Sunday, September 8, 2019

Kenapa Anak Mudah Sakit dan Bagaimana Mengatasinya ?



Apa kabar Mams..
Bagaimana cuaca didaerah Mams nih akhir-akhir ini, kalau saya di wilayah Bekasi masih summer aja nih, belum tersentuh hujan sama sekali sejak beberapa bulan terakhir ini, panas dan kering sekali, apalagi pas siang hari panasnya bisa sampai mencapai 35* celcius lho..

Tapi meskipun masih musimpanas, terkadang cuaca disini sering ngasih kejutan tiba-tiba dengan hujan merata dan lebat pula, jadi bisa dibilang berubah-ubah, dan dinamakan pancaroba, nah.. disaat seperti ini biasanya yang paling membuat saya kuatir adalah kondisi kesehatan anak-anak, biasanya akan ikutan terpengaruh.

Sebentar panas lalu hujan, lalu datanglah flu dan batuk-batuk.

Memang yah Mams, kalau dipikir-pikir kenapa yah anak-anak ini lebih rentan sakit dibanding orang dewasa, di sekolah ada temannya batuk, eh dia pulang ikutan batuk juga, tetangga terkena cacar anak kita ketularan juga, sebenarnya apa yah yang membuat anak-anak ini lebih gampang sakit, dan bagaimana solusinya agar mereka lebih punya daya tahan tubuh yang bagus.

Dan bersyukur, ternyata pertanyaan saya ini akhirnya terjawab saat saya diundang bersama beberapa Moms Clozette di acara Stimuno Blogger Gathering beberapa waktu lalu di Kembang Goela Resto, Jakarta.

Acara yang juga dihadiri narasumber Prof.Dr.dr. Zakiudin Munasir SpA(K) ini mengupas tuntas kenapa anak-anak kita gampang terserang penyakit dan bagaimana mengatasinya, nah.. saya ingin membaginya dengan Mams lain disini yah ilmu yang saya dapatkan.

Prof.Dr.dr Zakiudin Munasir SpA(K)

Prof. Zaki ini sebenarnya juga dokter favorit saya lho.. karena beliau ini ahli masalah alergi, dan bukunya tentang alergi sudah hatam saya saya baca, jadi keilmuannya seperti sudah tidak diragukan lagi.

Anak-anak terutama diusia balita memang gampang sekali sakit apabila terpapar virus dan bakteri di sekitar lingkungannya, karena anak diusia ini imunoglobulin (sistem pertahanan tubuh yang ada di dalam tubuh manusia) masih sedikit sehingga pertahanan tubuh menjadi rentan terserang penyakit.

Karena itu anak-anak memerlukan perhatian khusus dalam memjaga kesehatannya, beberapa diantaranya Mams bisa melakukan hal-hal ini agar anak tidak gampang sakit :
  • Penuhi asupan nutrisi anak dengan baik, terapkan pola makan dengan gizi seimbang dan tercukupi semua zat gizi mikro dan makro
  • Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar anak, virus dan bakteri senang berkembang ditempat yang kotor, jadi usahakan selalu lingkungan anak sellau bersih
  • Ajak anak aktif bergerak, karena dengan anak aktif bergerak maka sistem metabolisme anak menjadi bagus dan bisa menekan perkembangan virus dan bakteri jahat dlaam tubuhnya.
  • Menggunakan Imunomodulator saat lingkungan disekitar anak memburuk, contohnya bila dilingkungan sekolah atau rumah ada yang sakit.

Berkenalan dengan Imunomodulator




Sudah tahu tidak Mams saat pertahanan tubuh anak akan  memburuk bila lingkungan tempat dia tinggal baik dirumah dan sekolah sedang memburuk, lagi banyak yang sakit atau cuaca yang berubah-ubah, dan di saat itulah anak membutuhkan Imunomodulator, atau bisa diistilahkan pertahanan tambahan agar virus dan bakteri tidak mudah masuk ketubuh anak.

Kalau Prof.Zaki kemarin sih mengibaratkan Imunomodulator ini seperti tentara tambahan yang dikerahkan saat negara terserang musuh, karena tentara aslinya adalah pertahanan dari tubuh itu sendiri, yang kadang bisa lemah saat kondisi lingkungan tidak bersahabat.

Jadi sekarang kalau memang disaat kondisi lingkungan kurang baik dan kondisi anak sedang drop, imunomodulator apa yang sebaiknya dipilih oleh Mams yah?

Di acara kemarin kami diperkenalkan dengan Stimuno yang bisa dilbilang salah satu jenis imunomodulator atau imunostimulan yang terbuat dari bahan alami, sebenarnya bahan alami memang sudah lama dipakai oleh orang-orang kita dulu, tapi masih dalam bentuk jamu yang memiliki banyak sekali kandungan zat aktif dan tidak tertarget.

Nah Stimuno ini yang bahan utamanya adalah Philantius Niruri L atau yang lebih dikenal sebagai daun meniran ini sudah memlalui uji farmasi dan laboratorium dengan standar tinggi, jadi bisa dibilang meski bahannya alami tapi kandungannya lebih spesifik dan bisa dipertanggungjawabkan, karena itu Stimuno ini bukan lagi disebut jamu tapi Fitofarmaka, artinya obat dengan kandungan alami dengan proses yang modern dan uji klinis yang memadai, ini yang disampaikan oleh Bapak Andrew Sulistya, Board of Director Dexa Medica.

Bapak Andrew Sulistya


Dexa Medica sendiri merupakan produsen obat kenamaan di Indonesia, perusahaan ini banyak sekali memproduksi varian obat dengan resep berkualitas yang biasa konsumsi dengan rekomendasi dokter.

Lalu kapan sih sebenarnya kita harus meberikan Stimuno ini buat anak-anak ? kapan saja dirasa perlu, saat cuaca tidak menentu dan kita mulai melihat kalau anak kita sepertinya akan terserang sakit, saat disekolah banyak anak yang menderita sakit, saat dilingkungan rumah terjangkit penyakit menular yang berbahaya.

Lalu apakah aman Stimuno ini diberikan bersama obat lain dari Dokter, jawabannya aman Mams.. asal obat yang diberian ke anak bukanlah obat anti alergi, karena obat anti alergi berfungsi menekan efek dari luar yang berdampak jadi pencetus alergi, kalau diberikan Stimuno ini akan dianggap tubuh juga sebagai zat pencetus alergi.

Selain obat anti alergi, Stimuno aman diberikan ke anak-anak, malah akan membuat kerja obat meningkat, saat anak batuk biasa, TB ataupun Pneumonia pemberian Stimuno bersamaan dengan obat akan berdampak sangat baik.

Atau bila si anak hendak diajak jalan-jalan mengunjungi negara atau tempat-tempat yang rentang berkembangnya penyakit bisa banget lho di berikan Stimuno ini beberapa hari sebelumnya, agar daya tahan tubuh anak semakin bagus.

Jadi Stimuno ini bukanlah suplemen harian yang bisa diberikan ke anak untuk dikonsumsi sehari-hari, tapi hanya bila diperlukan saja, dan akan sangat baik bila dalam masa pengobatan.

Lalu bagaimana dengan rasa Stimuno? kalau saya sama sekali tidak masalah, Hania suka banget dengan rasanya, aroma jamunya tidak tajam, lebih dominan manis segarnya. Ada 3 rasa Stimuno sirup yaitu Original, Jeruk beri dan Anggur, kalau Hania suka yang Jeruk beri.



Stimuno ini ada 2 sediaan, yaitu sirup yang tersedia dalam botol ukuran 60 ml dan 100 ml, juga dalam ukuran sachet sekali minum, untuk dewasa juga ada Stimuno dalam bentuk kaplet.

Jadi sekarang sudah tahu kan Mams, kenapa anak-anak kita gampang sakit dan bagaimana imunomodulator Stimuno bekerja, jadi kita bisa tahu kapan waktu yang tepat anak membutuhkannya.

Nahh.. setelah acara berkenalan dan tahu banyak tentang Stimuno dan pencegahan penyakit pada anak yang disampaikan oleh Bapak Andrew dan Prof.Zaki, kita para Mom Blogger Clozette juga diajak untuk workshop singkat membuat bento dengan bentuk kelinci lucu lho..



Bahan dan peralatan sudah dipersiapkan, kita tinggal berkreasi, dan ternyata hampir semua Mom Blogger jago lho ngebento, bentuknya lucu-lucu dan kreatif, dan ternyata untuk yang bentonya paling kreatif mendapatkan hadiah voucher bermain ke Kidzania, wah senengnya, disana bisa main juga deh di boothnya Stimuno.

Dan setelah hampir 3 jam kebersamaan ngumpul dengan Mom Blogger Clozette, akhirnya acarapun berakhir dan kita mendapat banyak ilmu dan pengetahuan baru tentang tumbuh kembang anak. 

Thanks for reading Mams... 

15 comments:

  1. Bentonya apik banget mbak. Aku juga selalu sedia stimuno untuk anakku terutama taro di kotak obat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sedia deh kayaknya..karena kondisi cuaca dan lingkungan kan siapa yang tahu yah.

      Delete
  2. Aku juga selalu sedia stimuno mom di rumah ...

    ReplyDelete
  3. Berarti stimuno boleh digunakan saat suasana mulai ga enak ya kayak pancaroba gitu? Noted mba

    ReplyDelete
  4. Jadi kalau sudah sembuh tidak perlu konumsi Stimuno lagi?

    ReplyDelete
  5. Kemarin pas banget anak anak Lg pada gantian bapil . Keingetan langsung Aku kasih stimuno buat jaga sistem imun tubuhnya.

    ReplyDelete
  6. Anakku tuh lagi sakit batuk dengan cuaca yang kemarau panjang plus lingkungan mainnya bergiliran batuk pilek. Udah ku beri Stimuno syrup supaya daya tahan tubuhnya membaik.

    ReplyDelete
  7. Di rumah memang harus ada Stimuno nih untuk cegah agar anak tidak sakit. Aku udah sering kasih Stimuno ke anak-anak.

    ReplyDelete
  8. Iya bener mak, cuaca lagi ga beres rasanya. Kalo pagi dingin banget, kalo sianh cetar banget. Godaannya tuh minum es deh tiap anak pulang skul. Kalau ga dijaga stimuno udah drop dr kemaren maren huhu

    ReplyDelete
  9. Aku jadi inget mau beli ini buat si kakak. Anak2 di kelasnya lagi gantian yang sakit, jd deg2an juga ini emaknya. Mana cuacanya lg nggak enak bgt gini ya huhu

    ReplyDelete
  10. Ternyata stimuno ada jg buat yang dewasa jg yah? Bukan hanya anak2 dan dirumah selalu stok stimuno ini

    ReplyDelete