Tuesday, March 1, 2022

Webinar Kesehatan Awam Dalam Rangka Memperingati World Cancer Day 2022 From Heart To Heart : Dukunganan Untuk Pejuang Kanker Hati dan Kanker Tiroid

 Dalam memperingati World Cancer Day 2022, pada Minggu, 20 Februari 2022 pukul 10.00-12.00 WIB, Inspirasien, platform penunjang kesehatan pasien, berkolaborasi dengan Yayasan Sahabat Hati Indonesia, Komunitas Pita Tosca Indonesia, PT Eisai Indonesia, dan Harian Disway, mengadakan webinar 'From Heart to Heart: Dukungan untuk Pejuang Kanker Hati dan Kanker Tiroid'. Acara ini turut mengundang narasumber terbaik dibidangnya, yaitu :


  1. Prof. Dr. dr. Rino Alvani Gani, Sp.PD-KGEH, FINASIM yang membahas “Mengenal Kanker Hati Lebih Dekat”.
  2. dr. Alvita Dewi Siswoyo, Sp.KN(K), M.Kes., FANMB yang membahas “Mengenal Seputar Kanker Tiroid”.

Acara yang dimoderatori oleh dr. Ayu Diandra Sari, M.M., M.Gz., Sp.GK. ini turut menghadirkan Guest Star, antara lain:

  1. Bapak Dahlan Iskan (Founder Harian Disway & Pelaku Ganti Hati)
  2. Thalita Latief (Artist & Influencer, Pejuang Kanker Tiroid)

Dahlan Iskan, yang juga sebagai Founder Harian Disway berkesempatan untuk menceritakan kisah hidupnya selama menderita kanker hati. Bertahun-tahun, Pak dahlan tidak merasakan keluhan apapun, tidak ada demam, tidak merasakan lemas atau keluhan aneh lainnya yang menyebabkan beliau terlambat dalam mengetahui penyakitnya.

Dimasa lalu, beliau sempat mengalami demam tinggi dan muntah darah dalam volume yang cukup banyak. Setelah diusut, diketahui bahwa perdarahan tersebut muncul akibat varises kerongkongan sebagai akibat komplikasi dari penyakit hati yang dideritanya tanpa beliau sadari.

Saat memeriksakan diri kedokter Bapak Dahlan Iskan didiagnosis menderita hepatitis B kronis dengan sirosis hati, dimana ternyata sudah mulai muncul benjolan di organ hati yang kemudian diketahui merupakan sel-sel kanker. Alangkah terkejutnya beliau saat di vonis usianya tanggal 6 bulan dan tidak ada pengobatan lain, kecuali transplantasi hati. Hal ini diceritakan oleh beliau sambal tersenyum, “itu 17 tahun yang lalu dan sekarang saya sudah 70 tahun.”



Menurut paparan dari Prof. Dr. dr. Rino Alvani Gani, Sp.PD-KGEH, FINASIM yang juga merupakan Ketua dan Founder dari Yayasan Sahabat Hati Indonesia, penyakit hati di Indonesia termasuk permasalahan masyarakat yang besar. Beberapa penyakit hati termasuk dalam penyakit katastropik pada BPJS sehingga memerlukan pembiayaan kesehatan yang besar. Sementara itu kesadaran masyarakat tentang penyakit hati masih rendah sehingga pasien dengan penyakit hati yang datang berobat di pusat kesehatan sudah dalam keadaan lanjut. Saat ini masih sangat sedikit organisasi kemasyarakatan yang berorientasi pada penyakit hati di masyarakat. Sehingga dirasakan perlu untuk mendirikan sebuah lembaga masyarakat (NGO) yang akan bekerja berorientasi pada penyakit hati di masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam visi-misi Yayasan Sahabat Hati Indonesia yang berperan aktif dalam pendampingan pejuang kanker hati.

Prof Rino juga berupaya mengedukasi bahwa pada kenyataannya 80 persen lebih kasus hepatitis tidak bergejala seperti yang pak Dahlan Iskan rasakan, sehingga seringkali pasien datang dalam kondisi yang sudah terlambat. Sebaiknya, individu yang merasa pernah terinfeksi oleh virus hepatitis B dan C tentu harus secara berkala, biasanya 6 bulan atau 1 tahun sekali melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan awal pun cukup mudah, yakni dengan tes SGOT dan SGPT (indikator sensitif dari kerusakan hati). "Walaupun banyak orang yang merasa bahwa ia sehat, belum tentu sebetulnya kondisi hatinya baik-baik saja. Ada baiknya kita memeriksakan kesehatan hati kita secara berkala," begitu penjelasan Prof Rino yang juga menjadi salah satu penasihat dalam Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia.

Menurut data Globocan pada tahun 2020, penderita kanker hati di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 21.392 kasus dengan kematian sebanyak 20.920 kasus. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga menyebutkan jika kanker hati termasuk penyebab kematian tertinggi bagi penduduk Indonesia. Hal ini terjadi karena seringkali pasien sudah datang saat sudah stadium lanjut atau saat kondisi sudah berat. Padahal kemungkinan kanker hati untuk sembuh bisa lebih besar jika dapat terdeteksi dan ditangani lebih awal.



Selain Dahlan Iskan, dalam acara tersebut turut hadir juga artis sekaligus influencer Talitha Latief untuk berbagi cerita sebagai pejuang kanker tiroid. Pada awalnya, Talitha tidak merasakan sakit atau gejala apa pun. Hanya, dia menemukan adanya keanehan dengan leher sebelah kanannya. “Saya sama kayak Pak Dahlan. Telat tahu kalau kena kanker,” ujar perempuan keturunan Slovakia, Pakistan, Jerman, dan Minangkabau, Sumatra Barat itu.

Di awal 2019 dia merasakan ada benjolan di lehernya. Namun, tidak ada tindakan apapun yang dilakukannya sampai setahun karena dia merasa tidak ada masalah kesehatan apapun yang dirasakan. Setelah setahun benjolan tidak hilang, Thalita pun mulai mengajak ibunya untuk periksa ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter memintanya ke bagian radiologi. Setelah hasil keluar, dia dirujuk ke bagian onkologi. Ada perasaan tidak nyaman saat itu di dirinyakarena  dia cukup familiar dengan istilah onkologi dimana saudaranya memiliki riwayat kanker. Setelah memeriksakan diri ke bagian onkologi, ternyata ditemukan sel kanker di kelenjar tiroid. Kakinya langsung lemas. Tak pernah dibayangkan bahwa sel kanker itu sudah tumbuh 1,2 centimeter. ”Saya menangis tidak tahu harus bagaimana,” ujar perempuan kelahiran 6 Desember 1988 itu.

Dokter harus melakukan operasi. Thalita sangat khawatir. Sebab kelenjar tiroidnya sangat dekat dengan pita suara. Sebagai aktris dan MC, suara sangat penting baginya. Namun semua rasa takut itu bisa dilawan demi sang buah hati. ”Anak saya masih kecil masih enam tahun. Itulah kekuatan saya. Kanker bukanlah akhir,” ujarnya dengan tegar. Setelah sembuh dia memetik banyak sekali hikmah dibalik kanker itu. Dia merasa kisah hidupnya bisa berguna bagi para penderita kanker. Yang mulanya penakut, kini jadi pemberani. ”Saya ini bangga. Bukan karena kankernya. Tapi bangga jadi pejuang,” sebut Thalita.

Menurut dokter Alvita Dewi Siswoyo, deteksi kanker tiroid sebenarnya tidak terlalu sulit dibandingkan dengan deteksi kanker hati. Dia meminta peserta webinar mengecek bagian lehernya. “Kalau ada benjolan, segera periksa ke dokter untuk deteksi dini,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran itu.

Jumlah kasus pada kanker tiroid terjadi 13.114 kasus, dengan kasus kematian yang lebih rendah yaitu 2.224 kasus. Hal ini sesuai dengan paparan materi dari dr. Alvita Dewi Siswoyo, Sp.KN(K), M.Kes., FANMB, yang menyebutkan bahwa kanker tiroid perlu perhatian penuh dan kolaborasi positif dari banyak stakeholder terkait yaitu pasien, caregiver, tenaga profesional medis, komunitas pasien, dan lembaga, agar penderita gangguan tiroid, atau disebut pejuang tiroid dapat melakukan langkah-langkah preventif maupun pengobatan yang sesuai dengan gangguan yang dideritanya. Melalui deteksi dini #PeriksaLeherAnda, dr. Alvita berharap angka kejadian kanker tiroid dengan kategori risiko tinggi dapat dicegah.

Sejalan dengan hal tersebut, Pita Tosca Indonesia, Komunitas Pejuang Tiroid Indonesia, yang telah dikukuhkan sebagai komunitas pasien yang berdiri sejak 26 Oktober 2014, selalu berusaha berperan aktif untuk memberikan informasi-informasi seputar pemahaman gangguan tiroid, khususnya kanker tiroid. Pita Tosca Indonesia sangat mengedepankan program deteksi dini #PeriksaLeherAnda agar semakin banyak skrining gangguan tiroid yang dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker tiroid dengan kategori risiko tinggi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua dan Founder dari Komunitas Pita Tosca Indonesia, Astriani Dwi Aryaningtyas, S.Psi., M.A. dan juga dewan penasihat dr. Siti Sundari Manoppo, perlu sekali adanya kolaborasi antar Lembaga terkait untuk mewujudkan kondisi para pejuang kanker ini agar tetap #TenangJadiPasien dan mendapatkan pendampingan yang baik.

Sejalan dengan hal tersebut, Pita Tosca Indonesia, Komunitas Pejuang Tiroid Indonesia, yang telah dikukuhkan sebagai komunitas pasien yang berdiri sejak 26 Oktober 2014, selalu berusaha berperan aktif untuk memberikan informasi-informasi seputar pemahaman gangguan tiroid, khususnya kanker tiroid. Pita Tosca Indonesia sangat mengedepankan program deteksi dini #PeriksaLeherAnda agar semakin banyak skrining gangguan tiroid yang dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker tiroid dengan kategori risiko tinggi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua dan Founder dari Komunitas Pita Tosca Indonesia, Astriani Dwi Aryaningtyas, S.Psi., M.A. dan juga dewan penasihat dr. Siti Sundari Manoppo, perlu sekali adanya kolaborasi antar Lembaga terkait untuk mewujudkan kondisi para pejuang kanker ini agar tetap #TenangJadiPasien dan mendapatkan pendampingan yang baik.

Acara yang dimoderatori oleh dr. Ayu Diandra Sari, Sp.GK., M.M., M.Gz. ini terbilang sukses dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya pemerhati kanker. Betapa tidak, jumlah peserta yang hadir dengan total lebih dari 400 orang peserta ini masing-masing akan berperan aktif untuk menyuarakan pentingnya deteksi dini pada kanker dan menjaga pola hidup yang sehat. Acara edukasi awam From Heart to Heart sangat mengena di hati peserta, dr. Ayu Diandra juga menyimpulkan bahwa “Kalau tubuh kita sudah mengirimkan alarm gejala, segera periksa dan jangan abai”. Maka dari itu, PTEisai Indonesia Bersama dengan stakeholder yang lain akan selalu support dan memberikan dukungan pada penanggulangan kanker di Indonesia melalui peningkatan awareness masyarakat pada kanker dan meningkatkan deteksi dini kanker itu sendiri. Semoga acara ini membawa makna mendalam tentang pentingnya kesehatan dan #CloseTheCareGap agar kolaborasi di bidang kesehatan dapat optimal untuk mendukung seluruh pasien kanker yang sedang berjuang mencapai kesehatannya



No comments:

Post a Comment