Friday, December 6, 2019

Tips dan Trik Meningkatkan Bonding dengan Anak



Bonding adalah ikatan yang terjadi antara seseorang  dengan orang-orang yang ada didekatnya, salah satunya adalah anak dengan Orangtua atau pengasuhnya.

Bonding yang berkuaitas dipercaya mampu membuat anak lebih percaya diri dan menjadi pribadi yang unggul dimasa depannya nanti, karena jiwanya dipenuhi dengan cinta, membuat mereka juga mudah memberikan cinta ke sesamanya.



Saat hadir diacara Talkshow yang digelar oleh Minyak telon Air Mancur beberapa waktu lalu di event IMBEX ( Indonesian Mother and Baby Expo) di JCC Senayan, Jakarta, sang narasumber dr.Diana Chandra Sp.A mengatakan kalau bonding yang baik diperlukan agar anak tumbuh lebih sehat dan percaya diri, Orangtua dituntut kreatif untuk menciptakan moment kebersamaan meski waktu yang dimilinya hanya sedikit, terutama buat para Working Mom.

Lalu moment kapan saja yang bisa kita manfaatkan untuk menciptakan bonding yang berkualitas dengan si kecil ?

1. Waktu menyusui
Menyusui adalah moment terbaik untuk menciptakan ikatan yang erat dengan si kecil, ajak bayi yang sedang kita susui berbicara, ajarkan banyak hal saat mereka menyusu, meski mereka terlihat tidak merespon, tapi otak merekam semuanya, ditambah sentuhan dan pelekatan antara kulit si kecil dan Ibunya membuat moment menyusui adalah moment istimewa.

2. Saat Makan
Aktifitas makan sebaiknya sih jangan terlewatkan begitu saja, ini waktu yang tepat menciptakan bonding berkualitas dengan si kecil, mengjaknya bercengkerama di meja makan, ini bisa mengajarkan mereka lebih mandiri dan memangun komunikasi yang baik.

3. Saat mandi
Menghabiskan waktu bersama untuk bermain di kamar mandi bisa jadi moment yang seru lho bersama si kecil, sekaligus bisa mengajarkan mereka mengenal lebih banyak tenang anggota tubuhnya dan bisa juga diselipkan bagaimana menjaga mereka.

4. Saat memijat
Anak- anak dan bayi senang dipijat, ini membuat mereka nyaman, aliran darah mereka menjadi lancar dan badannya lebih bugar.

Pijat sebaiknya dilakukan saat anak dalam kondisi sehat, dan dijadikan media relaksasi, sebelum mamndi atau sebelum tidur bisa jadi saat yang tepat untuk memijat si kecil. Pijat bisa kita lakukan sendiri tanpa perlu bantuan ke terapis pijat profesional atau Mbah Tukang Urut, asal kita mau belajar bagaimana memijat dengan baik pasti kita bisa melakukannya sendiri.

How lucky I am.. saat talkshow kemarin juga dihadirkan seorang Bidan yang mengajarkan kepada para peserta talkshow bagaimana memijat bayi dan anak dengan benar, saya akan berbagi step-stepnya yah 




  1. Pijat bagian wajah bayi, dimulai dari tengah kening turun kebawah lewat samping telinga sampai dagu, lalu pijat juga sekitar mulut secara melingkar, ini untuk merangsang kemampuan bicara bayi nantinya, dan tak lupa juga sentuh lembut pipinya dengan gerakan keatas.
  2. Pijat bagian perut , kita bisa memijat dengan gerakan I LOVE U , dari perut bagian kanan bayi urut lembut kebawah membentuk huruf I, selanjutnya dari bagian perut kanan bayi urut melintang lalu turun kebawah dibagian samping kiri perut membentuk huruf L (Love) terbalik, dan yang terakhir dari perut kanan bawah tarik keatas lalu melintang dan selanjutnya turun ke perut kiri bawah, membentuk huruf U terbalik.
  3. Pijat bagian punggung, pijat lembut punggung bayi dari atas kebawah berkali-kali, ini akan membuat bayi nyaman lho.. juga baik untuk menstimulasi sensoris bayi.
  4. Pijat bagian anggota gerak bayi, tangan dan kaki bayi bisa dipijat lembut dengan gerakan meremas lembut dari atas kebawah, ingat tekanan memijat jangan terlalu keras agar tidak menyakiti bayi.
Memijat pastinya menggunakan media yang tepat agar kegiatan memijat menjadi menyenangkan, yaitu minyak pijat, naah.. salah satu yang saya rekomendasikan adalah Minyak Telon Air Mancur, yang merupakan produk baru dari brand jamu terkemuka Air Mancur.

Yang menjadi kelebihan minyak telon Air Mancur ini adalah teksturnya yang licin, jadi tepat sekali untuk memijat, selain itu aromanya juga bayi banget, jadi setelah dipijat pasti bayi atau anak lebih nyaman dan tenang dengan aromanya ini.


Minyak Telon Air Mancur


Minyak Telon Air Mancur ini terbuat dari 3 bahan utama yaitu Minyak kelapa, minyak kayu putih dan minyak adas, ketiga bahan itu merupakan minyak alami yang bermanfaat bagi tubuh, selain untuk menghangatkan dan menyamankan juga efektif meredakan kembung dan gatal, ini yang disampaikan oleh Mbak Astrid Maria selaku Brand Manager Air Mancur.


Ibu Astrid Maria


Ada 2 varian dari minyak telon Air Mancur Original dan Lavender, khusus untuk yang Lavender selain mengandung 3 bahan minyak utama seperti yang saya sebutkan tadi juga mengandung ekstrak bunga lavender yang berfungsi melindungi dari gigitan nyamuk, nah.. kalau yang ini pas banget nih saya pakein ke Hania setiap hari kalau mau berangkat sekolah, karena Hania kan belajarnya di Sekolah Alam, jadi waktunya lebih banyak diluar saat jam pelajaran, minyak telon Air Mancur Lavender ini juga selalu ada ditas sekolah Hania lho..

So Mams.. sudah tahu kan bagaimana meningkatkan kualitas bonding kita dengan anak-anak dan juga bagaimana teknik memijat yang tepat dan minyak apa yang pas digunakan untuk memijat? semoga artikel ini bermanfaat yah..


1 comment:

  1. perlu sekali ya bonding dg anak agar anak merasa nyaman berada dekat kita

    ReplyDelete