Rabu, 25 Mei 2016

Mobil123.com Gathering : Lupakan Bermultitasking saat Berkendara, Utamakan Safety Driving




Ingat tidak, apa hal terkonyol yang kita lakukan saat berkendara ?

Kalau saya terus terang bukan pengemudi yang baik, seringkali kejadian lampu sein yang menyala lama setelah saya belok, dan tetap menyala sampai belokan selanjutnya, dan  parahnya lagi arah saya membelok tidak sama dengan lampu sein yang sedang menyala, beberapa kali pengendara lain menegor saya  “ mau belok mana sih Bu..?” huwaaa... malu banget.

Mungkin karena kurang fokus atau terlalu multitasking yah...dan sepertinya saya bukan satu-satunya yang melakukan hal ini, nyetir sambil mikir mau masak apa atau sambil melakukan hal lain, padahal itu sangat berbahaya lho.

Itulah mengapa saya jarang sekali bawa mobil atau motor sendiri, apalagi jarak jauh, mending diboncengin, saya sadar kalau cara mengemudi saya  membahayakan pengguna jalan lain.

Kurang fokus, kondisi kendaraan kurang oke, melakukan hal lain selama berkendaraan itu merupakan hal-hal yang sebenarnya harus benar-benar dijauhi saat kita berkendara, karena saat kita berada di balik kemudi, pikiran dan badan kita total ada dijalan.

Hal ini disampaikan Bapak Jusri Pulubuhun Chief Instructur Jakarta Defensive Driving Consulting, beliau ini mengatakan kalau angka kecelakaan itu lebih dari 1,3 juta orang pertahunnya, dan 20-50 juta orang mengalami luka-luka hingga cacat akibat kecelakaan dijalan raya.

Dan ironisnya lagi 48% yang mengalami kecelakaan ini adalah orang-orang diusia produktif 15-44 tahun.

Dan untuk tambahan menurut WHO ternyata 90% yang mengalami kecelakaan ini adalah  orang-orang dengan penghasilan rendah dan menengah.

Nah berdasar angka-angka fakta kecelakaan di jalan raya yang menakjubkan ini membuat Mobil123.com sebagai salah satu stakeholder startup jual beli mobil bersama Otospirit.com merasa memiliki tanggung jawab moral akan perlunya mengkampanyekan Sefety Driving, salah satunya dengan diadakannya talkshow ini yang sengaja mengundang para blogger dan insan media yang diharapkan menjadi corong tentang pentingnya Safety Driving ini, begitulah yang disampaikan Bapak Irwan dari Mobil123.com.

Sebenarnya bagaimana tingkah polah para pengendara yang tidak bertanggungjawab dijalan dan menjunjung tinggi arogansi, istilahnya senggol bacok ini tidak tumbuh dengan sendirinya, sebagian besar dari mereka memang tumbuh dengan habit yang tidak mengajarkan disiplin dan toleran sejak dini.

Itulah mengapa edukasi tentang pentingnya taat peraturan, budaya antri, dan berempati sudah memang seharusnya ditanamkan benar sejak kecil, bahkan ada literasi yang menyebutkan di beberapa negara maju lebih mendahulukan mengajari anak mau ngantri ketimbang berhitung.

Karena tidak bisa dipungkiri pada kenyataanya pengendara yang memiliki latar belakang edukasi lebih baik biasanya lebih bertanggungjawab dibalik kemudi, tapi tidak bisa disamaratakan, ini kan berdasar data statistik semata.

Jadi mulai sekarang saya semakin sadar , berharap juga para orang tua di Indonesia ini juga sadar kalau ternyata mengedukasi anak tentang pentingnya taat peraturan, pentingnya budaya antri, juga adanya empati itu sangat diperlukan, utamanya saat berada dijalan raya, mencoba membuang jauh-jauh stigma kalau peraturan itu dibuat untuk bikin ribet, tapi membangun doktrin ke anak kalau peraturan memang dibuat untuk kepentingan kita, dan agar lebih teratur.

Acara talkshow santai tapi padat berisi yang diadakan di Arruba Restaurant Pasaraya Grande ini juga ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan dari pihak Mobil123.com kepada Bapak Jusri Pulubuhun sebagai tanda terima kasih atas partipasi beliau dalam menyebarkan virus Safety Driving, semoga saja kedepan angka-angka kecelakaan yang saya sebutkan diatas semakin turun jumlahnya dengan semakin banyaknya pengendara yang sadar akan pentingnya mengendarai kendaraanya dengan aman.

Penyerahan piagam.

Dan untuk saya sendiri sepertinya harus lebih banyak menata diri dan hati saat mau mengendarai kendaraan, agar lebih rapi nyetirnya :)

3 komentar:

  1. Seru acaranya, padat ilmunya, enak makannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Teh... iya makannya juga yummy #gagaldiet

      Hapus
  2. nah , di ondonesia sih sudah terlihat banyak ayng tak taat aturan ya, gimana bisa mendidik anaknya kalau ortunya sendiri sering langgar aturan lalulintas

    BalasHapus