Thursday, February 20, 2020

Tempat Wisata Menarik yang Ada di Bangka Barat



Jika anda sedang berlibur di dearah kabupaten bangka barat, anda harus singgah sebentar di pantai tanjung kalian. Pantai yang memiliki keindahan alam yang eksotis ini memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Di pantai ini, wisatawan akan di sajikan dengan pesona alam pantai tanjung kalian, mulai dari pasir putih nya yang landai hingga biru nya cakrawala yang membuat betah para wisatawan. Bukan hanya keindahan pantai nya saja, di pantai ini juga terdapat salah satu situs peninggalan bersejarah dari belanda, yaitu bangkai kapal ss vyner brook yang tenggelam pada perang dunia ke II saat negara jepang menyerang belanda.

PESANGGRAHAN MANUMBING
Pesanggrahan manumbing adalah tempat dimana tokoh tokoh terkenal dan ternama di indonesia yang pernah di tangkap oleh belanda dan di asingkan di tempat ini. Tokoh tokoh tersebut adalah, hj. Agus salim, surya darma, moh roem, hingga bapak proklamator indonesia, yaitu ir. Soekarno dan muhammad hatta. Bangunan yang didirikan pada tahun 1928 tersebut memang kental sekali dengan sejarah yang ada indonesia, di sini pengunjung bisa melihat langsung sudut sudut ruangan dan tempat dimana ir. Soekarno dan muhammad hatta di asingkan. Mulai dari, ruang tamu, kamar tidur ir. soekarno, hingga mobil ford delux berplat bn 10 yang dulu sering di pakai oleh bung hatta.

MASJID JAMIK DAN KLENTENG KONG FUK MIAO
memang tidak bisa di pungkiri lagi kalau kini di kabupaten bangka barat semakin banyak tempat destinasi wisata menarik yang patut di kunjungi, salah satu nya adalah masjid jamik dan klenteng kong fuk miao. bangunan dengan nuansa yang berbeda tetapi dengan tingginya toleransi antar ummat, menjadikan kedua bangunan ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjung yang sedang melakukan ibadah maupun berwisata. Masjid jamik sendiri merupakan bangunan masjid pertama yang ada di kabupaten bangka barat, yang di bangun pada tahun 1883 oleh pemerintahan tumenggung karta negara II. Sedangkan klenteng kong fuk miao di bangun sebelum 83 tahun berdiri nya masjid jamik yaitu tepatnya pada tahun 1800, dari dana hasil gotong royong, yang mayoritas keturunan tiongkok.

BATU BELAH
Terletak di kampung balai, kecamatan muntok, kabupaten bangka barat, batu yang terletak di atas bukit ini, memiliki keunikan tersendiri, maka tak heran tempat wisata yang satu ini sering sekali menghiasi beranda sosila media seperti facebook atau instagram. Tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan yang unik, mulai dari bentuk nya, hingga pola pola yang berdesain cantik seperti lukisan dari seniman profesional. Batu belah sendiri memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah, khususnya kaum anak muda, tempat ini sering sekali di jadikan objek berfoto dengan latar belakang batu belah sebagai backround utama. Untuk bisa menjamah nya anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor.

BUKIT PALA
Tempat wisata terakhir yang patut anda kunjungi disaat sedang berada di kabupaten bangka barat adalah bukit pala. bukit yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah serta menawan ini memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan. dari atas bukit, wisatawan bisa melihat langsung laut lepas tanpa haluan suatu apapun dan di tambah lagi dengan kesejukan yang di hasilkan oleh pepohonan sekitar kawasan bukit pala. Tempat ini sangat cocok buat anda para instagrammble, karna memang bukit pala menyajikan berbagai macam bentuk spot untuk berswfoto, mulai dari sarang burung raksasa, hingga gardu pandang dan masih banyak lagi spot untuk berswafoto yang lainya.

Kelima point di atas merupakan tempat wisata di Indonesia yang terletak di bangka barat.

1 comment:

  1. Saya menemukan posting ini dari Google dan sangat kagum dengan informasi Anda! Anda telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Artikel Anda sangat informatif, Saya akan membookmark dan kembali ke sini lain kali untuk membaca lebih lanjut. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk menulis semua ini.

    ReplyDelete