Senin, 21 Maret 2016

Mengangkat Tradisi Repas Gastronomi di Ajang Good France



Buat penggemar kuliner Prancis  tanggal 21 maret 2016 nanti sepertinya akan sangat terpuaskan dengan acara yang akan diadakan oleh Institut Perancis di Indonesia (IFI), Kedutaan Besar Prancis di Indonesia  dan kamar Dagang Industri Indonesia Prancis (IFCCI) yaitu “Good France / Gout de France”

Festival kuliner Prancis yang sudah dua kali digelar ini akan memperkenalkan Prancis lewat kekayaan makanannya juga tradisi yang menyertainya, akan ada 22 Restoran yang akan ikut berpartisipasi, 11 diantaranya ada di Jakarta, sisanya ada di Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Good France kali ini akan mengangkat tradisi Repas Gastronomi khas Prancis atau dalam istilah kita Kenduri, makan dan menyiapkan makanan secara bersama-sama dengan teman dan keluarga, saat acara Prescon akan diluncurkannya acara Good France tanggal 15 Maret di salah satu ruang Auditorium IFI Jakarta, kami juga sempat menikmati sebuah video yang menggambarkan apa itu yang dinamakan Repas Gastronomi.

Repas Gastronomi ini sangat dibanggakan warga Prancis, di perhelatan itu mereka bisa berjam-jam menikmati acara makan bersama itu dan di video yang diputar juga digambarkan bagaimana para orang tua yang mengajarkan beberapa tekhnik memasak dan menyiapkan sebuah jamuan, kalau kebanyakan di kita saat acara hajatan yang sibuk para Ibu-ibu , tidak demikian di Prancis, semua anggota keluarga ikut berperan dan karena masakan yang dihidangkan bermacam-macam jadi butuh banyak tangan untuk mengerjakannya.

Selain itu dalam Repas Gastronomi ini ada beberapa tahapan makanan yang harus dilewati, seperti makanan pembuka, makanan utama, mencicip keju dan makanan penutup lalu makanan penutup ekstra, dan yang tak bisa dipisahkan dari hidangan Prancis ini adalah anggur atau wine, mereka selektif sekali untuk yang satu ini, jadi bisa dibilang hidangan yang berbeda untuk anggur yang berbeda.

Banyak unsur yang ada dalam Repas Gastronomi selain kekeluargaan, itulah mengapa mereka berniat untuk mendaftarkan tradisi ini untuk masuk ke dalam budaya yang dilindungi di UNESCO, dan sepertinya 99% warga Prancis setuju deh..

Tahapan-tahapan dalam Repas Gastronomi ini akan diangkat dan diwujudkan dalam Good France kali ini, seperti kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Corinne Breuze :

“ Good France ini akan ditandai dengan makan malam serentak di 1500 restoran di 5 benua di seluruh dunia untuk memberikan apresiasi kepada kuliner Prancis dan semua yang terlibat didalamnya, ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati dan mengetahui lebih banyak tentang Prancis dan makanan khasnya, so Bon Apetite! “

Selain itu Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia  sekaligus Direktur IFI Marc Piton juga menambahkan :


“ Ajang Good France ini diharapkan akan jadi ajang bersatunya kedua negara dalam hidangan, karena di Good France ini Chef dari Prancis akan bekerjasama dengan Chef Indonesia untuk menyajikan makanan khas Perancis dan memuaskan keingintahuan warga Indonesia akan tradisi dan keunikan hidangan Prancis”


Jujur saya sendiri sangat awam dengan makanan Prancis selain Ratatoile. Itupun karena ada filmnya, mungkin enggak cuma saya karena memang restoran Prancis tidak sefamiliar restoran dari negara lain, sebut saja Cina atau Italia, dan selain kesan yang ada di makanan Prancis itu mahal dan tinggi, nah.. sepertinya ajang Good France ini dimaksudkan untuk merombak paradigma itu dan mereka ingin makanan Prancis ini lebih banyak dikenal orang.

Saya sempat berbincang dengan salah satu Chef dari enam Chef yang hadir di prescon itu, saya bertanya apa sih makanan Prancis yang saya bisa coba seandainya saya masuk ke restorannya? Selain ratatoile tadi yah...

“ Banyak Ibu.. Ibu bisa mencoba berbagai macam keju termasuk yang terbuat dari susu kambing dan itu sangat istimewa, juga Ibu bisa mencoba Escargot, semacam siput”


Wow.. jadi penasaran nih..

Beberapa restoran yang ikut serta dalam program Good France ini diantaranya:

·         AMUZ Restaurant,
·         Colonial Cousine and Mollecular,
·         Restoran Eric Kayser,
·         Restoran Le Monde Au Balcon,
·         Restoran Emilie,
·         Immigrant Dining Room,
·         Restoran Lyon
·         Restoran The Edge
·         Restoran Avec Moi
·         Garcon
·         Olivier

Ke 11 restoran itu akan menghadirkan menu-menu khusus selama berlangsungnya proram Good France ini dan juga ada para Chef profesional yang datang langsung dari Prancis.

Tapi saya menyarankan untuk yang Muslim agar tetap berhati-hati dalam memilih restoran maupun menu yang disajikan karena sebagian besar dari restoran ini tidak bersertifikat halal MUI, meskipun mereka mengklaim tidak menyediakan pork, pilihan ada ditangan anda.

Dan akhirnya hari itu saya membawa pengalaman dan cerita baru tentang Prancis dan Repas Gastronominya, kalau untuk mencoba makanannya sepertinya boleh juga karena saya juga beruntung mendapat voucher disalah satu restoran tersebut, kita tunggu saja .

Beberapa Chef dari 11 restoran yang ikut serta di Good France

6 komentar:

  1. Kaya selametan gitu ya Mak? Dan yg selalu saya inget dari komentar seseorang. Kalau di Prancis tuh makanan itu seperti sesuatu yg sakral. Mereka bener2 mengistimewakan proses memasak dan proses makan. Gitu katanya. Hehe, kalau saya mah, makan kadang kaya ga inget napas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, tradisi mereka saat makan harus membicarakan makanan yang dimakannya itu bahan ataupun prosesnya...

      Hapus
  2. wah jadi mupeng, secara aku belum eprnah merasakan masakan Perancis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicobain, mulai 21 maret nanti direstoran-restoran itu..

      Hapus
  3. makan sambil membahas yg dimakan.
    selain kenyang jg nambah ilmu, bs praktek di rumah ya mbak
    salam sehat dan sukses Mbak Lubena

    BalasHapus