Saturday, April 2, 2016

Beli Barang Tanpa Hutang dengan Arisan Mapan


Banyak sekali hal unik yang hanya terjadi di Indonesia, dan sulit ditemukan dinegara lain, seperti acara-acara kenduri dan selametan yang sering digelar untuk memperingati sesuatu, umur kehamilan tertentu, kelahiran seorang anak atau peringatan hal-hal lain yang dianggap istimewa, meski di negara lain juga ada sih.. seperti Repas Gastronomi di Prancis.

Juga ada tradisi pembuatan rumah adat yang melibatkan seluruh penduduk dusun untuk ikut bekerja tanpa bayaran, semua tradisi-tradisi di Indonesia ini erat kaitannya dengan keguyuban atau kebersamaan, malah ada istilahnya "makan ga makan yang penting ngumpul" meski enggak enak juga sih kalau ngumpul enggak sambil makan-makan.

Dan salah satu tradisi yang mengangkat unsur gotong royong itu adalah ARISAN , sudah tahu semua kan apa arti kata arisan ?

arisan/aris·an/ n kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi di antara mereka untuk menentukan siapa yang memperolehnya, undian dilaksanakan dalam sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya;
Kamus Besar Bahasa Indonesia

 Arisan sudah sejak lama ada di Indonesia, biasanya arisan lebih banyak dalam bentuk uang, meski ada juga beberapa dalam bentuk barang.

Apa saja sih keuntungan arisan ini :

  • Mengangkat kembali budaya gotong royong
  • Bisa mendapatkan sesuatu dengan cara yang lebih terjangkau
  • Mempererat tali silaturahim
  • Untuk sang bandar atau ketua arisan biasanya akan mendapat penghasilan lebih.

Jadi karena dasar pemikiran seperti inilah yang membuat PT. RUMA  berinisiatif untuk membuat satu bentuk arisan yang prinsipnya sebenarnya sama persis dengan arisan konvensional tapi dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan dan lebih menjangkau ke pelosok, namanya ARISAN MAPAN.

Saat diundang ke acaranya tanggal 30 Maret 2016 kemarin di Gedung Ruma yang berada di kawasan Blok M Jakarta, saya sempat bertanya-tanya seperti apa bentuk usaha yang diangap bakal cocok sekali dijalankan semua orang karena memang benar-benar tanpa modal.

Aldi Haryopratomo, Dirut PT.RUMA


Jadi ini yang saya dan teman-teman blogger tangkap di acara itu, Arisan Mapan ini merupakan satu bentuk usaha yang memanfaatkan teknologi dan kepercayaan tentunya, pemeran utama dalam bisnis ini adalah sang ketua arisan, orang yang berniat menjadi ketua arisan diharuskan mendaftar ke websitenya www.mapan.id lalu mengisi data lengkap dan mulai mencari anggota yang mau ikut arisan. 



Apa saja yang ditawarkan arisan Mapan ini sih ?
  • Bisa nyicil tanpa kredit
  • Harga terjangkau
  • Penghasilan tambahan tanpa modal
  • Resmi terdaftar.
Untuk penghasilan tambahan itu khusus untuk ketua arisan, karena akan mendapatkan keuntungan 5%- 10% untuk tiap barang yang terjual lewat arisan oleh anggotanya.

Lalu siapa saja yang bisa menjadi ketua arisan ? siapa saja asal mau dan bersedia mengumpulkan uang dari para anggotanya, persis seperti arisan konvensional kan? dan siapa pemenang arisan juga dilakukan sama persis saat kita mengocok arisan.

Saat ketua arisan mendaftar maka tim RUMA akan mengirimkan katalog yang berisi foto-foto barang lengkap dengan harganya, ada 3 pilihan periode pembayaran arisan yaitu 5 bulan atau minggu , 10 bulan atau minggu dan 15 minggu, para anggota ini tinggal memilih periode pembayarannya dan menyerahkan uang arisan ke ketua arisan, dan untuk pemenang arisan maka barang pilihannya akan langsung dikirimkan ke ketua arisan atau langsung ke rumah anggotanya.

Contoh barang dan periode pembayaran arisan


Untuk pemilihan barang di setiap kelompok tidak masalah kalau tidak sama, tapi periode arisannya harus sama, jadi ini memang pintar-pintarnya si ketua arisan mengelompokkan anggota-anggotanya.

Di acara itu juga diputar video beberapa ketua arisan yang sudah berhasil menjalankan Arisan mapan ini, mereka datang dari berbagai profesi dan latar belakang, rata-rata mereka memiliki anggota lebih dari 50 orang, dengan jumlah anggota 5 orang perkelompok, salah satu ketua arisan yang sukses dengan hampir 20 kelompok arisannya juga sempat datang ke acara ini, namanya Ibu Yulianingsih, dia mengatakan kalau memang diperlukan kehati-hatian dan seleksi dalam memilih anggota yang akan bergabung dikelompoknya, karena ini menyangkut kepercayaan dan tanggung jawab, orang-orang yang terkenal bermasalah dan tidak bisa dipercaya biasanya akan dia tolak untuk bergabung di kelompok arisannya.

Ibu Yulianingsih, salah satu ketua arisan Mapan


Sebagai Emak-emak yang juga doyan arisan, saya sebenarnya lumayan tertarik dengan sistem Arisan mapan ini, apalagi lihat harga-harga dan jenis barang dikatalognya yang lumayan murah dan variatif banget, jadi tertarik juga, saat iseng-iseng saya tawarkan ke tetangga kanan-kiri ternyata banyak juga yang tertarik, jadi bolehlah dicoba..

Katalog fisik Arisan Mapan, juga ada versi digital di websitenya.






6 comments:

  1. seprei jadi arisan juga di arisan mapan? ckckckck, dari barang sepele juga ada ya? kereeeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. lenkap Mbak.. alat-alat dapur juga ada.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku siap membantu kalau ada pertanyaan ataupun mau bergabung dengan Arisan Mapan.
    ----------------------
    more info:
    085782067069 (tlp, sms, whatsapp)
    5F6A5961 (BBM)
    tiwimapan (ID LINE)
    pratiwi.setyarini@mapan.id (email)
    --------------------
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah saya juga punya nih sob..
    Masih baru hehe. Salam persahabatan ya untuk Admin. Ini sambil blogwalk-in mencari template yang pas dan mencari materi tambahan untuk penulisan artikel terbaru saya; merta tuk sempatkan singgah di blog sobat yang bagus ini. Untuk semua teman-teman blogger di Indonesia maupun dimanapun, newbi ni. Salam kenal ya. Mohon minta dukungannya :)
    Ini Dia Cara Terbaru Mendapatkan Uang Dari Internet- Update 2017
    Terlengkap!
    Daftar Situs Pencari Duit di Internet. Terima kasih

    ReplyDelete