Minggu, 31 Mei 2015

Mengenal Lebih Jauh Joy Parenting


Beberapa waktu yang lalu saya mendapat  undangan istimewa , tak tanggung-tanggung yang mengundang adalah Mbak Ratih Ibrahim, kenal donk siapa dia... yup psikolog cantik yang tinggi semampai ini memberikan undangan pribadi lewat inbox di Facebook saya.

Dan ternyata selain saya yang orang “biasa” ini banyak juga orang-orang yang luar biasa dibidangnya masuk juga di daftar tamu undangan, beruntungnya saya :) , tamu-tamu hebat yang saya maksud seperti Fla (penyanyi), Erwin Parengkuan (presenter ), Tenik Hartono ( Chief editor majalah Garzia) , Andesti (founder EQLibrium), Paman Gery (Pendongeng), Gayatri  (ketua  Mpati), Bunga Mega (Founder CeweQuat) dan sejajar nama-nama hebat lainnya  dengan profesi yang hebat pula, namun kami semua duduk disitu semua sebagai Parent, entah itu sudah menjadi parent atau orang tua atau future parent, calon orang tua.

Acaranya sendiri diadakan di ruang audiotarium perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, tempatnya nyaman dan kursinya empuk tentunya, dipandu salah satu penyiar di Female Radio Mbak Hani namanya, kami diajak untuk membahas segala sesuatu tentang parenting dan segala sesuatu yang berkaitan dengan itu, beberapa video juga ditayangkan, salah satu video tentang beberapa anak laki yang disuruh untuk menampar anak perempuan cantik didepannya, dan bisa ditebak mereka semua menolak, Mbak Ratih Ibrahim sempat mengomentari  tentang video itu, pasti anak-anak itu tumbuh dikeluarga yang sehat dan itulah yang memebentuk karakter mereka, ada juga video tentang seorang anak yang memberikan bola yang berhasil di dapatnya saat pertandingan kepada anak lain yang sangat menginginkannya, dan dari semua video itu menunjukkan betapa pola asuh orang tua sangat berpengaruh pada tingkah laku anak-anak itu.

Sebelum cerita ngalor ngidul baiknya saya kenalkan dulu yah apa itu Joy Parenting, yaitu satu komunitas lintas profesi yang terdiri dari para orang tua atau calon orang tua yang peduli dengan pola asuh pada anak-anak , tak perduli apa latar belakang orang tuanya, kelas ekonomi atau pendidikannya, komunitas ini berusaha menularkan semangat menjadi orang tua yang baik dan bisa have fun dengan profesi utama setiap seorang Ayah dan Ibu yaitu menjadi Orang tua.
Joy Parenting sendiri berawal dari program-program di radio Female yang sangat lekat dengan masalah pengasuhan anak, baik secara onair maupun offair, dari situ tergeraklah orang-orang hebat dengan bergam profesi ini mulai dari psikolog, artis, dokter untuk berkontribusi di sini mewujudkan pola parenting yang lebih baik, seperti kita ketahui baik buruknya individu tak lepas bagaimana dia dimasa kecilnya dan pola asuh seperti apa yang dia dapatkan dulu sehingga terbentuk karakter di masa dewasanya, nah... berangkat dari situ demi mewujudkan individu-individu yang lebih baik untuk Indonesia di masa depan maka perlu sekali donk pola asuh yang baik untuk anak-anak kita .

Joy Parenting sendiri tidak mendeklarasikan sebagai satu komunitas khusus yang berdiri sendiri, tapi segala hal atau kegiatan yang berhubungan dengan pola asuh atau perkembangan anak boleh koq masuk kesini, seperti Ibu Gayatri yang sangat concern dengan anak autis di Indonesia atau Psikolog Kassandra Putranto dengan Mataharinya, mereka bekerjasama dan berkontribusi dalam Joy Parenting ini.


Para orang tua juga bisa berinteraksi  di channel-channel khusus Joy Parenting untuk mendapatkan informasi dan tips-tips menarik bagaimana menjadi orang tua yang lebih baik dan joyful dalam mengasuh anak-anaknya bisa lewat :

Di situ banyak sekali artikel menarik yang bisa kita ambil manfaatnya, selain itu para orang tua juga bisa ikut berbagi artikel atau foto-foto menarik tentang parenting disitu.

So... sebagai orang tua memang kita harus terus belajar dan tak pernah berhenti mencari tahu apa yang terbaik buat anak-anak kita dengan cara yang menyenangkan karena Joyful Kids Joyful Future.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar