Rabu, 02 Agustus 2017

#CelebratetheExtraOrdinary Kampanye Untuk Merayakan Momen Kehamilan dan Menyusui yang Istimewa




“Salah satu kehebatan wanita adalah mereka terpilih untuk  melahirkan generasi-generasi pemimpin di bumi”
~Anonimous~

Bersyukurlah kita menjadi yang “terpilih” itu, menjadi seorang wanita.

Namun proses untuk melahirkan pemimpin-pemimpin itu bukanlah hal sederhana dan mudah, banyak sekali tantangan yang mesti dihadapi, mulai dari persiapan hamil, masa kehamilan dan menyusui, semua tahap itu sangat penting untuk menentukan generasi seperti apa nantinya yang akan dihasilkan.


Saya ingat betul, saat hamil anak pertama, 16 tahun yang lalu, pengetahuan tentang kehamilan saya waktu itu benar-benar minim sekali, apalagi arus informasi tidak segencar saat ini, saya hanya mendapatkan informasi tentang kehamilan, termasuk do & don't serta segala mitos yang menyertainya dari teman-teman saya. 

Dan ternyata informasi yang saya dapatkan itu lebih banyak mitosnya, seperti orang hamil tidak boleh makan anggur, katanya biar enggak hamil anggur atau orang hamil tidak boleh mengecat rumah, kalau enggak ingin anaknya belang kulitnya *aneh kan* , dan ini lumayan membuat bingung lho.. apalagi ini pengalaman pertama, karuan saja saya yang waktu itu juga relatif masih muda lalu dikucurin informasi yang seringkali menyesatkan itu kadang membuat jengah juga.

Di saat hamil pertama ini saya sangat tergantung dengan sosok Ibu saya sebagai pendukung dan tempat bertanya semua hal,  karena beliau yang lebih berpengalaman,  dan saya merasa sreg, istilahnya kalau Ibu yang ngomong bener aja bawaannya.


Bersyukurlah para Ibu masa kini..informasi sudah semakin mudah didapat, para ibu hamil juga semakin terfasilitasi dengan baik, karena memang momen hamil dan menyusui adalah perjalanan  luar biasa yang dilewati seorang wanita, berat namun menyenangkan, memperhatikan setiap tahapnya selalu menggembirakan.

Menganggap kehamilan dan menyusui adalah perjalanan luar biasa inilah, membuat salah produsen susu khusus Ibu hamil dan menyusui Anmum dan Fonterra Brands Indonesia melakukan studi yang berkenaan dengan itu, dan berdasar hasil studi itu ternyata masih banyak Ibu hamil di Indonesia ini yang masih terbatas pengetahuannya tentang nutrisi yang dibutuhkan saat hamil dan menyusui.




Tidak hanya itu saja, ternyata orang-orang disekitar Ibu hamil dan menyusui ini juga terkadang cuek dengan kebutuhan para Ibu hamil dan menyusui ini, sedihnya..padahal dukungan dari orang-orang terdekat ini sangat penting sekali, Suami, Orang tua atau Mertua merupakan komponen penting yang seharusnya intens memberikan dukungan baik secara nutrisi maupun psikologis kepada mereka.

Andriani Ganeswari selaku Corporate Communication Manager Fonterra Brands Indonesia menjelaskan tentang studi yang dilakukan oleh FBI mengenai tantangan Ibu hamil dan menyusui ini melibatkan Ibu baru ( hamil anak pertama) dan Ibu berpengalaman ( hamil anak ke2 dan seterusnya) ternyata ada beberapa perbedaan yang lumayan signifikan lho hasilnya, seperti Ibu baru lebih emosional dan butuh dukungan lebih dari orang tua/ mertua, namun mereka lebih memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk dirinya dan janin yang dikandungnya.

Sedang untuk Ibu berpengalaman dukungan dari suami lebih mereka butuhkan, dan mereka cenderung lebih santai tapi sayangnya Ibu berpengalaman ini kurang memperhatikan nutrisi untuk dirinya juga janin yang dikandungnya, mungkin karena mereka juga harus memperhatikan anak-anaknya yang lain



Studi ini seperti mengingatkan saya saat hamil anak pertama dulu,  meski banyak sekali mitos yang harus saya dengar,  tapi saya tetap sangat memperhatikan asupan nutrisi untuk saya dan janin yang saya kandung,  apalagi Ibu saya juga selalu siap menyediakan menu-menu yang baik untuk kami.

Tapi saat kehamilan anak ke2, saya merasa perhatian tentang asupan nutrisi saya lebih banyak pada si kakak yang waktu itu masih balita,  dan membutuhkan gizi yang baik, apalagi saat itu saya sudah tidak lagi tinggal bersama Ibu saya.

Padahal seharusnya tiap kehamilan itu harus di hadapi sebagai sesuatu yang luar biasa,  tidak perduli kehamilan keberapapun.

Naah..untuk itu Anmum gencar menyuarakan kampanyenya #CeebratetheExtraordinary untuk mengajak para Ibu hamil dan menyusui juga orang-orang terdekatnya untuk lebih aware dengan proses itu , kampanye ini seperti ingin menyampaikan 

"Ayo..kalian para Ibu hamil dan menyusui juga orang-orang terdekatnya, kalian ini sedang menyiapkan generasi pemimpin, jaga kesehatan, siapkan nutrisinya, agar kelak anak-anak ini menjadi generasi yang unggul'

Kira-kira seperti itulah tujuan kampanye itu, hal ini juga yang disampaikan saat kampanye ini diluncurkan dengan mengundang para Mom Blogger, di Hotel Raffles, Jakarta tanggal 1 Agustus 2017 lalu bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia

Acara yang dihadiri lebih dari 30 Mom Blogger dan beberapa diantaranya sedang hamil dan menyusui ini juga menghadirkan beberapa narasumber hebat yang sangat konsern dengan kehamilan dan menyusui.

Dibuka secara resmi oleh Miss Rohili Behi, perwakilan dari Fonterra Brands yang mengungkapkan kegembiraannya karena bisa menggelar acara yang sangat menarik ini, dan mengharap para Mom Blogger yang hadir mampu menyebarkan informasi yang tepat mengenai kampanye ini.

Salah satu narasumber yang hadir adalah Dr.dr Ali Sungkar SpOG(K), Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (PERINASIA) yang menyampaikan " kesehatan  manusia itu ditentukan oleh 1000 hari pertamanya, mulai dari saat dalam kandungan hingga usia 2 tahun, dan ibu hamil dengan pemenuhan nutrisi yang buruk akan berpengaruh pada janin, dan Ibu menyusui yang kurang baik nutrisinya akan berpengaruh pada kualitas ASI yang dihasilkannya"

Padahal ASI dengan kualitas baik akan membentuk antibodi yang bagus pula buat bayi yang menyusu, anak pendek ( stunting), keterlambatan pertumbuhan atau serentetan gagal tumbuh lainnya juga diakibatkan oleh pemenuhan nutrisi yang kurang dari Ibu saat hamil dan menyusui, ah.. serem yah...

Apalagi ditambah, beberapa Ibu baru yang mendapat informasi yang salah tentang menyusui seringkali enggan menyusui anaknya, padahal kita semua tahu ASI is the best food for baby, tak terbantahkan, komponen ASI merupakan formula terbaik untuk tubuh bayi, alasan mereka beragam mulai dari takut payudara turun, takut ASInya tidak keluar atau takut kualitas ASInya tidak mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

Padahal dr.Ali memaparkan kalau ASI itu on demand, sesuai kebutuhan, tidak ada istilahnya payudara yang kecil ASInya lebih sedikit, atau sebaliknya, jadi para Ibu ini seharusnya tidak perlu kuatir akan masalah-masalah ini, dan memberikan keyakinan dan dukungan ini juga menjadi tugas orang-orang terdekat sang Ibu mulai dari memberikan dorongan untuk menyusui bayinya, dan memperhatikan nutrisinya


dr. Ali Sungkar

Bicara tentang menyusui ini membuat saya flashback saat hamil anak kedua,  yang sebelumnya sempat mengalami keguguran karena virus rubella.

Saat itu dokter menyarankan saya untuk full memberikan ASI saja selama 6 bulan untuk membentuk kekebalan tubuh yang baik buat si bayi,  karena melihat riwayat sebelumnya,  dan dengan tekad kuat saya berusaha untuk melakukannya,  apalagi suami juga memberikan dukungan penuh agar saya nyaman saat menyusui.

Alhamdulillah akhirnya saya bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan lanjut sampai 2 tahun,  berkat semua dukungan Suami dan tekad kuat saya agar si kecil sehat.

Hadir juga dalam acara ini pasangan selebriti idola saya, Surya Saputra dan istrinya Cinthiya Lamusu, yang baru saja melahirkan bayi kembar, pasangan ini klop banget lho.. seneng lihatnya.

Surya Saputra bisa dibilang suami SIAGA, dia selalu mendukung istrinya memberikan ASI buat si kembar, dia bercerita rutin memijat sang istri agar rileks dan ASInya keluar dengan baik .*oooh so sweet* atau membuatkan susu ANMUM untuk pemenuhan nutrisinya.


Pasangan selebriti Surya-Chintiya


Bentuk dukungan seperti inilah yang memang seharusnya diterima oleh setiap Ibu hamil dan menyusui, meski terkadang bentuk dukungan itu tidak selalu harus semanis yang diberikan Surya Saputra buat Chintiya Lamusu *uhuk*

Memaksimalkan bentuk dukungan baik secara sosial dan pemenuhan nutrisi ini membuat kampanye #CelebratetheExtraordinary dari Anmum ini menjadi luar biasa, kampanye lewat penyampaian pesan-pesan yang bermanfaat buat Ibu hamil dan menyusui  di semua akun medianya Anmum Indonesia ( facebook ) dan @anmum_indonesia (Instagram) ini mengajak para Ibu hamil dan menyusui,  bahkan para Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan untuk lebih memperhatikan fase hamil dan menyusuinya. 

Ines Yumahana Gulardi MSc, selaku senior Nutrition Manager , Fonterra Brands indonesia yang kemarin juga hadir di acara peluncuran kampanye ini bersama para Mom Blogger ini, juga menjelaskan klau tahap awal pemenuhan nutrisi seorang anak sangat penting untuk kehidupannya dimasa depan.


Ines Yumahana
Karena anak dengan status gizi yang baik di awal kehidupannya, dipastikan akan memiliki riwayat kesehatan yang baik di usia dewasanya,  karena beberapa organ penting terutama otak berkembang sangat pesat di usia itu. 

Peduli dengan kebutuhan Ibu hamil dan menyusui ini membuat Fontera Brands Indonesia meluncurkan 2 varian Anmum untuk 2 tahap berbeda, yaitu Anmum Materna  untuk Ibu hamil dan Anmum Lacta untuk Ibu menyusui, kelebihan Anmum ini ada pada salah satu kandungan uniknya, yaitu Ganglioside (GA) dan DHA yang melengkapi nutrisi makro dan mikronya.




Dan ada satu hal juga sih sebenarnya yang membuat Anmum ini lebih disukai, apalagi kalau bukan rasanya yang lebih enak, apalagi varian rasa coklatnya, yang di klaim menurut survey 8 dari 10 wanita hamil lebih menyukainya.

Tapi kayaknya bukan 8 lagi deh..pasalnya pas acara kemarin 10 orang Mom Blogger yang didaulat mencicipi rasa baru Anmum coklat ini mengatakan kalau susu ini memang enak, termasuk saya, kalau kata saya, rasanya lebih mirip es krim ketimbang susu.


Ok fix.. Ke10 Mom Blogger ini bilang Anmum lebih enak


Di event ini juga pihak Fonterra Brands Indonesia yang diwakili oleh Miss. Rohili Behi secara khusus memberikan apresiasi untuk seorang  Ibu pejuang ASI  yaitu Maria yang selain konsisten memberikan ASI eksklusif buat bayinya yang saat ini berusia 5 bulan, juga menjadi donor ASI buat beberapa bayi, hebat yah..


Aptesiasi untuk Ibu pejuang ASI


Acara yang seru ini memang dikemas lumayan santai, tapi materi yang disampaikan sangat mengena, dan  ini membuka pemikiran saya, kalau memang kehamilan dan masa menyusui adalah hal yang luar biasa, dan itu patut dirayakan, Ibu hamil dan menyusui tak sepatutnya menjalani itu sendirian, peran suami, orang tua atau mertua sebagai sistem pendukung keberhasilan menjalani fase itu sangat penting, so.. mulai sekarang yuk kita lebih peduli dengan para Ibu hamil dan menyusui agar nantinya semakin banyak generasi hebat yang muncul karena tercukupi nutrisi fisik dan psikologisnya untuk Indonesia lebih baik lagi.


Yeeay.. Terima kasih Anmum












45 komentar:

  1. Memang luar biasa, hamil ke 2 saya merasakan luar biasa yang ga bisa diceritakan.Saya nikmati saja, acara yang bagus ini, sayangnya saya ga ikutan kemarin��.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap harus perhatikan gizi buat Ibu dan janin yah.. meski udah lumayan repot ngurusin si kakak.

      Hapus
  2. Mba Lube mau ngasih adik untuk Hania? Yess aku dukung. Susu Anmum ini enak ya rasanya,nyoklat banget, membantu untuk org yg ga suka dan ga doyan susu kek aku. Tp pan krn hamil yaa hrs minum susu (duluuu ini cerita duluuu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaa.. Enggak dulu, ini masih repot banget.
      Tapi pas nyobain susu Anmum, koq jadi pengen *halah*

      Hapus
  3. wah rame jg yang dateng.. ternyata banyak temen blogger yg lg hamil dan menyusui yah. baca artikel ini jd ikut mengenang masa2 kehamilan dan menyusui, emang penuh perjuangan tapi tetap indah yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamil dan menyusui itu pengalaman luar biasa, makasih dah mampir 😊😊

      Hapus
  4. Susunya enak. Kalau hamil itu kan mulutnya pahit. Makan apa aja susah. Susu ini enak & cocok buat ibu hamil.

    BalasHapus
  5. Seru ya perayaan Pekan ASI Sedunia ini. Sebagai busui saya senang ada perayaan seperti ini. Jadi semangat ngASI buat Sagara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat.. Semangat yah Mama Sagara

      Hapus
  6. Iya mba saya juga dulu jengah dengan mitos2 seputar kehamilan. Padahal kalo dipikir2 ga ada hubungannya sama sekali. Aku dulu lebih memperhatikan asupan nutrisinya aja, seperti selalu minum susu untuk ibu hamil dsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang parah juga sih mitosnya itu dan kadang mengganggu juga

      Hapus
  7. Setiap kehamilan memang penuh cerita ya mba... seru banget acaranya

    BalasHapus
  8. keren deh acara ini, asli untuk calon ibu baru yg buta kayak aku.. bener bener tercerahkan dengan acara ini.. kebetulan aku jg user susu anmum, aiih klop lah kalau gitu

    BalasHapus
  9. Seru ya klo event parenting gt.. selalu ada ilmu baru yang banyak bgt manfaatnya..btw aq sk bgt tuh kepoin akun ignya mama Tya liat anak kembarnya lucu2 😂

    BalasHapus
  10. Masa kehamilan memang masa yang indah tapi jangan lupa minum susu hamil yah. Itu pesan suami dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memenuhi nutrisi Ibu dan janin

      Hapus
  11. Quotenya makjleb banget mba, jadi serasa disemangatin, mood booster banget bagi ibu2 macam saya,hehe... tfs mba, salut sama yg suka ngadain event parenting

    BalasHapus
  12. Hai bunda Lubena Ali,
    Setuju banget sama tulisanmu, memang masa kehamilan dan menyusui itu istimewa yaa, karena itu harus ada dukungan keluarga dan orang sekitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat istimewa dan butuh banyak dukungan

      Hapus
  13. Hai Mba Lubena,
    Setiap membaca ulasan parenting aku pasti mewek dan selfcrying sembunyi-sembunyi dari suami. Tulisannya sangat menginspirasi. Doain ya Mba melalui tulisan ini semakin meyakinkan aku tiada mustahil bagi Tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh.. Jadi ikut sedih.
      Semangat Mbak.. enggak ada yang mustahil koq di dunia ini

      Hapus
  14. Anmum inovasinya melalui Anmum Materna dan Lacta sungguh melahirkan sahabat buat para bumil dan busui

    BalasHapus
  15. Terlahir sbg wanita mmg istimewa sekali, tetapi tantangannya juga buanyaaak. Tapi kita harus kuat, ya gaak :D

    BalasHapus
  16. Perjuangan seorang ibu itu ga ada habisnya ya mba... Selalu ada dan selalu berkesan... Harus semangat ya kita mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus itu, demi lahirnya generasi hebat.

      Hapus
  17. Ya ampun jaman dulu mitosnya aneh-aneh amat sampai nggak boleh ngecat rumah segala, haha. Untung sekarang udah banyak talkshow-talkshow yang sarat pengetahuan kehamilan dan menyusui ya jadi perlahan mulai ditinggalkan tuh mitos.

    BalasHapus
  18. hahaha.. indonesia ini memang kaya ya dengn berbagai mitos yang aneh2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geli sendiri yah kalau ngikutin yang seperti itu.

      Hapus
  19. Edukasi kehamilan dan menyusui penting banget ya mak, biar para ibuyang belummendapat edukasi sebelumnya tahu kalau ASI berperan penting terutama antibodi yang nggak didapatkan dari susu formula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya sekarang semakin banyak kelas prenatal itu bagus banget.

      Hapus
  20. acaranya mantap ya, jadi bikin semangat lagi ngASI, dgn Pekan ASI Sedunia semoga banyak ibu yang tetap sehat dan semangat memberikan ASI

    BalasHapus
  21. nutrisi sangat penting ya, apalagi saat hamil dan menyusui :)

    BalasHapus
  22. apa karena jarak yg jauh ya, hamil kedua kemarin aku seperti anak pertama lagi. Serba lupa semuanya....

    Menyusui itu perlu diperjuangkan....karenanya perlu nutrisi yang baik supaya ASI jg memiliki kandungan yg baik.

    BalasHapus
  23. Aku waktu hamil minum anmum juga, lumayan rasanya ga terlalu bikin eneg.

    BalasHapus
  24. Wanita memang hebat ya, penerus kehiduapn, penerus generasi. Selamat merayakan momen istimewa yaa

    BalasHapus
  25. banyak ilmu yang didapatkan dalam event ini ya mba. terutama soal dukungan lingkungan sekitar untuk bumil dan busui.

    BalasHapus