Laman

Thursday, March 8, 2018

Jangan Anggap Remeh Anyang-anyangan Bisa Jadi itu Gejala Infeksi Saluran Kemih


Anyang-anyangan adalah kondisi saat kita merasakan buang air kecil tidk lancar, atau sedikit-sedikit, biasanya juga diiringi rasa nyeri dan tidak nyaman di daerah sekitar organ vital kita.

Dulu pas masih kecil, saya  ingat saya sering mengalami anyang-anyangan ini, biasanya kalau habis main lari-larian dan manat pohon, entah apa hubungannya, biasanya Ibu saya aka selalu ngomel 

" Makanya jangan lari-larian mulu..."

Dari situ saya sering mikir kalau kita lari-larian adalah penyebab sakit saat buang air kecil, tapi anggapan itu lama-lama tertepis sejalan dengan bertambahnya usia saya, lalu kenapa saat saya sudah dewasa masih terkadang mengalami hal ini yah..?


Pasalnya setelah saya dewasa dan berumah tangga terkadang masih sering mengalaminya, yang terparah saat saya masih dalam pemulihan pasca melahirkan anak pertama, perasaan seperti sudah mau kencing, tapi pas dibawa kekamar mandi, hanya keluar beberapa tetes, terus saja seperti itu, apalagi saat itu jahitan bekas lahiran masih nyeri dan lumayan nyut-nyutan dibawa jongkok.

Ternyata anyang-anyangan ini tidak bisa di anggap remeh lho.. karena bisa jadi ini adalah gejala awal dari penyakit yang serius yaitu Infeksi Saluran Kemih, salah satu penyakit yang diakibatkan oleh bakteri E.coli yang hidup didalam saluran cerna, jadi bukan melulu karena saya lari-larian.

Waktu itu saya tidak terlalu menganggap serius gangguan anyang-anyangan saya ini, dan saya hanya perbanyak minum saja, dan melakukan satu hal yang sebenarnya saya enggak percaya sih, tapi dipaksa melakukan oleh Ibu saya, mengikat kedua pangkal jempol kaki dengan sapu ijuk, kenceng-kenceng lagi hehehe...

Saat anyang-anyangan berulang biasanya yang kita rasakan bukan hanya susah uang air kecil saja, tapi sudah menjalar kekeluhan yang lain, dan ini sebenarnya sudah menjadi tanda kalau saluran kemih kita mulai terganggu, beberapa keluhan seperti hasrat berlebih untuk buang air kecil, rasa perih ketika buang air kecil, dan rasa sakit dipinggang dan juga perut bagian bawah.


Seiring berjalannya waktu, ternyata saya masih terus merasakan anyang-anyangan ini, dan karena merasa tidak nyaman saya mulai mencari tahu bagaimana mengatasinya,  dari internet saya menemukan beberapa hal yang dianggap bisa mencegah anyang-anyangan, yaitu :
  • Cukup konsumsi air putih
  • Jangan menahan kencing terlalu lama
  • jaga kebersihan organ intim
  • Konsumsi buah cranbberry
Buah cranberry dianggap bahan yang ampuh mengatasi sakit buang air kecil dan efektif mencegah Infeksi saluran kemih karena mengandung Proanthocyanidin, yang dapat menghambat bakteri E.coli melekat pada saluran kencing.

Tapi untuk mendapatkan buah ini di Indonesia pasti sulit dan mahal banget yah..tapi saat membuka blog teman-teman saya membaca tentang satu suplemen yang mengandung ekstraksi Cranberry didalamnya, yaitu Prive Uricran, karena saya anggap lebih praktis, jadi saya mulai mencobanya, apalagi produsen dari suplemen ini sudah sangat terkenal, dan tidak meragukan.

Ada dua sediaan Prive Uricran.



Prive Uricran Kapsul 
Komposisinya : 250 mg Ektrak Cranberry
Dosis : 1 - 2 Kapsul/ hari
Isi per box : 30 Kapsul
Harga : Rp 140 ribu - Rp 150 ribu.
Cara konsumsinya gampang, hanya tinggal makan kapsul bersamaan dengan segelas air putih, kalau saya setelah sarapan biasanya.




Prive Uricran Plus Powder Sachet
Komposisi : 375 mg Ektrak Cranbberry, 60 mg Vit C, 0,1 mg Lacctobacillus achidapillus, 0,1 bifidobacterium Bifidum.
Dosis : 1-2 sachet/ hari
Isi perbox : 15 sachet
Harga : Rp 80 ribu - Rp 85 ribu
Cara konsumsinya seduh dengan segelas air dan aduk sampai rata, rasanya enak, asem-asem manis, karena mengandung komposisi yang lebih lengkap, sediaan yang ini juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

Prive Uricran ini biasanya saya konsumsi setelah sarapan, dan terasa hasilnya setelah sekitar 7-10 hari pemakaian, tapi biasanya efek penyembuhan tiap orang berbeda-beda yah..

Semoga tulisan yang sederhana ini bermanfaat, terutama buat paraperempuan yang memang lebih rentan terkena gangguan ini, bahkan fakta menunjukkan kalau diantara 10 wanita, terdapat 5 orang yang mengalami gangguan saluran kemih..naah sebelum hal ini terjadi ada baiknya kita lebih waspada, dan hindarkan sakit saat buang air kecil.







4 comments:

  1. wah ada obat prive uri cran sekarang ya, boleh juga nich buat rekomendasi bagi keluarga yang terkena anyang-anyangan nich

    ReplyDelete
  2. Saya juga pakai ini untuk solusi kalau lagi anyang-anyangan

    ReplyDelete
  3. Hallo Mbak, salam kenal ya. saya juga suka mengonsumsi Prive uricran ini. Seger kayak minum jus buah.

    ReplyDelete