Thursday, February 8, 2018

Apa Saja Investasi Properti yang Cocok untuk Generasi Muda Jaman Now ?



Kelapa muda kupas-kupasin..
Masih muda puas-puasin..

Pernah dengar istilah ini? kalau diartikan leat kamus bebas versi saya. kurang lebih saat usia masih muda, dan tenaga masih sangat produktif serta semangat yang menggebu-gebu, ga ada salahnya kalau dimasa ini waktunya mencari banyak pengalaman, pendapatan  dan mencoba banyak hal baru.

Sebenarnya siapa sih yang bisa disebut anak muda ini? yaitu generasi yang biasa dipanggil generasi "zaman now" atau millenial, generasi ini dianggap paling banyak saat ini, yang tahun lahirnya disekitaran tahun 1980an, generasi ini disebut meillenial karena pernah merasakan milenium kedua, jadi buat kalian yang tahun lahiran disekitaran tahun 1980-1997 patut berbangga lho..kalianlah anak muda generasi millenial 

Generasi ini biasanya sudah mulai mapan dalam hal pendapatan, tapi yang sering jadi masalah malah bagaimana mereka mengelola keuangannya, doyan traveling boleh saja, seneng beli barang bermerek dan mahal juga sah-sah saja koq..selama tidak membuat keuangan oleng, dan tetap ada jatah buat menabung, agar masa depan aman.

Menabung ? memangnya dengan menabung saja masa depan sudah aman? pikir lagi deh.. di jaman yang serba mahal ini dan gejolak inflasi yang lompat-lompatan macam kangguru ini kayaknya menabung saja enggak bakalan menjamin masa depan bakalan secerah matahari pagi deh..jadi manusia-manusia yang saat ini dipanggil anak muda ini harusnya pintar berinvestasi, salah satunya berinvestasi properti.

Sebenarnya banyak pilihan kalau kita ingin berinvestasi properti, tapi berdasar pengalaman pribadi ada beberapa cara yang saya tahu dan InsyaAllah tepat dalam berinvestasi properti, yaitu :
  1. Membeli tanah kapling atau tanah kampung selanjutnya kita membangun rumah diatasnya, pembayaran bisa dilakukan dengan cara cash atau dengan mengajukan KPR ( Kredit Kepemilikan Rumah) tapi kelemahan berinvestasi dengan cara ini adalah kita terkadang harus menyiapkan dana besar untuk ini, biaya pembangunan dan maintenance rumah yang tidak sedikit, serta semakin terbatasnya lahan yang dijual saat ini.
  2. Membeli rumah jadi dari pengembang perumahan, kalau ini seperti kata-kata  yang lagi hit di film Dilan 1990 "Kamu jangan bangun rumah..berat, biar aku saja " hehehe..membeli unit perumahan dari pengembang memang terdengar lebih gampang dan efektif tapi kekurangannya kebanyakan saat ini unit perumahan yang dijual  lokasinya biasanya agak terpencil dan jauh dari pusat aktifitas kita, seperti diilayah Bekasi ini, beberapa perumahan dibangun dilokasi yang jauh dari pusat kota.
  3. Membeli saham properti via Bursa Efek Indonesia, ini juga bentuk investasi modern yang lumayan menguntungkan, dengan keuntungan 10-29% pertahun dari saham ini, membuat investasi ini banyak digandrungi anak muda saat ini, tapi kelemahannya kita tidak bisa menikmati investasi ini dalam bentuk riil, dan bagi yang buta masalah bursa efek, investasi semacam ini bisa cukup membingungkan.
  4.  Membeli unit apartemen, ini sepertinya bentuk investasi properti yang paing cocok buat anak muda, karena biasanya unit-unit apartemen ini dibangun didaerah yang cukup strategis dan dekat dengan tempat kita beraktifitas, membeli unit apartemen ini juga sangat minim biaya maintenance.
Mengapa membeli unit apartemen dianggap investasi properti yang paling cocok buat anak muda jaman now ?

David Cornelius Mokalu, seorang pengamat properti mengemukakan tentang perilaku pengelolaan keuangan anak muda saat ini, sebenarnya anak muda sekarang lebih melek tentang keuangan dibandingkan generasi sebelumnya, mereka lebih bijak menggunakan uang mereka, hanya saja mereka masih belum "ngeh" tentang investasi, terutama investasi properti, mereka beranggapan kalau berinvestasi properti artinya harus punya dana besar, dan dengan rata-rata gaji Rp 6 juta/bulan sepertinya akan sulit untuk mewujudkan punya unit properti sendiri.

Ini yang diungkapkan David saat hadir di acara Blogger Gathering  dengan tema Tren Investasi Generasi Muda di Booth LRT City, Indonesia Properti Expo 2018 - JCC Senayan, Jakarta, hari Senin 5 Februari beberapa waktu lalu.

David Cornelius Mokalu


Membeli unit perumahan atau tanah selanjutnya dibangun rumah sepertinya dianggap cukup merepotkan dan  agak kurang efektif, apalagi bila lokasinya jauh dari tempat mereka beraktifitas sehari-hari.

Maka dari itu membeli apartemen dianggap adalah jalan terbaik yang paling pas dengan kebutuhan anak muda jaman now ini, apalagi perilaku pengelolaan keuangan anak muda ini yang terkadang banyak melibatkan emosi, hobi dan minat dalam memilih properti yang diinginkan, artinya mereka menginginkan tempat tinggal untuk dihuni sendiri atau disewakan itu yang memiliki fasilitas yang bisa menunjang hobi dan minatnya.




Itulah kenapa tak heran kalau seorang selebritis muda Keenan Pearce yang juga meakili generasi muda masa kini juga mau menginvestasikan uangnya untuk membeli unit apartemen, karena dia sadar kalau jenis investasi ini adalah yang dianggap paling pas buat anak muda seperti dirinya.

Keenan Pearce


Naah..sekarang tinggal kita mencari unit apartemen seperti apa yang memenag benar-benar cocok untuk dijadikan investasi, yang nantinya bisa ditempati sendiri atau disewakan sehingga menjadi pemasukan rutin setiap bulannya.

LRT City, pilihan tepat investasi properti bentuk apartemen untuk anak muda jaman now.




Setelah kita tahu kalau ternyata membeli apartemen adalah pilihan tepat untuk berinvestasi properti untuk anak muda, selanjutnya kita harus jeli memilihnya, sebenarnya seperti apa sih apartemen yang bisa dibilang ideal untuk dijadikan investasi, secara garis besar, menurut Bapak Setya Adji Permana, Project Manager Eastern Green  apartemen bisa dikatakan ideal jika :

1.Lokasi apartemen memiliki akses yang baik yang membuat kita bisa terbebas dari kemacetan.

 inilah yang ditawarkan LRT City, berkonsep TOD (Transit Oriented Development), lokasi yang membuat kita bebas macet, tapi juga apartemen ini dibangun dan terhubung langsung dengan LRT ( Light Rail Transit) yaitu sistem kereta api penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan, nantinya setiap kawasan apartemennya berada di titik 0 dari setasiun LRT ini, dan juga akses transportasi massal akan sangat mudah.

LRT City ini sepertinya tidak hanya membangun sebuah hunian, tapi lebih seperti membangun sebuah peradaban baru, kita seperti diajak keluar dari kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam dalam kemacetan dari dan ke tujuan kita, menjadi lebih cepat mencapainya dengan pilihan transportasi publik, dan itu artinya semakin banyak waktu efektif buat kita.

Project LRT yang hampir rampung di Bekasi timur


Salah satu project dari LRT City ini yang saya ketahui ada di Bekasi timur, lokasinya dekat dengan rumah saya, yaitu tepat di depan gerbang tol Bekasi timur.

Dari dulu lokasi ini memang tempat yang paling strategis di wilayah Bekasi timur, karena dari sini kita bisa terhubung kemana saja, mulai dari bis antar kota-antar propinsi, hanya beberapa ratus meter dari Setasiun KRL Bekasi timur, dan juga point penting di wilayah Bekasi timur.

LRT City Bekasi timur


Yang saya tahu, harga tanah diwilayah ini memang sudah sangat tinggi, dan sepertinya memiliki apartemen disini akan sangat baik untuk investasi, karena harganya akan terus naik setiap tahunnya.

 2. Fasilitas Apartemen yang baik.

PT.Adhi Karya selaku pengembang LRT City ini tahu benar apa yang diinginkan para generasi muda jaman now saat ini, karena itu mereka tidak hanya membangun apartemen saja, tapi bisa dikatakan membangun peradaban,  apa yang ditawarkan adalah sebuah konsep hunian yang modern dan dinamis.



Dan menunjang terciptanya konsep Connect, Compact, Transit, MixShit, Walk, Density dan Cycle, yang nantinya akan menjadi solusi bagi kenyaman sebuah hunian.




Jadi nantinya tidak hanya jejeran tower apartemen saja yang ada, tapi juga akan ada mall, cinema, gym center, Jogging track, kolam renang, area hijau, masjid, taman bermain, aula serbaguna dan sederet fasilitas lain yang menunjang kenyamanan penghuni apartemen.

Fasilitas yang sangat baik juga meliputi tiap unit apartemen, mengusung metode smart living yang memanfaatkan teknologi tinggi.

3. Harga yang reasonable. 

Sebagai kaum muda yang masih berpenghasilan dengan rerata 6 juta perbulan, tak heran kalau masalah harga sebuah hunian sangat penting.

Masalah tingginya harga unit perumahan di perkotaan sudah sangat tinggi,  dan itu sangat memberatkan,  akhirnya tinggal ditempat kost atau kontrakan yang dekat dengan lokasi kerja dan beraktifitas menjadi pilihan,  padahal kita tahu harga sewa perbulan tempat kost itu juga sangat tinggi.

LRT City ini mengerti sekali akan hal ini,  itulah sebabnya ada beberapa tawaran yang cukup menggiurkan, diantaranya dengan DP 0 Rupiah,  dan harga murah yang bisa dicicil sampai 36X, bahkan untuk unit Cisauk Point harga perunit apartemennya mulai dari Rp 200 juta saja. 



Beberapa project LRT City yang dikembangkan PT.Adhi Karya ini ada dibeberapa titik, yaitu :
  • LRT City Sentul- Royal Sentul Park 
  • LRT City Bekasi - Eastern Green
  • LRT Jati Cempaka - Gate way Park
  • LRT City Ciracas - Urban Signature
  • Cisauk Point- Member of LRT City ( Tangerang)
  • Oase Park - Member of LRT City ( Ciputat- Tangsel)


Untuk informasi lebih banyak mengenai LRT City silahkan langsung buka www.lrtcity.com
















No comments:

Post a Comment