Thursday, February 18, 2016

Kemenpar Adakan Beragam Kompetisi Menyambut Gerhana Matahari Total






Gerhana bulan total yang beberapa tahun lalu pernah terjadi , akan terjadi lagi pada bulan maret tanggal 9 nanti, dan diperkirakan akan melewati 12 propinsi di Indonesia, kebayang donk hebohnya, fenomena yang tidak semua negara mengalaminya.

Menangkap momen ini Kementrian Pariwisata dangan Pesona Indonesianya  sudah bersiap diri, selain mengakomodasi para wisatawan yang ingin menyaksikan langsung kejadian luar biasa yang tidak bisa setiap saat terjadi, juga biar lebih greget Kemenpar juga mengadakan lomba foto, video dan tulisan khusus menyambut gerhana matahari total ini.

Kompetisi ini enggak Cuma bertujuan mengabadikan gerhana matahari total saja tapi lebih mengajak para peserta untuk lebih mencintai pesona alam Indonesia, jua budaya dan kuliner di wilayah-wilayah dimana fenomena gerhana matahari total ini terlihat, begitu yang disampaikan oleh Bapak Putu Wayan dari Kemenpar di acara Press Converence publikasi lomba ini di Hotel Santika Premierre, Jakarta, yang kemarin secara spontan juga memberikan kejutan buat para awak media yang hadir dengan membagikan 3 paket wisata ke tujuan lokasi gerhana matahari total melewati, dan saat diundi sayang saya tidak beruntung.

Di mana saja kita bisa menikmati gerhana matahari total ini dan mengikuti lomba-lomba ini, ini nih daftar wilayah yang dilewati gerhana matahari total ini :



1.    Palembang  ( 1 menit 52 detik)
2.    Belitung        (2 menit 10 detik)
3.    Balikpapan   (1 menit 9 detik  )
4.    Luwuk           (2 menit 50 detik)
5.    Sampit          ( 2 menit 8 detik )
6.    Palu               (2 menit 4 detik)
7.    Ternate        ( 2 menit 39 detik)
8.    Bangka        ( 2 menit 8 detik)
9.    Palangkaraya ( 2 menit 29 detik)
10.    Poso             (2 menit 40 detik)
11.    Halmahera  (1 menit 36 detik)

Itulah tempat-tempat kita bisa melihat fenomena erhana matahari total dan jangan lupa mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata, keren kan.. sambil menyelam minum air, sambil liburan dapat hadiah.

Ketentuan Lomba

Foto
Dibagi dua kategori jurnalis dan non jurnalis, juri lomba foto ini adalah travel fotografer Barry Kusuma, Bambang Wijanarko ( Kemenpar ) , Agus Ryan ( Panorama Media), pesert bisa mengirimkan foto tanpa watermark dengan resolusi minimal 1500 pixel, editnya cuman boleh sebatas perbaikan warna, contras dan sedikit cropping, o iya.. semua hasil foto peserta akan jadi milik Kemenpar yah..

Video
Peserta boleh mengirimkan video tentang Gerhana matahari total, durasi minimal 1 menit dan maksimal 3 menit, boleh menambahkan ilustrasi dan musik, juri lomba video ini adalah Videorafer febian Nurrahman, Bambang Wijanarko (kemenpar) dan Agus Ryan ( Panorama Media),.
Penilaian berdasarkan keunikan dan keindahan destinasi wisata, alur cerita dan kesesuaian semua unsur.

Tulisan
Untuk lomba tulisan ada Trinity ( blogger dan penulis buku perjalanan) , Bambang Wijanarko ( Kemenpar), dan Fransiska Anggraini ( Panorama Media), tulisan berkenaan dengan fenomena gerhana matahari total sepanjang 1000 kata dan maksimal 1500 kata yang disertai judul dan biodata, harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, itu artinya engak boleh alay bahasanya hehe..tulisan disertai paling tidak satu foto yang karya sendiri sesuai tempat yang ditulis, penilaian akan berdasarkan alur cerita, angle, kreatifitas serta originalitas.

Mau tahu hadiah lomba ini apa saja, siap-siap mupeng deh..

1.    Juara pertama untuk masing-masing kategori , uang tunai Rp 15.juta, travel bag, dan voucher hotel ternama.
2.    Juara Kedua untuk masing-masing kategori, uang tunai Rp 10 juta dan voucher menginap di salah satu hotel ternama.
3.    Juara Ketiga untuk masing-masing ketegori, uang tunai Rp 5 juta dan voucher menginap.
4.    Juara harapan 1 masing-masing kategori, uang tunai Rp 1 juta dan voucher menginap.
5.    Juara harapan 2 masing-masing kategori, uang tunai Rp 500 ribu 
1

Dan pastinya semua pemenang akan mendapatkan souvenir dari majalah Get Lost dan piagam dari Kementrian Pariwisata.

Jadi untuk para fotografer, videografer serta penulis diseluruh Indonesia, terutama yang berdomisili di daerah-daerah yang dilewati Gerhana matahari total 9 Maret mendatang ini adalah kesempatan yang keren banget, selain mengejar hadiahnya juga ini momen yang tepat untuk mengenalkan keindahan daerah kalian ke seluruh Indonesia.

Kompetisi ini akan berlangsung mulai 1 Maret 2016 sampai 30 April 2016.

Lomba Sambut Gerhana Matahari Total
Untuk informasi dan pendaftaran hubungi
Twitter  : @MajalahPanorama
IG           : @MajalahPanorama
Site        : www.panorama-magz.com

9 comments: