Monday, July 27, 2015

Enaknya Naik Kereta Api Ekonomi




Saat mendengar kata kereta ekonomi apa yang ada dalam pikiran kita? Empet-empetan, sumpek, gerah? Ternyata anda salah, tak selamanya yang berbau ekonomi itu menyengsarakan, salah satunya kondisi kereta api ekonomi yang dimiliki PT.KAI sang pemilik hak usaha perkereta apian di Indonesia kita tercinta ini.

Ceritanya mudik lebaran tahun 2015 ini kami sekeluarga memutuskan memakai moda transportasi si ular panjang ini untuk tiba di kampung halaman kami di Surabaya, beruntungnnya kami,  sebab Surabaya merupakan slah satu kota tujuan dengan banyak pilihan jenis kereta api diantaranya :
·       
          Gumarang
·         Jaya baya
·         Matarmaja
·         Argoanggrek pagi
·         Argo anggrek malam
·         Sembrani
·         Kertajaya

Jadi kami bisa bebas menentukan jenis kereta api  yang akan kami naiki, sesuai dengan ketersediaan kursi dan jumlah dana yang kami punya.

Perlu diingat juga pemesanan tiket kereta api hars jauh-jauh hari sebelumnya, apalagi tiket kereta api lebaran, 90 hari sebelumnya tiket sudah harus di tangan kalau tidak mau kehabisan, tapi jangan kuatir sekarang memesan tiket kereta sekarang lebih mudah koq, kita tak perlu antri di stasiun, cukup duduk manis didepan laptop atau smartphone dan tiket bisa kita peroleh dengan mudah, beberapa situs penyedia tiket kereta api diantaranya tiket.com, 
 tiketkereta.com , dan layanan pembelianbtiket kereta api lain, bisa juga menggunakan aplikasi Paditrain lewat smartphone.

Kembali ke laptop... saya mau cerita asiknya naik kereta api ekonomi, dan ternyata benar dari yang pernah saya baca disalah satu media online kalau PT.KAI saat ini  sedang berbenah dan memperbaiki diri, tak heran kalau beberapa fasilitas mengalami perubahan yang cukup signifikan atau kalau tidak boleh dibilang wow !

Beberapa perubahan di kereta api ekonomi yang saya rasakan pas mudik kemarin diantaranya :

  • ·         Tidak ada tiket “Bebas tempat duduk” , kalau sebelumnya PT. KAI menerbitkan tiket dengan keterangan seperti itu yang artinya kita tidak berhak duduk disalah satu bangku, sekarang tiket semacam itu tidak ada lagi, jadi enggak ada ceritanya ada penumpang yang ngampar-ngampar di lorong atau depan toilet, semua tiket memiliki nomor bangku. Efek bagusnya yah ruangan didalam kereta api lebih teratur.
    Lorong yang tidak ada penumpang "bebas tempt duduk"



  • ·         Ada AC di kereta api ekonomi, meski hanya AC ruangan yang ditempel di beberapa sudut atas kereta api tapi udara yang dihembuskan cukup mendinginkan kami para penumpang didalamnya, selain itu juga ada fasilitas televisi dan stop kontak di setiap kursi penumpang.
    Ada AC lho di kereta Ekonomi.

  • ·         Semua kursi menggunakan busa, kalau dulu kita masih sering menemui kursi penumpang di kereta api ekonomi menggunakan bahan fiber keras, kini semua kursi di kereta api sudah empuk dan nyaman, meski tidak bisa diputar berbalik arah seperti layaknya di bangku penumpang kereta api bisnis dan eksekutif, selain itu yang membedakan kereta ekonomi dengan kelas diatasnya adalah susunan kursinya yang 3-2 , 3 disisi kiri dan 2 disisi kanan.

  • ·         Toilet yang nyaman, pernah tersiksa gara-gara menahan buang air besar dan air kecil di kereta api ? dulu mungkin kita sering melakukannya, tapi sekarang tak perlu kuatir lagi, sebab kondisi toilet di kereta api bahkan yang kelas ekonomi sekalipun kini lebih baik dan manusiawi, ketersediaan air pun tak jadi masalah lagi, seluruh bagian kamar mandi yang terbuat dari bahan stainless steel terawat rapi dan bersih, jadi selama perjalanan tak ada lagi istilah takut ke toilet.

  • ·         Bebas pedagang asongan, peraturan baru kereta api memaksa para pedagang asongan untuk tidak memasuki area dalam kereta api sepanjang perjalanan, jadi kenyamanan penumpang lebih terjaga karena bebas dari paksaan para pedagang yang menjajakan dagangannya, konsekuensinya yah kita harus membawa sendiri keperluan yang kita butuhkan selama perjalanan di kereta api 

 Meningkatnya fasilitas yang disediakan PT.KAI yang seperti ini sebenarnya menguntungkan kita sebagai penumpang, meski akhirnya kita harus membayar sedikit lebih mahal, tapi tak mengapa asalkan kenyamanan kita juga diperhatikan, tul enggak ?

Dan secara keseluruhan kesan saya untuk kereta ekonomi kita sekarang baguuus.. :)  meski ada beberapa masalah klasik yang memang harus ada perbaikan seperti ruang tunggu di stasiun yang masih sangat terbatas dan kurang memadai, juga ruang khusus yang diperuntukkan untuk Ibu menyusui, enggak muluk-muluk kan?

Jadi mulai sekarang bila anda ingin melakukan perjalanan dengan kereta api, enggak ada salahnya mencoba memilih jenis kereta api ekonomi yang notabene lebih murah dan enggak kalah nyaman dibanding kereta bisnis dan eksekutif.


Fasilitas yang disediakan kereta Ekonomi\

13 comments:

  1. Wah nice review mak, aku juga suka naik kereta ekonomi, yang pastinya fasilitanya sekarang lumayan engga kalah sama yang bisnis ... Maju terus deh KAI aniwei lam kenal ya mak

    ReplyDelete
  2. Kereta api ekonomi, bisnis, dan eksekutif saat ini yang membedakan hanya jenis tempat duduknya saja. Kalau saya sih lebih memilih kelas bisnis karena entah kenapa kursinya gampang buat tidur, hahaha. Malah kalau naik kelas eksekutif susah tidur karena kemiringan kursinya menurut saya kurang pas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bener,, jadwal keberangkatan dan kedatangan juga pas sesuai yg tertulis di tiket,, btw niat banget mau tidur yah mas di kereta :)

      Delete
  3. Wow, mantapp reportnya.. Sya jga termasuk yg sering bepergian dngn KA, terutama jika mau ke jateng/jatim dri jakarta..

    Tpi khusus ke surabaya, sya cuma pernah 3x sja dngn kereta dan rute berbeda.. Hehe

    ReplyDelete
  4. Aku pernah ngerasain naik KA Ekonomi dari Bangkok ke Siam Rep, yang isinya bahkan sampe ternak juga ikut masuk ;p.. Tapi malah kereta ekonomi negri sndiri blm prnh dicoba :D..

    ini malah akhir may nanti, suami ama anakku yg mau cobain KA Ekonomi ke solo.. keduluan emaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba... kereta ekonomi kita lumayan nyaman koq..

      Delete
  5. Memang betul, kereta ekonomi pun sekarang udah nyaman. Bedanya sama bisnis paling bangkunya aja ga bisa diubah. Tapi kenyamanannya secara umum udah meningkat. Tapi saya malah merindukan penjual nasi bungkus atau nasi pecel kalau pulang ke Jawa Timur, hehe. Di Pekalongan pedagang pecel cuma teriak-teriak. Kasian juga ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. sama saya juga meski kadang agak mengganggu tapi seru yah.

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. kereta ekonomi sdh ada tempat cas HP ya enak dan nyaman. utk wifi apakah sdh ada jg y mbak?

    ReplyDelete
  8. Aku pernah sekali naik kereta api ekonomi ke Malang hahaha 16 jam lumayan..tapi namanya juga nyobain..punggung kayaknya rata gitu ya butuh pijitan wkwkwkwk enak juga lah murmer...

    ReplyDelete