Tuesday, November 15, 2016

Kompetisi Kreasi MP-ASI bersama Cerelac di Acara Perayaan 150 Tahun Nestle


  Saat mendengar kata Nestle, apa yang ada dalam pikiran kita ?

Susu ? Yup..
Bubur bayi ? bener ...
Air minum ? Enggak salah...
Cemilan  ? Yes..
Dan lain -lain

Ternyata brand ini sudah sangat familiar sekali yah, tak heran kalau seperti itu, karena Nestle ini sendiri sudah 150 tahun ada, beragam produknya yang berhubungan dengan pemenuhan nutrisi mulai dari susu formula susu cair, sereal dan masih banyak lagi, gampang sekali kita temui dimana saja.

Berawal dari pabrik susu kental manis pertama di tahun 1866 di Cham, Swiss yang diprakarsai oleh Bapak Henry Nestle, dan ditahun 1873 produk susu kental manis dengan merek dagang Milkmaid mulai masuk ke Indonesia.

Visi dari perusahaan Neatle


Dan untuk memperingati 150 tahun kejayaanya, tepatnya tanggal 12-13 November 2016 kemarin, secara khusus mengadakan event untuk konsumen setianya, beragam acara menarik ditampilkan disini, tak hanya menyaksikan, para pengunjung juga bisa ikut beragam kompetisi yang seru dan yang pasti banyak hadiah.

Saya yang kebetulan hadir di acara itu, juga merasakan keseruannya, selain bisa berbelanj produknya dengan harga khusus dan yang pasti banyak bonus, saya juga sempat merasakan beberapa permainan yang disediakan, sayang .. saya hanya datang sendiri, tanpa dikintilin anak-anak, jadinya yah kurang menikmati, masa iya.. saya harus berfoto di dalam balon udara kecil sambil pegangan balon... hehe..

Kemeriahan acara


Tapi meski beberapa permainan memang dikhususkan buat anak-anak, bukan berarti saya tidak menikmati suasananya lho.. malah saya sempat dibuat terkagum-kagum dengan adanya hujan saljudi tengah-tengah acara, iya .. bener, salju.

Hujan salju ini berlangsung sekitar 10 menitan, meski tidak sedingin aslinya, tapi sensasi kehujanan salju itu keren banget...kapan lagi ada hujan salju di Jakarta



Kompetisi dan Demo KreasiMP-ASI bersama Cerelac

Setelah puas bersalju-salju ria, akhirnya giliran produk khusus susu bayi dari Nestle yang mengisi panggung utama

O iya di acara ini Cerelac juga menempati booth khusus lho, ada harga khusus untuk pembelian produk Cerelac dan berkesempatan berfoto ala-ala gadis Swiss lengkap dengan rok megar dan payungnya, ditemani para pria bertuxedo dan berjenggot, lucu banget...saya pengen sih ikutan foto, cuman kayaknya sudah enggak lucu lagi deh, cukup diwakilkan dedek-dedek gemez aja.

Booth Cerelac

tuuh kan, kalau saya yang pakai, gimana coba?


Adalah Cerelac yang sudah lama dikenal para Ibu di Indonesia, awalnya Pak Henry Nestle menciptakan bubur ini yang merupakan kombinasi tepung gandum dan susu sapi, pertama kali di tahun 1867 dan tersohor dengan nama Farine Lactee.

Produk bubur bayi instan ini kemudian lebih dikenal dengan nama Cerelac di Indonesia, ternyata banyak disukai karena nilai gizi dan kepraktisannya.



Pengolahan produk Cerelac ini sangat disesuaikn dengan kebutuhan gizi bayi dan balita yang tinggi, proses pembuatannya pun dibawah pengawasan ketat kendli mutu, beberapa waktu yang lalu beberapa teman Blogger saya bertandang ke pabriknya yang berada di wilayah Kerawang, dan mereka menyaksikan langsung bagaimana kendali mutu yang baik diterapkan disitu.

Sudah jamak diketahui kalau kebutuhan nutrisi si kecil khususnya zat besi sangatlah tinggi setidaknya 5X lebih besar dibndingkn orang dewasa, untuk memenuhinya si kecil di usia balitanya harus mengkonsumsi 300 gr daging merah, 5 ikat bayam atau 1 potong hati ayam, yakin anak kita bisa mengkonsumsi semua itu..?

Itulah sebabnya Cerelac diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil dengan lebih mudah, 2X porsi cerelac bisa memenuhi semua kebutuhan gizi itu, termasuk zat gizi makro dan mikro.
Kandungan gizi dalam Cerelac


Saya sendiri punya pengalaman yang lumayan dekat dengan produk satu ini, meski sekarang si bungsu Hania sudah berumur 5 tahun, dan jarang mengkonsumsinya, saya masih ingat betul bagaimana dia dan kedua kakaknya menikmati bubur bayi ini.

Kalau saya biasanya tidak "nyel" memberikan bubur susu Cerelac ini ke anak-anak, maksudnya hanya menambahkan air hangat saja sudah beres, meskipun cara seperti itu juga tidak salah, dan zat gizi anak akan tetap terpenuhi, tapi lebih untuk menghindari rasa bosan saja.

Saya kerap menambahkan beberapa bahan lain kedalam bubur susu Cerelac yang mereka konsumsi, atau mengkreasikan cara mengolahnya, dengan mengukusnya atau membuatnya menjadi puding dengan menambahkan telur.

Dan ternyata di event kemarin, saya seperti bernostalgia kembali, saya menyaksikan Chef Steby yang ganteng itu mendemokan kreasi bubur susu Cerelac menjadi makanan bayi yang menggugah selera.

Chef Steby beraksi


Ada 3 resep yang diperagakan, yaitu :
  • Puding Cerelac Kurma Madu
  • Crepes Cerelac Pisang Jeruk
  • Bubur Sayuran Ungu Cerelac Labu, Wortel dan Bayam
Ketiga resep tersebut menggunakan Cerelac sebagai bahan utamanya, ketiga-tiganya menarik dan rasanya enak, saya yakin anak-anak enggak akan bosan dengan kreasi seperti ini.

Tiga kreasi MP-ASI karya Chef Steby


Yang paling menarik saya adalah resep yang kedua, yaitu Crepes Cerelac Apel Pisang, jadi saya akan berbagi caranya yah...

Crepes Cerelac Apel Pisang

Bahan Crepes :
  • 75 gram Tepung terigu
  • 1/2 butir telur
  • 1/2 st garam
  • 160 ml susu cair
  • 1 st mentega
Bahan isi :
  • 20 gram Cerelac bubur susu Pisang
  • 150 ml air hangat
  • 1 st margarine
  • 8 buah pisang raja matang
Bahan saus :
  • 1/2 buah apel , kupas, parut halus
  • 1 st gula pasir
  • 1 cm kayu manis batang
  • 1 st maizena larutkan dengan 50ml air
  • 1 sm keju parut 
Cara membuatnya :
  1. Crepes : campur semua bahan jadi satu dalam wadah lalu dadar diatas fry pan, lakukan hingga adonan habis
  2. campur semua bahan isi, aduk hingga rata, panaskan margarine, masukkan pisang, masak hingga pisang harum dan matang angkat, sisihkan.
  3. saus : masak apel, kayu manis, gula dan air sampai apel empuk.
  4. Cara penyajian, sipkan selembar crepes lalu beri isian, gulung dengan rapi dan siram dengan saus apel, potong, potong dan hiasi dengan keju parut diatasnya.
Resep diatas menarik perhatian saya, karena perpaduan Cerelac dengan apel dan pisang itu terasa pas sekali, dan cocok buat anak yang sedang mengeksplor rasa dan tekstur.
Tester buat semuaa...!!


Tak hanya menyaksikan Chef Sebty berkreasi dengan Cerelac, para pengunjung juga diberi kesempatan mengikuti kompetisi yang diadakan, yaitu Kreasi MP-ASI menggunakan bahan utama Cerelac, dan dengan ketiga resep yang baru saja diperagakan.

Para Emak Blogger ditantang berkreasi membuat kreasi MP-ASI

Saya tak mau kehilangan kesempatan dan tergabung dalam Grup A bersama ketiga teman  dari Komunitas Emak Blogger saya, sebenarnya satu grup hanya berisi 3 orang tapi karena kami tak terpisahkan *halah* jadinya hanya grup kami yang beranggotakan 4 orang.

Resep yang harus kami buat adalah Puding Cerelac Kurma Madu, caranya cukup mudah, hanya mencampurkan bubur Cerelac dengan air hangat dan lalu menambahkan kurma dan telur, selanjutnya adonan itu kami kukus.

Meski begitu ternyata dibutuhkan ketelitian dalam membuat kreasi ini, dan ternyata puding yang kami buat terlalu banyak air, sehingga teksturnya menjadi agak lembek, dan ini membuat kami hanya menempati peringkat ke 2, tapi lumayanlah karena dari semua grup yang hadir total 4 grup semuanya mendapatkan hadiah yaitu 2 grup menjadi juara 1 dengan masing-masing mendapatkan voucher belanja 1,8 juta dan 2 grup menjadi juara kedua dengan masing-masing mendapat voucher belanja 900 ribu, jadi semuanya menang donk, apalagi tak hanya voucher, tapi semua peserta mendapat hampers cantik.

Cantik kan?


Setelah acara kompetisi ini masih banyak acara dan kompetisi lain yang akan ditampilkan di panggung utama Perayaan 150 Tahun Nestle ini, selain banyak permainan juga banyak hadiah ternyata, baik yang secara online maupun offline, dan dari MC saya juga dengar kalau mereka juga mengadakan kompetisi Livetwett selama acara berlangsung dengan sepuluh pemenang setiap harinya, keren yah.. 

Saya berharap tahun depan di perayaan yang ke 151 tahun Nestle akan ada perayaan seperti ini lagi, dan saya kembali terlibat didalamnya.









      14 comments:

      1. Aku penasaran gimana rasanya puding buatan kelompokku. Wajah chefnya saat cicipin langsung berubah jadi BT gitu. Heheh

        ReplyDelete
      2. Seru sekali ya mak Lubena acaranya, sayang nggak disana pas ada hujan saljunya :)

        ReplyDelete
      3. Hahaha di antara semua resep itu u jg paling suka crepesnya, mau bikin lagi ah :D

        ReplyDelete
      4. ahh aku penasaran sama crepesnya.
        Hmm...kreasi bahannya cerelac, dl mah cuma di bubur biasa aja ya maak!

        ReplyDelete
      5. Aah aku penasaran sama crepes nyaa!

        Hmm, kreasi dr bahan cerelac, taunya kl dl di bubur biasa aja hahaa..

        ReplyDelete
      6. acara buat anak bagus itu dah.. joosshh

        ReplyDelete
      7. Crepes cerelac itu mah emaknya juga mau mak :D

        rebutan sama anak

        ReplyDelete
      8. resepnya praktis dan rasanya enak ya, Syadid saja lahap banget pas aku suapin..
        Gak sangka nestle sudah ratusan tahun ya, keren

        ReplyDelete
      9. Wah acaranya keren ya... Ketika masa MPASI itu, seorg ibu harus pandai berkreasi y mba...

        ReplyDelete
      10. Wah acaranya keren ya... Ketika masa MPASI itu, seorg ibu harus pandai berkreasi y mba...

        ReplyDelete
      11. Salfoksamachef Stebydan crepesCerelac pisangnya enak yaaak. Mamak2 aja suka apalagi anak-anak :p

        ReplyDelete
      12. Tak terpisahkan hahaha
        Sama smua pada ngeces crepesnya ya

        ReplyDelete
      13. Banyak juga resep-resepnya ya...
        thank

        ReplyDelete