Rabu, 08 Februari 2017

Saat Barang Berharga Hilang



Beberapa waktu yang lalu saya terkena musibah yang lumayan berat. Kalau buat saya sih..

Sepulang dari pasar, setelah berbelanja keperluan dapur yang lumayan segambreng itu, saya meletakkan belanjaan itu di gantunngan motor bawah setang lengkap bersama dompet dan handphone, dan bencana itupun datang, saat  sampai rumah saya baru sadar ternyata dompet dan handphone yang saya letakkan bersamaan dengan belanjaan saya sudah tidak ada ditempatnya.

Saat itu jantung saya rasanya mau copot, bercampur aduk antara bingung dan kaget akhirnya saya telusuri kembali jalan yang tadi saya lalui, sambil terus saya coba hubungi nomer di handphone saya yang hilang itu.

Awalnya masih nada masuk, terus saya coba, lebih dari 50X saya mencoba menghubungi nomer itu, tapi hasilnya nihil, tidak ada yang mengangkat, sampai akhirnya pada titik dimana saya merasa putus asa saat nada di hanphone saya menunjukkan sudah tidak aktif lagi, selesai sudah, seseorang telah menemukan dan mematikannya, saya lemas.

Terbayang di benak handphone yang selama ini setia menemani saya, alat komunikasi yang selalu saya andalkan itu kini sudah tidal lagi ada bersama saya, semua file penting ikut raib bersama handphone yang hilang itu.

File-file seperti foto yang banyak bercerita tentang kegiatan sehari-hari saya, foto anak-anak, data kontak teman-teman dan keluarga, semua tersimpan rapi disitu, itu yang membuat saya bingung, saya takut sekali semua itubakal disalahgunakan oleh orang yang mengambil handphone saya ini, ditambah lagi dompet yang hilang bersamaan dengan handphone itu juga berisi data-data penting seperti beberapa kartu ATM, kartu identitas dan STNK kendaraan bermotor yang saya kendarai.

Akhirnya setelah puas bergelut dengan kesedihan karena kehilangan dan kegalauan ini, saya mulai bergerak agar orang yang mengambil barang-barang berharga saya itu tidak banyak berbuat lebih jauh, saya mulai memblokir semua kartu ATM yang ada didompet juga nomer kartu seluler yang tertanam didalam handphone saya itu.

Hal-hal tidak terduga seperti ini sebenarnya sudah harus diperhitungkan, beberapa hal bisa kita lakukan agar efek dari kehilangan ini tidak terlalu menyulitkan, seperti yang saya alami sekarang ini, contohnya :

1.    Fotokopi semua surat berharga dan simpan fotokopian itu di tempat yang aman di rumah, seperti STNK ( Surat Tanda Nomer Kendaraan ), SIM, KTP juga surat-surat lainnya, agar nanti suatu saat tas atau dompet kita hilang ( bukan ngarep sih..) mengurusnya kembali akan lebih mudah kalau kita punya copy nya.
 
2.    Sebaiknya jangan meletakkan semua surat berharga di satu dompet atau tas, seperti kartu asuransi enggak perlu donk kita bawa-bawa di dompet yang akan kita gunakan kepasar *it’s me.
 
3.    Rajin-rajin memindahkan file-file penting di handphone kita ke dalam perangkat yang lebih aman, misalnya di PC atau flash disc yang nantiny akan kita simpan di rumah.

Untuk poin terakhir itu sepertinya saya sendiri juga jarang sekali melakukannya, padahal seringkali hal-hal tidak terduga terjadi gara-gara saya lupa melakukan hal ini, seperti lupa memindahkan data dari email ke perangkat yang lebih aman, jadi saat paket internet habis saya tidak bisa berbuat apa-apa untuk membukanya.

Meki sebenarnya masalah pulsa habis atau kuota internet yang tiba-tiba berhenti bukanlah masalah besar, kita bisa langsung mendapatkannya di mana-mana, baik secara langsung atau lewat beberapa aplikasi e-commerce yang menyediakan pulsa murah yang bisa dibeli secara online, istilahnya pulsa murah online, salah satunya adalah Tokopedia yang menyediakan layanan itu.

Jadi kapanpun atau dimanapun kita membutuhkan pulsa murah untuk telpon atau berinternetan enggak akan bingung lagi, teknologi sudah memudahkan kita yah.. tapi tetap kita tidak boleh terlena.


7 komentar:

  1. Harus berhati2 banget ya mba :(sedih kalo kehilangan barang berharga milik kita. Nggak perlu jauh2 sekarang buat beli pulsa, tinggal klik buka aplikasi gampang dan lebih aman.

    BalasHapus
  2. Betul..betul..betul kehilangan hp itu sekarang ini bikin galau. Bukan apa2 sih cuma file fotonya itu loh

    BalasHapus
  3. duuh jangan sampai ya kehilangan barang berharga, apalagi dokumen-dokumen, ngurusnya itu perlu tenaga dna biaya lagi

    BalasHapus
  4. Yang bikin nyesek tuh foto2nya ya mba. Klo surat2 penting insyaAllah masih bisa di urus. Lah klo foto kan susah ngulang momentnya

    BalasHapus
  5. Ya ampuun, Mbaakkk, ikut sedih jadinya. Semoga yang hilang itu mendapat ganti yang lebih banyak ya Mbak. Kalau kehilangan seperti ini ujiannya berat, terutama ngurus surat-surat penting yang butuh waktu tenaga dan pikiran.

    BalasHapus
  6. semoga segera dapat gantinya yaaa...paling sebel memang kalau kehilangan begini

    BalasHapus
  7. Harus lebih berhati-hatij

    BalasHapus