Wednesday, August 5, 2015

Bila Anak Terlambat Bicara, Lakukan Ini !

Bila anak terlambat bicara, lakukan ini. Sebenarnya tidak ada standar baku kapan anak mulai bisa bicara, tapi biasanya saat anak memasuki usia 1 tahun maka kata-kata pertama seharusnya sudah mulai bisa keluar dari mulutnya dan di usia sekitar 1 tahun 6 bulan anak sudah mulai mengucapkan beberapa kata.







Namun ada beberapa kasus anak memasuki usia seharusnya dia mulai bisa bicara dan kenyataannya belum ada kata-kata yang bisa diucapkan atau masih bubling (istilah meracau pada anak) yaitu sekitar usia 2,5 tahun, sebaiknya kita mulai waspada dan lakukan hal ini :

Baca juga bagaimana mengapresiasi anak dengan tepat agar anak lebih mandiri dan percaya diri.


  1. Periksakan anak pada ahlinya, yaitu Dokter spesialis Tumbuh Kembang, biasanya disetiap Rumah Sakit Ibu dan Anak memiliki sub spesialis TumbuhKembang
  2. Terus ajak anak bicara, memang akan lain rasanya berbicara dengan anak yag sudah lancar bicara dengan anak yang terlambat bicara, tapi percayalah mereka menyimpan semua dan mengerti koq apa yang kita bicarakan, hanya saja mereka tidak mampu membalas perkataan kita.
  3. Lakukan latihan wicara di rumah, selain  mengikutkan mereka dalam kelas terapi wicara di klinik tumbuh kembang, terapi dirumah juga perlu, meniup peluit, meniup balon, massage disekitar area wajah juga perlu dilakukan.
  4. Ajak anak bermain dengan anak lain, tapi jangan lupa selalu awasi saat mereka bermain karena anak cenderung salah komunikasi dan bermasalah saat bersama temannya.
  5. Jangan berbicara dengan berteriak-teriak dengan mereka, bila tidak ada masalah dengan pendengarannya ( bisa diketahui dengan tes BERA ) anda tak perlu teriak-teriak saat bicara dengan mereka karena itu membuat merek tidak nyaman, biasanya orang tua dengan anak yang mengalami keterlamabatan bicara melakukan ini.
  6. Bacakan buku untuk anak, menjelang tidur atau saat bermain dengan anak, buku merangsang mereka untuk berbicara dengan meliat gambar-gambar didalamnya.
  7. Berdo'a dan selalu optimis kalau anak kita akan bisa berbicara dengan izin Allah dan usaha yang kita lakukan




7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. saya belum pny anak sih tapi postingan ini bisa buat bekal nanti kalau sudah berkeluarga dan pny anak. makasi sharingnya mbak. salam kenal ya

    ReplyDelete
  3. bagaimana mbak pekembangan anaknya sekarang...
    sudah mulai lancar kah ato bagai mana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah mulai ada beberapa kata.

      Delete
  4. Si bungsu yang terapi, mbak? kalau anaknya temanku disarankan dokternya untuk bebaskan ia bermain di taman. Biar dia pegang pasir, batu,dll supaya sensoriknya terlatih.

    ReplyDelete
  5. IYA SAYA JUGA MENGALAMI HAL DEMIKIAN,KETIKA ANAK KU BERUSIA 1 TAHUN 3 BLN DIA BELUM BISA BICARA HANYA SUKU KATA SAJA,SAYA TERAPI DI RUMAH KBETULAN SAYA JUGA GURU SLB,AL HAMDULILLAH DENGAN IJIN ALLAH DAN SAYA BERSAMA KELUARGA BERUSAHA SEOPTIMAL MUNGKIN TERUTAMA DENGAN SAYA,DAN SAYA PUN HARUS DENGAN HATI YANG TENANG DAN SABAR MENANGANI ANAK SAYA,AKHIRNYA KETIKA UMUR 3 TAHUN ALHAMDULILLAH ANAK SAYA LANCAR BERBICARA .

    ReplyDelete