Kamis, 13 Oktober 2016

Tingkatkan IQ dan EQ Anak dengan Musik dan Tarian


Membicarakan proses tumbuh kembang anak seperti tidak ada habisnya, termasuk menimba ilmu tentang hal itu, apalagi di masa sekarang anak-anak dituntut untuk menjadi anak yang serba bisa, tapi benarkah seperti itu ?

Sebenarnya tanpa ada stimulasi apapun anak sudah dibekali 8 kecerdasan oleh Tuhan, yaitu :
  1. Kecerdasan Interpersonal, kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  2. Kecerdasan Intrapersonal, kemampuan anak dalam memehami dirinya sendiri
  3. Kecerdasan Kinestetik, kemampuan anak dalam hal gerak tubuh.
  4. Kecerdasan Linguistik, kemampuan anak dalam hal berbahasa dan menyusun kata-kata
  5. Kecerdasan Logika Matematika, kecerdasan dalam hal berpikir logis dan hitungan.
  6. Kecerdasan Musikal , kepekaan anak terhadap musik
  7. Kecerdasan Naturalis, kecerdasan pada anak yang berhubungan dengan alam.
  8. Kecerdasan Spasial, kemampuan dalam bernavigasi termasuk membaca peta.
8 kecerdasan


Nah.. dari kedelapan kecerdasan itu pada dasarnya sudah ada dalam diri anak kita, tapi biasanya ada beberapa yang lebih menonjol diibandingkan dengan yang lainnya, itulah sebabnya dibutuhkan stimulasi yang tepat agar kecerdasan yang ada dalam diri anak kita dapat terdeteksi.

Itulah kenapa ada anak yang mungkin susah berkomunikasi dengan orang lain, tapi jago sekali mengerjakan soal-soal matematika di sekolah, atau anak yang mungkin kemampuan berhitungnya biasa-biasa saja tapi mampu memainkan beberapa alat musik, jadi pada intinya semua anak itu hebat.

Sebenarnya dimana saja kecerdasan-kecerdasan ini di perlukan, saat di sekolah kecerdasan logika matematika, intrapersonal dan interpersonal sangat dibutuhkan untuk menunjang kemampuan akademis anak, dan dalam berhubungan sosial kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan orang lain ( interpersonal) dan memahami diri sendiri (intrapersonal) sangat berpengaruh.

Tapi ada satu kecerdasan yang bagi beberapaorang tua dianggap kurang penting atau terkadang dikesampingkan, yaitu kecerdasan musikal, padahal menurut penelitian bahwa musik dan tarian mampu meningkatkan EQ dan IQ anak, inilah yang pas weekend beberapa waktu yang lalu tepatnya hari Sabtu tanggal 9 Oktober kemarin saya bersama para Mom Blogger hadir di acara Sunday Brunch with Bebelac kami obrolkan.

Suasana Sunday Brunch with Bebelac


Acara yang berlangsung santai dan akrab ini juga di hadiri Mbak Andi Airin selaku Marketing manager Bebelac, PT.Nutricia Indonesia Sejahtera, dan dua Psikolog cantik  Mbak Nadya dan Mbak Agstried dari Rumah Dandelion, bertempat disalah satu kafe yang homy banget SleepyHead Cafe di bilangan Gunawarman, Jakarta Selatan.


Mbak Airin

Mbak Nadya dan Mbak Agstried


Apa aja sih yang kita omongin di acara ini ?

Seru banget... tidak cuma membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak, juga bagaimana memberikan stimulasi yang bisa meningkatkan kecerdasan anak, disini kita juga berbicara tentang perkembangan anak usia 0-6 tahun.

Ada 4 aspek penting dalam perkembangan anak secara umum yaitu :

  1. Motorik kasar
  2. Motorik halus
  3. Kognitif
  4. Psiko sosial
Keempat aspek itu akan berkembang dengan baik sesuai dengan stimulasi yang diberikan stimulasi oleh orang tua atau lingkungannya.

Anak yang banyak mendapat kesempatan mengeksplorasi lingkungannya oleh Orang tua cenderung menjadi anak yang percaya diri, kalau anak terbiasa dilarang-larang nantinya diusia 1,5 tahun- 3 tahun akan menjadi anak yang pemalu dan nantinya di usia lebih besar 3-6 tahun akan terbentuk menjadi anak yang penuh dengan rasa bersalah, mau melakukan sesuatu takut salah.

Enggak mau donk anak kita kayak gitu, jadi lebih baik bebaskan anak bereksplorasi dan mengembangkan dirinya dan memberikan stimulasi yang tepat sesuai usianya.

Bagaimana stimulasi yang baik untuk anak? banyak sekali yang bisa lakukan sebagai orang tua untuk meningkatkan kecerdasan anak kita, mulai mengajaknya bermain atau mengajak anak kita bermain dengan anak seusianya.


Kesan dari para Mom Blogger yang hadir


Kampanye Grow Them Grow Bebehero HI5 stimulasi anak lewat musik dan tarian

"Menari dan menyanyi telah terbukti berkolerasi signifikan terhadap kecerdasan anak dan kematangan emosionalnya, selain merupakan gerbang dari proses belajar, mengajarkan anak bernyanyi dan melakukan aksi seperti menari mengikuti irama musiksangat baik baik perkembangan, keseimbangan, koordinasi motorik, kepekaan dan irama tubuh, selain kegiatan ersebut dapat juga merangsang kemampuan kognitif( terutama yang berkaitan dengan kecerdasan, kemampuan berbahasa dan kreatifitas) serta psiko sosial ( reguasi emosi, kontrol diri dan keterampilan sosial" 
Roslina Verauli ,M.Psi, Psikolog anak

Saat anak-anak saya belum mulai berbicara biasanya mereka akan terlebih dahulu respon terhadap suara-suara termasuk suara musik, mungkin itu yang dinamakan musik adalah media stimulasi terbaik untuk tumbuh kembang anak.


Musik adalah bahasa universal paling kuno yang semua orang akan memahaminya

Tuh kaan... ternyata bernyanyi ( musik) dan menari itu sangat penting dalam menstimulasi tumbuh kembang si kecil yah, enggak salah kalau kampanye Grow Them Great Bebehero HI5 mengajak Ibu di seluruh Indonesia untuk berbagi kebahagiaan bersama anaknya dengan mengunggah video tarian L.O.V.E yang dinyanyikan HI5 ke situs Bebeclub Bebehero.

Gerakannya sederhana tapi pasti menyenangkan, kami para Mom Blogger yang kemarin hadir di acara juga sudah di training buat gerakan tarian L.O.V.E ini lho.. dan ternyata lumayan seru, dirumah langsung ngajak Hania ikutan, meski hasilnya Hania malah joget sendiri enggak karuan tapi kelihatan dia menikmati sekali moment jingkrak-jingkrak bareng Mamanya ini.

Untuk contoh gerakannya seperti salah satu peserta ini yah...



Jadi buat teman-teman yang punya anak usia 1- 6 tahun boleh banget lho ikutan kompetisi ini, selain bakal punya quality time bareng anak juga berkesemptan mendapatkan hadiah, hadiah keren seperti paket liburan ke singapura sekeluarga, voucher belanja dan merchandise HI5 eksklusif.

Jangan lupa yah.. bikin video yang seru, lalu upload jangan kelamaan, soalnya kompetisi ini berakhir tanggal 30 Oktober 2016.


yeaaay... Terima kasih Bebelac, acaranya seru.

3 komentar:

  1. Hiii...lucunya si kecil menari. Sayang cucuku udah di atas 6 tahun tuh padahal suka banget si Cucu dancing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya Bunda, harus dibawah 6 tahun buat ikut kompetisi ini.

      Hapus
    2. Waah iya Bunda, harus dibawah 6 tahun buat ikut kompetisi ini.

      Hapus