Sunday, August 2, 2015

Bijak Mengelola Keuangan Bersama Safir Senduk Dan Sunlife


Bijak mengelola keuangan, hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2015 kemarin saya mendapat kesempatan berharga untuk hadir di acara yang di motori oleh salah satu perusahaan asuransi jiwa yang sudah ternama di Indonesia, Sunlife

Acara di mulai sekitar jam 1 siang, bertempat di Cafe XXI Plza Indonesia, karena memang ini salah satu cafe bioskop jadi yaah suasananya agak gelap-gelap gimanaa gitu, tapi kondisi yang lumayan adem itu sama sekali enggak mengurangi kehangatan acara itu koq, gimana enggak hangat kalau acara yang diadakan khusus untuk blogger itu dihadiri puluhan blogger yang antusias nambah ilmu tentang keuangan dari pakarnya, kebayang donk ramenya.

Sekitar jam 1 an acara dimulai, sambutan pembuka oleh pihak Sunlife diwkili oleh Ibu Ellin Waty sang Direktur dan Chef Distribution Officer PT. Sunlife Indonesia, Ibu cantik berpembawaan menyenangkan ini mengenalkan ada kami para undangan apa itu Sunlife dan kesuksesan yang telah diraihnya, Sunlife merupakan perusahaan asuransi dari negara Kanada, untuk di Indonesia sendiri  Sunlife sudah 20 tahun tumbuh dan berkembang di Indonesia, dan termasuk Perusahaan asuransi yang tahan banting bahkan dimasa-masa sulit seperti krisis ekonomi yang pernah mendera Indonesia ditahun 1998, saat itu Sunlife masih tetap berjalan dan tidak gulung tikar seperti perusahaan lain.

Ibu Ellin Waty dari Sunlife

Sunlife merupakan perusahaan besar dengan lebih dari sertus kantor cabang di Indonesia, meliputi Sunlife Syariah dan Konvensional, dan mereka benar-benar memisahkan keduanya, jadi tak erlu kuatir entang kehalalannya untuk Sunlife Syariah, untuk yang satu ini kayaknya Abinya anak-anak setuju nih... Misi yang diterapkan perusahaan ini sederhana tapi dalem banget,


Membantu nasabah mencapai kesejahteraan melalui kemapanan finansial







Bu Ellin mengatakan kontribusi Sunlife di masyarakat tak bisa dipandang sebelah mata, berbagai pelatihan kewirausahaan dan pembekalan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa kerap dilakukan, dan kali ini para blogger yang mendapat kesempatan untuk belajar tentang bijak mengelola keuangan, kenapa blogger yang dipilih? karena blogger dianggap bisa merubah dunia dengan pemikiran dan tulisannya cieee...

Penjelasan Ibu Ellin tak lama-lama, tapi cukup mengena, dan lumayan memengaruhi saya untuk membeli asuransi mereka hehe.. selanjutnya waktu menjadi milik bintang tamu kita Safir Senduk

Memang seminar ini acara intinya penjelasan Safir Senduk tentang keuangan, berarti membosankan donk 3 jam lebih ngomongin masalah keuangan dan itung-ituangannya yang njelimet itu? hoho jangan salah kalau pembicaranya Safir Senduk enggak ada tuh istilahnya bete buat mendengarkannya, gaya bicara dan gesture tubuhnya seru dan bikin semangat, lihat saja salah satu cuplikan saat Safir memberikan penjelsan, dengan semangat dan gaya ngocol seperti ini siapa yng bakal bosan? enggak ada.

video


Suasana langsung tambah hangat saat Safir Senduk tampil, ahli keuangan yang sudah menulis 10 judul buku tentang keuangan dan salah satunya yang berjudul " Siapa Bilang Jadi Karyawan Enggak Bisa Kaya ?" merupakan best seller yang sudah dicetak 17x dalam waktu 2 tahun woow... Safir juga merupakan perncana keuangan pertama di Indonesia yang suaranya bisa kita dengarkan lewat iTunes Store, toko musik online terbesar didunia.

Satu pertanyaan pembuka dari Safir Senduk cukup menggelitik kami semua, tiba-tiba slide menampilkan gambar ini





Tampil tiga gambar karyawan, profesional dan pengusaha, siapa yang paling kaya? peserta seminar menjawab beragam da yang menjawab karyawan karena gaji yang diterimanya stabil setiap bulannya, atau profesional karena selalu mendapatkan gaji setiap kali orang memakai jasanya, ada juga yang menjawab pengusaha karena pendapatan yang dia terima tak terbatas, tapi ternyata semua salah, yang paling kaya adalah yang paling banyak investasinya, dan banyak tidaknya investasi yang kita miliki tergantung dari karakter yang ada pada diri kita.

Sebenarnya karakter sesorang itu di pengaruhi oleh cara kerja otak kita, otak kanan merupakan otak yang mengfungsikan instink dalam diri kita dimana kesenangan dan perasaan mendominasi, sebaliknya otak kiri lebih menguatkan logika dan hitung-hitungan itulah kenapa orang dengan otak kiri yang cenderung kuat akan lebih menjadi spesialis dibidangnya, dan kekuatan dua bagian otak itu akan menentukan bagaimana karakter kita dalam mengelola keuangan





Nah .. setelah tahu dua fungsi otak itu, jadi mana yang lebih baik dari keduanya ? jawabannya dua-duanya sama berfungsinya untuk kita dan saling menguatkan agar kehidupan kita seimbang enggak melulu serius atau kelewat santai utamanya dalam mengelola keuangan

Selnjutnya kedewasaan sesorang dalam mengatur keuangan ditentukan bagaimana dia mengelola cashflow atau arus keluar masuknya uang yang dimiliki, ada tiga jenis cashflow

  1.  Miskin, kalau anda masih mengeluarkan sejumlah uang sama dengan yang anda terima, tanpa menyisihkan sedikitpun untuk investsi ataupun membeli barang yang memiliki nilai jual kembali, berapapun pendapatan anda.
  2. Menengah , kalau anda hanya menyisihkan sejumlah barang yang memiliki nilai jual kembali dan menghabiskan sisa uang yang masuk ke kantong anda
  3. Kaya, kalau anda sudah menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi, sebagian untuk membeli barang dengan nilai jual kembali dan baru menghabiskan sisa uang yang anda terima

Sudah tahu termasuk yang mana anda? semoga bukan termasuk golongan miskin yah..

Intinya ada 3 cara yang jitu yang bisa anda terapkan dalam mengelola keuangan anda menurut Safir Senduk, dan semuanya bisa dimulai dari sekarang, sedini mungkin agar anda lebih tenng menghadapi masa depan anda, yaitu.


  1. Miliki investasi sebanyak mungkin,
  2. Siapkan dana pensiun anda
  3. Atur pengeluaran anda
Miliki investasi sebanyak mungkin.
  kalau anda masih bepikir kalau orang yang mapan itu yang gajinya banyak, ternyata salah, karena sigaji besar ini akan mengalami kesulitn ekonomi saat sudah berhenti bekerja kalau dia tidak rajin berinvestasi, ada tiga investasi terbaik yang disarankan para ahli keuangan yaiu
  1. Saham, karena dengan memiliki saham anda akan seperti memiliki juga perusahaan yang sahamnya anda beli, pendapatan dari saham ini meliputi deviden (bagi hasil ) dan nilai jual kembali saham yang anda beli.
  2. Berinvestasi lewat manajer investasi , untuk ini anda bisa memilih membeli Reksadana atau unit link, tapi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih manajer investasi yaitu reputasi mereka dimasa lalu bagaimana mereka mengahadapi naik turunnya kondisi keuangan dan bagaimana mereka bangkit lagi juga kemana dana itu diinvestasikan, dan tak kalah penting prestasi yang telah diraih olah manajer investasi itu, bisa diketahui dengan daftar reward yang mereka dapatkan, anda harus jeli dengan itu kalau tidak mau uang anda lenyap.
  3. Properti, bisa berupa tanah atau bangunan yang tiap tahun harga jualnya naik, namun untuk properti ini Safir Senduk lebih menyarankan menyewakan dengan banyak tenant dan jangka waktu yang pendek agar pendapatan yang kita dapat lebih besar.
Namun kita juga harus berhati-hati dengan investasi bodong yang sering kita temui di masyarakat, beberapa ciri investasi bodong yang perlu dicurigai diantaranya
  1. Bunganya sangat tinggi, kadang sampai lebih dari 60% dari nilai invetasi anda.
  2. Menjanjikan bonus bulanan yang juga sangat tinggi
  3. Dijamin tidak akan rugi dengan investasi ini
  4. Adanya bonus bila dapat member baru, tidak semua jenis investasi bodong yang seperti ini, tapi kebanyakan mereka menawarkan bonus besar bila kita mendapat member baru.
  5. Skema yang ditawarkan musthil dan tidak bisa diterima akal sehat kita.
jadi berhati-hatilah kalau kita menemui jenis investasi yang seperti ini lebih baik pecayakan dana kita pada perusahaan bertanggungjawab.

Siapakan dana untuk masa depan 
jangan pernah merasa terlalu muda untuk menyiapakan dana untuk mas depan anda, karena segala sesuatu akan lebih baik bila dipersiapkan sedini mungkin.
Akan ada pos -pos pengeluaran besar yang sudah menunggu anda didepan mata yang membutuhkan dana tidak sedikit dan pos-pos itu akan terpenuhi dengan baik kalau kita baik pengelolaan dananya dari sekarang, 4 pos besar dimasa depan yang perlu kita perhatikan yaitu
  1. Menikah tak bisa di pungkiri tradisi di Indonesia kalu biaya pernikahan merupakan patungan keluarga tapi tak ada salahnya kan kalau kita membiayai sendiri pernikahan kita tanpa membebankan orang tua.
  2. Rumah dan isinya, bagaimana cara membeli rumah yang bijak? Safir Senduk mengatakan bila kita mempunyai dana tunai bolehlah kita membayar secara cash, tapi kalau seandainya dana kita terbatas maka kredit merupakan pilihan terbaik, karena jangka waktu kredit yang panjang akan juga mempengaruhi naiknya harga jual rumah itu nantinya
  3. Biaya sekolah anak beberapa jurusan sekolah di perguruan tinggi seperti kedokteran dan tekhnik sangat besar biayanya, haus dipikirkan dari sekarang agar cita-cita anak kita bisa tercapai.
  4. Dana pensiun , di usia senja saat tubuh tak lagi produktif maka investasi kita dimasa mudalah yang akan menjadi penopang hidup kita.

Atur Keuangan Anda
Seberapapun besarny pendapatan yang kita terima tak akan ada artinya kalau anda tidak biak dalam mengatur pengeluaran, ada 5 hal penting yang menurut Safir Senduk bisa kita jadi pegangan dalam mengatur keungan secara tepat :
  1. Ketahui dimana letak boros anda, dan pelan-pelan kurangi. Pada dasarnya laki-laki dan perempuan mempunyai sifat boros yang sama hanya saja jenis dan frekuensinya berbeda
  2.  Kendalikani KEINGINAN anda, bukan berarti kita tidak boleh ingin ini dan itu tapi paling tidak kita tahu apa yang kita mau itu masuk kategori Wajib, Butuh, atau hanya sekedar Ingin, seperti kata orang Siapa yang bisa mengendalikan keinginannya dia bisa mengendalikan pengeluarannya
  3. Lakukan prioritas pada pengeluaran anda, ada stu rumusan mudah sebenarnya untuk mengatur pengeluaran anda yaitu cicilan utang ( maks 30% dari pendapatan ) tabungan ( minimal 10% dari pendapatan) premi asuransi ( 10 % dari pendapatan) dan biaya hidup ( maksimal 50% dari pendapatan)
  4. Miliki asuransi, memang kita tak pernah mengharap sesuatu terjadi pada diri dan aset kita tapi saat sesuatu yang buruk terjadi maka asuransi akan sangat berguna.
  5. Jangan tergiur SALE, ini yang paling penting banget, khususnya kita kaum hawa, bawaanya beli mulu kalau lihat potongan-potongan harga, padahal kadang barang itu tidak kita butuhkan.
Kira-kira seperti itulah kiat yang diberikan oleh sang pakar keuangan kita disiang itu, sangat bermanfaat sih klau buat saya, dan buat anda juga donk tentunya, karena semua orang memang berharap untuk bisa hidup tenang di masa depannya nanti.

Setelah acara pemaparan yang cukup panjang dan seru itu acara dilanjutkan dengan kuis dn pemberian door prize di acara yang satu ini seperti biasa riweeuh tapi asik banget, tapi seperti biasa saya selalu kebagian zonk di pengambilan doorprize :( tapi ga ppa ilmu yang bawa lebih sangat bermanfaat, hari yng keren !

4 comments:

  1. kalo perencana keuangan kaya safir senduk mah ngga bakal bosen sama itung-itungan, wkwkwk. Seru banget acaranya. Biasanya cuma interaksi lewat medsos, dan lewat acara ini bisa beneran ketemu sama orangnya. Nice sharing mbak ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, seru banget enggak terasa udah 3 jam, tahu2 ilmunya nambah.

      Delete
  2. Makasih sharingnya mba, karena aku tak sempet dateng ke acara itu, tulisan ini bermanfaat bagiku.
    Trimse

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.. syukurlah kalau tulisan saya bisa memberikan manfaat.

      Delete