Tuesday, August 25, 2015

Enakan Tinggal di Perkampungan atau Komplek Perumahan ?

Enak tinggal di perkampungan atau komplek perumahan?

Tinggal di perkampungan atau komplek perumahan yah enaknya? pernah enggak kepikiran seperti itu, kalau saya pribadi karena memang dari bayi sampai unyu-unyu gini tinggalnya diwilayah perkampungan jadi merasa nyaman aja kalau tinggal di perkampungan, tapi bagi sebagian orang yang memang agak lumayan susah menentukan mau tinggal dimana, sebenarnya ada juga sih plus-minusnya tinggal di komplek perumahan ataupun perkampungan.

Plusnya tinggal di perkampungan
Biasanya warga kampung lebih guyub atau istilahnya kekeluargaannya lebih kental dan juga saling menjaga antar warga, tapi karena sifat yang seperti itu kadang malah ada yang terlalu perduli, lebih tepatnya kepo sih.. tapi hal ini yang bikin saya betah juga sih, apalagi buat saya yang perantauan dan jauh dari keluarga.

Minusnya tinggal di perkampungan 
Selain sering dapat panggilan "orang kampung" juga untuk dikota besar khususnya kebanyakan warga perkampungan merupakan warga nomaden alias kontrakan jadi pendataan warga kadang kurang rapi, apalagi penomoran rumahnya wuiiih.. dijamin bikin bingung kurir antar barang.

Plusnya tinggal di komplek perumahan
Penamaannya lebih elit, soalnya biasanya nama perumahan kan bagus-bagus tuh.. kayak Pondok Nirwana, Mandala Riverside, atau nama-nama keren lainnya, jadi kalau pas ditanyain alamat enggak malu ngucapnya, hehe.. kalau kata saya lho.
Selain itu kalau aku liat kayaknya privasi warga perumahan lebih terjaga, buktinya di beberapa perumahan yang aku sering datangi sih seperti itu, dan juga untuk pendataan dan koordinasi macam-macam seperti sampah, atau penomoran rumah biasanya di komplek perumahan lebih teratur.

Minusnya tinggal di komplek perumahan.
Karena biasanya penghuni perumahan datang dari latar belakang dan asal daerah macam-macam jadi sifat indifidualismenya tinggi banget, bahkan kadang dengan tetangga sebelah aja enggak kenal, yang aku tahu sih..soalnya pernah kejadian saya nanya alamat di salah satu komplek perumahan, eh pemilik rumah enggak tahu alamat yang saya cari , dan ternyata alamat yang saya cari itu tept dua rumah di sebelahnya.. maklum ini perumahan mewah banget.

Tapi dimanapun kita tinggal memang sebaiknya selalu perduli dan care dengan tetangga kita, karena di Islam juga diajarkan betapa pentingnya kedudukan tetangga buat kita, jadi baik di komplek perumahan atau perkampungan semua tergantung pribadi masing-masing dimana dia merasa nyaman untuk tinggal.


Friday, August 14, 2015

Diskusi Serempak ,Yuk Jadi Maker Dengan Berinovasi.





Ada yang istimewa di tanggal 14 agustus 2015 kemarin.
Lewat seorang teman saya mendapat undangan khusus untuk bisa hadir didiskusi khusus yang diadakan satu portal yang konsen tentang permasalahan seputar wanita dan anak, yaitu Serempak.or.id, portal ini kalau menurut saya seperti media komunikasi yang membahas tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, banyak sekali artikel dan informasi yang up to date disana yang klop banget buat referensi yang berhubungan dengan ini.


Serempak sendiri sebenarnya situs independen yang kebetulan didukung oleh KPPAI ( Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI) karena memang isi dan misi situs ini sngat bermanfaat untuk kita nih para perempuan Indonesia, banyak artikel menarik yang bis kita baca, ga percaya? coba aja buka sendiri, tampilan web nya sih seperti ini..


Nah kebetulan hari ini saya mendapat undangan diskusi yang dri judulnya sih saya anggap menarik, acara ini sendiri diadakan di slah satu ruang rapat Gedung KPPPAI, tema utama diskusi kita kali ini tentang 

                       Marketing Innovation dan Maker Movement

 awalnya saya agak keder juga karena enggak ada background marketing takutnya lolak-lolok di ruang rapat, tapii.. ternyata diskusi ini cair banget dan Alhamdulillah materinya bisa saya serap dengan baik, karen memang dua pembicaranya Mas Adhiatmo Rahadi dari Komunitas Robot juga pelopor Maker Movement Indonesia juga  dan mas Robert AB sang dosen di salah satu sekolah bisnis di Jakarta ini asik banget jelasin materinya

Presentasi pertama dari mas Adhi yang bercerita tentang komunitas robot dengan berbagai karyanya, Mas Adhi juga mengajak kita untuk jadi kreatif dan enggak hanya selalu jadi konsumen tapi jadi seorang maker, saya jadi keingetan dengan anak-anak kita yang sudah terbiasa terima bersih tiap harinya, dan jarang banget berpikir kreatif , padahal anak dengan kreatifitas tinggi akan sangat berpengaruh nanti saat mereka dewasa.

Anak-anak kita yang selalu dimanja dengan tekhnologi yang membuat mereka nyaman dan enggak mau keluar dari zona itu, sebenarnya salah kita juga sih para orang tua yang hanya memberikan fasilitas dn bermacam gadget yang bikin kreatifitas mereka kering lama-kelamaan.

Di Komunitas Robot ini yang memang kebanyakan anggotanya remaja cowok, kita digiring agar menciptakan sendiri apa yang kita butuhkan, dan mimpi terbesar pentolannya ingin mengenalkan kegiatan ini ke anak-anak, jadi enggak mustahil kalau suatu saat nanti ada pameran robotik khusus karya anak-anak Indonesia, robot yang aplikatif dan bermanfaat tentunya, amiiin..

Presentasi kedua disampaikan oleh Robert AB, Mas Robert ini pakar sosial media marketing, sebelum menyampaikan materi Mas robert mengajak semua peserta diskusi berkenalan satu-persatu, seru banget.. apalagi beberapa peserta ada yang salah tingkah dengan celetukan mas Robert saat mereka memperkenalkan diri..

Mas Robert yang juga konsultan marketing untuk beberapa perusahaan ini menjelaskan tentang Inovasi di dunia usaha.

Saat mas Robert menjelaskan apa itu Inovasi yaitu perubahan atau penemuan baru yang bisa mengubah suatu hal, enggak melulu tentang produk lho.. bisa cara kerja atau konsep.

Saya jadi teringat saat pisang goreng ponti pernah booming di sini, seperti menggebrak para tukang gorengan yang waktu itu hanya menjual pisang goreng biasa, antrian panjang rela di lakukan orang demi mendapatkan kelezatan pisang goreng yang konon katanya bisa bunyi kriuuk..kriuuk pas dimakan, nah.. yang seperti ini bisa di sebut inovasi, dan di bidang usaha hal seperti ini perlu banget.

Perusahaan yang tak mau berinovasi biasanya akan selalu jalan ditempat dan atau malah mati tergerus dengan perusahaan lain yang terus menerus menciptakan hal baru untuk kelangsungan usahanya.


Mas Robert menyampikan materinya


Masih menurut Mas Robert, ternyata inovasi itu di bagi dua menurut bagaimana inovasi itu tercipta yaitu Radical dan Incremential, untuk radical biasanya inovasi yang langsung melesat dan wow.. seperti pada penemuan pisang goreng  ponti ini, namun lama-kelamaan inovasi hanya akan bersifat incremential atau berlangsung begitu saja, istilahnya lurus-lurus saja, dan di zona cremential inilah biasanya suatu usaha tetap stagnan atau malah bangkrut dan akhirnya gulung tikar.

jadi intinya untuk bisa berhasil dikenal masyarakat, satu usaha harusnya mempunyai inovasi yang bersifat radical  selanjutnya terus berinovasi secara terus menerus untuk menghindari efek cremential ini dan juga agar orang banyak mengenal, seperti pas jaman awal-awal teknologi SMS muncul dan menggantikan pager, semua orang menggunakannya.



Tapi bagaimanapun juga inovasi ini tak mungkin dilakukan oleh hanya satu orang, karena memang manusia ini pada dasarnya adalah makhluk sosial jadi memerlukan orang lain untuk terciptanya inovasi ini, itulah sebabnya diperlukan kolaborasi atau kerjasama.

dari diskusi ini juga saya dan juga peserta lain menemukan hal yang sangat berharga bahwa kerjasama beberapa pihak bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Kerjasama atau kolaborasi ini tak hanya di bidang yang sama, tapi beberapa bidang yang berbeda, seperti bagaimana ahli teknologi bekerjasama dengan ahli marketing.

Juga dalam diskusi ini yang di fasilitasi Serempak berkolaborasi dengan para Blogger, dan para maker yang diharapkan membuahkn hasil yang diharapkan yaitu mengajak msyarakat untuk lebih kreatif enggak cuma jadi konsumen tapi jadi maker, para maker yang membuatnya, para blogger yang menyebarkan.. ajiib.




Sunday, August 9, 2015

Nutritalk Agustus: Meski Alergi Susu Sapi Anak Bisa Tetap Tumbuh Optimal

Nutritalk Agustus meski alergi susu sapi anak tetap tumbuh optimal, hari Jum'at tanggal 7 Agustus 2015 kemarin saya menghadiri salah satu acara yang memang secara rutin  diadakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa, satu situs bentukan PT. Sari Husada untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat terutama yang peduli dengan gizi dan nutrisi anak.

Tema acara ini berkaitan dengan masalah alergi pada anak, terutama alergi pada susu sapi, beberapa narasumber yang dihadirkan sangat kompeten sekali malah ada satu satu ahli masalah alergi ini yang langsung datang dari negara Belgia, jauh ya..

Ngomongin masalah alergi saya jadi keingetan anak kedua saya, Ali si jagoan saya ini saat baru lepas ASI saya coba-coba kasih susu dengan merek yang lumayan kesohor, tapi reaksi di tubuhnya lumayan serem.. muncul bintik-bintik merah di sekitar mulut dan lidahnya, trus enggak lama malah diare dan muntah-muntah, nah lho...maksud hati ingin anak sehat dengan menambahkan susu sapi di list makanannya tapi malah kacau.Setelah konsul ke Dokter baru saya tahu ternyata Ali mengalami alergi susu sapi, waduhh .. bingung banget saya, karena yang saya tahu sumber gizi yang bagus dan mudah diserap ya susu, lha kalau enggak minum susu gimana donk ? Dokter menyarankan konsumsi susu untuk anak dengan alergi susu sapi dan harganya amboii.. mahal bo!

Kembali ke bahasan Nutritalk yuk..dan ternyata apa yang menimpa Ali anak saya ini juga banyak dialami anak-anak di Indonesia dan seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri 1 dari 25 anak mengidap alergi susu sapi, begitu yang disampaikan salah satu nara sumber di Nutritalk kali ini, DR. Dr.Zakiudin Munasir sp(A)K, masih menurut beliau kalau alergi ini terbesar menyerang pernafasan (51,5%) selanjutnya gejala pada kulit serupa eksim ( 48,7 %) sisanya baru dengan gejala gangguan di pencernaan (39,3 %)

Selain Dr.Zaki yang memberikan penjelasan tentang alergi ada anak, juga ada nara sumber lain yang sangat kompeten di sini, yaitu Prof. Yvan Vandenlas, salah satu akar masalah pencernaan makanan dan nutrisi anak dari Vrije Universiteit Brussel, Belgia.

Menurut Prof.Yvan dengan bahasa inggrisnya yang sangat lancar itu menjelaskan, berdasar penelitian yang di lakukan di Amerika Serikat oleh Robbins KA (2014) terhadap 6.189 anak berusia 2-17 tahun, memperlihatkan secara signifikan bahwa anak yang memiliki alergi makanan dengan sejarah alergi susu sapi memiliki rata-rata tinggi badan, berat badan dan Indeks massa tubuh lebih rendah dibanding anak yang tanpa sejarah alergi susu sapi..nah lho.. jadi begitu pentingnya perhatian orang tua tentang alergi susu sapi ini ya..

Meskipun pada dasarnya anak dengan alergi susu sapi bisa hilang dengan sendirinya saat anak berusia 3 tahun ( hanya 13% anak yang masih alergi saat sudah 3 tahun) tapi yang jadi perhatian bukankah perkembangan paling signifikan anak saat 1000 hari pertamanya? itu artinya di usia dibawah 3 tahun, jadi di usia itu saat anak kita mengalami alergi susu sapi kita harus tanggap dan mencarikan solusinya, agar kebutuhan asupan gizi anak kita terjaga.

Oleh karena itu PT.Sari husada sebagai salah satu produsen susu di tanah air, merasa perlu memberikan perhatian khusus untuk masalah alergi pada susu sapi ini, beberapa diantaranya dengan diluncurkannya produk susu SGM Soya, susu khusus dengan rotein kedelai sebagai pengganti susu sapi dengan harga terjangkau, sayang saat produk ini beredar dipasaran anak saya Ali sudah tidak konsumsi susu soya lagi, padahal harganya lumayan murah dibanding susu soya sejenis.

Selain itu Sari Husada juga meluncurkan situs untuk mendeteksi apakah anak kita alergi susu sapi atau tidak nama situsnya www.kenalialergi.com, di situ ada kuissioner tentang alergi pada anak.

Tampilan situs www.kenalialergi.com



Masih menurut Pak Olivier nih yah... kalau sari Husada memiliki komitmen untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia melalui cara-cara seperti diatas, jadi dengan kata lain anak dengan alergi susu sapi juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.


Setelah pemaparan dari para narasumber kami berkesempatan untuk memberikan beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh narasumber, selanjutnya juga ada pengumuman pemenang Livetweet yang diadakan sepanjang acara berlangsung, dan tak lupa juga pembagian doorprize, seperti biasa seperti acara lain yang saya ikuti saya kembali dapat zonk sodara-sodara... tapi tak apalah karena ilmu tentang alergi susu sapi kali ini sangat bermanfaat buat saya, semoga di Nutritalk selanjutnya yang memang secara rutin diadakan tiap bulannya ini kembali mengangkat masalah tumbuh kembang anak yang relevan dengan kebutuhan informasi Ibu-ibu seperti saya ini, dan yang pastinya berharap saya kembali di undang hehe.. agar bisa terus berbagi disini.

Acara nutritalk di bulan agustus ini sangat menarik apalagi kami  undangan di beri kesempatan untuk mencoba situs terbaru bentukan Sari Husada ini dan langsung mendapat kenang-kenangan setelahnya...bahagianyaa.


   






 

Wednesday, August 5, 2015

Bila Anak Terlambat Bicara, Lakukan Ini !

Bila anak terlambat bicara, lakukan ini. Sebenarnya tidak ada standar baku kapan anak mulai bisa bicara, tapi biasanya saat anak memasuki usia 1 tahun maka kata-kata pertama seharusnya sudah mulai bisa keluar dari mulutnya dan di usia sekitar 1 tahun 6 bulan anak sudah mulai mengucapkan beberapa kata.







Namun ada beberapa kasus anak memasuki usia seharusnya dia mulai bisa bicara dan kenyataannya belum ada kata-kata yang bisa diucapkan atau masih bubling (istilah meracau pada anak) yaitu sekitar usia 2,5 tahun, sebaiknya kita mulai waspada dan lakukan hal ini :

Baca juga bagaimana mengapresiasi anak dengan tepat agar anak lebih mandiri dan percaya diri.


  1. Periksakan anak pada ahlinya, yaitu Dokter spesialis Tumbuh Kembang, biasanya disetiap Rumah Sakit Ibu dan Anak memiliki sub spesialis TumbuhKembang
  2. Terus ajak anak bicara, memang akan lain rasanya berbicara dengan anak yag sudah lancar bicara dengan anak yang terlambat bicara, tapi percayalah mereka menyimpan semua dan mengerti koq apa yang kita bicarakan, hanya saja mereka tidak mampu membalas perkataan kita.
  3. Lakukan latihan wicara di rumah, selain  mengikutkan mereka dalam kelas terapi wicara di klinik tumbuh kembang, terapi dirumah juga perlu, meniup peluit, meniup balon, massage disekitar area wajah juga perlu dilakukan.
  4. Ajak anak bermain dengan anak lain, tapi jangan lupa selalu awasi saat mereka bermain karena anak cenderung salah komunikasi dan bermasalah saat bersama temannya.
  5. Jangan berbicara dengan berteriak-teriak dengan mereka, bila tidak ada masalah dengan pendengarannya ( bisa diketahui dengan tes BERA ) anda tak perlu teriak-teriak saat bicara dengan mereka karena itu membuat merek tidak nyaman, biasanya orang tua dengan anak yang mengalami keterlamabatan bicara melakukan ini.
  6. Bacakan buku untuk anak, menjelang tidur atau saat bermain dengan anak, buku merangsang mereka untuk berbicara dengan meliat gambar-gambar didalamnya.
  7. Berdo'a dan selalu optimis kalau anak kita akan bisa berbicara dengan izin Allah dan usaha yang kita lakukan




Tuesday, August 4, 2015

Advan Vandroid X7 Bentuknya Tablet Tapi Otaknya Komputer


Advan X7 bentuknya tablet tapi otaknya komputer, tanggal 3 Agustus 2015 kemarin saya mendapat undangan peluncuran salah satu produk terbaru dari Advan, acaranya sendiri diadakan di salah satu hotel ternama di bilangan Asia Afrika, Jakarta.

Acara di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama seluruh undangan yang hadir, semangat nasionalisme langsung meliputi ruangan itu dan relevan sekali dengan tajuk acara siang itu 
                                                     
                                                       Advan X7 Untuk Indonesia .

Di peluncuran produk Advan Vandroid X7 kali ini yang merupakan mega partnership antara Advan dan Intel , dua perusahaan besar yang sudah sangat terpercaya, Advan sendiri sebagai satu merek dagang asli Indonesia selama ini sudah menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan menempati posisi pertama di indonesia dan posisi kedua di Asia Pasifik, begitu yang di sampaikan Bapak Harry K Nugraha , Country Manager Intel Indonesia.

Selain itu dari sambutan Bapak Andy Gusena, Brand Manager Advan memaparkan kalau kita sudah waktunya bangga dengan produksi dalam negeri dan Advan mewakili itu, pabrik perakitan Advan ada di Semarang , Jawa tengah, karena dengan kita bangga memakai produk lokal berarti kita memajukan produksi dalam negeri, apalagi Advan mengusung misi produk lokal dengan citarasa Internasional, itu yang membuat produk keluaran Advan diterima baik di pasaran.


Advan vandroid X7



Advan Vandroid X7 yang digadang-gadang bakal jadi pilihan konsumen penyuka tablet ini memang punya bentuk yang enak banget buat di pegang, tipis dan enggak berat jadi masih oke kalau masuk tas tenteng saya, dan itu artinya masih bisa dibawa kondangan, rekomen banget deh buat kita.

Apalagi pas saya coba untuk mengoperasikannya enteng aja bawaannya, karena memang layar sentuhnya  responsif, jadi dijamin enggak bakal typo-typo lagi deh kalau mau nulis status di media sosial.

Dengan Intel didalam Advan Vandroid X7 menjadikan tablet ini secepat dan secanggih komputer, berselancar di dunia mayapun bisa semakin ngebut.  

Satu kelebihan yang ada didalam Advan X7 ini adalah adanya prosesor terbaru intel Atom X3 yang menawarkan performa luar biasa keren dan bisa menghasilkan foto High definition(HD) serta video untuk berbagi, masalah baterai tak perlu diragukan lagi karena ada Intel didalam tablet ini jadi ketahanan baterai lebih  lama.

Ada beberapa keunggulan yang cukup membuat saya dan juga para Mommies tergiur pada performance Advan Vandroid X7 ini, selain ada dua kamera dengan kualitas gambar yang oke juga ada dua kartu SIM, jadi kita bisa memakai dua kartu berbeda dari dua provider yang bereda pula dan nyari-nyari mana yang lagi promo, biasa Emak-emak kan maunya yang murah-murah.

Tak cuma itu, ada satu fitur keren disini yang paling saya senangi yaitu Wireless Display, jadi kita bisa langsung menampilkan foto-foto di tablet ini langsung ke televisi di rumah dan enggak pake kabel yang kadang bikin ribet.

Advan Vandroid X7 yang juga merupakan Android KitKat 5.1 Lollipop ini juga di dukung RAM 1 GB dan Internal memory 8 GB, selin itu juga kalau mau pakai Micro SD bisa sampai 32 GB.

Dan ada lagi stu fitur keren yang buat saaya ngiler pengen punya si Advan Vandroid X7 ini buat anak saya dirumah yang memang lagi senang belajar lewat komputer yaitu USB OTG jadi di fitur ni kita bisa lngsung mengcopy data dari USB ke dalam tablet Advan Vandroid X7, jadi bisa langsung dicolokin dan tercopy.

Setelah dipaparkan semua kehebatan Advan X7 ini kami masih dibuat tercengang dengan harganya yang hanya Rp 1.099.000 dan masih berbonus pulsa Indosat Rp 240.000 kereeen banget ga tuh... memang untuk produk Advan Vandroid X7 kali ini Advan bekerja sama dengan Indosat salah satu provider yang terkenal dengan jangkauan jaringannya yang luas dan stabil, bonus pulsa bisa dipergunakan untuk pemakaian data, telpon dan SMS full 24 jam sehari.







Berikut ini spesifikasi Advan Vandroid X7

 Sistem operasi: Android Lollipop
Prosesor: Intel Atom X3-C3230RK empat inti berkecepatan 1.0 gigahertz
Memori: 1 GB
Internal memori: 8 GB
Layar: 7 inci beresolusi 1.024 x 600
Kamera: 2 megapiksel belakang, depan VGA
Baterai: 2.500 mAh
Wi-Fi: 802.11 p/g/n
Fitur tambahan: dua kartu sim, USB OTG, dan wireless display 







Setelah acara kenal-kenalan dengan produk barunya Advan, kini tiba waktunya sesi tanya jawab, dan lucunya ada seorang Ibu yang menanyakan kalau bisa membeli produk itu di acara itu, hehe.. tertarik rupanya dia, dan tahu barang bagus pula.


sesi tanya jawab.


Dan seperti bias di setiap acara selalu ada pembagian doorprize dan hadiah untuk kuis livetweet yang diadakan selama acara berlangsung, dan lagi-lagi seperti biasa doorprize tak pernah menyapa nama saya :(

Para pemenang lomba

Acara hari itu di akhiri dengan penanda tanganan secara simbolik di papan kaca oleh semua pihak yang bekerja sama atas produk ini yaitu Advan, Intel Indonesia dan Indosat serta para blogger yang hadir, dan itu membuat acara menjadi meriah sekali, semoga karya anak bangsa yang satu ini bisa membawa harum nama Indonesia kedepannya.

Sunday, August 2, 2015

Bijak Mengelola Keuangan Bersama Safir Senduk Dan Sunlife


Bijak mengelola keuangan, hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2015 kemarin saya mendapat kesempatan berharga untuk hadir di acara yang di motori oleh salah satu perusahaan asuransi jiwa yang sudah ternama di Indonesia, Sunlife

Acara di mulai sekitar jam 1 siang, bertempat di Cafe XXI Plza Indonesia, karena memang ini salah satu cafe bioskop jadi yaah suasananya agak gelap-gelap gimanaa gitu, tapi kondisi yang lumayan adem itu sama sekali enggak mengurangi kehangatan acara itu koq, gimana enggak hangat kalau acara yang diadakan khusus untuk blogger itu dihadiri puluhan blogger yang antusias nambah ilmu tentang keuangan dari pakarnya, kebayang donk ramenya.

Sekitar jam 1 an acara dimulai, sambutan pembuka oleh pihak Sunlife diwkili oleh Ibu Ellin Waty sang Direktur dan Chef Distribution Officer PT. Sunlife Indonesia, Ibu cantik berpembawaan menyenangkan ini mengenalkan ada kami para undangan apa itu Sunlife dan kesuksesan yang telah diraihnya, Sunlife merupakan perusahaan asuransi dari negara Kanada, untuk di Indonesia sendiri  Sunlife sudah 20 tahun tumbuh dan berkembang di Indonesia, dan termasuk Perusahaan asuransi yang tahan banting bahkan dimasa-masa sulit seperti krisis ekonomi yang pernah mendera Indonesia ditahun 1998, saat itu Sunlife masih tetap berjalan dan tidak gulung tikar seperti perusahaan lain.

Ibu Ellin Waty dari Sunlife

Sunlife merupakan perusahaan besar dengan lebih dari sertus kantor cabang di Indonesia, meliputi Sunlife Syariah dan Konvensional, dan mereka benar-benar memisahkan keduanya, jadi tak erlu kuatir entang kehalalannya untuk Sunlife Syariah, untuk yang satu ini kayaknya Abinya anak-anak setuju nih... Misi yang diterapkan perusahaan ini sederhana tapi dalem banget,


Membantu nasabah mencapai kesejahteraan melalui kemapanan finansial







Bu Ellin mengatakan kontribusi Sunlife di masyarakat tak bisa dipandang sebelah mata, berbagai pelatihan kewirausahaan dan pembekalan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa kerap dilakukan, dan kali ini para blogger yang mendapat kesempatan untuk belajar tentang bijak mengelola keuangan, kenapa blogger yang dipilih? karena blogger dianggap bisa merubah dunia dengan pemikiran dan tulisannya cieee...

Penjelasan Ibu Ellin tak lama-lama, tapi cukup mengena, dan lumayan memengaruhi saya untuk membeli asuransi mereka hehe.. selanjutnya waktu menjadi milik bintang tamu kita Safir Senduk

Memang seminar ini acara intinya penjelasan Safir Senduk tentang keuangan, berarti membosankan donk 3 jam lebih ngomongin masalah keuangan dan itung-ituangannya yang njelimet itu? hoho jangan salah kalau pembicaranya Safir Senduk enggak ada tuh istilahnya bete buat mendengarkannya, gaya bicara dan gesture tubuhnya seru dan bikin semangat, lihat saja salah satu cuplikan saat Safir memberikan penjelsan, dengan semangat dan gaya ngocol seperti ini siapa yng bakal bosan? enggak ada.



Suasana langsung tambah hangat saat Safir Senduk tampil, ahli keuangan yang sudah menulis 10 judul buku tentang keuangan dan salah satunya yang berjudul " Siapa Bilang Jadi Karyawan Enggak Bisa Kaya ?" merupakan best seller yang sudah dicetak 17x dalam waktu 2 tahun woow... Safir juga merupakan perncana keuangan pertama di Indonesia yang suaranya bisa kita dengarkan lewat iTunes Store, toko musik online terbesar didunia.

Satu pertanyaan pembuka dari Safir Senduk cukup menggelitik kami semua, tiba-tiba slide menampilkan gambar ini





Tampil tiga gambar karyawan, profesional dan pengusaha, siapa yang paling kaya? peserta seminar menjawab beragam da yang menjawab karyawan karena gaji yang diterimanya stabil setiap bulannya, atau profesional karena selalu mendapatkan gaji setiap kali orang memakai jasanya, ada juga yang menjawab pengusaha karena pendapatan yang dia terima tak terbatas, tapi ternyata semua salah, yang paling kaya adalah yang paling banyak investasinya, dan banyak tidaknya investasi yang kita miliki tergantung dari karakter yang ada pada diri kita.

Sebenarnya karakter sesorang itu di pengaruhi oleh cara kerja otak kita, otak kanan merupakan otak yang mengfungsikan instink dalam diri kita dimana kesenangan dan perasaan mendominasi, sebaliknya otak kiri lebih menguatkan logika dan hitung-hitungan itulah kenapa orang dengan otak kiri yang cenderung kuat akan lebih menjadi spesialis dibidangnya, dan kekuatan dua bagian otak itu akan menentukan bagaimana karakter kita dalam mengelola keuangan





Nah .. setelah tahu dua fungsi otak itu, jadi mana yang lebih baik dari keduanya ? jawabannya dua-duanya sama berfungsinya untuk kita dan saling menguatkan agar kehidupan kita seimbang enggak melulu serius atau kelewat santai utamanya dalam mengelola keuangan

Selnjutnya kedewasaan sesorang dalam mengatur keuangan ditentukan bagaimana dia mengelola cashflow atau arus keluar masuknya uang yang dimiliki, ada tiga jenis cashflow

  1.  Miskin, kalau anda masih mengeluarkan sejumlah uang sama dengan yang anda terima, tanpa menyisihkan sedikitpun untuk investsi ataupun membeli barang yang memiliki nilai jual kembali, berapapun pendapatan anda.
  2. Menengah , kalau anda hanya menyisihkan sejumlah barang yang memiliki nilai jual kembali dan menghabiskan sisa uang yang masuk ke kantong anda
  3. Kaya, kalau anda sudah menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi, sebagian untuk membeli barang dengan nilai jual kembali dan baru menghabiskan sisa uang yang anda terima

Sudah tahu termasuk yang mana anda? semoga bukan termasuk golongan miskin yah..

Intinya ada 3 cara yang jitu yang bisa anda terapkan dalam mengelola keuangan anda menurut Safir Senduk, dan semuanya bisa dimulai dari sekarang, sedini mungkin agar anda lebih tenng menghadapi masa depan anda, yaitu.


  1. Miliki investasi sebanyak mungkin,
  2. Siapkan dana pensiun anda
  3. Atur pengeluaran anda
Miliki investasi sebanyak mungkin.
  kalau anda masih bepikir kalau orang yang mapan itu yang gajinya banyak, ternyata salah, karena sigaji besar ini akan mengalami kesulitn ekonomi saat sudah berhenti bekerja kalau dia tidak rajin berinvestasi, ada tiga investasi terbaik yang disarankan para ahli keuangan yaiu
  1. Saham, karena dengan memiliki saham anda akan seperti memiliki juga perusahaan yang sahamnya anda beli, pendapatan dari saham ini meliputi deviden (bagi hasil ) dan nilai jual kembali saham yang anda beli.
  2. Berinvestasi lewat manajer investasi , untuk ini anda bisa memilih membeli Reksadana atau unit link, tapi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih manajer investasi yaitu reputasi mereka dimasa lalu bagaimana mereka mengahadapi naik turunnya kondisi keuangan dan bagaimana mereka bangkit lagi juga kemana dana itu diinvestasikan, dan tak kalah penting prestasi yang telah diraih olah manajer investasi itu, bisa diketahui dengan daftar reward yang mereka dapatkan, anda harus jeli dengan itu kalau tidak mau uang anda lenyap.
  3. Properti, bisa berupa tanah atau bangunan yang tiap tahun harga jualnya naik, namun untuk properti ini Safir Senduk lebih menyarankan menyewakan dengan banyak tenant dan jangka waktu yang pendek agar pendapatan yang kita dapat lebih besar.
Namun kita juga harus berhati-hati dengan investasi bodong yang sering kita temui di masyarakat, beberapa ciri investasi bodong yang perlu dicurigai diantaranya
  1. Bunganya sangat tinggi, kadang sampai lebih dari 60% dari nilai invetasi anda.
  2. Menjanjikan bonus bulanan yang juga sangat tinggi
  3. Dijamin tidak akan rugi dengan investasi ini
  4. Adanya bonus bila dapat member baru, tidak semua jenis investasi bodong yang seperti ini, tapi kebanyakan mereka menawarkan bonus besar bila kita mendapat member baru.
  5. Skema yang ditawarkan musthil dan tidak bisa diterima akal sehat kita.
jadi berhati-hatilah kalau kita menemui jenis investasi yang seperti ini lebih baik pecayakan dana kita pada perusahaan bertanggungjawab.

Siapakan dana untuk masa depan 
jangan pernah merasa terlalu muda untuk menyiapakan dana untuk mas depan anda, karena segala sesuatu akan lebih baik bila dipersiapkan sedini mungkin.
Akan ada pos -pos pengeluaran besar yang sudah menunggu anda didepan mata yang membutuhkan dana tidak sedikit dan pos-pos itu akan terpenuhi dengan baik kalau kita baik pengelolaan dananya dari sekarang, 4 pos besar dimasa depan yang perlu kita perhatikan yaitu
  1. Menikah tak bisa di pungkiri tradisi di Indonesia kalu biaya pernikahan merupakan patungan keluarga tapi tak ada salahnya kan kalau kita membiayai sendiri pernikahan kita tanpa membebankan orang tua.
  2. Rumah dan isinya, bagaimana cara membeli rumah yang bijak? Safir Senduk mengatakan bila kita mempunyai dana tunai bolehlah kita membayar secara cash, tapi kalau seandainya dana kita terbatas maka kredit merupakan pilihan terbaik, karena jangka waktu kredit yang panjang akan juga mempengaruhi naiknya harga jual rumah itu nantinya
  3. Biaya sekolah anak beberapa jurusan sekolah di perguruan tinggi seperti kedokteran dan tekhnik sangat besar biayanya, haus dipikirkan dari sekarang agar cita-cita anak kita bisa tercapai.
  4. Dana pensiun , di usia senja saat tubuh tak lagi produktif maka investasi kita dimasa mudalah yang akan menjadi penopang hidup kita.

Atur Keuangan Anda
Seberapapun besarny pendapatan yang kita terima tak akan ada artinya kalau anda tidak biak dalam mengatur pengeluaran, ada 5 hal penting yang menurut Safir Senduk bisa kita jadi pegangan dalam mengatur keungan secara tepat :
  1. Ketahui dimana letak boros anda, dan pelan-pelan kurangi. Pada dasarnya laki-laki dan perempuan mempunyai sifat boros yang sama hanya saja jenis dan frekuensinya berbeda
  2.  Kendalikani KEINGINAN anda, bukan berarti kita tidak boleh ingin ini dan itu tapi paling tidak kita tahu apa yang kita mau itu masuk kategori Wajib, Butuh, atau hanya sekedar Ingin, seperti kata orang Siapa yang bisa mengendalikan keinginannya dia bisa mengendalikan pengeluarannya
  3. Lakukan prioritas pada pengeluaran anda, ada stu rumusan mudah sebenarnya untuk mengatur pengeluaran anda yaitu cicilan utang ( maks 30% dari pendapatan ) tabungan ( minimal 10% dari pendapatan) premi asuransi ( 10 % dari pendapatan) dan biaya hidup ( maksimal 50% dari pendapatan)
  4. Miliki asuransi, memang kita tak pernah mengharap sesuatu terjadi pada diri dan aset kita tapi saat sesuatu yang buruk terjadi maka asuransi akan sangat berguna.
  5. Jangan tergiur SALE, ini yang paling penting banget, khususnya kita kaum hawa, bawaanya beli mulu kalau lihat potongan-potongan harga, padahal kadang barang itu tidak kita butuhkan.
Kira-kira seperti itulah kiat yang diberikan oleh sang pakar keuangan kita disiang itu, sangat bermanfaat sih klau buat saya, dan buat anda juga donk tentunya, karena semua orang memang berharap untuk bisa hidup tenang di masa depannya nanti.

Setelah acara pemaparan yang cukup panjang dan seru itu acara dilanjutkan dengan kuis dn pemberian door prize di acara yang satu ini seperti biasa riweeuh tapi asik banget, tapi seperti biasa saya selalu kebagian zonk di pengambilan doorprize :( tapi ga ppa ilmu yang bawa lebih sangat bermanfaat, hari yng keren !