Senin, 11 April 2016

Mukena Bersih Sholatpun Khusyuk.

Sholat adalah kewajiban setiap umat Islam, salah satu syarat sahnya sholat dan yang bisa membuat sholat kita khusuk adalah suci, dalam artian bersih dari hadast besar maupun kecil.

Suci berarti tubuh dan apa yang kita kenakan saat sholat harus bersih dan terbebas dari najis, kalau memang badan kita mengandung hadast besar harus mandi junub dulu atau kalau tidak yah harus berwudhu dahulu sebelum melaksanakan sholat.

Tidak hanya tubuh tapi tempat yang kita gunakan haruslah suci dan terbebas dari najis juga atau kalau tidak bisa di gelar sajadah agar kotorannya tidak mengenai tubuh kita.

Setelah tubuh dan tempat kita suci selanjutnya yang harus kita persiapkan adalah apa yang akan kita kenakan juga harus bersih dan suci, seperti baju dengan sarung atau celana yang bersih dan mukena untuk muslimah.

Khusus untuk mukena ini saya ingin sedikit bercerita, kalau dulu kita lebih mengenal mukena dengan warna putih polos saja dan dengan hanya dua model saja, mukenah terusan atau putusan.

Untuk mukena terusan adalah model mukena dengan menyambung dari kepala sampai bawah kaki, sedang untuk model mukenah putusan biasanya terdiri dari dua bagian, atasan dan bawahan, atasannya untuk menutupi tubuh bagian atas sampai paha dan bawahannya mirip rok berkaret.

Bahan yang dipakai untuk mukena sebaiknya yang menyerap keringat dan ringan, seperti katun jepang , tapi tidak menutup kemungkinan kalau banyak juga mukenah berbahan yang lebih berat seperti kawis atau jersey , namun ada juga yang lebih ringan dari katun seperti rayon atau umum disebut mukenah parasit.

Dulu saat masih kecil saya ingat sekali Ibu saya membeli banyak bahan untuk membuat mukenah beberapa hari menjelang bulan puasa datang, Ibu saya membeli bahannya karena pertimbangan harga yang lebih ekonomis.

Tapi karena memilih harga ekonomis itu kami jadi harus menuruti sang penjahitnya, biasanya modelnya biasa saja tanpa ada hiasan sama sekali, benar-benar putih polos tanpa hiasan, sedih sih.. tapi tetap bersyukur karena tidak semua teman kami memiliki mukena baru untuk dipakai sholat tarawih dan solat Ied.

Apalagi teman-teman kami juga mukenanya hampir sama juga, hanya bedanya milik mereka ada bordir di beberapa bagiannya, jadi kami tetap pede donk memakai mukenah jahitan sang penjahit teman Ibu kami itu.
Namun sekarang jaman sudah banyak berubah, bahkan untuk urusan mukena ini, lebih banyak model dan coraknya, bahkan saat kita sholat disalah satu mushollah atau masjid pasti akan terlihat barisan mukenah warna-warni yang dipakai para jamaah sholat wanita.

Model mukenah pun sudah lebih beragam, namanya pun unik-unik dan biasanya enggak jauh-jauh dari artis Indonesia seperti mukenah Syahrini atau Krisdayanti, entah mungkin karena si artis ini kebetulan memakai mukenah model ini disalah satu adegan sinetronnya atau memang sebagai bintang iklannya.

Pernah suatu saat saya ke pasar dan mendatangi salah satu kios yang menawarkan dua mukenah dengan model yang hampir sama tapi namanya dari dua artis berbeda hehehe...

Saya yang sekarang sudah menjadi orang tua dari dua anak perempuan sekarang beralih fungsi kalau dulu saya yan dipilihkan mukena oleh Ibu saya, sekarang sayalah yang menetukan apa yang akan dipakai anak-anak saya, beberapa pertimbangan buat saya saat memilih mukena untuk anak-anak saya adalah :

  1. Bahannya tidak gerah
  2. Modelnya menarik
  3. Motifnya cerah 
  4. Harganya bersahabat.

Banyak sekali pilihan bila kita mau serius cari mukena yang nyaman, selain ke pasar atau departemen store, atau kalau memang lagi malas keluar bisa beli via online.. jaman sekarang apasih yang enggak online, dan kemarin saya sempat buka-buka situs Mataharimall.com yang kayaknya koleksi mukena Balinya lucu-lucu dan banyak banget motifnya, jadi boleh nih dicoba mumpung bulan puasa masih jauh.




















6 komentar:

  1. mukena & sajadah harus rutin di cuci juga ya, selain khusyuk juga buat kebersihan menghadap Allah

    BalasHapus
  2. Hmmm mukena sih bagus masih bisa dibersihkan tapi peci itu susah ya kalau di cuci nanti bakal jelek peci terus harus di gimanain nih cara membersihkan peci.

    BalasHapus
  3. Jadi keingetan nih, suami minta dibeliin sajadah.. kalau mukena sih masih layaklah yang biasa dipakai saat ini

    BalasHapus
  4. Ada baju kokoh ngak ??? hehehe

    BalasHapus
  5. Mukena dan sajadah bersih, wangi... bikin sholat jadi khusu, ditambah jadi betah berlama2 doanya hehehe... bener nih.. biasanya jelang puasa udh mulai jualan mukena, pakaian muslim dan muslimah bertebaran, bikin mata jadi 'ijo'... pengen semuanya.. hahahaha...

    BalasHapus
  6. memang tuh, mkena yg bau ga enak bikin ga khusyuk sholat ;p.. amaknya kalo jalan2, aku pasti bawa mukena sendiri spy ga hrs tahan napas pake yg di musholla2 ;p..

    Jadi inget dulu mamaku kalo beli mukena itu pasti yg kainnya tebel dan bordiran berat, full pula... cantik sih memang, tapiiiii panas dipake dan geraaah ;p. makanya mama srg sebel ama aku, krn udh capek2 dibeliin mukena cantik, tapi yg aku pake pas sholat ied ttp aja mukena yg biasa banget dan polos ;p ..yg ptg nyaman dan dingin :D. Tau sendiri kalo sholat ied di tanah lapang gitu, mataharinya pas naik bikin keringet banjir kalo pake mukena berat ;p

    BalasHapus