Jumat, 01 April 2016

Diskusi Ngobras: Kenali Sinyal Tubuh Untuk Menghindari Dehidrasi


Sebagai seorang Blogger banyak sekali hal menarik yang saya peroleh, salah satunya diundang ke acara-acara yang keren dan penuh manfaat, seperti beberapa waktu lalu saya sempat menghadiri acara Diskusi Ngobras ( Ngobrol Bareng Sahabat) yang merupakan salah satu forum yang terdiri dari kalangan Jurnalis yang kerap membahasberbagai masalah yang sedang ngetrend, apa saja yang dibahas ? apa saja termasuk kesehatan, keuangan, pola pengasuhan anak atau hal-hal lain, forum ini bisa dipantau di Twitter dengan akun @Forum_Ngobras atau di Facebook Forum Ngobras.

Nah Ngobras kali ini bersama WINGSFOOD membahas masalah kesehatan, dengan mengangkat tema :
" Kenali Manfaat 7 Ion untuk Kegiatan Sehari-hari"
Dipandu sang moderator Dokter Cinde dengan dua narasumber yang cantik - cantik yaitu dr.Elvina  M.Sc., Sp.GK, Ph.D, Direktur Micronutrient Initiative dan dr.Grace Tumbelaka  Sp.KO, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedoteran Olahraga , acara diskusi Ngobras ini berlangsung santai tapi sarat informasi, banyak hal-hal baru yang baru saya tahu setelah ikut diskusi ini.

Suasana diskusi yang cair banget

Seperti banyak orang tahu kalau tubuh manusia itu sebagian besar terdiri dari cairan, dan itu artinya kita membutuhkan banyak air untuk bisa bertahan hidup, bahkan di dalam Tumpeng Gizi atau Piramida makanan program yang rajin disuarakan untuk  pemenuhan gizi di Indonesia, air  menempati urutan palin bawah, yang artinya merupakan unsur yang paling banyak dibutuhkan tubuh, jadi jangan sampai kekurangan air yah..

Begitu pentingnya posisi air dalam tubuh kita sampai-sampai orang yang kurang cairan 2% dari berat badan akan mengalami penurunan konsentrasi sebesar 4%, enggak mau kan kalau kita salah nyapa temn gara-gara kurang konsentrasi, seperti yang terjadi disalah satu iklan minuman dalam kemasan ditelevisi.

 Sebenarnya tubuh kita ini merupakan satu sistem yan sangat lengkap dan terstruktur dengan sangat baik, saat tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengeluarkan sianyal tubuh dengan merasakan haus, dan sebaiknya sebelum haus kita sudah harus minum untuk menghindari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), dan bagaimana kita tahu kalau kita mengalami dehidrasi atau tidak, mudah saja perhatikan warna urine kita, semakin pekat warnanya berarti kita mengalami dehidrasi,  pada kasus dehidrasi yang berat akan terjadi kulit yang kering tidak elastis dan mata yang cekung, serem yah..

Perhatikan warna urine untuk mengetahui kadar dehidrasi

Sebenarnya cairan yang masuk ketubuh kita itu dibagi menjadi 3 yaitu Hipotonik, Isotonik dan Hipertonik, apa dan bagiamana ketiganya ini, sedikit saya bahas disini yah..

  1. Hipotonik, minuman ini bisa digunakan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat keringat atau uap tubuh.
  2. Isotonik , minuman ini juga dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat dan dengan ditambahkan karbohidrat serta elektrolit sehingga lebih cepat kerjanya, cocok untuk kegiatan atau olahraga yang lebih berat.
  3. Hipertonik, atau lebih dikenal dengan minuman berenergi, cocok untuk yang berolahraga berat, tapi jenis minuman ini tidak bisa menggantikan cairan tubuh, karena susah terserap tubuh.
Dari ketiga jenis minuman itu kita harus jeli yang mana yang kita butuhkan, bagaimana caranya untuk mengetahuinya, gampang saja.. sesuaikan minuman yang kita konsumsi dengan jenis kegiatan atau olahraga yang kita lakukan, karena beda kegiatan beda pula minumannya.
Ion yang dibahas di diskusi kali ini yaitu elektrolit yang larut dalam air,  seperti kalium, kalsium, magnesium, natrium dan anion(-) seperti klorida, laktat dan sitrat, yang akan mengatur kerja metabolisme dan listrik tubuh. 7 ion bisa didapatkan melalui makanan. “Tapi dalam kondisi tertentu misalnya olahraga berat atau cuaca panas, ion perlu diganti dengan cepat,” tutur Dr. Elvina. Asupan ion dari makanan untuk pemeliharaan sehari-hari; untuk kondisi tertentu, minuman isotonik dengan 7 ion bisa dimanfaatkan. Beda minuman isotonik dengan air biasa, minuman isotonik diformulasikan secara khusus dengan kadar ion yang sudah ditentukan.

Masalah haus dan bisnis didalamnya. 

Mengingat tingginya kebutuhan manusia akan air dan minum tak heran kalau WingsFood menganggap bisnis minuman ini termasuk bisnis yang "seksi" iniyang disampaikan oleh Bapak Aristo Kristandyo dari WINGSFOOD, salah satu perusahaan yang salah satu produksinya adalah minuman dalam kemasan.

Jelas saja karena peningkatan bisnis minuman dalam kemasan ini mencapai 15% pertahun, bisa dibayangkan donk.. 942 juta liter pertahunnya dikonsumsi oleh orang Indonesia, banyak sekali itu, dan kebutuhan 900 juta liter itulah yang disebut Pak Aristo bisnis yang "seksi".
Minuman yang paling populer pertama di Indonesia ini tetap air putih dan selanjutnya diikuti dengan teh dalam kemasan, kedua jenis minuman ini bisa dianggap primadonanya bisnis minuman di Indonesia.

Bapak Aristo Kristandyo

Jadi bisa disimpulkan kalau tubuh sudah memberikan sinyal tubuh berupa rasa haus tak perlu ditunda lagi segeralah minum, atau kalau kita memerlukan yang lebih cepat menggantikan cairan tubuh kita yang hilang boleh kita minum minuman Isotonik yang mengandung 7 Ion tadi agar badan kembali segar, dan untuk penggunaan minuman berenergi atau hipertonik harus lebih hati-hati dan selalu perhatikan komposisinya yah..

Dan akhirnya acara yang berlangsung di Penang Bistro, Kebon sirih, Jakarta ini diakhiri dengan bertambahnya satu lagi pengetahuan buat saya tentang pentingnya lebih memperhatikan sinyal tubuh dan pemenuhan gizi yang baik buat saya sendiri juga keluarga, pulang kerumah dan membawa pengalaman dan ilmu baru itu memang seru.

2 komentar:

  1. Baru tahu kalau asupan air perlu disesuaikan dengan kebutuhan. TFS yaa.

    BalasHapus