Saturday, May 7, 2016

Serunya Berwisata ke Kebun Binatang Surabaya




Menikmati liburan sambil mengedukasi anak itu seperti sambil menyelam nemu mutiara.

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menjenguk kembali tanah kelahiran Surabaya, sebenarnya kampung halaman saya tidak persis berada di kota Surabaya tapi lebih tepatnya daerah Sepanjang, masih masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo, tapi secara geografis letaknya lebih dekat ke wilayah Kota Surabaya, jadilah kami lebih akrab dengan segala hal yang berada di Surabaya.

Dan ceritanya bulan April 2016 kemarin saya berada di kota yang punya julukan kota pahlawan itu, dan mumpung ada disana saya ingin mengajak anak-anak menikmati sekaligus bernapak tilas jalanan yang dulu semasa saya remaja menghabiskan waktu, salah satunya yaitu Kebun Binatang Surabaya, yang konon katanya koleksi binatangnya paling lengkap di seluruh Asia Tenggara.

Dibalik banyaknya kabar tidak sedap yang sering kita dengar tentang obyek wisata yang satu ini saya ingin mengulas yang asik-asik aja, karena pada kenyataanya selama berada di tempat itu anak-anak menikmatinya dan kabar banyaknya binatang yang kurus tak terurus tdak begitu banyak saya temui, berkhusnudhon ajalah..

Kebun Binatang Surabaya berada ditempat yang lumayan strategis, hanya sekitar 400 meter dari terminal tersibuk di Surabaya yaitu Terminal Joyoboyo, bisa ditempuh dengan jalan kaki, taksi atau naik becak, kalau saya sih menyarankan jalan kaki sekalian bisa melihat keriuhan kota Surabaya.

Menuju ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) bisa juga menggunakan transportasi online yang sekarang mulai menjamur di kota ini, dan ini cara yang paling gampang anti nyasar.

Harga tiket masuknya murah hanya Rp 15 ribu dan masih ada potongan Rp 2 ribu untuk yang datang serombongan minimal 30 orang, anak dengan tinggi lebih dari 90 cm sudah harus membayar penuh, tak perlu bingung kalau janjian ketemuan di KBS ini karena hanya ada satu pintu masuk, dan dua gerbong loket penjualan tiket.

Loket pembelian tiket.

Pakai gelang tiket ini dulu, baru masuk...

Begitu masuk area KBS biasanya orang bingun mau ambil arah kanan atau kiri, kalau saya sih yang jaman sekolah dulu hampir tiap bulan kesini lebih nyaman ambil jalur kanan, karena di jalur kanan lebih banyak koleksi binatang eksotis sepert singa, harimau dan macan, sedan di jalur kiri biasanya lebih ke area permainan untuk anak-anak.

Selalu ikuti kata hati eh kata petunjuk..:-)


Berkali-kali datang ke KBS ada satu kesan yang saya dapat selain aroma binatang tentunya, yaitu suasana teduh dan adem, sejenak lupa kalau kita berada dekat dengan keruwetan terminal yang panas dan jalanan yang sejak beberapa tahun terakhir ini selalu macet.

KBS ini dari dulu memang jadi tempat wisata paling menarik di Surabaya dan enggak pernah sepi dimusim liburan, dulu malah ada joke  “setelah sunkem ke orang tua dan keluarga di hari raya jangan lupa nengokin keluarga jauh.. alias para nyet-nyet di KBS..hehe” karena di hari raya jumlah pengunjung akan meningkat sangat tajam.

Ada apa di KBS ?

Kalau ditanya seperti itu yah tentu saja jawabannya ada binatangnyalaah....

Sejak tahun 90an sepertinya tidak banyak yang berubah dari KBS sejak jaman saya sekolah dan sekarang punya anak saya masih hapal tempat-tempat di KBS yang memang tidak banyak perubahan, selain mungkin sekarang lebih tertata rapi dan itu sebenarnya menguntungkan pengunjung yang sekaligus jadi guide keluarganya yang ingin datang ke KBS.

Koleksi binatang di KBS ini tergolong lengkap meski saya miris juga denan pola habitat yang dibentuk disini karena memang sangat dekat dengan pemukiman warga dan pusat keramaian.

Koleksi KBS meliputi :
•    Berbagai jenis mamalia
•    Berbagai jenis reptil
•    Berbagai jenis burung
•    Berbagai jenis ikan air tawar.




 Makan apa di KBS ?

Dulu di tahun 90an ditempat ini terkenal harga makanannya yang selangit kadang tidak masuk akal, beberapa pedagang sering menaikkan harga makanannya karena memang tidak ada daftar harga yang tertera, jadi banyak pengunjung yang lebih memilih membawa makanan sendiri dari rumah, meski memang terkesan agak repot sih..

Tapi sepertinya pola ini berubah saat saya datang kesana beberapa waktu lalu, saat masuk ke tempat-tempat makan yang disediakan saya langsung bisa melihat daftar harga, enggak tanggung-tanggung, daftar harga itu terpampang di bagian depan tempat makan itu, dan harganya memang masih wajar, tergolong murah lah.. untuk bakso hanya dipatok harga RP.10 ribu dan Rp 3 ribu untuk segelas es teh, jadi sepertinya enggak perlu lagi saya repot-repot nenteng makanan dari rumah.

Tempat makan yang disediakan KBS

Tenaang... harga bersahabat koq.


Selain harga makanan yang lumayan bersahabat, saya juga melihat beberapa fasilitas untuk minum gratis dibeberapa sudut KBS, jadi lumayan menghemat air minum lah..

Fasilitas air minum gratis


Bawa oleh-oleh apa dari KBS ?

Didekat pintu masuk KBS ada beberapa toko souvenir yang menawarkan pernak-pernik KBS, seperti gantungan kunci, kaos atau barang-barang lain yang berlogo KBS, tapi sayang saya tidak menemukan gerai makanan untuk oleh-oleh *perut mulu pikirannya*

Tapi ada satu yang menarik saat saya datang kesana waktu itu ada gerai printing di kaos dengan gambar foto kita berada di lokasi KBS, selain itu pembuatnya juga bisa mengedit-edit di komputer sehingga tampak kita berfoto dengan binatang-binatang di sana, harganya lumayan murah koq.. apalagi hasil kaosnya bisa langsung jadi.


Yuk bikin dulu kaosnya 

Kapan waktu yang tepat ke KBS ?

Kalau ditanya seperti itu terantung niatnya kalau ingin mengajak anak-anak untuk lebih mengenal binatang sebaiknya datang di hari kerja, karena biasanya suasana saat hari kerja lebih tenang dan pengunjung tidak begitu ramai, kita bisa leluasa mengenalkan berbagai macam binatang ke anak-anak.

Tapi kalau ingin suasana yang lebih ramai dan banyak atraksi atau pertunjukan sebaiknya datang dihari libur atau weekend.

Jadi sekarang apabila ada waktu dan berkesempatan mengunjungi Surabaya jangan lupa juga menyempatkan diri mampir ke KBS untuk menambah wawasan anak-anak tentang binatang.




Soot-spot cantik di KBS 

5 comments:

  1. Harga masuknya masih murah ya mba.. Trus sudah tertata dengan baik lagi.. Hmmm... Bisa juga di jadiin refenrensi kunjungan kalau ke Surabaya sepertinya..

    ReplyDelete
  2. air minumnya bersih ya bisa langsung di minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak.. anak-anak nyobain, seger koq :-)

      Delete
    2. Bisa Mbak.. anak-anak nyobain, seger koq :-)

      Delete