Jumat, 21 Oktober 2016

Bangga dengan Sepatu Karya Anak Bangsa


Sepatunya keren cyiiin... merek apa ya? impor yah?

Pernah enggak dengar yang seperti ini? kalau saya sering, agak lumayan sebel sih.. kenapa barang-barang yang terlihat bagus pas kita pakai selalu di bilang bikinan luar negeri, padahal nih yah, kalau mau jujur barang-barang buatan Indonesia itu banyak sekali yang berkualitas dan keren-keren.

Tak percaya ? coba saja sekai-kali mampir ke Smesco, tempat dimana banyak sekali karya anak bangsa di pajang daan di tawarkan disitu, mulai dari baju, perabot rumah tangga serta sepatu dengan kualitas istimewa dan desain menarik akan banyak kita temui.


 Salah satunya adalah sepatu degan merek dagang Ranah MBa berdiri sejak 3 September 2015. adalah UKM yang bergerak di bidang alas kaki; yang menyediakan beberapa jenis sepatu dari berbagai model, yaitu; 

 - Kets/Docmart (Unisex) ; Product unggulan ini beebahan canvas, juga tidak lupa menggunakan kertas kaku agar bentuknya sempurna, biasanya ini untuk jenis  sepatu flatrom, flat, kets hingga docmart. Tapi kadang  juga tidak menggunakan kertas kaku ketika ada pilihan design lain, jadi opsi itu hanya terdapat dengan pilihan dari sang desiner, tidak hanya desainnya yang profesional namun pengerjaan seperti pengepresan dan pengeleman juga dilakukan dengan sangat baik.

Beberapa model dari UKM sepatu yang membanggakan ini diantaranya :

- Flat Shoes
- Heels/Wedges
- Sepatu Sendal
- Sendal
- Boots/Ankle Boots



Ada satu hal lagi yang membuat saya jatuh cinta dengan produk dari Ranah MBa ini adalah penggunaan bahan yang 100 % berasal dari dalam negeri jadi bisa dibilang ini adalah asli made in Indonesia. karena tak bisa dipungkiri ada beberapa UKM yang masih menggunakan bahan baku dari luar negeri.

Beberapa desain sepatu dari Ranah MBa ini juga cukup eye cathing lho.. dengan pengaplikasian kain-kain nusantara dan batik di bahan baku sepatunya membuatnya terlihat menarik, motifnya rata-rata berwarna cerah tapi ada juga yang berwarna lebih kalem atau monorom untuk kegiatan yang lebih formal.

Selama perjalanannya Ranah MBa dibangun dengan keadaan terbatas dan sangat pelan-pelan bahkan bisa dibilang dari titik nol. Kantor utamanya sendiri berdomisili di daerah Tangerang, Jl. Kano 15 No. 31 tepat di rumah sang pemilik untuk membuat desain sepatu, cover dus, paper bag hingga mencari bahan untuk produksi, sementara workshop pembuatannya berada di Bandung, tempat rekanan bisnisnya. 

Selama perjalanan tersebut juga sudah memproduksi 100 pasang lebih sepatu yang sudah terpajang di outletnya, yang berada di Mall Season City lt UG Blok D3/5, Jalan  Prof. Latumenten No.33, Jakarta Barat. 

Desain menarik, kualitas yang memenuhi standar, dan promosi yang baik adalah gabungan sempurna bakal terkenalnya suatu produk dan disukai pasar, dan saya juga ikut bangga kalau produk sepatu karya anak bangsa yang nantinya akan di kenal luas di seantero dunia.

 

4 komentar:

  1. Rasa lokal kenral sekali dengan nuansa batik dan bahan pendukungnya mba.

    Semoga ranah mba mampu berjaya di negeri sendiri.

    BalasHapus
  2. bangga banget :)

    bagus kalo banyak yang mulai usaha, jadi membuka banyak lapangan pekerjaan, bener kan mbak?

    BalasHapus