Jumat, 04 September 2015

Hati-hati Penculikan Anak

Hati-hati penculikan anak, pernah baca berita tentang anak hilang ? pasti sering deh.. serem ya? saya aja pas diundang acara ini sama TIGAGENERASI salah satu layanan edukasi psikologi dan kesehatan yang fokus masalah tumbuh kembang anak dan keluarga sempet mikir kalau diacara nanti pasti ditampilkan foto-foto anak yang diculik dan dianiaya penculiknya.



Acara yang bertajuk  IS STRANGER DANGER ? ini berkat kerjasama Ufm 947 dengn Moms Communitynya dan Blibli.com situs jualan online yang lagi ngehitz itu lho, diadakan di Conclave jl. wijaya sekitaran Jakarta, tempatnya sih enak dan asik banget enggak terlalu ngantor tapi fasilitasnya ok, gaya ruangan yang cozy dan sedikit "kasar" kayaknya pas banget buat ngomongin tentang culik-menculik anak .

Acara dimulai sekitar jam 10an, dan dipandu oleh Tedi MC yang ngocol dan asik banget, ada yang menarik diacara ini, dikursi undangan ternyata banyak banget selebritis boo.. ternyata mereka juga care ya masalah tumbuh kembang anak.

Acaranya Banyak selebritisnya lho..


Pembicara kita kali ini Mbak Anna Surti Ariani, psikolog kita yang cantik ini ternyata lebih cantik aslinya daripada fotonya yang biasa dipajang di medsosnya, saya sendiri rajin bnget ngikutin kultwitnya dia di @Annasurtinina yang keren- keren abis.
 Sebelum masuk acara inti kita diajak ngegame dulu nih sama Mbak Anna, permainannya gini undangan dibagi beberapa kelompok trus dibagikan kertas merah dan kuning, Mbak Nina akan menyebutkan satu kalimat dan kita disuruh menentukan itu fakta atau mitos, nah disini banyak yang kecele lho.. seperti :

  • Penculik itu orang yang kita tidak kenal, ternyata itu mitos, banyak penculikan terjadi dan pelakunya malah orang terdekat si anak.
  • semakin har anak hilang semakin banyak, ini juga mitos, karena pengaruh teknologi informasi semakin mempercepat tersebarnya informasi tentang hilangnya si anak
  • ketika menemukan anak hilang, kita maunya langsung mengantar kekeluarganya, yang ini mitos juga, karena sebagian anak yang lari dari keluarganya bisa jadi korban KDRT, jadi lebih bijak kalau kita mengantarkan anak ke kantor polisi.
 Nah.. setelah game yang seru ini selesai, kita masuk ke penjelasan Mbak Nina mengenai bagaimana menghindarkan anak kita dari penculikan.

Tips dan trik menghindarkan anak dari penculikan
  1. Ajarkan anak menolak pemberian dari orang tak dikenal baik berupa makanan, mainan ataupun binatang piaraan, bila perlu lakukan roleplay, dengan berpura-pura jadi orang tak dikenal dan rayu anak kita, ajari anak dengan mengatakan " tidak, terima kasih" untuk menolak pemberian, orang tak dikenal.
  2. Ajarkan anak untuk berbicara dengan orang-orang yang memang bisa dipercaya seperti Satpam, Ibu-ibu dengan anak atau petugas lain yang berseragam bila dia terpisah dari kita.
  3. Ajarkan anak untu menolak bila dipegang atau di peluk oleh orang yang tidak dikenal.
  4. Selalu awasi anak kita, jangan biarkan terlalu lama jauh dari pandangan kita.
  5. Jangn sibuk dengan gadget saat bersama anak, karena konsentrasi kita akan buyar dan tak menyadari saat anak terlepas dari kita.
  6. Hindari memakaikan perhiasan mencolok dan melengkapi anak dengan gadget mahal




Pernah liat anak-anak yang memakai pakaian dengan namanya ditulis besar didada atau punggung? ternyata Mbak Nina sangat tidak menyarankan itu lho.. kenapa? karena hal ini bisa memicu terjadinya penculikan, bayangkan saat mereka terpisah dari kita dan ada orang yang berniat menculiknya dengan mudah mereka akan memanggil anak kita lewat nama dibajunya itu, dan faktanya anak akan lebih nyaman bersama orang yang memanggil namanya,

Sebaliknya baju yang samaan dengan anak ternyata disarankan oleh Mbak Nina karena saat kita terpisah dengan anak kita baju yang kembaran itu akan memudahkan orang mengenali anak kita, selain itu meletakkan kartu nama kita dibaju anak juga diarankan Mbak Nina.


Setelah penjelasan dari Mbak Nina selanjutnya ada pengundian doorprize yang hadiahnya salah satunya yaitu bip-bip watch, penasaran apaan itu? sama..saya juga, ternyata bip-bip watch ini salah satu gadget yang bisa melacak keberadaan anak kita dan terintegrasi dengan smartphone yang kita miliki jadi istilahnya bip-bip watch ini GPSnya anak lah, Bip-bip watch ini juga salah satu sponsor acara ini lho pas banget nih buat menghindari penculikan anak.





Dan seperti biasa nama saya enggak muncul saat pengumuman pemenang doorprize itu tapi enggak papalah pas pulang kita juga dibagiin goodiebag yang keren juga koq, jadi enggak terlalu kecewa lah..

Hari ini saya dapat ilmu baru dan lebih hati-hati menjaga amanah Allah yang paling berharga yaitu anak-anak kita.







    4 komentar:

    1. Wah, informatif banget, Mbak. Terima kasih banyak sudah berbagi.

      BalasHapus
      Balasan
      1. sama2.. senang kalau bermanfaat :)

        Hapus
    2. Kemaren aku juga dapat undangan via Mommylicious tapi ga bisa hadir

      BalasHapus
      Balasan
      1. yaah.. padahal aku pengen reunian, kangen.

        Hapus