Sunday, January 31, 2016

Yang Manis Tidak Selalu Berakibat Manis Untuk Tubuh



Suasana seminar awam Soyjoy bersama dr.Yuselina Sophia

Makanan manis tidak selalu berdampak manis buat tubuh, paling tidak itu yang saya tangkap di acara seminar awam Soyjoy  bekerjasama dengan Rumah Sakit Mitra Bekasi timur, seminar santai yang berlangsung tak lebih dari 3 jam itu seperti membuka mata saya akan bahaya penyakit Diabetes melitus.

Seminar awam Diabetes bersama Soyjoy yang di gelar tanggal 30 Januari  2016 kemarin ini mengangkat tema “ Pencegahan Komplikasi Diabetes Melitus”, ada dua pebicara yang dihadirkan yaitu dr.Yuselina Sophia Sp,PD dan Ibu Tri Astuti , S GZ ( Ahli gizi) masih dalam rangkaian perayaan hari ulang tahun Rumah Sakit Mitra Bekasi timur.

Sebenarnya apasih Diabetes melitus itu, yaitu suatu kumpulan gejala yang timbul di sebabkan karena adanya peningkatan glukosa darah akibat kekurangan insulin baik absolut/relatif, lalu apa saja tanda utama yang mengindikasikan seseorang mengidap Diabetes Melitus, dr.Yuselina menjelaskan bila seseorang mudah lapar, mudah haus dan sering kencing bisa jadi menderita penyakit ini, juga dibarengi gejala lain seperti luka yang susah sembuh, pandangan kabur dan mudah mengantuk, untuk lebih meyakinkan perlu adanya tes gula darah, bila hasil tes gula darah melebihi angka 140 mg/dl maka orang itu bisa dipastikan mengalami Diabetes Melitus.

Jadi mulai sekarang apalagi diusia yang mulai matang *mateng apa tuwir* kayaknya kita harus lebih waspada deh dengan gaya hidup kita, kalau tidak mau terjangkiti Dibetes Melitus, karena ternyata kalau dulu kita tahu kalau kencing manis melulu dari faktor keturunan tidak sepenuhnya benar, karena selain faktor itu ada beberapa hal lain yang memicu terjangkitinya penyakit ini seperti kegemukan, pola makan yang salah, kurang olah raga, juga stres.

Apalagi Indonesia termasuk negara dengan peringkat ke4 dalam urusan Diabetes melitus ini, wow banget, semoga di tahun-tahun berikutnya peringkat kita tak pernah naik lagi yah.. lalu apa yang bisa kita bisa lakukan untuk bisa mencegahnya yah, selain tentu saja berpola hidup sehat dan teratur, kita juga sebisa mungkin menghindari stres, dan apabila sudah terkena penyakit ini salah satu metode yang bisa diterapkan adalah 3 J  yaitu selalu perhatikan Jadwal makan, Jumlah asupan makanan dan Jenis makanan yan dikonsumsi karena memang sekali orang mengidap Diabetes akan tidak bisa di sembuhkan, tapi kalau kita konsisten menjaga kadar gula darah maka gejala yang tidak mengenakkan dari penyakit ini kayaknya enggak bakal dirasakan.

Ibu Tri Astuti menjelaskan tentang asupan gizi penderita Diabetes


Sebenarnya enggak susah menentukan jenis makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes ini , makanan dengan gizi seimbang, rendah kalori dan berkadar glikemik rendah, kenapa harus berkadar glikemik rendah? Karena makanan yang berkadar glikemik rendah ini melepaskan gula kedalam darah secara perlahan,  jadi tidak membuat kadar gula naik dengan capat dan ini mebuat kadar gula jadi lebih stabil.

Salah satu contoh makanan yang mengandung kadar Glikemik rendah adalah kedelai yang terkandung dalam Soyjoy, cemilan ini saya sudah tahu lama dan memang lumayan enak sih, setiap hari selalu ada di tas, bukannya apa, kadang saat kejebak macet dan tiba-tiba perut laper biasanya langsung anteng dengan satu bungkus Soyjoy .

Saya juga heran kenapa Soyjoy bikin saya cepat kenyang yah? Ternyata diacara seminar kemarin Mas Aji dari Soyjoy menjawab kalau Soyjoy ini terbuat dari kedelai dan buah asli yang padat gizi dan tinggi serat, jadi membuat mudah kenyang tapi tidak kembali membuat lapar dengan cepat, lain kalau kita makan mie atau makanan lain yang tinggi karbohidrat, kenyang sih iya, tapi ga lama lapar lagi, ngantuk pula.

Kalau saya paling suka Soyjoy rasa raisin almond, seger-seger gimana gitu.. meski kebanyakan mengatakan kalau Soyjoy rasa coklat yang paling top karena mengandung zat antioksidan Flavanol dari coklat, tapi tetap buat saya Soyjoy rasa raisin almond yang paling enak, keukeh..

Ada beberapa rasa lain dari Soyjoy yang engak kalah enaknya sebenarnya seperti Banana (pisang), hawthornberry, starwberry, dan kacang, semuanya dengan kandungan zat gizi tinggi seperti protein (38%), serat pangan (15%), karbohidrat( 15%)dan Omega 6 (0,5%) selain itu dalam sebatang Soyjoy juga ada beberapa zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh seperti Isovlavon, Vitamin (A, B, E), asam folat asam amino esensial dan beberapa ineral penting.

Jadi kayaknya  Soyjoy ini rekomen banget deh buat makanan cemilan sambil menunggu waktu makan utama,  enggak bikin gula darah naik dengan cepat jadi aman buat penderita Diabetes melitus atau bukan tapi perduli akan kesehatan, selain itu rasanya asyik banget koq.. pas juga buat yang lagi menjalankan diet penurunan berat badan karena Soyjoy ini rendah kalori.


Acara seminar yang juga menggelar pemeriksaan gula darah dan BMI gratis ini sukses dipadati para peserta yang antusias ingin tahu lebih banyak tentang diabetes, beberapa diantaranya juga penderita diabetes tapi tetap terlihat bersemangat dan segar, saya juga sempat mengecek gula darah dan hasilnya bagus 100 Mg/Dl , jadi saya masih aman dan ok.. yuk ah *sambil ngunyah Soyjoy* jaga selalu kesehatan karena ini investasi yang paling berharga dalam hidup kita, kalau mau tahu lebih banyak tentang cemilan enak ini bisa koq mampir ke www.soyjoy.co.id.

O iya.. di acara seminar itu juga dikenalkan applikasi besutan Soyjoy yang bisa digunakan sebagai pembimbing para penderita Diabetes yaitu Dokter Diabetes, aplikasi keren ini membuat pengguna berinteraksi denan Dokter ahli atau sesama penderita Diabetes, selain itu juga bisa ada fasilitas medical record yang membuat pengguna bisa menyimpan hasil tes gula darahnya di aplikasi ini, keren kan..? lebih keren lagi karena pas acara ada hadiah khusus buat pengguna yang sudah memasang aplikasi ini di gadgetnya.

Dan acara hari itu berakhir dengan satu pengalaman yang membuka mata saya akan pentingnya menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Wajah para pemenang doorprize

Ada juga game tentang Diabetes selama acara

Habis nuker hadiah sama Mbak Soyjoy yang cantik-cantik

Stand penjualan Soyjoy yang laris manis
Add caption

23 comments:

  1. Artikel yg bermanfaat Mbak Lubena
    Ibu saya terkena diabetes,
    saya ingat semasa mudanya kalo minum senengnya manis
    sekarang baru merasakan dampaknya
    salam sehat dan sukses :)

    ReplyDelete
  2. Bener mas.. kita juga harus mulai hati-hati sekarang.

    ReplyDelete
  3. mksh sharenya, mengingatkan saya juga nih sebagai penyuka kopi instan yg biasanya manis sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak.. makanya saya lebih seneng ngeracik sendiri.

      Delete
  4. Alm ibu saya juga diabetes dan semua kakak2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kewaspadaannya harus lebih nih..

      Delete
  5. Ini penyakit kayaknya umum banget tapi beneran menakutkan,soalnya bisa berakibat ke keturunan atau pas hamil bisa jadi berabe. Makanya takut banget kena diabet, sedari sekarang mulai jaga makanan biar ngga kena diabet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. jaga asupan makanan berkadar gula tinggi itu yang paling penting.

      Delete
  6. Makasih udah share hal bermanfaat ini, memang yang manis2 gak boleh kebanyakan, sudah lama saya tak minum teh manis nih, buat ngurangin asupan gula ke tubuh.
    Soyjoy saya suka yg buah2an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Teh.. sama, saya juga senengnya yang buah-buahan

      Delete
  7. Suka Soyjoy, dulu di kantor sering sekali dapat bagian Soyjoy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen kerja dikantor situ..hehe

      Delete
  8. Replies
    1. Iya Mbak .. acaranya deket banget kan.

      Delete
  9. wadoh sebagai orang jawa yang suka makan yg manis2 jadi riskan juga maak.
    inget soyjoy inget temen, yg kerja di sana n suka bagi2 sample hihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. kenalin ke saya donk temennya *maunya*

      Delete
  10. wadoh sebagai orang jawa yang suka makan yg manis2 jadi riskan juga maak.
    inget soyjoy inget temen, yg kerja di sana n suka bagi2 sample hihiii..

    ReplyDelete
  11. aku sih juga jarang makan yg manis2 agak ketakutan juga karena ibuku juga diabetes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang manis enggak papa asal ga berlebihan kali yah..

      Delete
  12. waaah ini kesukaan saya SoyJoy, nyemil tipis tipis ga takut tambah ndut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. nyemil tipis-tipis itu apa yah..

      Delete
  13. Cocok buat aku yg hoby memamah biak tp takut ndut hahhaha...
    Untunf ada soyjoy

    ReplyDelete