana dalam khusus untuk khitan.

Ali siap untuk di khitan

             
Suasana klinik khitan lumayan rame saat liburan.

                4. Perawatan pasca khitan

Sebenarnya luka khitan merupakan luka kecil dan tak perlu begitu di kuatirkan, bisa ngomong gini setelah Ali sukses berkhitan hehe..

Ali keluar setelah proses khitan.


Penangannya cukup sederhana, setelah khitan biasanya kita di beri dua macam obat yaitu obat anti nyeri dan antibiotik, juga obat tetes untuk kasus anak dengan pendarahan di luka khitannya, sesaat setelah berkhitan beberapa jam setelahnya obat bius akan hilang efeknya dan anak akan meresakan nyeri yang lumayan, nah saat itu boleh di berikan obat anti nyeri 2 x dosis biasanya, selanjutnya di minum sesuai dosis 3x1 untuk kedua obat, dan antibiotik harus di habiskan.

Setelah khitan sebaiknya anak jangan di mandikan, hanya di seka saja dan usahakan perban yang menutupi luka khitan tidak terkena air, baru setelah hari ke empat setelah khitan anak berendam mulai perut kebawah dengan air yang di campur dengan Panties, semacam antiseptik yang di dapat dari klinik, dan biasanya perban akan menjadi lebih lunak, dan anak siap untuk kontrol kembali ke klinik dan pihak klinik akan membuka perban yang masih menempel.

untuk anak yang tanpa masalah sebenarnya luka khitan sudah hampir sembuh di proses ini, tinggal tunggu 2 sampai 3 hari agar luka benar-benar kering, dan tetap jangan terlalu banyak bergerak dan hindari mengkonsumsi telur dan seafood.

Bila ada seperti koreng menghitam di sekitar bekas luka khitan, jangan kuatir karena dengan berendam dengan air hangat koreng-koreng itu akan lepas dengan sendirinya, satu hal lagi yang membuat anak takut setelah di khitan yaitu saat akan buang air kecil, sebenarnya tak perlu takut, memang agak sedikit nyeri tapi tetap bujuk anak agar mau buang air kecil, ada tips sedehana yang sangat bermanfaat untuk itu saat anak hendak buang air kecil, siapkan gelas bekas air mineral yang telah di lubangi bagian dasarnya, dan masukkan atau selongsongkan gelas plastik tersebut di alat vital anak dengan sedikit di tekan dan dengan sendirinya anak akan bisa buang air kecil dengan lancar.

Itulah serba-serbi khitan pada anak, jadi mumpung masih ada waktu liburan, ga ada salahnya kalau mengkhitankan anak di saat seperti ini, khitan adalah sunnah nabi kita Muhammad SAW dan juga pembersihan diri yang sangat bagus, jadi jangan pernah ragu melakukannya pada anak kita.


Selamat Berkhitan