Senin, 18 Januari 2016

Wisatawan Tetap Tenang Pasca Bom di Pos Polisi Thamrin

Bapak Arif Yahya, Jakarta 1000% aman.. sumber foto: bisnis.news.viva.co.id

 Kalau  tahu Jakarta pasti juga tahu Sarinah, pusat perbelanjaan legendaris yang memiliki nama sama dengan nama pengasuh Presiden pertama kita Ir.Soekarno itu memang cukup kesohor, beberapa kantor dan hotel juga mengelilingi mall yang pertama berdiri di Jakarta ini, karena memang lokasinya yang sangat strategis di jantung Ibukota.

Dan kejadian pengeboman oleh sekelompok teroris tak bertanggungjawab di Pos Polisi yang berada tepat di depan mall Sarinah ini sempat mengagetkan warga Jakarta bahkan seluruh rakyat Indonesia, 8 korban tewas yang sebagian besar pelaku bom itu sendiri sempat menghiasi berita di televisi di hari naas itu, Indonesia berduka untuk itu, tapi tidak lantas larut didalamnya dan bergumul dengan ketakutan sesudahnya.

Entah karena kurang perhitungan atau memng aparat yang kelewat sigap, membuat aksi pengeboman itu sepertinya terkesan gagal total, para pedagang dan pekerja di sekitaran lokasi kejadian tetap melakukan kegiatannya setelah menonton aksi terorisme itu.

Jakarta kembali bangkit sesudahnya, bahkan seluruh masyarakat Indonesia hampir tak merasakan ada denyut ketakutan pasca kejadian itu, serentetan hastag penyemangat bermunculan di dunia maya sesaat setelah kejadia itu #KamiTidakTakut #IndonesiaBerani #IndonesiaTidaktakut yang ternyata cukup membuat suasana kembali adem ayem, bahkan banyak gambar-gambar lucu yang menggambarkan rasa tenang yang kembali hadir pasca kejadian.

salah satu gambar yang beredar di dunia maya pasca bomsumber foto :detikbuzz.com

Beberapa hari setelah peristiwa pengeboman itu Bapak Presiden RI Jokowi meninjau lokasi dan menyatakan kalau Indonesia tidak akan takut mengahadapi teror karena Indonesia kuat, Bapak Menteri Pariwisata Arif Yahya bahkan menjamin 1000% kalau wilayah Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya aman terkendali,kejadian bom di Pos Polisi Thamrin ini sama sekali tidak mempengaruhi geliat pariwisata Indonesia, semua berjalan seperti biasa karena kejadian pengeboman itu cepat diatasi, hanya dalam tempo 5 jam semua beres. Pak Menteri juga menambahkan kalau kepercayaan wisatawan asing tak berkurang sedikitpun, buktinya Cruis Ship The Seven Seas Voyager yang mengangkut ribuan wisatawan kapal pesiar akan tetap berlabuh di Sabang Aceh 21 Januari mendatang.

Teman saya yang ikut CFD (Car Free Day) tiga hari pasca kejadian juga mengatakan :

" suasana udah nyaman banget, udah banyak bule yang mondar-mandir nyantai koq.. lupa kali kalau abis ada bom"

Bicara dampak kejadian bom kemarin dan pariwisata, saya langsung keingetan investasi suami di Konseravsi Orangutan Tanjung Puting, Pangkalan Bun, Kalimatan Tengah berupa  mobil dan klotok sebagai sarana transportasi para turis, saya langsung menghubungi saudara yang dipercaya menjalankan bisnis ini, karena memang wisatawan konservasi Orangutan di Tanjung Puting ini sebagian besar dari luar negeri, dan ternyata jawabannya cukup menenangkan, tidak ada efek buruk disana, turis datang seperti biasa dan menikmati wisata di tanjung Puting dengan tenang.

Saya juga sempat berbincang dengan salah satu turis asal Netherlands yang berkunjung dan kebetulan menggunakan mobil saya untuk alat transportasinya dari bandara Iskandar menuju titik labuh klotok yang akan mengantarnya ke Tanjung Puting via hape,

" We don't care about terorrist, your country is a great country, i believe your country can handle it"  

jawabnya saat saya menanyakan perasaanya tentang berita bom di Jakarta.

Yes Sir.... Indonesia a Great country...bangganyaaa.....

Dan percakapan singkat saya menggambarkan kalau semua baik-baik saja, wisatawan tetap merasa aman menikmati Pesona Indonesia ..Wonderful!!

Rasa aman yang dirasakan para wisatawan ini sebenarnya sangat berpengaruh akan target kunjungan yang ditetapkan oleh Kementrian pariwisata di tahun 2016 ini yaitu 12 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta wisatawan domestik.

Jadi sepertinya tidak ada yang perlu dikuatirkan untuk tetap bisa menikmati Jakarta dan menelisik beragam sudut uniknya, juga berkunjung ke seluruh negeri tercinta ini, kita tak perlu merasa takut dan mengikuti keinginan para teroris itu dan melingkupi diri kita dengan ketakutan karena kita memang TIDAK TAKUT.









6 komentar:

  1. #Kamitidak takut. semoga negeri kita terus dipenuhi oleh orang pemberani yang saling membantu dalam memeberantas apapun jenis kejahatan, aamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin..karena kita bangsa yang kuat :-)

      Hapus
  2. kalo diganti #sayatidaktakut gimana?? hehe mantap mbak mari indonesia tidak takut lanjutkan wisata indonesia raya merdekaaa... hanya orang bunuh diri aja yg takut...

    BalasHapus
  3. Ini menandakan bahwa serangan teroris kemaren gagal total mbak. Yang teroris dapatkan hanya kerusakan, dan kematian,..tapi tidak menimbulkan rasa teror di negara kita. Kita jauh lebih siap dibanding Paris dalam menyikapi tindakan teroris....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget teroris gagal total :-)

      Hapus