Monday, October 30, 2017

Yuk Ajak Anak-anak Kita Menikmati #Ceritaajaib di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017 Akhir Pekan ini



Hajatan tetap para pendongeng dalam dan luar negeri akan kembali digelar lho bulan November ini.

Kalau yang tahun kemarin ikut dan menghadiri keseruan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 pasti tahun ini akan kembali ingin mengunjunginya.

Kalau saya iya.. pasalnya acara ini memang keren banget,  pendongeng-pendongeng hebat berkumpul di satu event dan saling unjuk gigi kepiawaian mereka menyampaikan dongeng ke anak-anak yang hadir.

Kenapa saya begitu antusias sih mengajak Hania untuk datang ke Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017 yang akan digelar selama 2 hari di tanggal 4 - 5 November di Perpustakaan Nasional Indonesia?

Saat mengetahui diagnosa dokter tubuh kembang tentang  masalah fokus Hania, yang ternyata mengalami ADHD atau keterbatasan dalam berfokus membuat saya mencari tahu terus apa yang bisa menarik perhatiannya untuk rentang waktu yang lama, tapi bukan gadget pastinya yah..

Dari hasil mengamati ini,  saya tahu ada beberapa hal yang bisa membuat Hania tenang dan terfokus,  salah satunya mendengarkan dongeng, naah.. wajar kan kalau saya akhirnya lumayan antusias dengan pertunjukan dongeng ini.

Kembali ke ulasan saya tentang FDII 2017 ini yah.. jadi ceritanya festival yang baru pertama kali digelar di gedung Perpustakaan Nasional RI ini sudah berlangsung sejak 2008, ditahun-tahun sebelumnya acara digelar di Museum Nasional atau yang lebih dikenal dengan Museum Gajah.

Siapa yang akan mendongeng?  buanyaak... enggak usah khawatir selama di acara itu anak-anak enggak akan pernah bosan kayaknya,  ada 50 pendongeng/penampil dari dalam dan luar negeri yang siap menyebarkan kebahagiaan buat anak-anak ini nantinya, tak hanya itu, ada sekitar 150 relawan yang juga akan mendongeng dan menampilkan pertunjukan.

Pimpinan panitia yang juga pendongeng Ariyo Zidno atau lebih akrab dipanggil Kak Aio bersama para pendongeng Kiran Shah (Singapura),  Sue Ah Kim ( Korea Selatan),  Craig Jenkins ( Inggris),  Tanya Batt (Selandia Baru), Uncle Fat ( Taiwan)  dan Rona Mentari ( Indonesia)  adalah beberapa dari nama pendongeng yang nantinya akan tampil mendongeng,  sekaligus membuka kelas workshop dan menggelar Special show di festival ini.

Acara ini juga di dukung oleh Bintang Nutricia,  Bapak Arif Mujahid, Communication Director Danone Indonesia menjelaskan kalau event besar ini diharapkan mampu mewadahi kegiatan mendongeng yang memang terbukti mampu mengembangkan kecerdasan kognitif anak dan juga sebagai sarana bonding yang baik dengan keluarga.

Saat preskon beberapa waktu lalu,  hadir juga Ibu Najeela Syihab,  seorang pendidik, yang juge setuju dengan ungkapan Bapak Arif Mujahidin, Ibu Ela juga menambahkan kalau kita juga bisa menyampaikan banyak pesan baik lewat dongeng tanpa harus berkesan menggurui.

Saya memang besar dengan dongeng,  dulu pas masih kecil,  saya senang mendengarkan dongeng yang disampaikan Tante saya,  karena Mama saya sendiri kurang piawai mendongeng,  meski kadang cerita yang disampaikan Tante saya ini lebih banyak anehnya, tapi kami para keponakan ini asik-asik aja mendengarkannya.

Saat itu saya anggap kalau semua dongeng yang disamaikan Tante saya itu benar-benar terjadi,  dan ini yang membuat daya imaji saya terasah dengan baik,  kini saya ingin menurunkan ke anak-anak saya,  kalau ternyata memiliki imajinasi yang tinggi itu menyenangkan.

Tema yang diangkat FDII 2017 kali ini adalah #ceritaajaib,  sesuai dengan judul salah satu buku yang nantinya bakal launching di festival, Cerita Ajaib yang ditulis oleh para Kakak yang juga tergabung dalam komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Buku terbitan Noura Books ini berisi kumpulan dongeng,  hanya 2 bulan pengerjaan,  tapi diharapkan akan mampu memuaskan pembacanya.



Tidak hanya launching buku, di FDII kali ini juga akan dikenalkan Kelompok Dongeng Boneka Belalang Kupu-kupu,  yang beranggotakan para relawan dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia,  komunitas yang concern dengan perkembangan dongeng di negeri tercinta ini.

Tokoh boneka ini nantinya tampil lho di FDII 2017


So.. Jangan lupa yah,  tanggal 4-5 November 2017 ini datang ke Perpustakaan Nasional Indonesia,  simpan dulu semua gadget dan masuki indahnya #Ceritaajaib bersama anak-anak kita dengan menyaksikan pertunjukan dan dongeng di Festival Dongeng Internasional Indoneasia 2017


Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017
4 - 5 November 2017
Perpustakaan Nasional RI
Jl. Medan Merdeka selatan no 11 Jakarta
Website : www.ayodongengindonesia.com
Jam 9 - 16 WIB 




6 comments:

  1. wah asyik! semua anak memang suka banget dongeng ya. di perpus bandung ada ngga ya....

    ReplyDelete
  2. Nunggu ada yang siaran langsung di FB ajah, atau barangkali ada yang upload di youtube.
    Coba kalau ada di Malang, pasti anak-anak ku ajak ke acara ginian

    ReplyDelete
  3. Kira" live medsosnya ada gak nanti? Share link-nya live streamingnya ya..

    ReplyDelete