Selasa, 22 Maret 2016

Bermain Seru dengan Papan Permainan BoboiBoy Jagoan Indomilk





Inget enggak kalau dulu kita masih anak-anak papan  permainan apa yang akrab dengan kita ?

Yang seumuran atau lebih tua dari saya pasti menjawab Monopoli, Ular tangga atau Halma.

Dan sadar enggak kalau  sekarang permainan itu semakin ditinggalkan oleh anak-anak kita? Coba saja letakkan halma, kalau masih ada nih papan permainannya, pasti mereka bingung bagaimana memainkannya, ya.. berbagai  permainan di gadget lebih menarik perhatian mereka tampaknya.

Padahal manfaat di balik papan-papan permainan itu besar sekali lho.. selain mengasah kognitif anak dengan berpikir strategi apa nih yang dipakai untuk bisa menang di permainan itu juga meningkatkan perkembangan sosial anak, karena lewat permainan-permainan itu anak di ajak untuk mengikuti aturan yang ada seperti menunggu giliran dia main atau bagaimana bersikap saat dia kalah dan menang.

Selain itu papan permainan itu juga mendorong anak untuk berinteraksi dengan lawan mainnya, satu lagi nilai baik yang bisa ditanamakan didalam diri anak, mengurangi sifat egosentris yang semakin besar apalagi anak terbiasa main sendiri dengan gadgetnya.

Sepertinya hal inilah yang melatarbelakangi Indolakto dengan salah satu produk susunya Indomilk untuk meluncurkan “Papan Permainan Indomilk Jagoan BoboiBoy” .

Acara peluncuran yang secara resmi digelar di Restoran Bunga Rampai tangal 16 maret 2016 kemarin juga menghadirkan seorang Psikolog Saskhya Aulia Prima M.Psi, yang juga mengatakan papan permainan edukatif semacam ini bisa jadi media pengembangan diri yang baus buat anak-anak, terutama mengangkat kembali kemampuan anak untuk berinteraksi dengan orang lain.


Acara peluncuran papan permainan BoboiBoy Jagoan Indomilk

 Dari pihak Indomilk yang diwakili oleh Ibu Vanda Ratana selaku Marketing Manager Indomilk Liquid PT.Indolakto mengungkapkan :


"Indomilk yang selalu berkomitmen meningkatkan gizi anak Indonesia dengan produk-produk Indomilk yang berkualitas dan mampu memenuhi asupan nutrisinya, dan dengan diluncurkannya papan permainan Indomilk jagoan BoboiBoy ini diharapkan lebih meningkatkan kemampuan kognitif dan interaksi si anak, dan kenapa memilih BooiBoy sebagai karakter di permainan ini karena tokoh ini sudah akrab dengan anak-anak, juga di serial BoboiBoy ini peran kesetaraan gender terlihat jelas, karena salah satu tokoh utamanya juga perempuan yaitu Yaya."
Ibu Vanda Ratana

Saya yang menghadiri acara itu bersama dua krucil kebanggaan, Ali dan Hania juga sempat mencoba papan permainan itu, dan ternyata memang lumayan seru sih.. Ali berkali-kali menang, dan saya kalah.. heran dari dulu saya tiap main permainan papan semacam ini selalu saja kalah *sebel*


Tapi  apa memang sehebat itukah fungsi suatu permainan edukatif buat seorang anak, sang Psikolog  juga menjelaskan kalau dengan papan permainan tak hanya ada menang kalah, tapi juga ada tanggung jawab dan anak akan berinteraksi dengan orang lain, saat main game di gadget anak akan cenderung mengendalikan, tapi bila bermain dengan lawan sepermainannya di depan papan permainan anak harus mengikuti aturan yang dibuat bersama, ini memupuk rasa perduli dan disiplin anak lho..


Cara Bermain papan permainan BoboiBoy Jagoan Indomilk

Jadi permainannya seperti ini, pertama-tama kita siapkan papan permainan utamanya, ini bisa kita download di www.indomilk.com  papan permainan bertema antarilksa itu juga bisa didapatkan dengan membeli beberapa biji susu cair Indomilk ukuran tertentu.

Siapkan papan permainan BoboiBoy Jagoan Indomilk


Selanjutnya kita juga harus menyiapkan karakter-karakter yang jadi jagoan di permainan itu, caranya bisa dengan menggunting bagian belakang kotak susu cair Indomilk ukuran 190 ml atau 115 ml, tiap karakter memiliki kekuatan dan kemampuan berbeda.

Ada 24 karakter yang tersedia sesuai dengan nama dan karakter di serial BoboiBoy, seperti BoboiBoy, Fang , Gopal, Yaya dan teman-temannya BoboiBoy.

Dapatkan Jagoan yang akan dimainkan dibelakang kemasan susu Indomilk

Perhatikan kemampuan tiap jagoan di sebelah kanan bawah
Perhatikan aturan mainnya yah..

Cara bermainnya pun sederhana tiap pemain mendapatkan gilirannya dengan cara suit, dan setiap kali menang suit pemain bisa menjalankan jagoannya diatas papan permainan yang terdiri dari kotak-kotak mirip dipermainan catur, beberapa karakter memiliki kemampuan berbeda, seperti bisa maju dua kotak, jalan menyamping atau bisa mendorong jaoan lawan 2 kotak kebelakang.

Ali asyik main papan permainan BoboiBoy Jagoan Indomilk


 Permaianan ini sederhana banget memang tapi kalau sudah mencoba lumayan seru koq.. hanya saja papan permainan yang kita download dan print menggunakan kertas tipis itu kadang gampang sobek, akan lebih baik kayaknya kalau papan permaianannya terbuat dari karton yang agak tebal, pasti lebih seru.. soalnya saat bermain enggak jarang anak-anak mendorong karakter jagoannya lumayan keras, itu yang membuat papan permainan ini sobek.Atau kalau mau sedikit repot bisa melapisi lembar permainan ini dengan kertas karton, jadi lebih awet.

 Dan untuk memilih karakter sebaiknya berbeda-beda yah.. jadi mulai sekarang saat membeli susu Indomilk cair perhatikan dulu bagian belakangnya, kalau bisa ke 24 karakter itu kita punya, lumayan ngasih kerjaan buat para Emak sih.. tapi percaya deh.. seru banget koq.

Jadi untuk sesaat bolehlah tinggalkan si Mr.gadget dan main bareng anak-anak dengan papan permainan Indomilk Jagoan BoboiBoy kayaknya bakalan jadi ide menarik untuk menghabiskan hari, selain jadi lebih akrab sambil berharap semua manfaat dari permainan ini kita dapat.

Kejutan penampilan D'Masiv di akhir acara 

Huwaa.. ada D'masiv
.

Ada kejutan menyenangkan yang diterima para undangan Prescon peluncuran papan permainan  BoboiBoy jagoan Indomilk ini, karena dia akhir acara grup band D'Masiv yang tersohor dengan lau " Jangan Menyerah" itu hadir dan menghibur para undangan.

Kontan saja semua yang hadir merapat ke area panggung yang memang tidak terlalu luas itu, 3 lagu hits mereka mengalun merdu dan hampir semua yang hadir hafal lagu-lau yang dibawakan oleh Ryan sang vokalis.

Saya sendiri yang kebetulan saat acara duduk sisi kanan panggung berpindah otomatis tepat di depan panggung, jadi puas banget deh lihatnya :)

D'Masiv ini memang bisa dibilang penyanyinya serial BoboiBoy, karena di salah satu lagu mereka "Di Bawah Langit Yang Sama" merupakan soundtrack untuk BoboiBoy The Movie, kalau saya pribadi paling menikmati lagu "Jangan Menyerah", mewakili sekali semangat yang tak pernah boleh padam, dan saat mendenar lagu itu ada motivasi kuat untuk bangkit, terbawa perasaan saja atau apa yah.. tapi sering mengalami yang seperti itu lho.

Mungkin karena lagu-lagu D'Masiv yang cenderung memotivasi inilah jadi grup band ini terpilih untuk memberikan semangat untuk anak-anak Indonesia agar terus berjuang mencapai cita-cita.

dan akhirnya hari itu saya bersama anak-anak bersyukur karena banyak sekali pengalaman seru dan menyenangkan hari itu, saya bersyukur karena bisa ngajak anak-anak jalan dan ikut acara keren, dan anak-anak bersyukur punya Emak yang sering diundang ke acara keren hehe..


Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
jangan menyerah
jangan menyerah
 



16 komentar:

  1. Kayaknya ada yg baru nih dari Indomilk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Wah serunya ^_^
    ada bintang tamunya gitu jadi makin seru. Eh tapi anak-anak pada kenal dmasiv gak ya?

    BalasHapus
  3. Board game emang seru yaa. Ini juga sebagai cara biar anak2 ga selalu main gadget. Biar ada variasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyanak buat variasi mainan anak..

      Hapus
  4. Terbaik, pas banget nih anak kita bisa main bareng- bareng sama teman nya.Biar ga mainan game di hp terus

    BalasHapus
  5. Terbaik, pas banget nih anak kita bisa main bareng- bareng sama teman nya.Biar ga mainan game di hp terus

    BalasHapus
  6. Terbaik, pas banget nih anak kita bisa main bareng- bareng sama teman nya.Biar ga mainan game di hp terus

    BalasHapus
  7. Tulisannya keren. Enak dibacanya, alurnya menarik. Seru ya Mak acaranyaaaa. Kok kita kemarin ngga ketemu ya? Hehe. Mudah-mudahan bisa ketemuan di acara selanjutnya ya Maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Mak.. saya sibuk ama anak-anak kemaren.
      Amiin, mudah-mudahan bisa ketemuan.

      Hapus
  8. ayo koleksi yang banyak

    BalasHapus