Wednesday, September 5, 2018

Berapa Banyak ASI yang Dibutuhkan Bayi Sesuai Umurnya?




Hai para Busui.. apa kabar nih? gimana acara menyusuinya? masih lancar kan...

Meski sudah tidak lagi menyusui, karena si bungsu sekarang sudah hampir 7 tahun, tapi hari ini, saya ingin berbagi mengenai berapa sih sebenarnya ASI yang dibutuhkan bayi sesuai umur ? gara-gara pagi ini melihat seorang Embah ( nenek) yang menyuapi pisang ke cucunya dengan dalih si bayi ini minum ASI nya kurang.

Ok.. sebelum saya menjelaskannya, saya akan kembali mengingatkan kalau bayi itu bukanlah manusia deasa bertubuh kecil, seluruh organ ditubuh mereka berbeda dengan kita termasuk ukuran dan fungsinya, jadi jangan disama-samakn yah..

Nah, inilah sebenarnya kebutuhan ASI bayi usia 1 hari - 24 bulan

  1. Bayi usia 1 hari : 60 -90 ml /hari , diusia ini lambung bayi hanya berukran sebutir kelereng lho..jadi jangan kuatir bayi akan merasa kekurangan ASI dan jangan lupa juga berikan hanya ASI meski keluarnya hanya sedikit dan berwarna keruh karena ASI itulah dengan kualitas terbaik.
  2. Bayi usia 3 hari : 250 ml/ hari, saat usia ini lambung bayi sudah berukuran sebesar biji anggur, tapi tetap bayi tidak akan kekurangan ASI, jadi jangan pernah berpikir kalau mereka kelaparan karena kurang ASI yah..
  3. Bayi usia 1 minggu : 400 - 600 ml/hari, di usia ini bayi ini sudah bsa menyusu sebanyak 40 ml setiap kali menyusu.
  4. Bayi usia 1- 5 bulan  : 600- 800 ml/hari, sekali menyusu bayi bisa menyedot sekitar 70 ml ASI, dan diusia ini sebaiknya Ibu mulai memerah ASInya yah, agar produksi semakin meningkat, dan kita punya persediaan ASI untuk keadaan darurat.
  5. Bayi usia 6 bulan : 720 ml/hari, bayi sudah mulai diberikan makanan pendamping, tapi ASI masih merupakan makanan utamanya juga, di usia ini sebaiknya menghindari memberikan ASI saat mendekati waktu makan.
  6. Bayi usia 7- 12 bulan ; 900 - 1000 ml/hari , bayi berada diusia puncak dimana ASI sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembangnyya yang sedang pesat, meskipun makanan pendamping juga harus tetap diberikan.
  7. Bayi usia 12 - 24 bulan : 500 ml/hari, diusia 1 tahun keatas ASI bukanlah merupakan makanan utamanya, bayi sudah mulai makan makanan keluarga dengan beragam teksturnya, nah.. diusia ini bayi harus mengonsumsi semua enis makanan agar ttumbuh kembangnya baik.
Sudah tahu kan..berapa banyak ASI yang dibutuhkan bayi dalam satu hari? jadi jangan pernah kuatir yah kalau ASI yang kita berikan tidak mencukuupi kebutuhan nutrisi bayi.


No comments:

Post a Comment