Kamis, 29 September 2016

Tips dan Trik Menidurkan Anak



Sebagai seorang Ibu baru pernah enggak sih merasa seperti ini 


"Aduh ... anakku tidurnya malam-malam terus nih, siang juga susah tidur "

Padahal tidur merupakan hal yang paling penting buat anak, saat tidur sel-sel tubuhnya diperbaiki.

Terus terang, saya sendiri juga pernah mengalaminya, tapi itu dulu 14 tahun yang lalu, saat anak pertama saya Hasnah berumur dibawah 1 tahun.

Tapi semakin kesini saat anak bertambah, pengalaman bertambah, dan umur (ehm) juga bertambah , membuat saya menemukan beberapa tips dan trik menidurkan anak, dan kebetulan berhasil di ketiga anak saya.

Memang benar kalau setiap anak itu unik, tapi beberapa tips sangat berguna buat banyak anak.

Ok ... Saya mulai yah, beberapa cara mudah untuk membuat jadwal tidur anak kita lebih teratur yah 


  1. Tetapkan jadwal yang sama setiap hari, misal untuk tidur siang jam 13.00- 15.00 dan tidur malam paling larut jam 21.00
  2. Buat "suasana tidur" bisa dengan mematikan lampu kamar, menaikkan suhu pendingin ruangan, pokoknya hal yang anak hafal kalau itu jam tidur.
  3. Hindari makanan dan minuman manis menjelang jam tidur, paling tudak 1 jam sebelum tidur, kalau anak ingin nyemil sebelum tidur berikan saja buah.
  4. Segelas susu hangat, anak-anak saya biasanya minum ini setiap menjelang tidur, tapi bukan susu coklat atau manis yah... 
  5. Lakukan ritual menjelang tidur yang sama setiap hari, seperti mencuci kaki, sikat gigi, atau melakukan massage buat yang masih bayi.
  6. Hindari warna mencolok pada sprei, warna- warna dingin seperti hijau dan turunannya lebih membuat anak-anak saya tidur nyenyak daripada warna panas yaitu merah dan turunannya.
  7. Untuk si balita saat menjelang tidur kita bisa berpura-pura tidur untuk memancingnya tidur juga.
Hampir semua tips dan trik menidurkan anak ini saya lakukan pada Hasna dan Ali dulu saat masih balita, dan sekarang pada Hania, dan Alhamdulillah sering berhasil.

Mungkin ada beberapa Orang tua yang memiliki cara yang dianggap lebih jitu, boleh lho di share disini, seperti membiasakan meletakkan anak diayunan, kalau saya memang tidak pernah menggunakan ayunan, karena memang merasa enggak nyaman dan sering kuatir saja.

8 komentar:

  1. Tips penting ini, biasanya biar Raya cepet tidur, aku nambah kegiatan di siang hari agar lebih cepat capek jadi cepat tidur XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener juga, terima kasih sudah nambahin yah...😊

      Hapus
    2. iya bener juga, terima kasih sudah nambahin yah...😊

      Hapus
  2. dibacain cerita kadang juga bikin anak ngantuk... asal ceritanya yang ringan kadang yang bacain juga ikutan tertidur hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dibacakan cerita, tapi kalau saya biasanya membacakan buku malah dipagi hari.

      Hapus
  3. Kl aku biasain juga bacain cerita menjelang tdr jd anak suka menantikan waktu tdr mlmnya krn tau akan ada cerita/dongen buat dia.

    BalasHapus
  4. klo anak saya jav kapok minum susu sebelum tidur, soalnya pernah ngompol hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu..hu.. sedih yah kalau anak ngompol, kalau anakku biasanya ngompol kalau minum teh malam hari.

      Hapus