Senin, 14 November 2016

Terpesona dengan Kain Kulit Kayu di Event Workshop Blogger bersama Brother




Mendengar kata kain kulit kayu sebenarnya bukan hal yang asing buat saya, sudah lama saya tahu material tekstil ini, tepatnya 20 tahun lalu, saat saya masih bersekolah di salah satu SMK Tata Busana di Surabaya.

Tapi terus terang, dalam rentang waktu selama itu saya belum pernah melihat secara langsung bagaimana bentuk dan rupanya selain dari buku yang saya pelajari, karena kebetulan di sekolah saya dulu tidak punya contoh bahan tersebut.

Itulah mengapa, saat salah seorang teman Blogger yang juga penggiat artcraft Mbak Astri Damayanti membuat pelatihan pembuatan clutch dengan bahan kain kulit kayu, tanpa pikir panjang lagi saya langsung mendaftar dan Alhamdulillah terpilih menjadi salah satu peserta.

Bersama Mbak Astri

Pelatihan ini didukung salah satu produsen mesin jahit ternama Brother, bertempat di museum Tekstil Indonesia, dikawasan dekat dengan pasar Tanah Abang, Jakarta pusat. 

Di museum Tekstil ini juga banyak di pamerkan beragam benda dengan bahan dasar kain kulit kayu ini, mulai dari lembaran lukisan tas juga baju, semuanya menarik.

Suasana workshop


Kulit kayu sendiri merupakan salah satu bahan tradisional yang melegenda, berasal dari Sulawesi Tengah, proses pembuatan yang panjang menjadikan bahan ini harganya lumayan tinggi, pengerjaannya biasanya dilakukan para wanita sambil menunggu masa panen.

Kain kulit kayu adalah jenis kain yang menyerupai kertas. Tidak semua jenis pohon bisa digunakan untuk membuat tekstil dari kayu. Kain ini terbuat dari kulit pohon nunu (pohon beringin) dan kulit kayu ivo. Tangkai-tangkai pohon nunu atau pohon ivo yang berukuran 110-130 cm diambil lalu dikeluarkan serat-seratnya yang terdapat antara tulang dalam dan kulit luarnya.

Setelah itu, dimasak lalu frementasikan dan kemudian dipukul-pukul hingga merata dengan menggunakan batu ike. Pewarnaan kain kulit kayu diambil dari bahan-bahan alami seperti direndam dilumpur untuk menghasilkan warna coklat. Selain itu, kain ini juga direndam bunga serta berbagai tumbuhan untuk menghasilkan warna lain. ( sumber :indonesiakaya.com)
Pakaian yang terbuat dari bahan ini biasanya dipergunakan untuk upacara adat dan keperluan tradisional lainnya dulu, tapi sekarang jaman sudah berubah material ini sudah menjadi salah satu bahan yang cocok untuk diaplikasikan dalam pembuatan beragam benda penunjang fashion atau piranti rumah.

Bahan kain kulit kayu dalam desain kontemporer

Tidak hanya untuk pakaian saja lho..

Manequin di belakang saya memakai bahan kain kulit kayu


Tekstur kain kulit kayu ini cenderung kasar dan kuat, tapi saat sudah di sulap menjadi barang yang siap pakai maka kesan anggun dan elegan akan terlihat.

Di kesempatan workshop ini peserta akan diajak membuat clutch sederhana, semua bahan sudah disediakan, juga alat-alat yang akan kita pakai, bahan yang dibutuhkan adalah :
  • Kain kulit kayu
  • Bahan penunjang, bisa batik, tenun atau songket.
  • Kain keras berperekat
  • kain pelapis
  • Kancing tekan
Bahan yang dibutuhkan


Proses pembuatan clutch :
  1. pertama-tama yang harus dilakukan adalah memotong bahan kain kulit kayu du lembar dengan ukuran yang sama yaitu 7 X 30 cm, dan satu lembar bahan tambahan juga dengan ukuran yang sama, jadi ada 3 lembar bahan dengan ukuran yang sama, selanjutnya juga siapkan dua lembar kain keras dengan ukuran 21 X 30 cm dan kain pelapis dengan ukuran yang sama.
  2. Tempelkan ketiga lembaran bahan itu diatas kain keras berperekat dengan komposisi sesuai selera, kalau saya menempelkan bahan tambahan itu ditengah, diantara bahan kulit kayu, lalu seterika, perlu kesabaran ekstra dalam menyeterika, kalau biasanya bahan kain lain lebih mudah menempel pada kain keras berperekat saat diseterika lain halnya dengan bahan yang satu ini, tekstur kasarnya membuat susah nempel, lalu tempelkan juga kain pelapis dengan kain keras berperekat satunya.
  3. Jahit bahan kain kulit kayu yang sudah direkatkan tadi sesuai keinginan.
  4.  Pasang kancing tekan di kedua lembar bahan.
  5. Satukan kedua lembar bahan tadi dan jahit hingga membentuk clutch yang cantik
    Proses menyeterika

    Proses menjahit dengan menggunakan mesin jahit Brother 


    Saat proses menjahit clutch ini kami menggunakan mesin jhit Brother seri 2500, bahan kulit kayu yang lumayan tebal dan kasar, apalagi di proses penyatuan, yaitu jahitan akhir, yang harus dijahit adalah dua lembar kain kulit kayu dan dua lembar kain keras, tapi terbukti mesin ini kuat lho..

    Mesin jahit yang saya pakai kemarin tidak hanya bisa menjahit lurus saja tapi banyak varian jahitan yang bisa dipilih dengan pengoperasian yang mudah, seperti yang saya aplikasikan di clutch ini, saya pilih model jahitan bordir kerang dan tulang ikan, dan hasilnya bagus sekali.

    Sebenarnya seri mesin jahit yang saya gunakan ini terbilang yang paling sederhana, dengan harga di kisaran 1,9 juta, kalau menurut saya cukup baguslah, palagi dudukan mesin juga stabil dan tidak gampang bergeser, padahal mesin ini berjenis portable yang tidak ditanam, tapi bisa diangkat dan dipindahkan dengan mudah.

    Sistem pengoperasian yang mudah


    Dan akhirnya setelah dua jam lebih workshop yang juga jadi ajang silaturrahim sesama Blogger ini pun berakhir, dengan masing-masing peserta membawa pulang clutch kain kulit kayu buatannya, berkesan sekali acara hari itu, selain itu saya juga jadi bisa ketemu langsung dengan bahan yang selama ini membuat saya penasaran.


    13 komentar:

    1. Ok.jadi tambah tau.

      Vtw itu mesin jait brother masih ada aja sampai sekarang ya.

      Terakhir liat itu ada 15 taun lalu

      BalasHapus
    2. Pingin punya mesin jahitnyaaa... padahal belum bisa jahit hihihi...
      Pernah lihat sih, tas dari kulit kayu, tapi belum pernah punya :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gampang banget koq ini pengoperasiannya..

        Hapus
    3. Satu mesin bisa berbagai hasil jaitan keren ya mba..

      BalasHapus
    4. Satu mesin bisa berbagai hasil jaitan keren ya mba..

      BalasHapus
    5. unik amat kain dari kulit kayu. mesin jahitnya juga bisa ya ternyata jahit kulit kayu. keren euy!

      BalasHapus
    6. bagus juga hasilnya, jadi ingin punya mesin jahit gampang pengoperasian biar bisa praktek terus sampai bagus

      BalasHapus
    7. Keren mbak hasilnya. Mungkin bisa di ikut kan ajang fashion show. InsyaAllah bisa menang.
      semoga sukses dengan karya karya selanjutnya mbak :)

      BalasHapus