Sunday, October 15, 2017

Tips Menjaga Pencernaan Anak agar Tetap Sehat dengan Suplemen Probiotik INTERLAC



Segala penyakit bersumber dari perut
-Hadist-

Pencernaan memang salah satu sistem dalam tubuh kita yang sangat komplek, banyak organ yang terlibat didalamnya, ada usus, lambung, mulut, kerongkongan juga beberapa organ lain, yang kalau salah satu ada sedikit masalah, maka artinya kesehatan pencernaan bisa terganggu.



Apalagi di masa anak-anak, pencernaan sangat penting fungsinya, karena pencernaan yang baik akan sangat berpengaruh dengan tumbuh kembangnya, faktanya 80% sistem imun memang terletak di organ pencernaan yang ukurannya paling besar dalam tubuh, jadi anak dengan sistem cerna yang sehat maka dipastikan akan sehat dan tumbuh kembangnya bagus, yaitu kemampuan motorik, psikomotorik dan kognitifnya berkembang sesuai usia.

Baca juga : Bila Anak Terlambat Bicara, Lakukan ini

Tapi meski sudah dijaga, masih adaaa saja yah yang mengganggu pencenaan anak anak ini, dari jaman anak pertama sampai ketiga ini, saya lumayan sering menghadapi masalah dengan perut mereka, kalau tidak diare ya mukanya merah saat BAB karena harus mengejan akibat konstipasi, padahal saya selalu menjaga asupan serat yang mereka makan.

Sebenarnya secara garis besar, ada 4 jenis gangguan yang terjadi di saluran cerna anak, yaitu :
  1. Diare yaitu frekuensi BAB yang meningkat dibandingkan biasanya, feses lebih encer bahkan bisa sangat cair, untuk beberapa kasus diare ini bisa sangat berbahaya, 31,4%  penyebab kematian bayi dan 25% balita adalah diare ini, anak yang diare biasanya akan kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, dan hal inilah yang menjadikan diare ini salah satu gangguan pencernaan yang berbahaya.
  2. Konstipasi atau lebih umum disebut sembelit yaitu frekuensi BAB yang berkurang dan feses yang keras dan besar, biasanya para orang tua agak cuek dengan jenis gangguan pencernaan yang satu ini, padahal bila teru dibiarkan maka akan bisa menyyebabkan wazir dan pendarahan diarea dubur lho..
  3. Gumoh yaitu muntah ringan pada bayi dengan mengeluarkan sedikit isi lambung, ini biasanya terjadi kalau si bayi tidak disendawakan sesaat setelah mendapat ASI.
  4. Kolik yaitu keadaan bayi menangis terus-menerus secara berlebihan,setidaknya 3jam perhari 3 hari seminggu tanpa sebab yang jelas, ini yang menjadi momok buat Ibu baru, karena menghadapi bayi yang nangis ngejer-ngejer disertai perut yang kaku bukanlah persoalan mudah.

Naah..belajar dari pengalaman dari anak-anak saya ini, saya jadi bisa sedikit berbagi tentang tips menjaga menjaga pencernaan anak agar tetap sehat :

1. Berikan ASI untuk bayi 0-6 bulan
Tidak perlu menjadi perdebatan lagi sepertinya yah.. kalau ASI adalah makanan terbaik buat bayi, terutama sampai usia 6 bulan, komponen ASI sangat lengkap dan pas untuk pencernaan si kecil

2. Perhatikan asupan makanannya
Kalau ini memang butuh usaha keras yah.. anak-anak memang maunya makan yang instan, manis dan gurih, ini tantangan sebenarnya buat kita para orang tua, karena asupan makanan yang baik akan mampu menjaga sistem saluran cerna anak-anak.



Satu porsi makanan utama atau cemilan sebisa mungkin berisi semua zat gizi yang baik, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan berbagai asam lemak esensial yang baik untuk pencernaan anak, juga jangan lupakan serat 25 -35 gram setiap hari agar proses pencernaan berjalan lancar.

3.Ajak anak bergerak
Pernah tidak membayangkan kalau usus sebagai salah satu organ pencernaan dalam tubuh kita ini cara kerjanya seperti kaus kaki yang dimasuki bola tenis ? kalau hanya didiamkan saja, maka isinya tidak akan bergerak, tapi kalau kita sedikit menggerak-gerakkanya maka bola tenis itu akan bergerak turun, gerakan d iusus itu dinamakan gerak peristaltik dan akan sangat baik untuk pencernaan.

Jadi ajak anak kita agar senang berolah raga dan aktif bergerak, memang sih... anak jaman now sudah sangat dimanjakan dengan teknologi dan gadget, mereka hanya duduk nyender manjah di sofa maka semua hiburan visual maupun audio bisa mereka dapatkan, maka tak heran kalau anak-anak ini lebih rentan mendapat masalah pencernaan.



4. Konsumsi Probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme hidup  di saluran cerna dan memegang peranan penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.

Probiotik berasal dari bahasa Yunani,  pro (untuk)  dan bios (hidup),  jadi bisa dikatakan probiotik ini untuk kehidupan, atau komponen penting untuk berlangsungnya kehidupan.

Probiotik ini sebenarnya bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh kita,  namun kita juga bisa mendapatkan probiotik ini dari makanan atau minuman yang kita konsumsi,  yoghurt adalah salah satu yang paling banyak dikenal orang sebagai sumber probiotik. 

Probiotik ini bukan obat lho...jujur sebenarnya di awal saya juga mengira kalau probiotik ini adalah obat, masalahnya saat Hania berusia sekitar 4 tahun pernah mengalami yang namanya sembelit/konstipasi, jadi saat BAB susah sekali, sampai memerah wajahnya, dan kalaupun keluar hanya seperti kotoran kambing, dan sangat keras, pernah sampai sedikit berdarah.

Nah.. karena kuatir akhirnya saya membawanya untuk berkonsultasi ke dokter. dan beliau menyarankan untuk mengkonsumsi probiotik, waktu itu dokter merekomendasikan merek INTERLAC,  karena dianggap merek itu yang paling bagus, dokter juga mengatakan kalau INTERLAC ini tidak hanya untuk sembelit, tapi juga bisa digunakan saat anak diare,

Ingin tahu bagaimana kronologis dan tahapan penyembuhan Hania saat konstipasi dan saya beri INTERLAC :
  • Hari 1 awal saya beri INTERLAC dengan dosis 5 tetes oral drop di pagi hari, waktu itu perut Hania menjadi agak sedikit kembung, mungkin ini efek perkenalan dari pemberian probiotik ini, tapi belum bisa BAB
  • Hari 2 kembali saya beri INTERLAC dengan dosis yang sama, siang harinya sudah mulai BAB tapi masih agak sedikit keras.
  • Hari 3 saya memberi INTERLAC , kali ini Hania sudah mulai bisa BAB dengan nyaman dan fesesnya sudah mulai tidak keras, sehingga dia tidak perlu mengejan lagi.
  • Hari 4 dan seterusnya Hania sudah mulai bisa BAB setiap hari, kalau sebelumnya 2-3 hari sekali, fesenya tidak keras dan tidak berbau terlalu menyengat, perutnya tidak membuncit dan nafsu makannya membaik
Tapi sayangnya waktu itu saya tidak tahu kalau produk ini bisa dikonsumsi terus menerus, jadi setelah pemakaian hari ke 10 saya malah mengehentikan pemakaiannya, karena memang pengetahuan saya tentang produk ini masih minim, ditambah lagi waktu itu saya lupa untuk menanyakan ke dokter tentang boleh tidaknya pemakaian dilanjutkan setelah keadaan membaik.

Dan ternyata oh ternyata,  saya jadi kebiasaan menggunakan INTERLAC ini,  apalagi di klinik perusahaan tempat Abinya anak-anak bekerja juga tersedia,  jadi setiap anak-anak mengalami masalah pencernaan saya larinya ke INTERLAC.





Meskipun sudah lumayan lama sebagai usernya, sebenarnya saya masih menganggap kalau Interlac ini obat diare atau sembelit, sampai suatu hari salah seorang teman mengundang saya untuk hadir di acara Blogger Gathering bersama INTERLAC, dalam rangka kampanyenya INTERLAC Probiotic - Healthy Tummy Happy Baby wah.. kesempatan nih, saya jadi bisa tahu lebih banyak tentang suplemen yang masih saya anggap sebagai obat ini.

Acara gathering yang digelar di Harlequin Resto,  Pondok Indah Mall ini memang terbilang spesial,  Mom Blogger yang hadir di treat dengan sangat baik,  ruangan resto sepertinya juga dimakeover khusus buat event ini dan membuat suasana terasa nyaman.



Berasa spesial


Suasana Gathering,  sumber foto : Ig @interlacprobiotic


Acara yang menghadirkan dr.Intan Diana Sari yang juga selaku Head off Medical PT.Interbat, distributor dari INTERLAC ini menjelaskan, apa itu probiotik dan bagaimana cara probiotik ini bekerja dalam tubuh.

dr. Intan Diana Sari
Teori penguatan sistem imun lewat pencernaan sebenarnya sudah lama diteliti, seorang penemu Elie Matchnikoff mengungkapkan tentang probiotik ini dalam penemuannya, yang dianggap bisa mencegah pengotoran diusus, beliau menyatakan tentang mikroorganisme hidup yang mampu melawan bakteri merugikan didalam usus.

Penemu ini meneliti masyarakat pedesaan di Bulgaria, yang notabene lebih sehat pencernaanya karena mengkonsumsi susu asam dan terkandung probiotik didalamnya, padahal mereka sering dihadapkan pada keadaan kesulitan pangan dan cuaca ekstrem.

Elie Metchnikoff


Jadi pada dasarnya probiotik diperlukan tubuh untuk melawan koloni bakteri jahat dalam sistem pencernaan didalam tubuh manusia, istilahnya probiotik ini penjaganya usus dari serangan bakteri jahat, dan jenis probiotik yang dikenal sejak abad ke 20 adalah Lactobacillus yang berkhasiat sabagai anti radang dan mampu menstimulasi sistem imun dengan baik



Saya sempat berpikir, kenapa saat anak-anak saya diare atau konstipasi, dan lalu mereka saya beri INTERLAC,  maka gangguan pencernaan tersebut akan berakhir? ternyata saat anak-anak saya sedang diare atau konstipasi itu artinya didalam usus mereka membutuhkan probiotik untuk melawan bakteri jahat yang masuk kedalam usus dan menyebabkan gangguan pencernaan tersebut.


Dan ternyata kurangnya jumlah probiotik  didalam pencernaan tidak hanya menyebabkan diare dan konstipasi saja lho.. tapi juga kembung, sering bersendawa, bau mulut, perut nyeri, tinja berbau sangat busuk, makanan tidak tercerna sempurna dan penurunan berat badan.

Dan kenapa INTERLAC ? kalau saya sederhana saya jawabannya, karena direkomendasikan oleh dokter anak-anak saya, dan memang terbukti buat saya, tapi dibalik rekomendasi dokter itu ternyata memang ada pakem pemilihan probiotik yang baik itu seperti apa,  yaitu yang  memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh WHO :
  • Berasal dari manusia
  • Dapat bertahan hidup disaluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat anti mikroba
  • Mampu melawan bakteri jahat
  • Terdokumentasi penelitian yang baik

Dan dari keenam syarat itu ada pada INTERLAC,  bahkan sampai akhir 2016 ini produk ini sudah teruji klinis di lebih dari 160 penelitian, pada 13.000 pasien, termasuk diantaranya 2.000 bayi prematur, 5.000 bayi dibawah usia 3 tahun , 2.500 anak dan remaja 4-18 tahun dan 3.600 pasien dewasa, dari semua pengujian itu ditemukan bahwa INTERLAC aman dan bermanfaat, dan ini menunjukkan kalau produk ini bisa digunakan untuk semua umur, bahkan untuk bayi yang baru lahir.

Kenapa INTERLAC dianggap probiotik paling baik? karena seperti saya sebutkan tadi kalau jenis probiotik yang paling umum dikenal adalah Lactobacillus, dan yang paling menonjol adalah jenis lactobacillus reuteri protectis, yang terkandung dalam INTERLAC, komponen probiotik yang juga sudah dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan Bioteknologi asal Swedia yang memproduksinya, perusahaan ini dianggap yang paling baik di dunia dalam hal probiotik. 

Nah.. di Indonesia PT.Interbat ini bekerjasama dengan BioGaia untuk memasarkan produk INTERLAC ini, itulah sebabnya saat kita keluar negeri produk ini lebih dikenal dengan sebutan BioGaia, khusus di Indonesia saja, merek dagangnya jadi Interlac, ini penjelasan dari Bapak Muhammad Nurhadi selaku Brand Manager Interlac.

Bapak Mohammad Nurhadi


Kalau selama ini saya tahunya INTERLAC ini hanya untuk mengatasi diare dan konstipasi, ternyata masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dengan rutin mengkonsumsinya :

  • Menjaga kesehatan saluran cerna
  • Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh) dan kembung
  • Terapi dan penegahan infeksi jamur dalam sistem cerna
  • Terapi dan pencegahan kolik
  • Terapi dan pencegahan NEC ( Necritizing Enterocolitis) penyebab nomer 1 kematian pada bayi prematur
  • Maningkatkan sistem imun dan mencegah alergi
  •  Meningkatkan sistem syaraf pada bayi
  • Terapi sakit perut pada anak-anak
  • Mengurangi efek samping antibiotik, karena saat mengkonsumsi antibiotik semua bakteri akan dimatikan,  tak peduli yang baik atau jahat,  dan bila dibarengi dengan konsumsi INTERLAC maka kita akan bisa mengembalikan bakteri baik itu dalam usus. 
  • Terapi pendamping antibotik untuk infeksi.

Dari penjelasan kedua narasumber diacara ini, langsung menepis anggapan saya kalau Interlac ini adalah obat diare atau konstipasi, tapi merupakan suplemen probiotik, jadi bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, agar pencernaan terjaga kesehatannya, berdasar pengalaman saya biasanya di 5 - 7 hari penggunaan Interlac ini maka masalah pencernaan akan beres, tapi untuk imunitas bisa dikonsumsi terus-menerus, selain itu karena produk ini membuat perut anak nyaman jadi bisa meningkatkan nafsu makannya. 




Selain itu ternyata INTERLAC ini juga bebas laktosa, itulah kenapa dokter merekomendasikan untuk Hania yang memiliki gangguan fokus atau ADHD, dan harus benar-benar membatasi konsumsi laktosa yang berasal dari susu sapi.

Ada beberapa jenis sediaan INTERLAC ini, kalau Hania memang diawal mendapat rekomendasi dari dokter adalah bentuk drop atau tetes tapi semakin kesini lebih memilih yang chewy (tablet kunyah) , karena rasanya lebih enak, lebih jelasnya ini adalah bentuk sediaan INTERLAC :

INTERLAC Oral Drop 
aturan pakai : 5 tetes , 1X sehari atau sesuai anjuran dokter
  • Kocok dengan baik sebelum digunakan
  • Dianjurkan menggunakan sendok
  • Rasanya netral
  • 1 botol = 125 tetes untuk 25 hari
  • Harga Rp 250.000 - Rp 275.000 perbotol 


INTERLAC Sachet
Aturan pakai : 1 sachet 1X sehari atau sesuai anjuran dokter
  • Larutkan dengan sedikit air
  • Dianjurkan menggunakan sendok
  • Rasa netral untuk bayi dan anak-anak
  • 1 box = 30 sachet
  • Harga  Rp 8.000 - Rp 10.000 per sachet


INTERLAC Tablet Kunyah Straberry
Aturan pakai  : 1 tablet kunyah , 1X sehari atau sesuai anjuran dokter
  • Cocok untuk anak diusia 4 tahun keatas, atau sudah mulai bisa mengunyah.
  •  1 Box isi = 30 tablet kunyah
  • Harga Rp 270.000


INTERLAC Tablet Kunyah Lemon
Aturan pakai : 1 tablet kunyah, 1X sehari
  • Cocok untuk anak usia 4 tahun keatas atau yang sudah pandai mengunyah
  • 1 box isi = 30 tablet kunyah 
  • Harga Rp 270.000

Naah.. sudah ada bayangan kan, kalau ingin mulai menggunakan INTERLAC tinggal pilih yang mana, bisa drop, serbuk atau tablet kunyah, kalau untuk tablet kunyah harus hati-hati menyimpannya yah.. karena rasanya enak biasanya anak akan minta terus, karena dikira perman biasa.

Ini INTERLAC yang paling disukai Hania


Kalau untuk drop dan sachet rasanya plain (tawar)  jadi tidak akan ada drama saat memberikan untuk si kecil,  bisa langsung diberikan,  atau campur dengan sedikit air,  tapi kalau masih kerepotan juga bisa dicampurkan pada susu atau makanan kesukaannya,  tapi pastikan makananya dihabiskan yah...

Setiap kali pemberian hanya sebanyak ini,  jadi sangat hemat. 

Hania nungguin tetesan INTERLAC 


Makanan sehat dan suplemen probiotik untuk pencernaan sehat anak


Lalu bagaimana bisa membeli produk ini ya? kalau saya sarankan sebaiknya di toko obat atau apotek, salah satunya Guardian karena saya biasanya membeli disitu, tapi ternyata Interlac ini juga bisa di beli  secara online di Go-Med, Halodoc atau Lazada

Mungkin ada yang menyinggung nih.. harganya mahal beut yah.. tapi kalau dilihat  manfaatnya sepertinya sebandinglah, apalagi dosis pemakainnya hanya 1X sehari, jadi kalau dihitung-hitung lumayan hemat.

Dari penjelasan saya yang panjang lebar diatas, bisa disimpulkan yah kalau INTERLAC ini memiliki banyak kelebihan, yaitu :
  • Probiotik dalam INTERLAC adalah jenis terbaik yaitu Lactobacillus reuteri Protectis, yang direkomendasikan dokter di lebih dari 90 negara.
  • Produk impor dari produsen probiotik yang terbaik, BioGaia dari Swedia.
  • Bisa dikonsumsi siapa saja, dari bayi sampai dewasa, bahkan bayi baru lahir.
  • Variasi sediannya lengkap mulai dari oral drop, serbuk sachet dan tablet kunyah
  • Rasanya plain, jadi mudah dalam pemberian ( untuk jenis oral drop dan serbuk sachet)
  • Formulanya bebas laktosa sehingga aman untuk anak dengan alergi susu sapi. 
  • Hemat, karena hanya 1X pemberian setiap hari
  • Efektif untuk diare dan konstipasi
  • Mudah didapatkan di apotek dan toko obat, baik offline maupun online
  • Aman dikonsumsi dalam jangka panjang untuk saluran cerna yang sehat.
  • Aman karena sudah teruji oleh 13.000 individu, bahkan pernah diujikan pada ODHA.
  • Membuat perut nyaman dan ini bisa membuat nafsu makan anak meningkat. 

Untuk tahu lebih banyak tentang INTERLAC ini sila mengunjungi situs dan akun media sosialnya :
  • Website : www.interlac-prebiotic.com
  • Instagram : @Interlacprobiotic
  • Facebook   : interlacprobiotic








7 comments:

  1. Buat anak-anak yang alergi susu sapi aman ya mbak minum Interlac ini karena bebas laktosa tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak saya juga alergi susu sapi, aman mengkonsumsi ini.

      Delete
  2. Baru tahu dengan Interlac ini, iya ponakaku pencernaan nya kurang sehat. Makan banyak tapi badan kurus, karena setelah makan ga lama dia BAB. Selain itu memang sangat bau saat buang angin juga. Bisa saya rekomen ini untuk kesehatan pencernaan nya.

    ReplyDelete
  3. aku baru kenalan dengan interlac ya baru event ini, dan memang bagus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget, Hania sekarang pakai terus.

      Delete