Saturday, March 19, 2022

Pengalaman Menyenangkan Berkonsultasi dan Membeli Obat dengan Mudah dan Aman di SehatQ




Sering merasa enggak sih kalau semenjak masa pandemi ada satu atau dua hal atau banyak malah yang berubah dari diri kita secara signifikan, kalau yang sebelumnya abai tentang sanitasi jadi dikit-dikit cuci tangan dan aware banget dengan kebersihan, atau yang biasanya pola makannya berantakan enggak pernah memperhatikan asupannya, terus jadi berubah lebih teliti dengan nilai gizi di makanannya, harus ada Vitamin dan mineral yang baik buat imun tubuhnya, bahkan jadi rajin banget konsusmsi suplemen,

Saya pun merasakan hal yang sama, selain sekarang lebih peduli dengan kebersihan dan asupan makanan keluarga, saya juga lebih males untuk berkegiatan keluar, apapun yang masih bisa dilakukan dari rumah, saya lebih memilih melakukannya dari balik pintu rumah saja, pun dalam urusan bebelian, itulah kenapa 2 tahun belakangan ini sepertinya invoice belajaan online saya lebih banyak ngisi email dan memori gawai saya..hehe.Selain lebih mudah dan menghindari kontak dengan orang banyak juga rasanya lebih nyaman aja sih...

O iya..ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat nih buat yang suka berbelanja online macam saya agar berbelanja jadi lebih menyenangkan, yaitu :
  • Pastikan tempat belanja online itu itu resmi secara hukum, jadi kalau ada apa-apa kita bisa komplain
  • Tempat belanja online itu memiliki beragam pilihan pembayaran dan pengiriman, ini membuat acara belanja online kita jadi lebih mudah
  • Pastikan kalau tempat belanja online kita ini keamanan bertransaksi benar-benar dijamin
  • Untuk nilai plus, pilih tempat belanja online yang juga menyediakan berbagai fasilitas lain, seperti bisa berkonsultasi dengan ahlinya

Apa saja yang biasa saya beli secara online? apa saja.. mulai dari kebutuhan dapur, keperluan anak sekolah sampai perabotan rumah. Naah.. karena didorong kemageran saya yang semakin enggan keluar rumah dan lebih senang berbelanja secara online ini, saya seringkali merasa jadi seperti seorang pengamat beberapa eCommerce yang portalnya ada di gawai saya, seperti eCommerce A ini sellernya biasanya cepat tanggap, atau eCommerce B ini paling asik kalau buat belanja kebutuhan harian, dan eCommerce C ini cocok banget kalau buat nyari barang-barang unik yang kadang nyari offlinenya susahnya minta ampun.

Dan diantara semua urusan domestik dalam rumah, buat saya ada 1 hal yang paling penting dan bersyukur bisa dikerjakan dari rumah, yaitu urusan kesehatan keluarga, seperti membeli obat, suplemen buat keluarga sampai berkonsultasi dengan dokter sebisa mungkin saya lakukan dari rumah.

Bukannya apa.. tahu sendiri kan tempat yang paling rentan dengan penyebaran penyakit itu yah di RS atau tempat pelayanan kesehatan, jadi kalau ada fasilitas yang membuat saya memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga dari rumah, saya akan sangat concern sekali

Alhamdulillah sih.. sekarang makin banyak pelayanan online yang menawarkan fasilitas kesehatan yang kita butuhkan, salah satunya yaitu SehatQ.com.

Halaman depan aplikasi SehatQ



Menurut informasi yang saya dapatkan SehatQ ini adalah situs kesehatan terpopuler  di Indonesia yang menyediakan layanan chat Dokter, booking dokter, booking layanan kesehatan, toko Vitamin dan obrat online, jadi istilahnya all in one lah.. tidak hanya itu SehatQ ini juga menyajikan berbagai macam informasi tentang kesehatan, obat-obatan, fasilitas kesehatan dan dokter.
 
O iya.. bagaimana yah prosedur pembelian obat dan berkonsultasi di aplikasi SehatQ ini? apakah benar aman dan bisa diandalkan? Yuk.. kita coba, kebetulan saat menulis artkel ini, saya juga sedang membutuhkan konsultasi kesehatan dengan dokter mengenai ruam yang beberapa hari ini muncul di sekitar mulut Hania.

Oke.. beginilah langkah-langkahnya :

1. Membuat akun di aplikasi SehatQ

Profil pengguna



Ini langkah yang paling awal, kita bisa membuat akun, lalu memasukkan data-data kita, tenang SehatQ menjain koq kerahasiaan data-data dari akun kita, kita juga memasukkan anggota keluarga kita, siapa tahu suatu saat nanti mereka juga membutuhkan pelayanan medis.

2. Berkonsultasi dengan dokter umum atau Spesialis.

Kolom chat dengan dokter umum



Saya memilih dokter umum karena saya pikir itu sudah cukup, selain itu tarifnya juga sangat terjangkau, hanya mulai Rp 5.000, selain dokter umum kita juga bisa berkonsultasi dengan berbagai dkter spesialis dan dokter RS yang merupakan rekanan SehatQ, o iya.. kita punya waktu 30 menit untuk berkonsultasi, juga tersedia fasilitas Video chat lho..

3. Dokter memberikan resep online.

Resep online dari dokter





Setelah berkonsultasi dan memberikan data dengan sangat jelas dengan dokter disertai dengan mengirim foto atau video yang dirasa perlu untuk menegakkan diagnosa, dokter lalu membeikan saya resep untuk ruam yang dialami Hania, tapi tetap yah dengan catatan bila keluhan berlanjut 5 hari kedepan saya disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Catatan dari dokter



4. Menebus resep online 






Ini langkah selanjutnya, setelah konsultasi selesai kita bisa langsung diarahkan untuk  menebus resep yang diberikan dokter, sangat mudah kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang dituntun dari aplikasi SehatQ.

Kita juga diberikan pilihan apotik yang menyediakan obat yang kita butuhkan sesuai resep online, pilih saja yang jaraknya terdekat dari tempat tinggal kita.

5. Memilih metode pembayaran dan pilihan pengiriman dengan mudah

Banyak pilihan metode pembayaran



Pilihan pembayaran dan jenis pengiriman yang beragam di SehatQ memudahkan kita untuk menentukan pilihan mana yang tepat untuk kita maksudnya eWallet mana yang ada saldonya hehe.. o iya karena ini merupakan pembelian obat saya jadi saya mendapatkan gratis ongkos kirim, lumayan banget.

Ada beberapa pilihan metode pembayaran yaitu :
  • eWallet  : Gopay, Shopee pay, Ovo
  • Transfer Virtual accaount : BNI, BCA, Permata , Mandiri
  • Kartu Kredit : Visa , Mastercard, 
Seluruh sistem pembayaran ini sudah sangat familiar dan terpercaya, serta diawasi OJK, jadi saya sama sekali tidak khawatir dengan keamanan dari pembayaran yang saya lakukan di SehatQ.com ini.

6. Menunggu obat diantar kerumah.

Selanjutnya kita tinggal duduk cantik dan menunggu obat diantar kerumah, kita bisa menunggu sambil mengerjakan hal lain, kita juga bisa melacak status pengiriman obat kita sampai mana.

Kebetulan saya memilih instan dengan Gosend, jadi saya hanya butuh tidak lebih dari 3 jam untuk menunggu pesanan obat saya sampai dirumah.

7. Yeaaay...obatnya sampai




Obat datang dengan dibungkus rapi dan aman




Dan benar saja hanya sekitar 2 jam dari pertama kali saya konsul dengan dokter, sekarang obat yang dibutuhkan Hania sudah saya dapatkan, iya semudah itu..

Baiklah.. itu adalah pengalaman saya melakukan konsultasi dan beli obat di SehatQ, ternyata sangat mudah dan aman yah, semua dilakukan secara profesional dan hati-hati, obat yang dikirim juga dalam keadaan baik juga dikemas dengan baik pula dan harganya sama dengan kalau kita membeli secara offline di apotik, bedanya saya bisa melakukannya sambil tetap tinggal dirumah.

Ada bebrapa tips lagi nih buat Mams yang juga ingin melakukan transaksi beli obat atau berkonsultasi di SehatQ.com ini :
  • Pilih dokter dengan cermat. di aplikasi SehatQ setiap dokter disertai dengan keterangan lamanya masa praktek dan juga rating kepuasan pasien.
  • Siapkan catatan apa yang akan dikonsultasikan dengan dokter biar lebih siap, takutnya pas konsultasi via video chat dan dokternya good looking kita jadi gagal fokus dan lupa apa yang mau dikonsultasikan *eh
  • Pilih apotik atau toko obat yang terdekat dari tempat tinggal kita, jadi durasi waktu pengantaran bisa lebih cepat.
  • Pilih metode pengiriman sesuai kebutuhan, ada pilihan pengiriman instan ( 2-3 jam) atau reguler ( 1-2 hari) pilih saja sesuai kebutuhan.
  • Rajin cek kolom voucher yang tersedia, agar lebih hemat.

Next.. mungkin lain waktu saya akan mencoba fitur atau layanan lain dari aplikasi ini, dan saya akan kembali membagikannya di artikel saya, bukankah berbagi informasi yang tepat dan benar itu juga merupakan salah satu ibadah ? See you...

Akun Sosial Media SehatQ :

● Twitter: https://twitter.com/sehatq
● Instagram: https://www.instagram.com/sehatq_id/
● Facebook: https://www.facebook.com/SehatQIndonesia/
● Youtube: https://www.youtube.com/c/SehatQ

3 comments:

  1. Perkembangan era digitalisasi memudahkan segalanya tidak terkecuali mengecek kesehatan bahkan membeli obat2an bisa lewat online

    ReplyDelete
  2. sekarang serba bisa dibeli via hp ya hehe

    ReplyDelete