Tuesday, December 5, 2017

Anak Kuat dari Dalam dengan Asupan Gizi dalam Keadaan Alami



Jangan digoreng, rebus saja
Masak sayurnya jangan lama-lama

Pernah tidak mendengar kalimat- kalimat seperti ini ? kalau saya sering, terutama dari Ibu saya. meskipun beliau ini sama sekali bukan ahli gizi, tapi sepertinya tahu persis kalau mengolah makanan yang baik itu tidak boleh berlebihan agar zat gizinya masih tetap terjaga, terutama untuk sayuran.

Ilmu yang bisa saya sebut "ilmu turunan" inipun sampai sekarang masih saya pegang teguh , meski banyak skipnya juga sih.. beberapa kali masak saya kadang cheating juga dengan memasaknya berlama-lama demi tekstur yang lebih nglunyur, supaya tidak repot ngunyah.

Padahal makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami, artinya yang tidak dioah berlebihan itu berperan penting untuk tumbuh kembang anak, karena gizinya bisa terserap sempurna dalam pencernaan.

Lazim sekali kita ketahui kalau pencernaan ini merupakan faktor yang sangat penting,  bisa dibilang fondasinya sistem imun yang kuat dan tentunya penting untuk menjaga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya disajikan dengan kandungan gizi dalam keadaan alami, salah satu contohnya adalah sayur dan buah, pisang itu bagus, tapi kalau dikonsumsi sebagai pisang goreng, maka beberapa nutrisi dalam pisang akan hilang bersamaan dengan proses pemanasan saat menggoreng.

Atau beberapa jenis minyak, seperti minyak conola atau minyak zaitun sebaiknya juga tidak dipanaskan untuk menjaga keutuhan nutrisinya, tapi beda dengan daging sapi atau kambing yang memang harus di masak lama agar seluruh bakteri yang hidup didalamnya bisa mati.

pemaparan tentang gizi dalam keadaan alami ini sesuai dengan yang disampaikan oleh dr.Diana F Suganda, MKes, SpGK , Spesialis Gizi Klinik, beliau juga menambahkan kalau dimasa tumbuh kembangnya anak membutuhkan beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien ( karbohidrat, protein dan lemak)  dan mikronutrien ( beragam vitamin dan mineral), dan menyajikannya semua zat gizi itu dalam keadaan alami menjadi peer buat para orang tua.

dr. Diana,  pict by Almazia


Hampir sama dengan pernyataan dr.Diana, dr.Aulia Fitri Swity, SpA, MKes juga mengungkapkan kalau asupan gizi yang dikonsumsi dalam keadaan alami atau tidak diolah berlebih akan sangat baik untuk pencernaan anak, karena zat gizi tersebut akan lebih mudah diserap, dan resiko terjadinya masalah dengan pencernaan akan semakin kecil.

DrAulia Fitri,  pict by Shinta Ries




Lalu bagaimana denga susu ?
tak bisa dipungkiri, setelah lepas ASI maka susu bisa dikatakan sebagai makanan pelengkap yang angat menunjang tumbuh kembang anak, jadi apa perlu juga diperhatikan apakah susu yang dikonsumsi anak kita ini diolah berlebih atau tidak ?


Untuk menjawab pertanyaan ini dr.Rulli P.A. Situmorang, yang juga menjabat Medical Marketing Manager Friso menjelaskan saat acara Blogger Gathering  bersama teman-teman dari Blogger Perempuan beberapa waktu yang lalu di Restoran Kembang Kencur tanggal 2 Desember 2017 mengungkapkan, kalau susu juga harusnya tak lepas dari perhatian kita para orang tua, susu yang baik itu harusnya kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak akibat pengolahan berlebih.

dr. Rulli, pict by Shinta Ries


Suasana Gathering

Salah satu susu yang menjaga benar kandungan gizinya dalam keadaan alami adalah Friso, produk dari Friesland Campina yang memiliki konsep " Grass to Glass" di semua produksinya ini bbenar-benar menjaga keutuhan gizi produk susunya, bahkan dimulai dari pakan ternak sapi yang akan diambil susunya.



Untuk menunjang konsep ini, Friesland Campina bahkan memiliki peternakan sendiri, dengan begitu pengawasan mulai dari pemberian pakan ternak, pemeliharaan sampai pemerahan benar-benar diperhatikan langsung.



Tidak sampai disitu, untuk menjaga nutrisinya, Friso ini hanya diolah dengan 1X pemanasan atau One Single Process  agar semua protein yang terkandung didalamnya tetap terjaga dengan baik, dan akan sangat baik buat pencernaan si kecil, itulah kenapa Friso ini juga sudah direkomendasikan oleh HCP di 6 negara di Asia sebagai solusi untuk anak dengan masalah pencernaan.

Selain itu susu ini juga diproduksi dengan teknologi Locknutri yang memastikan kalau semua nutrisi penting dalam produk ini terkunci dengan baik, sampai saatnya disajikan, dan juga tak lupa fortifikasi vitamin dan mineral penting juga di tambahkan pada produk ini.

Pemilihan pakan ternak berkualitas, pemeliharaan yang baik, pengolahan susu dangan  One Single process dan Locknutri menjadikan Friso selalu memberikan gizi dalam keadaan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan membuat anak kuat dari dalam.



Naah.. setelah tahu bagaimana Friso ini diproduksi, kini giliran para Orang tua harus lebih cermat saat menyajikan Friso, gunakan hanya air hangat suam-suam kuku, bukan air panas agar nutrisinya terjaga.

Di acara Blogger Gathering kali ini, kami tidak hanya mendapat banyak ilmu tentang bagaimana mendapatkan zat gizi dalam keadaan alami yang penting untuk tumbuh kembang anak-anak, dan juga product knowledge salah satu susu premium produksi Friesland Campina, selain itu banyak sekali hadiah bertaburan sepanjang acara, pokonya enggak ngebosenin banget, apalagi MC nya kocak banget.


Thanks Friso dan Blogger Perempuan


Untuk inormasi lebih banyak tentang Friso ini, sila kunjungi akun sosial media ini :

Facebook  : Friso Indonesia
Instagram : @frisopopupplay
Twitter      : @FrisoID

















18 comments:

  1. Cantik-cantik ya dokter perempuannya. Ilmunya juga cakep. 😍😍

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat waktu ponakan ku kecil 22 tahun lalu, ada gangguan pencernaan setiap mau BAB susah banget. Itu karena pemilihan susu yang tidak tepat dan kurangnya pengetahuan orang tua cara mengatasinya. Beruntung banget ya kita sekarang bisa ikut berbagai gathering jadi nambah pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah.. trus aja dikonsumsi padahal susunya tidak cocok yah, kasian anaknya

      Delete
  3. Hehe jadi inget pernah angetin sayur tumisan karena gak habis sebelumnya, daripada sayang. Padahal zat gizinya udah berkurang ya

    ReplyDelete
  4. Aku sebelumnya hanya tahu bayam yg tak boleh dipanaskan berulang, ternyata semua sayur juga sama. Memang warnanya pun agak berubah ya, pasti kandungan gizinya jg sudah berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kandungan gizinya jadi berkurang.

      Delete
  5. mengolah bahan makanan memang jadi kunci juga supaya gizinya bisa diserap dengan baik oleh tubuh ya eda, makasih infonya

    ReplyDelete
  6. suka banget sama mc nya kemarin bikin suasana ngga boring, ditambah banyak info sama hadiahnya :)

    ReplyDelete
  7. Setelah ikut acara ini, jd tau feh kalo susu itu prosesnya ada yg single ada yg double. Bermanfaat sekali, nambah deh ilmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi tambah selektif ini memiloh susu

      Delete
  8. Friso bagus ya ternyata. Awalnya aku agak aneh karena susu baru. Tapi pas baca tulisan mbak , jadi yakin Friso bagus jg nih buat rayyan nanti selepas ASI

    ReplyDelete
  9. Jadi kalo masak sayur harus langsung di abisin,ga boleh ada anget angetan gitu ya?

    ReplyDelete
  10. Ehh, Aku pun kadang suka panasin sayur lagi, berdalih karna sayang padahal mah kandungan nutrisinya sudah berkurang yaa.

    Ahh senengnya bisa hadir diacara ini, banyak ilmu dan doorprizenya juga banyak. Alhamdulillah ya Mbaa ��

    ReplyDelete
  11. memang kita perlu cara pengolahannya, jangan sampai bahan sduah baik gisinya hilang karena cara pengolahan yang salah, karena banyak zat gizi yang hilang karena pemanasan

    ReplyDelete