Thursday, December 4, 2014

Terapi Untuk Anak Speech Delay






Terapi untuk anak dengan keterlambatan berbicara atau Speech Delay itu wajib hukumnya kalau menurut saya, karena dengan terapi  anak kita istimewa kita bisa tertangani dengan baik.
Setelah didiagnosa speech delay , Hania anak saya mengikuti beberapa terapi untuk menstimulasi kemampuan bicaranya , yaitu :


-Terapi SI (Sensory Integrasi )
Terapi ini bertujuan untuk memberikan rangsangan sensory pada anak dengan kebutuhan khusus, terapi yang dilakukan ada beberapa , seperti berjalan di balok keseimbangan, mandi bola,  atau kegiatan lain yang merangsang sensorisnya.

-Terapi Wicara
Terapi ini biasanya di khususkan untuk anak dengan keterlambatan bicara . Anak biasanya diajarkan cara pengucapan suatu kata dengan benar, juga ada massage khusus yang dilakukan pada organ bicara anak.

Baca juga tulisan saya tentang merangsang bicara anak disini 

Karena saya tinggal di daerah Bekasi timur, sebelum memilih tempat terapi ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya, jarak tempat terapi dari rumah, kualitas tempat terapi, juga harga yang harus di bayarkan.

Jarak tempat terapi yang lumayan dekat dari rumah menjadi pertimbangan utama saya, jadi saya enggak perlu ngongkos banyak dan juga waktu tempuh yang dekat enggak bikin hania bête, apalagi waktu terapi yang biasanya pagi sampai siang, dan itu jam macet buat Bekasi.

Kualitas tempat terapi biasanya kita bisa tahu dari fasilitas dan juga informasi dari orang-orang sekitar, kalau orang sekitar kita tidak ada yang pernah berpengalaman dengan hal-hal seperti ini, bolehlah  nanya sama Mbah Google.

Enggak bisa dipungkiri mengikuti terapi berarti aka nada pengeluarn rutin ekstra dan itu harus di hitung dengan cermat, jangan sampai kebutuhan anak yang lain terganggu, kalau kita jeli banyak koq tempat  terapi yang terjangkau dengan kualitas yang bagus.

Untuk biaya yang harus dibayarkan untuk dua terapi itu adalah, ini harga untuk  di tempat Hania terapi lho, yaitu di Jatimulya Medical Center :

  • Terapi SI          :  Rp 50.000 / terapi
  • Terapi wicara    : Rp 55.000 / terapi
-     
-       
  
Pembayaran biasanya di lakukan bila anak selesai terapi.
Harga akan lebih murah bila kita membayar perpaket, yaitu untuk satu bulan.
Dan untuk biaya konsultasi Rp 125.000 / konsultasi.
Tapi harga itu akan lebih mahal bila kita melakukan terapi di tempat atau Rumah Sakit yang lebih mewah.

Waktu terapi biasanya di sesuaikan dengan kebutuhan anak, kalau untuk Hania Dokter  menyarankan 2 kali dalam seminggu, yaitu hari Kamis dan Selasa, ada beberapa anak yang lebih banyak waktu terapinya, seperti yang saya katakan tadi , disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Dari hasil survey, wara-wiri di sekitar tempat tinggal saya sekitaran Bekasi timur ada beberapa Rumah Sakit  yang menyediakan fasilitas terapi anak tumbuh kembang ini, seperti RS.Bella dan RS.Hermina
·      

Untuk kunjungan ke Rumah Sakit ini harus perjanjian dulu karena memang untuk berkonsultasi dengan Dokter Tumbuh kembang tidak setiap hari ada.


Jadi memang memiliki anak dengan keistimewaan khusus seperti ini, diperlukan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mendampinginya, ada satu hal yang akan membuat mereka bisa berkembang dan mencapai kemajuan dengan cepat, selain disiplin terapi tentunya , yaitu cinta dan perhatian seluruh anggota keluarga.

51 comments:

  1. Umur berapa sih mak, anak bisa dikategorikan speech delay?

    ReplyDelete
  2. Ciri2nya yg paling jelas ap bunda,coz anak saya laki2 umur 19 bln sgt sedikit suka kata yg bisa ia ucapkan.dia trlalu aktif bgt smpe klo mw ajak dia dongeng atau bercerita dia lebih senang berlari2an,diamnya hanya saat tidur atopun mnm susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk usia 1 tahun 2 bulan seharusnya anak sudah mulai mengucapkan kata-kata, kalau masih ada kontak mata enggak masalh bunda.

      Delete
  3. Ciri2nya yg paling jelas ap bunda,coz anak saya laki2 umur 19 bln sgt sedikit suka kata yg bisa ia ucapkan.dia trlalu aktif bgt smpe klo mw ajak dia dongeng atau bercerita dia lebih senang berlari2an,diamnya hanya saat tidur atopun mnm susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya hania cerewet tapi enggak jelas dan hanya bubling, jadi kalau cenderung diam dan tidak mengeluarkan kata-kata mungkin hanya butuh stimulasi, lebih bagusnya sih di konsultasikan ke dokter tumbuh kembang.

      Delete
  4. Anak saya udh 2th, tp belom bisa bicara. Apa sebaiknya saya ikuti terapi y?? Atau saya bs latih sndiri? Kalo saya latih sndiri, ksh tipsnya dong caranya... saya udh depresi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan depresi donk... ayo semangat suatu saat pasti lancar koq ngomongnya..

      Delete
    2. Adik saya sudah 3 tahun tapi blm bisa bicara jelas cuma kayak teriak teriak aaa aaa tapi sambil nunjuk isyarat kalo dia mau apa apa, solusinya gmna yaa

      Delete
  5. Alhamdulillah saya juga punya nih sob..
    Masih baru hehe. Salam persahabatan ya untuk Admin. Ini sambil blogwalk-in mencari template yang pas dan mencari materi tambahan untuk penulisan artikel terbaru saya; merta tuk sempatkan singgah di blog sobat yang bagus ini. Untuk semua teman-teman blogger di Indonesia maupun dimanapun, newbi ni. Salam kenal ya. Mohon minta dukungannya :)
    Ini Dia Cara Terbaru Mendapatkan Uang Dari Internet- Update 2017
    Terlengkap!
    Daftar Situs Pencari Duit di Internet. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Bunda, anakku skrg 2y1m dari usia 1,5thn sy sdh curiga anakku gada kontak matanya. Sampe akhirnya pas umur 2tahun kami bw ke salah satu terapi didepok dan disana diobservasi dan hasilnya menyatakan anak saya speechdelay, kurang fokus dan kurang sosialisasi. Akhirnya kami dijadwalkan utk terapi disana tw 2x si 1x Alhamdulillah selama 1 bupan terapi kontak mata udh bagus dan sering, cuma kenapa ya bund aku kok kurang sreg sama terapis2nya. Kayak gimana gitu susah aku jelasinnya. Selain itu juga bbrp kali prh aku kepentok jadwal sama terapisny yg gak komitmen. Mgkn bunda ada info dimana lagi tempat terapi yg ada didepok? Sayang klo anakku hrs stop sementara lg bagus2nya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang nih kalau harus berhenti.
      Mohon maaf saya tinggal.didaerah Bekasi, jadi kurang faham untuk tempat terapi yang bagus didaerah Depok.

      Delete
  7. Bunda mau tanya, klo di rsia jatimulya bisa terapi dengang menggunakan bpjs kah?

    ReplyDelete
  8. bun sy juga cutiga sm anak sy, cz udh 21 bulan blm punya kosakata, dipanggil gg pernah noleh,, niatnya pengen konsul ke dokter, baiknya konsul dimana ya bun? apa ke RS atau ke medical centre jatimulya.. sy jg tinggal dijatimulya.

    ReplyDelete
  9. Bunda, anak sy usia 23 bulan jg blm bisa bicara. Lokasi rumah kami di mustika jaya bekasi timur. Adakah klinik terapi wicara di skitar daerah mustika jaya?

    ReplyDelete
  10. Mom mau tanya biaya konsultasi observasi awalnya brp ya?

    ReplyDelete
  11. BUnda.. RS JMC Bekasi ini kayaknya sudah tutup ya? sy telp tidak pernah tersambung.. mohon infonya

    ReplyDelete
  12. sepupuku juga lama berbicara. alhamdulillah lancar sekarang. semangat ya lubna untuk terus mensemangai hana biar rajin terapi.

    ReplyDelete
  13. Kalau daerah bekasi selatan dmn y mom tmpt trapinya??

    ReplyDelete
  14. Klinik tumbuh kembang anak "ASA"
    Jl. Ciater Barat Raya No. 64
    BSD, Tangerang Selatan 15318
    Telp : 021 75884409 , 75884410

    Pusat Terapi Anak Berkebutuhan Khusus
    》 Gangguan Bahasa Ekspresif
    》 Gangguan Fokus dan Konsentrasi
    》 Kesulitan Belajar
    》 ADD / ADHD
    》 ASD / Autisme
    》 Gross Motor Delay
    》 Global Delay Development
    》 Gangguan Pendengaran
    》 Mental Retardasi
    》 Disleksia, Disgrafia, Diskalkulia
    》 Gifted
    》 Cerebral Palsy
    》 Down Syndrome
    》 DLL

    Melayani:
    》 Assesment Dokter
    》 Psikotest dan IQ Test
    》 Terapi Perilaku
    》 Terapi Okupasi
    》 Terapi Wicara
    》 Fisioterapi
    》 Sensori Integrasi
    》 Orthotic Prosthetic
    》 Parenting Class

    ReplyDelete
  15. tipsnya keren mbak mksh....kebetulan ada saudara yg anaknya kyk gini

    ReplyDelete
  16. Mba. .. sampai skrg msh terapi ga... biaya terapi naik gaa

    ReplyDelete
  17. Anak saya sudah 4th, belum bisa bicara Bahkan memanggil mama papa pun Susah sekali . Dirumah suka menangis Dan ngamuk2 tidak jelas apa sebab nya. Begitu juga kalau senang ketawa Dan teriak2 sendiri kesenangan.

    ReplyDelete
  18. Anak saya sudah 4th, belum bisa bicara Bahkan memanggil mama papa pun Susah sekali . Dirumah suka menangis Dan ngamuk2 tidak jelas apa sebab nya. Begitu juga kalau senang ketawa Dan teriak2 sendiri kesenangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini persis kondisi anak saya, usianya 3thn 1 bln. nanti sore akan sy bawa ke dokter. ini kunjungan yg pertama. dari dulu sudah curiga dia speech delay, cmn blm nemu klinik tumbuh kembang yg sreg lalu terhambat pandemi. pernah hampir 1thn yg lalu daftar ke rs tumbuh kembang tapi saking ramenya, blm dapat jadwal. kondisi anak bunda Dewi bagaimana? :)

      Delete
  19. Anak saya sudah 4th, belum bisa bicara Bahkan memanggil mama papa pun Susah sekali . Dirumah suka menangis Dan ngamuk2 tidak jelas apa sebab nya. Begitu juga kalau senang ketawa Dan teriak2 sendiri kesenangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti anak saya, sm dokter anak disuruh ketumbuh kembang di rs.pondok ind**. Setelah di cek harus assesment lagi di klinik pe** 9 utk tahu harus ikut terapi wicara nya. Dan disuruh lgsg ikut terapi SI dan Perilaku. Februari ini dijalanin semua, mudah2an perkembangannya bagus

      Delete
  20. Mba. Terapi d Bekasi dmnny? Apa nama tmpt terapi yg mba cerita itu . Saya d bksi juga. TrmmTr

    ReplyDelete
  21. ibuk minta alanatnya rumahnya yg di bekasi

    ReplyDelete
  22. hallo bunda , bagi yang mencari klinik tumbuh kembang anak daerah bekasi, kami siap membantu. kami dari klinik superkidz galaxy bekasi.
    bisa hubungi ririn 08999129588 bagi yang ingin bertanya lebih jelasnya. terimakasih.

    ReplyDelete
  23. suamiku dulu juga mengalami speech delay mbak...baru bisa ngomong setelah usia 4 th.alhamdulilah sembuh setelah terapi2.semangat ya mbak ^^

    ReplyDelete
  24. Anak ku November udah 3th tp baru bisa bilang dadah aja cuma mulut ny cerewet banget apa" juga sudah ngerti , ada yang tau ga tempat terapi ny di Cibitung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga di cibitung mbak...anak saya skrng udah 4th..tahun lalu terapi nya di RS medika cibitung...sebelum nya di hompimpa galaxy...tp karn pandemi..mulai akhir taun pindah ke kampumg(garut) di lanjutin di edufa....skrng mau daftar lg di RS.medika... mudah"an anak" kita semua sllu di berikan ksehatan..kebahagiaan...dan di lancarkn tumbuh kembang nya yaa

      Delete
    2. @Mamah.keenan di hompimpa terapi nya sudah berapa kali?
      Aku mau coba di sana tapi mau tau rincian biayanya

      Delete
  25. Kalo dicikarang daerah cifest ada yang tau gak bunda ?

    ReplyDelete