Kamis, 23 Juni 2016

Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya, Banyak Kisah di Satu Buku.


Buku baruuu.....!!!

Anak- anak selalu senang kalau saya pulang dari mana-mana dan baw oleh-oleh buku baru.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya diundang salah seorang tean saya Mbak +Astri Damayanti yang seorang penulis buku anak untuk ikut hadir di acara launching buku barunya yang berjudul Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW Dan Kisah Ajaib Lainnya.

Buku cerita setebal 271 halaman ini ( 5 halaman pembuka dan 265 halaman utama) ini berisi kumpulan cerita-cerita Islami, ada 87 cerita pendek yang terangkum dalam satu buku ini.

Acara launching buku ini yang diadakan di Gramedia Matraman, Jakarta juga dihadiri oleh sang penulisnya, Mbak Astri menyatakan kalau dia behagia bisa berbagi kisah dengan para pembaca lewat buku baru yang ditulisnya itu, acara yang juga diisi dongeng dengan mengambil salah satu kisah di buku itu berlangsung meriah dan informatif.

Suasana Launching
Bersama penulis

Meskipun judulnya mengandung unsur  Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW tapi isi buku ini hanya sekitar 15 kisah yang mengangkat tema Nabi Muhammad SAW sisanya adalah kisah-kisah para sahabat dan Nabi-nabi umat Islam.

Kisah-kisah atau cerita yang diangkat sebagian besar dalah kisah atau cerita yang sudah cukup familiar di telinga anak-anak, tak heran karena sang penulis juga memilki Majelis Ta'lim dirumahnya dan beberapa kisah itu ditulis kembali berdasar penuturan para Ustadz atau Ustadzah yang kerap menyampaikan tausiyah disitu.

Namun ada beberapa kisah yang sepertinya sangat jarang terdengar, seperti di bagian Nabi Danial dan Singa (halaman 16) seperti diketahui kalau jumlah nabi dan rosul yang di imani umat Islam ada 25 dan nama Nabi Danial tidak termasuk didalamnya, tapi  sebenarnya Nabi Danial memang ada dan cerita ini diangkat berdasarkan hadist yang diriwayatkan para sahabat.

Buku yang dicetak diatas kertas dengan kualitas premium ini juga dilengkapi dengan gambar yang menarik disetiap halamannya, karena memang pasar buku ini adalah anak-anak usia 4-12 tahun, jadi permainan warna dan gambar terlihat sekali dibuku ini.

Satu kisah atau cerita rata-rata terdiri dari 2 sampai 3 halaman, dengan jumlah rata-rata 50 kata perhalaman membuat buku ini nyaman dimata anak-anak maupun orang tua yang hendak membacakan buku ini untuk anaknya.

Sumber-sumber cerita dalam buku ini juga jelas dan ditulis dihampir setiap akhir cerita, baik yang bersumber dari Al-qur'an dengan menyebutkan nama surat dan ayatnya juga yang bersumber dari hadist dengan menyebutkan perawinya.

Sumber yang ditulis dengan jelas.

Menurut penulisnya yang sudah menerbitkan lebih dari 100 buku dari berbagai genre menyebutkan kalau buku ini diharapkan bisa menjadi salah satu fasilitas pembentuk karakter anak, karena memang dari buku ini banyak sekali pesan moral yang bisa didapat.

Mbak Astri juga mengatakan buku ini juga bisa menjadi bahan mendongeng ke anak kita, salah satu aktifitas yang bermanfaat tapi mulai jarang dilakukan, dan diharap dengan buku ini orang tua akan kembali melakukan kebiasaan itu dengan mengambil beragam cerita di buku ini sebagai bahan dongengannya, satu hari satu cerita dan akan ada 87 hari yang bisa dimanfaatkan melalui 87 kisah dibuku ini.

Buku ini juga banyak berisi tentang kisah-kisah ajaib yang bagi anak jaman sekarang bisa dianggap tidak masuk akal, tapi dari kisah itu imajinasi dan kreatifitas anak kembali di asah, seperti pada salah satu cerita " Arak Menjadi Madu" yang bercerita tentang seorang pemuda mabuk yang begitu takutnya dengan Sayyidina Umar hingga mengatakan kalau botol berisi arak yang disembunyikannya adalah madu, dan ternyata hal iitu benar-benar terjadi, botol berisi arak itu berubah isinya menjadi madu, cerita seperti itu mungkin akan dinggap aneh oleh mereka, tapi dari cerita itu kita bisa menyampaikan pesan kalau sebenarnya keajaiban itu memang ada, dan masih banyak kisah keajaiban lain yang tersebar di banyak halaman buku ini.

Membaca buku ini sepertinya tidak akan membosankan karena selain kisah-kisahnya cukup menarik, juga ilustrasi didalamnya sangat beragam dan penuh warna pastinya, bentuk ilustrasi yang tidak sama antara satu kisah dan kisah lainnya  ini akan cocok buat anak-anak yang memiliki sifat mudah bosan .

Karakter ilustrasi yang beragam di satu buku


Pesan yang tersampaikan.

Buku ini di tulis sebagai rangkuman beragam kisah yang disampaikan di sebuah majelis ta'lim lewat tausiyah-tausiyahnya, dan setiap tujuan setiap Ustadz/Ustadzah menyampaikan tausiyah adalah agar menjadikan yang menyimaknya menjadi lebih baik akhlaqnya, dan buku ini pun bertujuan sama, agar anak yang membaca buku ini juga yang dibacakan memiliki akhlaq yang lebih baik lagi.

Beberapa kisah juga mengangkat tentang perjuangan, keberanian, pantang menyerah, keteguhan iman dan kasih sayang yang dikemas secara sederhana tapi mengena menurut saya, setiap cerita dibuat singkat mungkin dengan tujuan agar anak lebih bisa mencerna dengan baik kata- perkata di setiap cerita.

Kelemahan buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya.

Setiap produk memiliki titik lemah, tapi mungkin buat sebagian orang malah itulah kekuatannya, dan untuk buku ini kalau menurut saya, karena setiap kisah dibuat singkat, terkadang ada beberapa kisah yang seperti tak terselesaikan, seperti disalah satu cerita " Kejujuran Gadis Penjual Susu"  (halaman 116) yang terdiri hanya dari 3 lembar halaman, menceritakan tentang kejujuran seorang gadis yang menolak perintah Ibunya untuk mencampurkan susu dengan air, tapi dia menolaknya dan kejadian tersebut ternyata didengar oleh Khalifah Umar, dan cerita berakhir sampai disitu.

Terdengar seperti menggantung, dan anak-anak biasanya penasaran dengan akhirnya, apakah Khalifah Umar akan marah atau malah memberikan dia hadiah, tapi dari sisi lain saya menganggap kalau berakhirnya cerita hanya sampai disitu dan terkesan anti klimaks dimaksudkan agar pembaca bebas berimajinasi menentukan akhir ceritanya.

Selain itu ada beberap nama tokoh yang mungkin but anak-anak kurang familiar seperti Sholahudin Al Ayyubi, Malik Bin Dinar yang tidak dijelaskan siapa mereka, mungkin lebih baik kalau di beberapa cerita yang mengangkt kisah tokoh-tokoh tersebut diberikan catatatn kaki siapa mereka, agar anak-anak lebih paham.

Tapi secara keseluruhan buku ini oke, karena Ali anak saya juga sepertinya menikmati saat membacanya, meski terkadang saya tetap harus menjelaskan beberapa hal yang dirasa kurang dia mengerti dari buku ini, dan buat para pendongeng, sama seperti saya yang hampir setiap hari mendongeng untuk Hania buku ini cukup recomended, karena ada banyak kisah dalam satu buku.

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya ini bisa diperoleh di jaringan toko buku Gramedia dan juga secara online di Mataharimall.com seharga Rp 115.000.

Dan sepertinya itu sedikit cerita saya tentang buku tulisan teman saya yang bermanfaat buat anak-anak saya dan semoga akan bermafaat juga buat anak-anak Bunda.

Judul Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya
Penulis             :  Astri Damayanti
Kategori Buku  :   Buku Cerita Islami
Penerbit            : BIP Gramedia
Tahun Terbit      :   2016
Tebal Buku        :  271 halaman
Jenis Kertas       :  Book paper
Cover                :  Soft Cover
Dimensi              : 17 X 22 cm





https://goo.gl/wghScS
Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa di beli di MatahariMall.com

3 komentar:

  1. Ulasannya cukup lengkap dan bikin pengen baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih lengkap dan puas kalau bisa membaca sendiri, buku ini memang sangat menarik..

      Hapus
  2. Terima kasih banyak atas advice nya LUbena :)

    BalasHapus