Kamis, 25 Mei 2017

Sambut Bulan Ramadan Istimewa bersama Piranti Dapur Inovatif dari Philips

Ramadan sudah didepan mata ? apa yang sudah kita persiapkan ?


Pertanyaan ini cukup menggelitik yah, memangnya apa yang istimewa dengan bulan Ramadhan, kalau buat saya bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa, bulan dimana semua amal ibadah kita dilipatgandakan pahalanya, selama sebulan penuh pola makan dan tidur kita berubah, jadi bisa dibilang bulan ini sangat istimewa.

Itulah mengapa saat salah seorang teman mengajak saya ikut salah satu acara yang akan membahas tentang bagaimana tips dan trik menyiasati kebutuhan asupan gizi yang benar selama berpuasa, saya langsung tertarik untuk hadir, meski acaranya digelar bukan di weekend tapi karena bahasannya sangat menarik, jadi saya putuskan hadir.

Acaranya sendiri  digelar di hotel Ayana, Jakarta tanggal 9 Mei  dan bertajuk :

Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips


Dari keterangan lewat undangan yang saya terima sih kayaknya acaranya tidak hanya talkshow saja,  tapi ada banyak hal menarik lain.

Saya datang saat acara makan siang berlangsung, karena memang acara inti digelar setelah para undangan makan siang, tapi saya tidak langsung menyendok makanan yang disediakan, padahal sih sudah terasa keroncongan, tapi saya lebih tertarik dengan salah satu sudut ruangan ballroom hotel yang menyediakan peralatan dan bahan untuk membuat jus.

Saat mendekati, Mas-mas yang bertugas disitu menyapa saya 

" Mau bikin jus sendiri Ibu ?"
" Boleh.."

Jadilah saya bereksperimen dengan semua bahan yang ada, sengaja saya membuat jus kombinasi dari beberapa bahan, ada wortel, nanas dan stroberi, semua saya masukkan dalam Philips Blender dan tak berapa lam jus saya pun selesai, hasilnya lembut, tidak bau besi dan sangat segar.

DIY jus


O iya.. saya mau cerita sedikit nih tentang Philips Blender yang saya gunakan, sebenarnya saya juga memakai ini dirumah, dan saya puas karena food grade, dan itu artinya bebas dari kandungan timbal yang bisa menempel pada makanan, dengan daya 600 watt, membuat blender ini lumayan ngebut saat melakukan tugasnya, pisaunya juga sangat kuat, padahal kami sekeluarga hampir tiap hari membuat jus dan tak lupa ditambah es batu, tapi pisaunya tidak masalah tuh..

Apalagi model blender Philips ini termasuk yang enak dilihat dan gampang dibersihkan, tidak terlalu banyak lekuk tapi luwes, cocok dengan model dapur saya yang klasik, ada 4 warna, tapi yang paling cantik warna abu-abu *kata saya* tombol pengoperasiannya tertutup semacam karet,  jadi mudah dilap,  tanpa ada bagian yang terlewat.

Blender Philips


Selesai saya membuat jus, ada teman yang datang dan ingin membuat jus juga, tapi dia tidak ingin ada sisa wortel bekas jus saya di gelas blendernya, dan akhirnya Mas-mas tadi menuangkan sedikit air di gelas itu, memasang di badan blender dan menekan tombol "pulse" sebentar, lalu air tadi dibuang dan keren.. gelas blender kembali bersih.

Sebenarnya ada dua alat yang disediakan , Blender dan Juicer, tapi karena saya sedang ingin mengkonsumsi serat, jadi saya memilik untuk memblender, sebenarnya kalau kita sudah merasa seratnya tercukupi, kita bisa mengolah buah dan sayur itu dengan Philips Juicer, yang kekuatannya oke, karena jus yang dihasilkan banyak dan segar juga, disamping kandungan vitaminnya tetap terjaga.

Setelah puas menikmati jus sehat ala Philips, saya bergeser sedikit, di salah satu ruangan disediakan space khusus untuk konsultasi gizi, saya sempat di ukur berat badan, lemak tubuh, massa otot dan usia se tubuh saya, dengan naik ke alat yng mirip timbangan badan biasa, tapi ada semacam alat yang terhubung dengan tali ke timbangan itu yang harus saya pegang, tubuh saya diukur.

Ukur-ukur dulu yah.. 

Setelah itu konsultasikan diaini


Hasilnya memang kurang memuaskan, lemak tubuh saya tinggi, dan itu yang membuat usia sel saya menua, usia saya yang sebenarnya dibawah 40 tahun, tapi usia sel saya menjadi 46, sang konsultan menjelaskan itu disebabkan karena lemak ditubuh saya tinggi, dan itu artinya saya harus mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat dan juga lebih banyak bergerak.

Hasil analisa gizi saya


Mungkin karena selama ini saya ini termasuk pemakan segala yah.. dengan alasan sayang mubazir, banyak sekali yang akhirnya berlabuh diperut saya, mungkin sudah waktunya saya melakukan detox, apalagi bertepatan sebentar lagi bulan puasa, waktunya tepat nih..

Dan akhirnya setelah mencoba jus dengan menggunakan blender Philips dan berkonsultasi gizi  serta makan siang juga tentunya, kami para undangan akhirnya dipersilahkan untuk duduk dan mendengarkan penjelasan dari para narasumber.

Acara di buka dengan sambutan hangat dari Bapak  Yongky Sentosa selaku, Head of Personal Health Philips Indonesia “Untuk dapat menjaga keseimbangan asupan tentu bukan perkara mudah, Philips memahami kebutuhan masyarakat yang memiliki kesibukan tinggi. Peralatan dapur inovatif dari Philips, memungkinkan dapat menyiapkan makanan sehat dan praktis, khususnya saat berpuasa dimana setiap orang harus menjaga stamina agar tetap sehat”.

Bapak Yongki Sentosa


Untuk selanjutnya Philips mengharap masyarakat Indonesia lebih sadar gizi dan memperhatikan kesehatan diri dan keluarganya dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang diolah dengan piranti dapur yang aman dan berkualitas.

Setelah sambutan dari Bapak Yongki, selanjutnya ada Ibu Rita Ramayulis DCN, M.Kes, seorang Nutrisionis, yang memberikan presentasi tentang pentingnya menjaga asupan makanan yang tepat selama berpuasa di bulan ramadan nanti.

Ibu Rita Ramayulis


Ada yang menarik nih dari penampilan Ibu Rita, eh tapi sebelumnya agak enggak enak sih manggil beliau Ibu, penampilannya masih "anak muda" banget, badannya langsing dan wajahnya fresh, bahkan kata dia saat diukur sel tubuhnya masih berumur 20 tahunan, padahal usia sebenarnya sudah kepala 4 lho..apa yah rahasianya? ternyata pola hidup sehat dengan menjaga makanan yang masuk dan rajin olah raga yang membuat Ibu Rita ini terlihat lebih muda dari usianya.

Ibu Rita menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana memanfaatkan puasa sebagai momen yang tepat dalam mendetox atau mengeluarkan racun dalam tubuh kita, bayangkan saat kita berpuasa, 12 jam tubuh beristirahat mencerna, dari yang biasanya terus mencerna saat kita tidak berpuasa.

Lalu bagaimana tips dan triknya agar selama puasa kebutuhan gizi kita tetap terpenuhi ? pada dasarnya kebutuhan makan kita ini hanya sekitar 1600 kal-2000 kal itu sama dengan 1 kepal karbohidrat, 1 ukuran telapak tangan protein dan 3 tangkup sayur dan buah, tapi seringnya terbalik yah ? konsumsi karbohidrat terkadang jauh melebihi sayur dan buah, makan nasi lauk nya mi goreng ..waduh :):)

Ibu Rita memberikan poin-poin khusus dan  waktu tepat kita mengkonsumsi makanan saat berpuasa :

  1. Sahur : pilih makanan dengan menu lengkap, sebaiknya memilih makanan sumber energi yang lambat dicerna, yaitu karbohidrat komplek, protein rendah lemak atau tinggi lemak tapi tidak di goreng, memenuhi kebutuhan cairan disertai elektrolit bisa dengan sayur berkuah banyak atau buah yang berair banyak, contoh menu : seporsi nasi beras merah dengan lauk ayam tumis dan sayur bayam ditambah segelas susu.
  2. Berbuka : Dimakan setelah adzan Magrib, pilih makanan manis tapi dengan kadar glukos, fruktosa dan sukrosa, contoh menu : jus buah, kurma dan 1-2 buah kue manis, seperti kue pisang atau kue talam.
  3. Makan malam : Dimakan sesaat setelah kita melakukan sholat Maghrib, usahakan dengan menu lengkap juga nasi, lauk dan sayur, contoh menu : nasi dengan telur balado dan sayur tumis daun singkong.
  4. Makanan selingan malam : Dimakan saat kita pulang taraweh, sebaiknya yang mengandung protein dan vitamin saja, seperti gado-gado tanpa lontong, tumis kacang panjang tempe atau capcay sayur, tapi ingat jangan ditambah nasi lagi yah, karena mengkonsumsi karbohidrat menjelang tidur akan membuat kita saat sahur nanti akan gelagapan, alias susah terfokus.

Salah satu contoh menu selingan malam

Kalau dilihat lagi, beberapa menu yang saya sebutkan berdasar pemaparan Ibu Rita ini semuanya menu yang mudah dan murah yah, hanya saja kita terkadang enggak aware dengan pola makan kita sendiri, sehingga cari praktisnya saja, seperti berbuka dengan gorengan yang dijual dipinggir jalan supaya mudah dan cepat, padahal makan terlalu banyak gorengan bisa mengganggu kesehatan kita

Selanjutnya Ibu Rita juga memperagakan beberapa resep makanan sehat, kali ini ada bola-bola ayam sayur dan Energizer Juice.

Bola-bola ayam sayur ini unik lho.. hanya mencampurkan daging ayam cincang, wortel, dan tepung terigu  yang dibumbui garam/lada selanjutnya digulingkan kedalam telur dan tepung roti, lalu dibentuk bol-bola dan diletakkan di dalam Philips Air Fryer, salah satu inovasi dari Philips untuk menghasilkan makanan gorengan dengan tanpa digoreng, alat ini bisa digunakan untuk menggoreng (tanpa minyak), memanggang kue, dan membakar, dan tetap semuanya tanpa minyak, jadi efek buruk dari memproses maknan dengan cara itu bisa dicegah.

Philips Air Fryer


Kalau sebelumnya kita sering takut dengan dampak konsumsi minyak berlebih pada tubuh kita, tapi kita masih juga suka gorengan, sepertinya Philips Air Fryer ini bisa menjadi piranti dapur wajib punya.

Tak hanya Ibu Rita yang  masak lho..kami semua para undangan juga dilibatkan, di setiap meja sudah disediakan alat ini dan kami bisa mencoba langsung, dan percaya atau tidak, meja tempat saya terlihat paling bagus hasil masakannya dan rasanya juga sepertinya paling enak, hehe...

Grup meja saya kompak banget yah.. 

Inilah hasilnya,  bolo-bola itu tidak digoreng  lho.. 


Setelah acara masak-masak, ternyata masih ada satu lagi sesi yang lumayan bikin heboh, yaitu kompetisi membuat layer juice, saya tidak terpilih untuk ikut kompetisi itu, tapi senang karena salah satu teman saya Suci memenangkan kompetisi ini, diantara 5 peserta, memang jus bikinan dia yang paling cantik.

Kompetisi membuat layer juice


Cantik dua-duanya.. 

Sebenarnya ada satu lagi piranti dapur dari Philips yang saat acara juga dipamerkan dibeberapa sudut ruangan, sayangnya saya tidak berkesempatan mencoba, namanya Philips Fuzzy Logic Rice Cooker, ini juga inovasi Philips yang keren banget sebenarnya, Rice cooker canggih ini  tidak hanya bisa memasak nasi tapi juga bisa membuat bubur, membuat cake dan juga bisa digunakan untuk memasak, sistemnya full otomatis dan bahan pot dalamnya tebal, terbuat dari bahan berkualitas dengan ketebalan 2,0 mm jadi bisa menyimpan panas dengan sangat baik, sistem pemanasan 3 D membuat nasi yang disimpan di daalamnya tetap enak meski sudah 48 jam.

Dan akhirnya acara yang seru ini pun berakhir, para undangan yang terdiri dari para awak media dan Blogger ini pun juga mendapat kesempatan mendapatkan doorprie di ujung acara, ada 5 Philips Blender yang dibagikan, meski saya tidak termasuk salah satunya.

Pembagian doorprize


Philips Indonesia yang merupakan bagian dari Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) yaitu perusahaan teknologi kesehatan yng terfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat, berpusat di Belanda dengan 71 ribu karyawan, dan menjual produk sudah di lebih 100 negara.

Akun Sosial Media Philips  
Facebook  : Philips Home Living
Instagram  : @philipshomeliving
Twitter      :@Philips_ID













28 komentar:

  1. senengnyaa bisa ikutan masak2 bareng kemaren nyoba philips air fryer :D

    BalasHapus
  2. Aku pengen banget punya Philips Airfryer nya dirumah biar ngurangin minyak :)

    BalasHapus
  3. Praktis banget masak pake Philips ini, mbak Lubena Ali �� nasi masih tetap enak ya meskipun sdh lbh dari 48 jam. Nesti punya ah. Tq infonya.

    BalasHapus
  4. Wah kayaknya seru bisa ikutan acara ini. Tambah ilmu kesehatan ya mba

    BalasHapus
  5. Penting banget Blender buat bikin jus saat bulan ramadan seperti sekarang. Beruntung banget yang dapat doorprize ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Mbak tuty sama Mbak Sally yang dapet

      Hapus
  6. Aahh naksir low fat fryernya mbak.. Bisa bikin gorengan tanpa di goreng ya.

    BalasHapus
  7. naksir blender Philips. Ini yang aman dipencet anak-anak?
    trus bisa praktek langsung pakai alat-alat dari Philips yang harganya jutaan. Hwaaa mau bawa pulang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Asalkan tutupnya enggak klik.

      Hapus
  8. Aku jarang makan selingan malam, soalnya langsung tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga, tapi sejak dengar penjelasan ini jadi pengen nyemil buah/sayur pas pulang taraweh

      Hapus
  9. Kebetulan blenderku sudah diminta ibuku. Lagi mau beli blendet baru jadi punya bahan rujukan. Aku suka warnanya. Mau nabung ah beli si Fryer.

    BalasHapus
  10. salah satu idaman di dapur mempunyai perlengkapan dari philips, produk-produknya berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setrika saya sudah 10 tahun lebih, dan enggak pernah rewel

      Hapus
  11. hahahaah aduh kalau aku yg di check kesehatannya pakai alat itu pasti lebih kacau lagi. racunnya lebih buanyak... keluarin blender philip aaah.. mau nge juice tiap hari skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. bisa saja.. hayuk barengan kita mulai detox bareng Philips

      Hapus
  12. Aku jadi tertarik sama phillips air fryernya mba lubena, terimakaaih infonya ya mba. Dari dulu kepengen banget beli.

    BalasHapus
  13. Mkch infonya mba Lubena,jadi paham bagaimana seharusnya pola makan saat bulan puasa ini

    BalasHapus
  14. Aku dari dulu naksir buat kentang goreng, Phillip nomor satu Soal motor blender yg besar Dan kuat

    BalasHapus