Monday, May 30, 2016

Tahu Lebih Tentang Kulit Bayi di Gathering Mother and Baby Indonesia dan Lactacyd Baby



Apa jadinya bila satu acara gathering di restoran yang hadir separuhnya adalah bayi dan balita?

Ribet ?.. sedikit.
Seru?.. Pasti.

Dan inilah yang terjadi saat acara Gathering Mother and Baby Indonesia bersama Lactacyd baby hari Sabtu tanggal 28 Juni 2016 kemarin di Igor’s Cafe dan Pastry di bilangan Wijaya Jakarta selatan.

Acara yang mengangkat tema healthy Skin Happy Baby ini dimulai tepat pukul 10 pagi, dan meski jam-jam itu biasanya si dedek-deke bayi yang jadi tamu undangan banyak yang biasanya tidur pagi, tapi khusus hari itu sepertinya mereka terlihat segar dan enggak ngantuk, mungkin karena suasana ruang gathering yang homy dan nyaman yah.

Yang mau narsis bersama sikecil juga disediakan photo booth


Kid's meal yang tak boleh ketinggalan


Hari itu para mommy memang bela-belain datang dengan undangan yang secara gratis dibagikan oleh Mother & Baby dengan mengikuti syarat tertentu yaitu mengupload foto moment mandi sikecil di fanspagenya Mother & Baby.

Dress code “ touch of blue and white” sepertinya juga benar-benar diaplikasikan oleh para mommy yang hadir, termasuk saya yang berusaha mencari kemeja putih saya dan kerudung biru muda agar sesuai tema, malu donk kalau saltum.

Acara dibuka oleh sang MC Sisca Bakker yang langsung mengajak para mommy lebih dekat dengan Mother & Baby dengan memberikan satu pertanyaan, berapa usia majalah kesayangan kita ini ? dan satu jawaban benar yaitu 8 tahun langsung mendapat hadiah pouch lucu, belum-belum acara ini sudah bertabur hadiah.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh pihak Mother & Baby yang diwkili oleh Mbak palupi dan dari pihak Lactacyd Baby yang diwakili oleh Mbak Anisa Paramita, secara singkat mereka mengungkapkan rasa terima kasih dan berharap acara ini nantinya bakal menjadi tambahan wawasan para mommy dalam merawat anak-anaknya.

Mbak Palupi dari Mother and Baby Indonesia


Mbak Anisa dari Lactacyd Baby


Acara inti pun dimulai kali ini yang hadir dipanggung adalah dr.Ling SPK, dokter yang tinggi dan cantik ini menjabarkan apa perbedaan kulit bayi dan kulit orang dewasa.

Ternyata kulit bayi itu memang lebih tipis dan lebih lembut 30% dibanding kulit orang dewasa, dan ph kulit bayi juga tinggi itulah kenapa bayi yang memakai sabun orang dewasa yang notabene berPH tinggi sering mengalami iritasi.

Dr Ling memberikan beberapa tips menjaga kulit bayi agar tetap sehat, karena memang kulit merupakan benteng pertama pertahanan tubuh bayi, yaitu :

 1.    Rajin memandikan bayi setiap hari .
2.    Jaga kebersihan segala sesuatu yang bersinggungan dengan kulit bayi seperti popok,pakaian atau tempat tidur bayi
3.    Menggunakan bahan lembut untuk barang-barang yang memungkinkan tersentuh kulit bayi.




Dalam hal memandikan bayi juga ada hal yang perlu diperhatikan seperti suhu air dan penggunaan bahan pembersih badan bayi.

Untuk penggunaan air sebaiknya dengan suhu hangat suam-suam kuku, jangan terlalu dingin atau terlalu panas, agar bayi nyaman, selain itu tidak perlu lama-lama dalam merendam, agar kelembaban alami kulit bayi tidak berkurang.

Dan untuk penggunaan bahan pembersih tubuh bayi juga para Mommy harus lebih bijak dalam memilih, perhatikan PH atau keasaman sabun tersebut janngan melebihi angka 4, dan juge pilih dari bahan alami, salah satu yang direkomendasikan dr.Ling adalah Lactacyd baby yang terbuat dari bahan alami yaitu ekstraksi susu dengan PH hanya 3-4, jadi tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Cara penggunaan Lactacyd Baby ini juga cukup menyenangkan menurut saya, tinggal siapkan satu bak air untuk mandi bayi, selanjutnya larutkan Lactacyd baby yang berupa cairan itu sekitar 2-3 sendok makan dan siap untuk dipakai si kecil berendam, wanginya lembut banget sih..tapi untuk mengatasi kulit bayi yang sudah terlanjur teriritasi, boleh koq membuat larutan Lactacyd baby yang lebih pekat dalam mangkuk kecil dan langsung di aplikasikan pada kulit yang bermasalah.

Hal perawatan kulit bayi ini ternyata gampang-gampang susah, ini juga dialami oleh Tara Amelz yang seorang Mom Blogger, Tara yang biasa dipanggil Mom of Snow, karena sianak namanya Snow ini juga pernah mengalami kepanikan saat tahu anaknya kulitnya merah-merah tapi untungnya dia oleh dokter tempat dia berkonsultasi disarankan memakai Lactacyd baby ini, jadi bisa teratasi.

Lactacyd Baby


O iya... saya ingin sedikit cerita kenapa di event ini ada Mom Blogger kece yang jadi pembicara, mungkin ini berhubungan dengan Kompetisi Blog Lactacyd Baby yang sedang berlangsung dengan hadiah gadget dan hampers eksklusif.



Tak hanya berbincang dengan Bu Dokter cantik dan Mom Blogger acara ini juga menghadirkan Adianti, seorang trainer olah raga yang mempopulerkan Fit Mum and Bub, yaitu olahraga yang bisa dilakukan bersama si kecil.

Anti sang trainer yang mengambil beberapa sertifikat khusus yang berhubungan dengan olah raga dari beberapa negara ini menjelaskan kalau sikap tubuh yang baik akan berdampak pada kesehatan jangka panjang para Mommy.

Posisi saat menggendong anak, posisi saat menyusui itu ternyata ada aturannya lho..

Dan dari Mbak Anti pula saya tahu kalau ternyata posisi terbaik untuk menggendong adalah didepan badan kita dengan sikap tubuh tegak tidak condong kedepan atau kebelakang, agar tulang belakang si Ibu ini tidak mengalami cedera, padahal paling enak atau umumnya kita menggendong menyamping yah.. dan itu sangat tidak dianjurkan.

Beginilah posisi menggendong yang baik


Di event itu Mbak Anti juga berbagi kalau dulu sesaat melahirkan anak kedua dia sempat mengalami baby blues, karena hormon endorphinnya atau hormon bhagianya dia menurun banget disebabkan intensitas olahraga yang bisanya dia lakukan seminggu 6-7 kali tiba-tiba harus distop, karena kesibukan merawat si bayi.

Me with Adianti


Dari situ dia jadi berpikir bagaimana caranya tetap bisa olahraga tapi tidak meninggalkan si kecil, dan akhirnya terlahirlah Fit Mum and Bub ini, gerakan-gerakan sederhana tapi intens bersama sibayi ini kelihatannya cukup menyenangkan.

Work out bareng Anti


Tak hanya bercerita Mbak Anti ini juga mengajak para Mommy yang hadir untuk ikut latihan bersama, kontan saja restoran tempat acara berubah jadi gym dadakan, gerakannya seru dan gampang diikuti, dan pastinya dari yang saya lihat banyak baby yang diajak work out malah kegirangan.



Dan setelah dapat ilmu tentang kulit bayi, bertemu Mom Blogger kondang, ikut latihan Fit Mum and Bub akhirnya acara itu di tutup dengan pembagian hadiah-hadiah dan seperti biasa saya tidak dapat.. #ngeluhmulu.

Eh tapi gapapa... ternyata pas pulang kami semua tersenyum hepi karena bawa pulang goodie bag yang keren dan banyak.

Thanks Mother & Baby

Thanks lactacyd Baby.

Hampers dari event yang seru ini.

Wednesday, May 25, 2016

Mobil123.com Gathering : Lupakan Bermultitasking saat Berkendara, Utamakan Safety Driving




Ingat tidak, apa hal terkonyol yang kita lakukan saat berkendara ?

Kalau saya terus terang bukan pengemudi yang baik, seringkali kejadian lampu sein yang menyala lama setelah saya belok, dan tetap menyala sampai belokan selanjutnya, dan  parahnya lagi arah saya membelok tidak sama dengan lampu sein yang sedang menyala, beberapa kali pengendara lain menegor saya  “ mau belok mana sih Bu..?” huwaaa... malu banget.

Mungkin karena kurang fokus atau terlalu multitasking yah...dan sepertinya saya bukan satu-satunya yang melakukan hal ini, nyetir sambil mikir mau masak apa atau sambil melakukan hal lain, padahal itu sangat berbahaya lho.

Itulah mengapa saya jarang sekali bawa mobil atau motor sendiri, apalagi jarak jauh, mending diboncengin, saya sadar kalau cara mengemudi saya  membahayakan pengguna jalan lain.

Kurang fokus, kondisi kendaraan kurang oke, melakukan hal lain selama berkendaraan itu merupakan hal-hal yang sebenarnya harus benar-benar dijauhi saat kita berkendara, karena saat kita berada di balik kemudi, pikiran dan badan kita total ada dijalan.

Hal ini disampaikan Bapak Jusri Pulubuhun Chief Instructur Jakarta Defensive Driving Consulting, beliau ini mengatakan kalau angka kecelakaan itu lebih dari 1,3 juta orang pertahunnya, dan 20-50 juta orang mengalami luka-luka hingga cacat akibat kecelakaan dijalan raya.

Dan ironisnya lagi 48% yang mengalami kecelakaan ini adalah orang-orang diusia produktif 15-44 tahun.

Dan untuk tambahan menurut WHO ternyata 90% yang mengalami kecelakaan ini adalah  orang-orang dengan penghasilan rendah dan menengah.

Nah berdasar angka-angka fakta kecelakaan di jalan raya yang menakjubkan ini membuat Mobil123.com sebagai salah satu stakeholder startup jual beli mobil bersama Otospirit.com merasa memiliki tanggung jawab moral akan perlunya mengkampanyekan Sefety Driving, salah satunya dengan diadakannya talkshow ini yang sengaja mengundang para blogger dan insan media yang diharapkan menjadi corong tentang pentingnya Safety Driving ini, begitulah yang disampaikan Bapak Irwan dari Mobil123.com.

Sebenarnya bagaimana tingkah polah para pengendara yang tidak bertanggungjawab dijalan dan menjunjung tinggi arogansi, istilahnya senggol bacok ini tidak tumbuh dengan sendirinya, sebagian besar dari mereka memang tumbuh dengan habit yang tidak mengajarkan disiplin dan toleran sejak dini.

Itulah mengapa edukasi tentang pentingnya taat peraturan, budaya antri, dan berempati sudah memang seharusnya ditanamkan benar sejak kecil, bahkan ada literasi yang menyebutkan di beberapa negara maju lebih mendahulukan mengajari anak mau ngantri ketimbang berhitung.

Karena tidak bisa dipungkiri pada kenyataanya pengendara yang memiliki latar belakang edukasi lebih baik biasanya lebih bertanggungjawab dibalik kemudi, tapi tidak bisa disamaratakan, ini kan berdasar data statistik semata.

Jadi mulai sekarang saya semakin sadar , berharap juga para orang tua di Indonesia ini juga sadar kalau ternyata mengedukasi anak tentang pentingnya taat peraturan, pentingnya budaya antri, juga adanya empati itu sangat diperlukan, utamanya saat berada dijalan raya, mencoba membuang jauh-jauh stigma kalau peraturan itu dibuat untuk bikin ribet, tapi membangun doktrin ke anak kalau peraturan memang dibuat untuk kepentingan kita, dan agar lebih teratur.

Acara talkshow santai tapi padat berisi yang diadakan di Arruba Restaurant Pasaraya Grande ini juga ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan dari pihak Mobil123.com kepada Bapak Jusri Pulubuhun sebagai tanda terima kasih atas partipasi beliau dalam menyebarkan virus Safety Driving, semoga saja kedepan angka-angka kecelakaan yang saya sebutkan diatas semakin turun jumlahnya dengan semakin banyaknya pengendara yang sadar akan pentingnya mengendarai kendaraanya dengan aman.

Penyerahan piagam.

Dan untuk saya sendiri sepertinya harus lebih banyak menata diri dan hati saat mau mengendarai kendaraan, agar lebih rapi nyetirnya :)

Sunday, May 15, 2016

Sudah Saatnya #MajuTanpaBatas Bersama Binus Online Learning




Manusia sekarang ini sepertinya dimudahkan dalam segala hal ya?

Gara-gara satu temuan yang namanya internet yang bisa menhubungkan satu orang dengan orang lain, membuat kita dengan segera tahu apa yang terjadi di belahan bumi lain saat itu juga, kita bisa bertatap muka dengan teman atau kerabat yang tinggal ribuan kilometer dari kita.

Dan yang lebih menyenangkan lagi beberapa hal yang dulu kita harus repot-repot melakukannya kini bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan internet, istilahnya online, mulai dari belanja, memesan moda transportasi sampai  kuliah.

Kuliah online ? Iya... dengan fasilitas materi dan diskusi yang sama seperti kuliah pada umumnya, keren donk...

Dulu saat baru lulus Sekolah Menengah Atas saya pernah berpikir untuk bisa kuliah dan mengambil jurusan yang saya sukai yaitu Psikologi, tapi karena keterbatasan waktu dan biaya akhirnya saya hanya meneruskan pendidikan di universitas yang dekat dari rumah,  agar ngirit ongkos ceritanya...

Tapi sekarang jaman sudah berubah, kita bisa meneruskan pendidikan dan mengejar titel yang kita mau dengan cara yang mudah, salah satunya ya kuliah online tadi.

Meski sebenarnya ada juga Universitas yang menawarkan kelas untuk khusus untuk karyawan, biasanya di sore atau malam hari tapi untuk bisa konsisten hadir di ruang perkuliahan sering menjadi kendala, nah dengan adanya kuliah online ini kendala itu tidak lagi berarti.

Tapi meski begitu kita enggak boleh sembarangan memilih universitas penyelenggara kuliah online ini, harus yang memiliki akreditasi yang baik dan terpercaya serta berkualitas, selain itu lihat juga track record lulusannya.

Salah satu universitas yang menyelenggarakan sistem perkuliahan online ini adalah Binus Online Learning yang menawarkan program perkuliahan via online.

Mengapa Binus Online Learning ?

Dengan nama besar yang sudah melekat pada Binus sepertinya tidak bisa diragukan lagi kualitasnya, apalagi sistem perkuliahan online ini yang memungkinkan para mahasiswa lebih fleksibel dalam menetukan waktu perkuliahan dan mendapatkan materi dari para Dosen masih secara online, untuk kegiatan bertatap muka langsung hanya dilakukan untuk yang bersifat pembahasan kasus. Diskusi pemahaman materi kuliah dan saat mendekati ujian, fleksibel kan?

Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan, untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawassan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata.

Untuk kegiatan belajar mahasiswa  Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agara mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas, mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode atau semester sehinga hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan pembelajaran global, dimana mahasiswa tidak saja diajar oleh dari berbagai kota seperti Jakarta, tapi juga Dosen yang berada diluar negeri, karena kembali kita ingat kalau perkuliahan ini mengunakan kemajuan sistem komunikasi online, jadi mahasiswa diharap bisa maju tanpa batas.

Binus Learning menggunakan sistem LMS ( Learning Management System) yang nantinya akan memungkinkan mahasiswa online Binus ini terintegrasi antar mahasisw maupun mahasiswa dengan Dosennya, maupun mahasiswa dengan pembimbing akademis.

Dengan sistem LMS ini maka hasil yang didapat oleh mahasiswa online Binus nantinya akan setara dengan mahasiswa yang berkuliah pada umumnya.

Untuk metode perkuliahan, setiap mata pelajaran yang disampaikan dalam beberapa bentuk seperti diskusi di foum, tugas individu atau kelompok, video conference, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online dan bisa dilakukan dimana saja asal ada koneksi internet.

Namun untuk awal masuk perkuliahan dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus binus, selanjutnya kegiatan perkuliahan akan bisa dilakukan secara online, untuk mahasiswa yang sedang bekerja hal ini pasti sangat bermanfaat.

Koneksi internet dan perangkat yang memadai untuk kuliah online

Bagaimana mahasiswa Binus Online Learning saling terhubung ?

Setiap mahasiswa Binus Online Learning bisa saling terhubung melalui Binus University Learning Comunity (BULC) yang sudah hadir di beberap kota besar di Indonesia , diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi.

Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning ini sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian atupun perkuliahan face to face maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut

Jadi bisa dibilang BULC ini komunitasnya mahasiswa online binus untuk bisa selalu terhubung dengan kampusnya.

Apa goal Binus Online Learning ini ?

Setiap sistem pendidikan dimaksudkan agar seseorang menjadi pribadi yang lebih baik, termasuk juga dengan Binus Online Learning yang memiliki program EES ( Employability Enterpreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan, karena jiwa enterpreneur memang sangat dibutuhkan saat ini.

Saat ini Binus Online Lerning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar diberbagai instansi, dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Tentunya dengan metode pembelajarn secara online anda dapat #Majutanpabatas karena dapat kuliah kapan saja , dimana saja tidak ada lagi batasan untuk anda kuliah, sekaran anda dapat melakukannya sambil bekerja mengejar passion, mengurus bisnis, mengurus keluarga atau kuliah online ini juga tetap bisa dilakukan saat kita sedang travelling keluar negeri.

Siapa saja yang bisa kuliah di Binus Online Learning ?

Siapapun bisa berkuliah di Binus Online Learning ini asal sudah menamatkan Sekolah Menengah Atasnya sih.. ya ealah.. gimana mau kuliah kalau belum lulus SMU.

Pekerja profesiaonal, karyawan bahkan Ibu Rumah Tangga bisa berkuliah di Binus Online Learning ini, waktu perkuliahan yang fleksibel memudahkan para mahasiswa untuk mengikutinya.

Saya juga mendapat informasi beberapa teman suami saya yang sama-sama bekerja di salah satu perusahaan otomotif besar juga melakukan kuliah online ini di Binus Online Learning.

Apa  saja pilihan program studi di Binus Online Learning ?

Ada beberapa program studi yang bisa dipilih mahasiswa disesuaikan dengan situasi dan kondisi mahasiswa itu sendiri, yaitu :

Program D3
1.    Komputerisasi Akuntansi
Program S1
1.    Manajement – Business Manajemen
2.    Sistem Informasi – Corporate Information System
3.    Akuntansi
4.    Manajemen Marketing
5.    Sistem Informasi
Program S2 ( Khusus Jakarta)
1.    Magister Teknik Informatika – MTI
2.    Magister Manajemen Sistem Informasi

Jadi tunggu apalagi, sepertinya kita memang semakin dimanjakan oleh teknologi, tergantung kita akan memanfaatkan teknologi itu untuk hal baik atau sebaliknya, hal ini juga membuat saya berpikir untuk kembali kuliah apalagi bisa dibilang menuntut ilmu itu enggak mengenal umur tua, jadi enggak ada salahnya buat yang dulu memiliki keinginan untuk kuliah tapi karena satu dan lain hal terpaksa tidak melakukannya, sepertinya bergabung dengan Binus Online Learning dan melakukan kuliah online bisa jadi pertimbangan nih..

Jadi pertanyaanya kini sudah siapkah kita #MajuTanpaBatas bersama Binus Online Learning ?

Sumber foto : edukasi.kompas.com