Thursday, April 13, 2017

Launching Hallo Bumil di PPEJ 2017 : Aplikasi yang Menyenangkan Pendamping Ibu Hamil




“ hamil itu enggak boleh makan nanas”
“hamil itu enggak boleh olah raga, bahaya buat janin lho..”

Tidak hanya itu, ternyata banyak sekali yah mitos yang berkembang disekitar kita yang menyangkut tentang kehamilan, beberapa diantaranya bisa jadi benar, tapi tak sedikit lho yang hanya rekaan semata, dan tidak terbukti sama sekali kebenarannya.

Saat hamil anak pertama dulu, saya benar-benar  buta masalah kehamilan, apalagi saya yang waktu itu masih berumur 20 tahun langsung tinggal terpisah dari Orang tua, pagi-pagi yang bisa saya lakukan hanya diam dikamar mandi sambil muntah-muntah, sedikit sekali asupan makanan yang masuk, jangankan memikirkan nilai gizi dari makanan itu, saya dan suami benar-benar bingung waktu itu, satu-satunya sumber informasi yang saya dapat saat saya memeriksakan kandungan ke dokter, tapi waktu konsultasi yang sangat terbatas sepertinya tidak bisa menjawab semua keingintahuan saya tentang kehamilan ini, bertanya pada Mama saya juga tidak cukup membantu, kebanyakan beliau lupa bagaimana proses hamil yang dialaminya, maklum sudah lebih dari 25 tahun sejak kehamilan terakhir  beliau.

Beruntunglah para Bumil (iBU haMIL) sekarang ini, banyak sekali keran informasi yang bisa dibuka untuk mengetahui apa saja tentang kehamilannya, terutama dari  internet, mungkin bisa dikatakan seperti itu, karena gaya hidup sekarang yang memang tidak bisa lepas dari itu, tapi tetap saja ada beberapa informasi yang menyesatkan kalau kita tidak selektif.

Dan kabar baiknya kini Prenagen Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui  baru-baru ini mengeluarkan satu aplikasi khusus Ibu hamil, namanya HALLO BUMIL, aplikasi yang bisa dijadikan teman setia, teman curhat, sekaligus teman cari-cari informasi buat para Ibu yang sedang hamil.

Sebenarnya aplikasi ini bukanlah hal baru, sebelumnya aplikasi ini bernama ILUVUBABY, dengan perbaikan disana-sini, agar pengguna semakin nyaman maka aplikasi ini berubah wajah menjadi HALLO BUMIL.


Logo resmi HALLO BUMIL


PT.CAKRA RADHA MUSTIKA sebagai pembuat aplikasi HALLO BUMIL ini tahu benar rupanya apa yang dibutuhkan oleh para Ibu hamil, fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini semuanya berguna, jadi kalau bisa diibaratkan aplikasi ini bisa serupa diary kehamilan kita.

Fitur-fitur itu seperti :

  • ·         TIMELINE KEHAMILAN : disini para Bunda bisa menngisikan data-data kehamilannya, mulai dari berapa usia kehamilannya, apa keluhan yang dirasakan selama usia kehamilan itu, selanjutnya HALLO BUMIL akan mempresentasikan, di usia kehamilan itu bagaimana perkembangan janinnya, saya mencoba aplikasi ini, saya coba masukkan usia kehamilan 4 minggu, dan aplikasi ini menjelaskan kalau ukuran janin saya masih sebesar biji wijen..seru yah.. dan saya bisa membayangkan hal-hal seperti ini bisa sangat berpengaruh pada ibu yang sedang hamil, karena bisa tahu apapun tentang janinnya adalah hal yang menyenangkan, o iya.. di ffitur ini kita juga bisa melakukan chat dan menanyakan tentang keluhan yang kita alami

    Tampilan fitur Timeline


  • ·         ARTIKEL : disini kita bisa memperoleh informasi apa saja yang perlu diketahui tentang kehamilan, artikel disesuaikan dengan data usia kandungan yang kita masukkan lho..jadi sangat personal yah, seperti untuk saya yang sudah memasukkan data usia kehamilan 4 minggu, maka artikel yang ditampilkan adalah bagaimana mengatasi rasa tidak nyaman saat di usia kehamilan itu, atau apa saja makanan yang memang sebaiknya dihindari di usia kehamilan 4 minggu, semua artikel di aplikasi ini sangat berdasar dan bisa di pertanggungjawabkan, karena sumbernya di tulis dengan sangat jelas. 

    Pilih artike sesuai usia kandungan yah..


  • ·         KONTROL KEHAMILAN : disini kita bisa mengontrol kondisi tubuh kita selama hamil, dengan memasukkan data penambahan berat badan kita selama hamil, nantinya aplikasi ini akan menghitung apakah penambahan berat badan kita aman atau tidak, lengkap dengan solusi bagaimana mengatasinya, 


    Masukkan data berat badan Bunda disini.


  •  ALBUM FOTO : ini sepertinya bakal menjadi fitur yang paling favorit buat para pengguna HALLO BUMIL ini, karena kita bisa memasukkan foto dari minggu ke minggu usia kehamilan kita, pilih foto dengan pose yang bagus yah ... soalnya nantinya foto-foto itu akan di gabungkan untuk menciptakan kenangan yang nantinya bisa dicetak, kenangan seperti ini sangat tak ternilai kan  
    Pasang foto  sesuai usia kehamilan setiap minggu.

    Nanti akan dibuatkan gabungan fotonya

Bisa dibilang aplikasi HALLO BUMIL ini merupakan aplikasi kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada Ibu yang sedang hamil,tepat pada waktunya, fitur-fiturnya merupakan hasil kerjasama dengan tim medis berpengalaman sehingga bisa memahami perjalanan kehamilan.

Semua fitur di aplikasi ini menyenangkan yah, kalau saja dulu saat saya hamil , aplikasi ini sudah ada, pasti akan sangat bermanfaat sekali, jadi saya tidak perlu lagi repot mencari sumber informasi yang benar tentang kehamilan saya.

Benar kata Bapak Wolga Setyanto , selaku Digital Marketing Departemen Head PT.Cakra Radha Mustika yang mengatakan kalau aplikasi ini bisa  mengakomodir kebutuhan Ibu hamil, apalagi penyampaiannya juga dengan bahasa yang mudah di pahami.



Prenagen dan Kalbe Nutritional merupakan sponsor resmi APPS HALLO BUMIL


Karena dari riset yang mereka lakukan terhadap 1000 ibu hamil, lebih dari 90% calon Ibu ini membutuhkan informasi mengenai perkembangan janin, juga informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yag dibutuhkan selama masa kehamilan, dan masih dari hasil riset juga menunjukkan kalau media terbanyak yang digunakan untuk mencari informasi oleh para Ibu hamil ini adalah dari layar ponsel.

Enggak heran lah...kalau dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang 253,6 juta jiwa ini, 32% nya merupakan pengguna internet.

Saya yang sempat mencoba sendiri aplikasi ini memberikan nilai plus buat fitur TIMELINE KEHAMILAN, karena kita bisa tahu bagaimana kondisi janin kita di usia kehamilan itu, seperti terjadi komunikasi antara saya dan calon bayi saya, itu sangat menyenangkan lho.. seperti punya jendela kecil di perut yang setiap saat bisa kita buka buat ngintip si kecil didalamnya.


 Prenagen Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui dan KALBE NUTRITIONAL yang merupakan sponsor utama Apps HALLO BUMIL berharap dengan adanya aplikasi ini bisa menjadi pendamping para Ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya .

Dan bersamaan dengan ditandainya hadirnya aplikasi ini, juga digelar acara yang cukup megah di salah satu hotel berbintang di Jakarta, nama acaranya :

PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil & Launch Pregnancy APPS



Acara rutin yang digelar Prengen ini tahun ini terasa lebih istimewa, bertempat di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, ruangan ballroom yang luas itu dipenuhi oleh para calon Ibu, ataupun Ibu yang sedang menyusui, mereka datang sendiri atau bersama pasangannya.

Ada  teman yang bilang “ seneng deh ikut PPEJ tuh.. serasa banyak cinta dalam satu ruangan”

Saya jadi mikir, banyak cinta, maksudnya apa yah.. bukannya di acara seperti itu apalagi ini acara yang memang didedikasikan untuk para Ibu hamil, yang ada paling juga presentasi dan banyak wanita hamil tentunya.


Tapi ternyata dugaan saya salah, begitu saya masuk ke tempat dimana PPEJ 2017 ini digelar saya melihat kemeriahan yang luar biasa, para Bumil yang kebanyakan didampingi Pak suaminya terlihat antusias mendatangi tiap booth yang disediakan, banyak sekali yang bisa dikunjungi memang, yaitu :
  • Photobooth, 
  • Booth konsultasi dengan Dokter kandungan, 
  • Booth pengenalan APPS HALLO BUMIL, 
  • Booth Dapur sehat Prenagen, juga ada booth yang menyediakan produk Prenagen dengan harga khusus.


Berkonsultasi dengan dokter Obgyn

Berkonsultasi mengenai masalah kehamilan, dan bagaimana menginstal HALLO BUMIL

Ada harga khusus lho kalau membeli Prenagen saat event berlangsung, dan berkesempatan foto bersama bintang tamu

Narsis dulu di Photobooth


Dari wajah-wajah mereka memang benar saya lihat banyak sekali kebahagiaan, adegan Ibu hamil yang mengelus perutnya atau para suami yang mengelus jabang bayi yang masih diperut istrinya sempat saya lihat di mana-mana, sepertinya PPEJ 2017 ini seperti ajang perayaan buat para Ibu hamil deh..



Boleh donk ikutan narsis

Ada booth Dapur sehat juga lho..


Sebenarnya acara inti dimulai sekitar pukul 10 pagi, tapi keriuhan acara sudah ada sejak jam 7 pagi, ruangan yang lumayan luas membuat para undangan merasa leluasa dan tidak sumpek.


Entah karena saya yang keliatan hamil
atau apa, tapi Mbak ini terus menawari saya minum jus Prenagen yang segar ini.


Dan akhirnya tepat pukul 10, para undangan dipersilahkan masuk ke dalam ruang pertemuan, para undangan yang sebagian besar sudah mengenakan T-shirt yang diseddiakan didalam tas goodie bag itu pun mulai menempati kursi-kursi yang disediakan, excited banget deh, lhat banyak banget Bumil ngumpul di satu ruangan, meski dari beberapa undangan ada juga yang sedang dalam masa menyusui.


Suasana PPEJ 2017

Salah satu peserta yang tampak bahagia


Acara dipandu MC cantik dan juga artis Mona Ratuliu, yang kelihatan masih tetap fresh meski sudah beranak 3, melihat Mona Ratuliu langsung ingat Prenagen, memang sih dia pernah didapuk untuk menjadi Brand Ambassadornya, terlihat sekali sebagai Ibu yang cerdas dan care banget dengan anak-anaknya, tapi Brand Ambassador yang sekarang juga enggak kalah smart lho.. adalah Andien, Ibu muda yang barus saja melahirkan anak pertamanya, Kawa.

Di acara ini, Andien juga hadir sebagai bintang tamu, bersama sang suami Andien terlihat cantik banget hari itu, tapi sang suami enggak bisa berlama-lama nemenin, karena harus gantian jaga kawa, anak mereka, ihh so sweet banget yaah..

Andien juga sempat berkisah tentang kehamilannya yang menyenangkan dan juga manfaat saat ikut PPEJ di tahun lalu, waktu itu dia sedang hamil.


Andien dan suami



Saya sering lho ngintip akun Instagramnya Andien ini, dan sepertinya enggak salah deh kalau Prenagen memilihnya, soalnya Ibu satu ini benar-benar smart dan aktif banget.

Stage yang di dekorasi seperti Sweety Home ini terasa nyaman sekali, jadi kita enggak berasa sedang menyaksikan talkshow, tapi seperti bertamu kerumah teman aja gitu.. dan tamu-tamu istimewanya yah para narasumbernya itu.

Bapak Andi Wahyu sebagai tamu pertama yang hadir di acara ini mewakili PT.Kalbe Nutritional, mengucapkan terima kasih dan sangat terharu dengan antusiasme para undangan yang hadir, karena selama ini Prenagen yang memang sudah lama di kenal di Indonesia sebagai susu Ibu hamil, tepatnya sejak tahun 1986, merasa punya tanggung jawab moral akan penyebaran informasi tentang Ibu hamil dan menyusui, itulah mengapa event seperti ini bisa menjadi ajang interaksi yang baik, dan secara berkesinambungan ajang interaksi ini juga bsa terus dilakukan secara online, yaitu dengan mengakses situs resminya, yaitu prenagen.com, atau mengunjungi akun-akun media sosialnya, yaitu :
  • faccebook : Prenagenworld
  • Twitter       : @prenagenworld 
  • Instagram   : @prenagenworld
PPEJ 2017 ini sangat istimewa menurut beliau, dengan mengangkat tema Terbaik Untuk Janin yang Teristimewa dan bertepatan dengan ultah Prenagen yang ke  30, dan ditandai dengan hadirnya APPS HALLO BUMIL.

Dan selanjutnya ada beberapa dokter kandungan yang hadir di acara ini, juga dokter anak yang nantinya akan membagikan banyak pengetahuan yang berkaitan dengan kehamilan dan tumbuh kembang anak.

dr.Budi Imam Santoso, dari POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia)





Di kesempatan ini dr.Budi menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan asupan gizi dimasa kehamilan dan menyusui, dr.Budi juga menjelaskan kalau semasa hamil kualitas asupan gizi harus diutamakan, jangan hanya kuantitasnya saja, zat-zat penting seperti zat besi, asam folat dan beragam Vitamin mutlak dikonsumsi oleh Ibu hamil dan saat menyusui.

Dr.Mulyono SPOG




Tak jauh beda dengan dr.Budi, dr Mulyono juga menjelaskan tentang pentingnya pemenuhan nutrisi saat hamil, tapi beliau lebih menitik beratkan, apakah Ibu hamil perlu mengkonsumsi susu khusus Ibu hamil?

Saat hamil dan menyusui merupakan masa-masa kritis karena saat itu ada jiwa yang tergantung padanya, yaitu jabang bayi yang dikandungnya, dan apakah saat-saat itu susu khusus Ibu hamil diperlukan, jawabannya Iya, karena pola makan orang Indonesia dianggap belum cukup memenuhi kebutuhan gizi saat hamil.

Dan kenapa harus susu khusus ibu hamil? Karena susu khusus Ibu hamil ini sudah dirancang khusus , seperti kandungan DHA, Asam Folat, Omega 3 dan6, serat pangan, zat besidan zat-zat lainnya yang lebih besar dibandingkan susu segar yang tidak dikhususkan untuk Ibu hamil

Contoh mudahnya saat seorang Ibu hamil minum 1 gelas Prenagen itu setara dengan mengkonsumsi asam folat dari 450 gr bayam = zat besi dari 500 gr bayam= kalsium dari 900 gr Brokoli=Vitamin D dari 200 gr ikan Cod =Inulin dari 600 gr pisang = protein dari 70 gr daging sapi=DHA dari 5 gr daging ikan salmon.

Naah.. dari situ kita bisa lihat kan, kalau Ibu hamil perlu dan harus minum susu khusus Ibu hamil.



Apalagi Prenagen yang sudah sejak 30 tahun yang lalu menjadi sahabat sejati para Ibu hamil di Indonesia memiliki kandungan nutrisi yang tepat dan sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil dan bayinya.

Ada 4 varian Prenagen sesuai tahap kehamilan Ibu, yaitu :
  1. Prenagen Esensis : Merupakan nutrisi persiapan kehamilan, saat memutuskan untuk program hamil sebaiknya sudah mengonsumsi susu ini, karena Asam Folat yang terkandung didalamnya mampu membentuk tabung syaraf di awal-awal kehamilan, karena biasanya kehamilan baru diketahui setelah berusia 4 minggu, dan proses tersebut sudah selesai.
  2. Prenagen Mommy Emesis : Dikonsumsi di awal-awal kehamilan, trisemester 1, karena biasanya di masa itu Ibu hamil sering mengalami mual dan muntah, dan susu ini mampu meringankan kondisi tersebut karena mengandung protein dan Vitamin B6 yang memadai dan terbukti mampu mengurangi frekuensi mual muntah hingga 90%
  3. Prenagen Mommy : Saat hamil nutrisi yang diperlukan oleh seorang wanita lebih tinggi, dan susu ini mampu memenuhi dengan komposisi Asam olat, Vitamin B12 dan D, Mikroenkapsulasi zat besi, kalsium, magnesium Fosfordan Omega 376 yang pas buat Ibu hamil.
  4. Prenagen Lactamom : Pemenuhan nutrisi tidak berhenti saat bayi lahir, tapi masa menyusui juga sangat penting, dan mengkonsumsi susu ini diharapkan Ibu bisa menghasilkan ASI dengan kualitas dan kuantitas yang baik, karena memang ASI merupakan makanan terbaik buat bayi.
  5. Juice Prenagen : Jus pertama yang dikhususkan untuk Ibu hamil karena mengandung Asam folat dan tinggi vitamin C, minuman selingan yang segar juga cocok untuk mengurangii perasaan mual.


Dr.Boy Abidin SPOG




Kalau sering nonton acara DR OZ di televisi pasti kenal banget dengan dokter satu ini, pembawaanya santai, orangnya juga enak dilihat (baca : ganteng), dr.Boy menjelaskan tentang pentingnya peranan plasenta atau yang biasa kita sebut dengan ari-ari di masa kehamilan, plasenta yang sudah terbentuk sejak awal kehamilan ini berfungsi sebagai alat transportasi zat gizi yang kita konsumsi hingga sampai ke janin, ukuran plasenta yang kurang lebih 1/6 berat badan janin ini bisa dibilang organ nutrisi, karena dari plasenta itulah janin mendapatkan asupan makanan.




Di dalam plasenta ini ada semacam barier atau saringan yang mampu mengfilter asupan makanan yang akan di salurkan ke janin, seperti saat Ibu hamil sakit maka aliran darahnya akan mengandung kuman, nah.. plasenta ini berfungsi menyaring kuman yang masuk sehingga tidak masuk kedalam tubuh janin.

Meski begitu barier ini lama-kelamaan akan jebol juga kalau si bumil terus-terusan sakit dan menyimpan banyak kuman ditubuhnya, itulah sebabnya disarankan para bumil selalu menjaga kesehatannya, dengan cara :
  1. · Banyak konsusmsi air puti
  2.   Mengkonsumsi makanan bergizi 
  3. Rajin berolah raga, yang khusus buat Ibu hamil tentunya
  4. menghindari asap rokok dan alkohol
  5. Menghindari stres 
·       
Namun ada kalanya letak plasenta ini tidak di tempat seharusnya, ini karena plasenta selalu menempel di tempat yang paling banyak “makananya”, itulah sebabnya pemeriksaan secara rutin diperlukan, salah satunya adalah diketahui, apakah plasenta berada tepat ditempatnya atau tidak.


Beberapa masalah letak plasenta yang tidak seharusnya


Dr.Herbowo AF Soetomenggolo ,SpA (K)




Tak hanya dokter spesialis kandungan lho yahng memberikan presentasi di acara ini, tapi juga ada dokter spesialis anak yang hadir.

Dr.herbowo menjelaskan pentingnya 1000 hari pertama untuk kehidupan seseorang, dimulai dari dalam kandungan, hingga usia 2 tahun, dimasa itu terutama di masa kandungan anak perlu mendapatkan asupan nutrisi dan stimulasi yang memadai, karena salah satu organ pentingnya yaitu otak sedang bertumbuh pesat di rentang usia itu.

Karena itu saat masih dalam kandungan Ibunya sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan berusaha membangun interaksi dengan bayi dalam kandungannya, agar nantinya setelah lahir si anak lebih mudah berkomunikasi.

Salah satu zat gizi yang dibutuhkan dalam pembentukan otak dan sinaps anak adalah asam folat, yang lagi-lagi banyak terdapat dalam segelas Prenagen, jadi kembali yah.. memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi susu khusus Ibu hamil ternyata penting banget.

dr.Herbowo juga menjelaskan beberapa kasus yang sering dikhawatirkan para Ibu baru yang melihat kondisi anaknya saat baru dilahirkan, seperti adanya baby acne( jerawat bayi) , betuk kepala yang memanjang, atau hal lain, bila saat berkonsultasi dan dokter mengatakan kalau itu bukanlah masalah, artinya memang bukan masalah.


setelah mendapat banyak pengetahuan dari para pakarnya kini saatnya acara masak-masak, ada chef Eddrian, yang menampilkan resepnya yang berbahan utama susu Prenagen, ditemani Andien, yang ternyata lihai banget lho memasaknya.

Resep yang di peragakan sepertinya lumayan praktis dan mudah, soalnya sebentar saja eh.. sudah siap, kalau ga salah nama resepnya Shiaseed Pudding, kelihatannya juga enak, sayang saya tidak bisa mencicipi, kan mereka masaknya jauh.. di atas panggung.




waah.. cerita saya tentang PPEJ 2017 ini ternyata panjang banget yah, padahal ini masih belum selesai lho, masih ada satu acara seru lagi yang bisa di ikuti setelah semua acara itu, yaitu olah raga bersama, jadi di awal pas saya bilang kalau ada mitos yang mengatakan kalau Ibu hamil tidak boleh berolahraga itu ternyata enggak benar sama sekali, buktinya di acara PPEJ 2017 kemarin kita malah diajak olah raga bersama koq..

Nama olahraganya adalah Prenafit, gerakan-gerakannya simple, dikhususkan buat Ibu hamil 4 bulan keatas dan ternyata olahraga ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi yang dilahirkan nantinya lho..bayi lebih kecil kemungkinan terkena diabetes saat dewasa nanti, konsentrasi lebih bagus dan juga kognitif yang labih baik. 

Gerakan-gerakannya asik banget dan membuat para peserta yang hadir di situ lumayan 'bergerak", sang instruktur yaitu Adianti Reksoprodjo yang juga founder FitMumandBub ini juga mengajarkan bagaimana sikap tubuh yang baik saat hamil, jadi bagi ibu hamil ga jadi alasan untuk tidak mempertahankan sikap tubuh baik, membungkuk atau terlalu condong kedepan malah membuat tubuh ibu hamil tersiksa, jadi bayangkan di atas kita ada semacam tali yang membuat tubuh kita tegap dan tertopang.






Setelah semua rangkaian acara yang sama sekali tidak membosankan ini, para undangan diajak untuk berkomitmen dengan mengucapkan janji bersama untuk selalu menjaga kesehatan janin dan dirinya sendiri dengan asupan gizi yang baik dan minum susu Prenagen agar nantinya melahirkan anak-anak yang sehat dan membentuk generasi platinum.

Prenagen ..Ibu sehat..Indonesia sehat





28 comments:

  1. Hallobumil duh aplikasinya keren banget. Pas aku sedang hamil kemaren, gak tahu ada aplikasi sekeren ini. Salut sama prenagen yang memberikan sponsor aplikasi ini, jadi ibu hamil mampu memantau perkembangan janin dari usia kehamilan awal sampai sakhir ya

    ReplyDelete
  2. Ooh ada yah aplikasi untuk Wanita hamil, baru tahu saya.

    ReplyDelete
  3. acara seharian ini lengkap banget pembahasannya. Para peserta keknya puas bisa dapat banyak ilmu buat kehamilan mereka

    ReplyDelete
  4. Seru ya ikut acara PPEJ 2017. Mau ikutan lagi kalau diadakan di Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya.. Naxt PPEJ Nurul lagi menyusui yah..

      Delete
  5. Aplokasinya interqktif banget ya

    ReplyDelete
  6. Informasinya lengkap, pantesan waktu hamil saya di larang makan duren ��

    ReplyDelete
  7. Tulisannya lengkap sekali mba Lubena. Asik jadi banyak tau tentang kehamilan nih :)

    ReplyDelete

  8. Baca ini jadi mau hamil lagi. Makasih yaa mak lengkuaaappp banget

    ReplyDelete
  9. Bener mba setuju. Hallo bumil bisa membantu bumil lepas dari jerata mitos... ah coba kemarin2 ada aplikasinya.

    ReplyDelete
  10. Aku dulu minum Prenagen juga waktu hamil. Enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan donk, waktu hamil juga saya minum Prenagen

      Delete
  11. Rame ya acaranya...coba dulu waktu hamil ikut acara ini..banyak info penting..

    ReplyDelete
  12. Wah,rame ya acaranya..bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  13. Kece nih aplikasinya.. Jadi detail mengetahui tumbuh kembang bayi dalam kandungan yaa

    ReplyDelete
  14. Masih cucok koq mba lube klo mo hamil lg apalagi skrg sdh ada aplikasi utk bumil wkwkwk

    ReplyDelete