Wednesday, February 21, 2018

Ngemil Pisang Sunpride Enak dan Bergizi




Rutinitas pagi hari saya..
Sudah sarapan..
Sudah ngopi ..

Tapi menjelang jam 10 selalu saja perut ini tidak bisa diajak kompromi, kriuuk..kriuuk, entah ada hubungan apa antara saya rasa lapar ini, koq ikuut saja kemanapun saya pergi .

Tapi memang wajar kalau jam 10-11 pagi kita merasa lapar, karena memang kondisi perut sudah mulai kosong setelah sarapan, dan kadar gula dalam darah sudah mulai turun, apalagi saya jam sarapannya lumayan pagi, sekitar jam 6an, enggak heran kalau di jam-jam itu ada satu lagi kegiatan makan ringan, atau biasa disebut brunc ( after breakfast before lunch)

Naah.. untuk menstabilkan kembali kadar gula dalam darah ini, kita perlu mengkonsumsi sesuatu, atau yah ngemil itu tadi..tapi yang perlu diperhatikan adalah jenis cemilan sebaiknya yang memiliki Indeks Glikemik (IG) rendah, karena nantinya akan lebih lama diserap tubuh dan tidak tiba-tiba meningkatkan kadar gula dalam darah, jadi enggak cepat lapar lagi.

Sebenarnya kalau mau gampang, saya bisa aja sih langsung nyomot 1 atau 2 biji gorengan di tukang nasi uduk dekat rumah, tapi apa iya badan yang sudah esekemol ini terus-terusan dihujani gorengan, kasihan ah...jadi berusaha memilih cemilan yang sehat sepertinya harus jadi pilihan.

Untuk menyiasatinya,  saya biasanya memilih makanan yang ringan,  tapi yang sedikit mengenyangkan, dan juga sehat,  ada beberapa pilihan,  sebut saja :


1. Yoghurt 

Saya suka makanan, atau minuman yah? satu ini, selain rasanya segar juga mengenyangkan, biasanya saya pilih rasa-rasa buah, bukan yang plain, apalagi jenis cemilan ini juga mudah didapat dimana-mana, minimarket dekat rumah selalu sedia .

2. Sayuran menu makan siang 




Ini kebiasaan saya dari dulu, saya suka makan sayur yang akan disajikan bbuat makan siang nanti, sayurannya saja, tanpa nasi atau lauknya, ya iyalah..kalau lengkap, namanya makan besar, bukan ngemil.

Ambil contoh, hari ini saya masak sayur sop dengan lauk empal dan tempe, nah.. di jam-jam kritis sekitar jam 10an, saya sudah mulai lapar, biasanya saya makan sayur sop semangkuk plus saos cabe, dan ini lumayan mengenyangkan, dan Insyaallah sehat.

3.Buah.




Ini yang paling sering sebenarnya, karena selain saya memang selalu sedia buah dirumah, juga yang paling praktis dan menyegarkan, beberapa buah bisa jadi pilihan, seperti pisang, pepaya atau mangga.

Tapi yang paling sering saya konsumsi memang pisang, karena selain memang rasanya enak juga harganya termauk terjangkau dan porsinya pas buat nyemil.

Kalau masalah merek pisang, saya selalu loyal dengan satu merek yaitu Pisang Sunpride, karena dalam bayangan saya sebagai konsumen, nama ini sudah sangat familiar dan bisa dengan mudah dibeli dimana-mana.

Kenapa saya pilih pisang Sunpride ini ? karena selain rasanya yang memang enak, juga kandungan gizi yang terkandung didalamnya luar biasa seperti karbohidrat dan kaliumnya yang lumayan tinggi, kalium pada pisang konon malah dianggap bisa menetralkan kadar natrium dalam darah, Natrium yang tinggi pada darah akan membuat darah mengental, dan ini ga baik buat kesehatan.

Pisang Sunpride ini juga kaya dengan kandungan asam folat lho.. satu zat gizi yang sudah tidak asing lagi, khususnya buat para Bumil, dalam 1 buah pisang terdapat 24 mcg asam folat, dan itu artinya sudah memenuhi 6% kebutuhan asam folat harian Ibu hamil, fungsi asam folat ini sangat dominan dalam pembentukan otak janin, so.. Ibu hamil jangan ragu buat makan pisang yah..dan jangan salah pilih, pilih Pisang Sunpride.

Kandungan vitamin B, Vitamin A , kalsium, magnesium, potassium, dan masih banyak kandungan mineral lain dalam pisang juga sangat dibutuhkan tubuh.

Dirumah pisang juga jadi buah andalan saya, kan memang kalau sang Induk (baca : Emak) doyan, biasanya anak-anaknya mau enggak mau jadi doyan juga, kan tiap hari terpapar hehehe..

Memang masalah memilih merek pisang, saya sudah terlanjur jatuh cinta sih sama merek Sunpride sih, karena selain sudah yakin banget dengan kualitasnya, juga karena terus terang selama ini belum pernah merasa kecewa dengan buah-buahan merek Sunpride yang saya beli.

Kualitas yang baik ini tak lepas dari profesionalitas Sunpride dalam menangani produksi buahnya, kebun milik sendiri yang berada di daerah Lampung, juga penanganan saat memanennya yang dilakukan dengan sepenuh hati, dan menjaganya benar-benar, bahkan si pisang ini dijaga benar jangan sampai jatuh ketanah, karena akan merusak kulit buahnya.

Sebenarnya ada beberapa jenis pisang Sunpride yang beredar dipasaran, semuanya enak, yaitu :
  1. Cavendish Banana ini yang paling banyak beredar di masyarakat, saya juga paling sering nemu ini di supermarket, kios buah atau minimarket dekat rumah yang dikems satuan (single banana), teksturnya lembut, pulen dan rasanya manis.
  • Highland Banana kalau ini seperti versi premiumnya dari Pisang Sunpride, jenisnya sih sama dengan cavendish, hanya saja varian pisang ini di panen langsung dari dataran tinggi sekitar 600-1200 meter dari permukaan laut,ini yang membuat rasanya lebih manis dan lembu
  • Mini Banana, nah.. ini jenis pisang Sunpride yang paling cocok buat Hania, ukurannya pas dengan perutnya dia, pisang jenis ini lebih kecil dibanding pisang cavendish Sunpride reguler.
  • Pisang Emas, pisang jenis ini kulitnya leih tips dan rasa buahnya tidak sepulen cavendish, ukurannya kecil-kecil dan gemuk dibagian tengah, kalau makan pisang ini dijamin satu tidak akan cukup.
 pisang Sunpride itu enak dimakan kapan saja, tinggal buka, langsung hap.. tapi adakalanya, saya juga merasa koq kayaknya pisang ini polos banget kayak tanpa dosa, jadi dikasihlah dosa dikit dikit hahaha..tapi tetap koq kandungan gizi dalam pisang ini tidak akan luntur.

Ada beberapa trik yang saya punya untuk bisa menikmati Pisang Sunpride ini lebih asyik lagi, seperti
  • Cheese Banana ; potong-potong pisang, dinginkan dikulkas, tambahkan keju diatasnya
  • Chocolate Banana : potong-potong pisang, dinginkan sebentar dikulkas, taburi dengan coklat meses atau coklat cair 
  • Banana Split : Potong-potong kecil pisang, letakkan sebentar diatas wajan teflon yang sudah di oles margarine, tambahkan topping susu, coklat tabur dan es krim.

Cheese Banana

Chocolate Banana

Banana Split

Dan sepertinya bakal banyak list yang lain untuk cara asyik menikmati pisang, apalagi rasa pisang Sunpride yang creamy ini memang cocok buat di sandingkan dengan apapun, saya suka, anak-anak suka, keluarga bahagia.

So.. Kalau sudah selasi membaca tulisan ini, saya kembali mengingatkan, jangan salah pilih pisang yaah.. Buah pasti Sunpride.





 

3 comments: