Minggu, 09 Agustus 2015

Nutritalk Agustus: Meski Alergi Susu Sapi Anak Bisa Tetap Tumbuh Optimal

Nutritalk Agustus meski alergi susu sapi anak tetap tumbuh optimal, hari Jum'at tanggal 7 Agustus 2015 kemarin saya menghadiri salah satu acara yang memang secara rutin  diadakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa, satu situs bentukan PT. Sari Husada untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat terutama yang peduli dengan gizi dan nutrisi anak.

Tema acara ini berkaitan dengan masalah alergi pada anak, terutama alergi pada susu sapi, beberapa narasumber yang dihadirkan sangat kompeten sekali malah ada satu satu ahli masalah alergi ini yang langsung datang dari negara Belgia, jauh ya..

Ngomongin masalah alergi saya jadi keingetan anak kedua saya, Ali si jagoan saya ini saat baru lepas ASI saya coba-coba kasih susu dengan merek yang lumayan kesohor, tapi reaksi di tubuhnya lumayan serem.. muncul bintik-bintik merah di sekitar mulut dan lidahnya, trus enggak lama malah diare dan muntah-muntah, nah lho...maksud hati ingin anak sehat dengan menambahkan susu sapi di list makanannya tapi malah kacau.Setelah konsul ke Dokter baru saya tahu ternyata Ali mengalami alergi susu sapi, waduhh .. bingung banget saya, karena yang saya tahu sumber gizi yang bagus dan mudah diserap ya susu, lha kalau enggak minum susu gimana donk ? Dokter menyarankan konsumsi susu untuk anak dengan alergi susu sapi dan harganya amboii.. mahal bo!

Kembali ke bahasan Nutritalk yuk..dan ternyata apa yang menimpa Ali anak saya ini juga banyak dialami anak-anak di Indonesia dan seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri 1 dari 25 anak mengidap alergi susu sapi, begitu yang disampaikan salah satu nara sumber di Nutritalk kali ini, DR. Dr.Zakiudin Munasir sp(A)K, masih menurut beliau kalau alergi ini terbesar menyerang pernafasan (51,5%) selanjutnya gejala pada kulit serupa eksim ( 48,7 %) sisanya baru dengan gejala gangguan di pencernaan (39,3 %)

Selain Dr.Zaki yang memberikan penjelasan tentang alergi ada anak, juga ada nara sumber lain yang sangat kompeten di sini, yaitu Prof. Yvan Vandenlas, salah satu akar masalah pencernaan makanan dan nutrisi anak dari Vrije Universiteit Brussel, Belgia.

Menurut Prof.Yvan dengan bahasa inggrisnya yang sangat lancar itu menjelaskan, berdasar penelitian yang di lakukan di Amerika Serikat oleh Robbins KA (2014) terhadap 6.189 anak berusia 2-17 tahun, memperlihatkan secara signifikan bahwa anak yang memiliki alergi makanan dengan sejarah alergi susu sapi memiliki rata-rata tinggi badan, berat badan dan Indeks massa tubuh lebih rendah dibanding anak yang tanpa sejarah alergi susu sapi..nah lho.. jadi begitu pentingnya perhatian orang tua tentang alergi susu sapi ini ya..

Meskipun pada dasarnya anak dengan alergi susu sapi bisa hilang dengan sendirinya saat anak berusia 3 tahun ( hanya 13% anak yang masih alergi saat sudah 3 tahun) tapi yang jadi perhatian bukankah perkembangan paling signifikan anak saat 1000 hari pertamanya? itu artinya di usia dibawah 3 tahun, jadi di usia itu saat anak kita mengalami alergi susu sapi kita harus tanggap dan mencarikan solusinya, agar kebutuhan asupan gizi anak kita terjaga.

Oleh karena itu PT.Sari husada sebagai salah satu produsen susu di tanah air, merasa perlu memberikan perhatian khusus untuk masalah alergi pada susu sapi ini, beberapa diantaranya dengan diluncurkannya produk susu SGM Soya, susu khusus dengan rotein kedelai sebagai pengganti susu sapi dengan harga terjangkau, sayang saat produk ini beredar dipasaran anak saya Ali sudah tidak konsumsi susu soya lagi, padahal harganya lumayan murah dibanding susu soya sejenis.

Selain itu Sari Husada juga meluncurkan situs untuk mendeteksi apakah anak kita alergi susu sapi atau tidak nama situsnya www.kenalialergi.com, di situ ada kuissioner tentang alergi pada anak.

Tampilan situs www.kenalialergi.com



Masih menurut Pak Olivier nih yah... kalau sari Husada memiliki komitmen untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia melalui cara-cara seperti diatas, jadi dengan kata lain anak dengan alergi susu sapi juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.


Setelah pemaparan dari para narasumber kami berkesempatan untuk memberikan beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh narasumber, selanjutnya juga ada pengumuman pemenang Livetweet yang diadakan sepanjang acara berlangsung, dan tak lupa juga pembagian doorprize, seperti biasa seperti acara lain yang saya ikuti saya kembali dapat zonk sodara-sodara... tapi tak apalah karena ilmu tentang alergi susu sapi kali ini sangat bermanfaat buat saya, semoga di Nutritalk selanjutnya yang memang secara rutin diadakan tiap bulannya ini kembali mengangkat masalah tumbuh kembang anak yang relevan dengan kebutuhan informasi Ibu-ibu seperti saya ini, dan yang pastinya berharap saya kembali di undang hehe.. agar bisa terus berbagi disini.

Acara nutritalk di bulan agustus ini sangat menarik apalagi kami  undangan di beri kesempatan untuk mencoba situs terbaru bentukan Sari Husada ini dan langsung mendapat kenang-kenangan setelahnya...bahagianyaa.


   






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar