Tuesday, April 2, 2019

Inovasi Rumah Zakat Untuk Kemudahan Berinfak



Assalamualaikum Mama-mama hebat..
Tidak terasa yah sebentar lagi kita sudah mulai memasuki bulan suci Ramadhan, naaah...apa nih yang sudah dipersiapkan? lahir dan batin pastinya yah.

Bulan puasa memang selalu identik dengan ibadah yang meningkat, karena memang dibulan ini segala amal ibadah kita dilipatgandakan pahalanya, jangankan untuk melakukan ibadah, saat berpuasa nanti, tidurnya kita juga dihitung sebagai ibadah lho..tapi jangan terus dipakai buat tidur terus juga sih hehehe...

Membaca Al-qur'an, sholat sunnah selain sholat wajib dan bersedekah adalah jenis ibadah yang harusnya kita gaspol selama bulan puasa ini, karena seperti saya bilang tadi, pahalanya akan berlipat-lipat saat kita mau melakukanya.

Kalau untuk urusan bersedekah saya mau sedikit bercerita dan memberikan info keren nih, pasalanya pas tanggal 2 April 2019 kemarin saya dapat kesempatan hadir diacara yang digelar Rumah Zakat dalam rangka peluncuran 2 platform inovatif mereka.

Rumah Zakat yaitu badan amil profesional yang berdiri sejak 1998 ini memang selalu memberikan inovasi baru agar jangkauan zakat dan sedekah dapat tersalurkan dengan baik. Di tahun 2018 saja sudah ada 168.225 orang dari 1.183 Desa Berdaya yang menerima manfaat dari sedekah dan infak yang masuk ke Rumah Zakat.

Manfaat itu berupa bingkisan keluarga prasejahtera, berbagi buka puasa, kado Lebaran Yatim, Janda Berdaya dan Bebas Hutang. Dan rencananya di tahun 2019 ingin meningkatkan jumlah penerima manfaat ini sampai 53% atau 319.700 orang dari 1.440 Desa Berdaya diseluruh Indonesia dan 3 negara, dengan rincian 
  • 145.000 untuk Kado Lebaran Yatim,
  •  17.000 Bingkisan Keluarga Prasejahtera
  • 8.700 untuk syiar Al-Qur'an
  • 14.000 penerima manfaat Janda Berdaya
  • 3000 penerima manfaat Lebaran Bebas Hutang
Dan dengan target seperti ituah maka Rumah Zakat berinovasi agar para donatur semakin mudah dalam urusan mengeluarkan zakat dan sodaqohnya, maka dibuatlah 2 platform keren yaitu Infak.id dan Lelangbintang.com seperti apa yah platform ini, yuk kita ulik sebentar 

1. Infak.id



Ini adalah platform donasi online  yang bisa kita gunakan untuk kita dalam melakukan donasi, zakat atau sedekah, enggak perlu datang ke kantor Rumah Zakat, karena memang waktu kita kadang sangat terbatas yah...

Infak.Id ini memiliki fitur pembayaran terkini yang memudahkan donatur, Rumah Zakat bekerjasama dengan mitra paynment channel diantaranya OVO, Kaspro, LinkAja, Gopay, dan DOKU dan mitra merchant diseluruh Indonesia, jadi ini mudah sekali kita tinggal scan saja QR Code Rumah Zakat, sama seperti saat kita melakukan pembayaran menggunakan payment channel itu untuk berbelanja.

Penyerahan penghargaan secara simbolis dari Rumah Zakat kepada para mitra kerjasama


2. Lelangbintang.com



Yang ke2 ini adalah inovasi, yang konon katanya hasil ide dari 2 orang yang bekerja di Rumah Zakat ini, mereka juga yang akhirnya menjadi pimpinan dari program ini.

Yang melatarbelakangi dari program ini adalah bagaimana para fans kalau sudah gandrung dengan idolanya   apa yang ada di idolanya ini akan dipuja, termasuk barang-barang kesayangan idolanya ini, nah. di Lelangbintang.com ini para public figure ini akan melelang barang-barang kesayangan mereka dan nantinya hasil lelang ini akan di serahkan ke Rumah Zakat untuk selanjutnya diteruskan kepada yang berhak.

Penyerahan penghargaan secara simbolik Rumah Zakat kepada Ust. Oki Setianadewi yang barang kesayangannya dilelang di Lelangbintang.com


Program ini juga merujuk pada kesuksesan acara lelang offline yang digelar Rumah Zakat dan Tangan Di Atas pada Januari lalu, saat itu dana yang terkumpul hampir 1 milyar lho.. barang-barang yang dilelang diantaranya Gaun pengantin Oki Setiana Dewi, jaket dan jas Pasha Ungu, topi milik Tompi dan gaun milik Adelia Pasha.

Contoh barang yang dilelang di LelangBintang.com


Bapak Efendi selaku CEO Rumah Zakat mengharap 2 platform ini semakin memudahkan para donatur untuk melakukan donasinya, apalagi dibulan puasa ini biasanya intensitas sedekah lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasanya dan dengan kemudahan yang ditawarkan Rumah Zakat semoga kita juga bisa menyisihkan penghasilan kita dan melakukan donasi disini.



1 comment:

  1. Alhamdulillah...akhirnya ada infak.id yg bisa menjangkau sua kalangan ya, karena kita bisa bersedekah dengan nominal yg sangat menjangkau

    ReplyDelete