Tuesday, November 22, 2016

Terapi di Klinik Tumbuh Kembang Memakai BPJS




Menjalani terapi khusus di klinik tumbuh kembang memang tidak semua anak memerlukannya, tapi buat beberapa anak yang tumbuh kembangnya terganggu seperti lambat berbicara atau perkembangan motoriknya tidak sesuai dengan anak seusianya, maka keberadaan klinik tumbuh kembang ini sangat diperlukan.


Namun biaya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis tumbuh kembang anak dan juga terapi di klinik tumbuh kembang ini lumayan besar, apalagi beberapa asuransi tidak mengcover biaya untuk itu, karena dianggap keterlambatan perkembangan anak bukanlah suatu penyakit.

Tapi bagi pemegang kartu BPJS patut bersyukur, karena kartu ini menanggung penuh biaya di klinik tumbuh kembang anak,

 Bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Datang ke Fasilitas Kesehatan tingkat satu yang akan merujuk ke rumah sakit yang lebih besar, Faskes 1 ini biasanya adalah Puskesmas atau klinik-klinik kecil dan namanya tertera di kartu BPJS kita, saat disini biasanya tidak akan di diagnosa macam-macam, tapi tetap anaknya dibawa yah.. dan kalau bisa jelaskan apa keluhannya, seperti terlambat bicara atau berjalan. Selanjutnya dari sini akan diberikan surat rujukan ke Rumah Sakit yang lebih besar, tapi sebelumnya pastikan dulu yah, RS yang akan dijadikan rujukan memiliki Klinik Tumbuh Kembang, bukan cuma ada dokter spesialis anaknya saja. Dari faskes tingkat satu ini biasanya akan mendapat surat rujukan untuk 3 bulan, fotokopi yang banyak, karena setiap proses membutuhkan surat ini dan tentu saja kartu BPJS dan KTP orang tua.
  2. Bawa surat rujukan ke Rumah Sakit yang menyediakan Dokter Spesialis Anak, dengan sub spesialis Tumbuh Kembang, untuk di Bekasi yang saya tahu adalah RS.Bella atau RS. Hermina. Di RS ini kita harus berkonsultasi dulu dengan Dokter Spesialis Anak untuk selanjutnya kembali di beri rujukan untuk melakukan assesment ke Dokter Tumbuh Kembang.
  3. Selanjutnya Dokter anak spesialis Tumbuh Kembang akan merujuk kita ke beberapa seperti Ahli Gizi ( kalau anak kita bermasalah dengan gizi dan nutrisi, ini tidak ditanggung BPJS ) dan Psikolog (ini juga tidak ditanggung BPJS ) tapi sebenarnya konsultasi ke para Ahli ini adalah optional, tapi saya menyarankan untuk dilakukan, biayanya antar Rp 150-200 ribu, agar diagnosa yang dilakukan ke anak kita tepat.
  4. Selain ke beberapa Ahli tersebut, setelah menemui Dokter Anak spesialis Tumbuh Kembang kita harus bertemu Dokter Rehab Medik, beliau ini yang akan menentukan terapi apa yang akan di terapkan pada anak kita, sesuai dengan diagnosa dari Dokter anak spesialis Tumbuh Kembang tadi.
  5. Setelah semua proses diatas biasanya Klinik Tumbuh Kembang RS ini akan menghubungi kita dalam beberapa hari kemudian, untuk menentukan jadwal terapi, karena memang sejak BPJS menanggung semua biaya ini maka jumlah pasiennya sangat meningkat, jadi kita harus bersabar, nomer telepon yang kita berikan saat pendaftaran harus stand by  terus yah..
  6. Lakukan terapi sesuai jadwal yang diberikan, harus disiplin.
  7. Tidak ada biaya tambahan selama melakukan terapi.
Itu adalah jalur bila kita akan melakukan konsultasi dengan menggunakan fasilitas BPJS, semuanya ditanggung, termasuk juga biaya terapi, tapi memang dibutuhkan kesabaran khusus bila memakai BPJS, karena sudah pasti antriannya akan sangat panjang.

Baca juga Terapi Untuk Anak Speech Delay

Kalaupun tidak memakai BPJS bisa menggunakan biaya pribadi, karena biasanya asuransi konvesional tidak menanggung biaya konsultasi dan terapi di klinik Tumbuh Kembang, karena gangguan tumbuh kembang pada anak-anak dianggap bukanlah salah satu jenis penyakit.

Baca juga bagaimana memilih nutrisi yang tepat untuk anak dengan alergi disini


Untuk tambahan, estimasi biaya konsultasi dan terapi adalah sebagai berikut :
  • Biaya konsultasi dr.SpA      : Rp 130.000 - Rp 150.000
  • Biaya konsultasi dr.SpA Tumbuh Kembang : Rp 320.000 - Rp 380.000
  • Biaya terapi bervariasi sesuai yang dibutuhkan anak.
 Biaya ini untuk konsultasi dan terapi di RS.Bella Bekasi, untuk Rumah Sakit lain bisa lebih rendah atu lebih tinggi.

Anak adalah harta kita yang paling berharga, jangan lupa selalu memperhatikan perkembangannya, dan jangan sampai terlambat menanganinya bila ada sesuatu yang salah dengan tumbuh kembang mereka



27 comments:

  1. RS swasta bisa ya mbak? Aku jg ada rencana bawa Maxy ke klinik tumbuh kembang. Cuma gak tau yang bisa pakai bpjs RS mana di Depok. Kalau ada info2 ya mbak thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. RS.Bella ini swasta,yang penting datang dulu ke faskes 1, yang tertera di kartu BPJS.

      Delete
  2. Iya bersyukur ya, aku juga rutin antar ibu terapi karena abis jatuh. Alhamdulillah pakai BPJS gratis, pdhal udah 12 kali ini terapi. Bayangkan kalo bayar sendiri, brp duit yg mesti kami anggarkan.

    ReplyDelete
  3. Di kartu BPJS saya faskes 2, berati gbs ya Bun,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa koq.. Dimaksud faskes 1 itu, faskes yang pertama kali kita minta rujukan, biasanya puskes atau klinik.

      Delete
  4. Assalamualaikum bun.... Maaf bun mw tanya anak bunda terapi di rs bella? Klo blh tau terapi apa? Seminggu brp x?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di RS bella, seminggu 2X terapi okupasi dan terapi wicara

      Delete
    2. Anak saya jg sedang terapi motorik kasar di RS Bella seminggu 2x bun. lebih ke perkembangan kakinya sih bun

      Delete
  5. Assalamualaikum bun mau nanya kl di Rs daerah ciputat dimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, mungkin bisa tanya ke rumah sakit Ibu dan Anak disekitar situ pak

      Delete
  6. Bunda maaf mau tanya kalau di rumah sakit harapan kita bisa pakai BPJS jg gak ya?terima kasih

    ReplyDelete
  7. Klau mau konsultasi itu hrus bwa bayi ny gk mba??trus hri apa aj klau mau konsultasi?

    ReplyDelete
  8. Mba saat konsul ke faskes 1, apakah bs ke dokter umum atau harus dokter anak faskes 1? Puskes kan sudah ada dsa nya? Trmksh

    ReplyDelete
  9. baru tau bpjs bisa ke klinik tumbuh kembang. makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum, bun mau tanya alamat lengkap kliniknya dimana?

    ReplyDelete
  11. Bunda makaaih bgttt infonya. Setelah aku googling nemu blog bunda. Akhirnya aku bawa anakku ke hermina.. Bsok mulai terapi. Smoga ada perkembangan yg jauh lebih baik. Sekali lagi terima kasih infonya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bund gimana anaknya sudah ada perkembangan kah?

      Delete
    2. Assakamualaikum..bun,anak saya umurny 23bln.tp blm bs ngmg lancar n klo ddpanggil org cuek bgt.tp klo dgr lagu kartun favoritny dia psti mendekat.saya bingung kira2 saya mesti bw k dokter tumbuh kembang mana y?mungkin bunda2 dsni ada yg tinggal ddaerah kota tangerang.blh share k saya.

      Delete
    3. Wah sama kayak anak saya, 25 bln cm bisa 3 kata, dan cuek bangeeet. OMG. Gimana bunda anaknya apakah sudah ada perkembangan?

      Delete
  12. Di tangerang bisa di sari asih karawaci, mba. ke dr anak dulu, nanti dari dr anak baru dirujuk ke dr rehabnya utk terapi biasanya

    ReplyDelete
  13. Anak 17 bulan baru bisa merangkak itu pun masih pake perut,,duduk blm bisa ,, kakinya juga masih lemas by

    ReplyDelete
  14. Klo daerah jakarta dmn yaa yang ada klinik tumbuh kembang anak, ,ada yang tau ga yaa?? Anak saya usia 2 thn blm bisa bicara,, anak nya juga hyperaktif

    ReplyDelete
  15. sore mom
    bagi orangtua yang mencari tempat terapi daerah bekasi, kami menyediakan berbagai jenis terapi di superkidz galaxy bekasi
    untuk info lebih lanjut hub ririn 08999129588

    ReplyDelete
  16. Dok,bisa pakai kartu BPJS buat Terapi Wicara.
    Soalnya anak saya umur 2 thn lebih bicaranya belum lancar,,baru bisa mama papa kaka dadah udah...cuma segitu...
    Itu kira2 faktor kenapa ya dokter?

    ReplyDelete
  17. Bun.. kalo mau cek tumbang anak kudu ke faskes 1 kan? Kalo di puskesmas faskes 1 ga ada dokter anak, apa bisa ke dokter umum? Buatinta rujukan ke rs. Yg ada tumbangnya?? Mohon pencerahanny

    ReplyDelete
  18. Bu anak saya 2 thn tp tinggi badannya sprtinya lbh pendek dr tmn seusiannya
    Ada kemungkinan nurun dr keluarga salah satu ortu yg memang imut2.cm sy parno takut anak saya stunting.mslh perkembangan motorik/makan tdk ada masalah.anaknya aktiv sekali.
    Apakah bth ke sp.tumbang untuk mslh ini???

    ReplyDelete